Tanaman Obat Keluarga & Khasiatnya 1: Kencur

Banyak bahan2 disekitar kita yg bisa dijadikan obat keluarga, untuk menurunkan berat badan, menggemukkan badan dan berbagai manfaat lain sebagai obat natural / herbal . Berikut secara bersambung saya akan menulis tanaman obat tradisional  dari bahan yang ada di sekitar kita : bumbu dapur dan tanaman hias : kencur, kunyit, jahe, bunga tapak dara, bunga melati, bunga tai kotok dan masih banyak yg bisa dijadikan obat tradisional menyembuhkan berbagai penyakit.

Tanaman Kencur - Kaempferia galanga

Tanaman Kencur - Kaempferia galanga

Kali pertama saya bahas tentang tanaman kencur.
Kencur (Kaempferia galanga, Linn) atau nama lokalnya di masing2 daerah sbb: Cikur (Sunda), Ceuko (Aceh); Kencor (Madura), Cekuh (Bali), Kencur, Sukung (Minahasa); Asauli, sauleh, soul, umpa atau cangkor (Ambon), Cekir (Sumba).  Nama lainnya : Lesser galangal or Alpinia officinarum (synonym Languas officinarum),  Sand ginger, Aromatic Ginger or Resurrection Lily.

Temukan Obat Alami, Praktis dan Berkhasiat tanpa efek sampingan

Saya suka tanaman ini dan menanamnya di halaman maupun pot sebagai tanaman hias karena bunga dan daunnya juga cantik sebagai tanaman hias.  Kencur mudah ditanam, sebaiknya anda menyempatkan waktu menanam kencur di halaman atau kalo gak ada halaman tanam aja di pot.
Kencur gak perlu perawatan ekstra.  Cukup menanam rimpang / rhizomenya ke dalam tanah di tempat terbuka, jangan terlalu basah. Tanah dengan air yg tergenang tdk disukai kencur.  Kencur akan subur dan bagus tumbuhnya di musim hujan.
Selain untuk bumbu masakan spt urap, karedok, dan banyak lagi, kencur bisa dijadikan obat tradisional untuk menyembuhkan penyakit2 beikut ini :

Obat alami Influenza dan Batuk pada bayi
1 rimpang kencur sebesar ibu jari dan 2 lembar daun
kemukus (lada berekor/ Cubeb) tumbuk halus,tambahkan beberapa sendok air hangat.  Oleskan diseputar hidung bayi.
Untuk batuk : kencur dibersihkan kulitnya, diparut dan peras, ambil sarinya, tambahkan 1 sendok air hangat, diminumkan ke bayi (ini utk bayi yang sdh makan MPASI ya, kalo yg masih ASI eksklusif hanya berikan asi saja, atau 1 tetes sari kencur dicampur ASI)
Radang Anak Telinga
2 rimpang kencur sebesar ibu jari dan ½ biji buah pala ditumbuk halus, diberi 2 sendok air hangat dan dibalurkan diseputar hidung.

Obat Batuk
1 rimpang kencur sebesar ibu jari diparut, kemudian ditambah 1 cangkir air hangat, diperas dan disaring, tambahkan garam secukupnya. Diminum hangat 1 – 3x / hari.
Bisa juga dengan mengunyah kencur segar (ini kalo kuat tahan pedes dan bau kencur), kunyah aja kencur dan diisap sarinya, ampasnya dibuang.  Sangat ampuh, sy selalu menggunakan cara ini.

Obat Radang Lambung dan masuk angin.
Untuk radang lambung :2 rimpang kencur sebesar ibu jari. dibersihkan dan dikunyah spt untuk obat batuk, ampasnya dibuang kemudian minum segelas air.  Lakukan rutin setiap hari sampai sembuh.
Untuk masuk angin : kencur dimakan dengan garam, bagaikan lalapan kemudian minum segelas air putih. Lakukan pagi dan malam.

Ramuan untuk menurunkan berat badan / melangsingkan tubuh.
2 rimpang kencur dibersihkan, parut, ambil sarinya, tambahkan madu.  Minum secara teratur pagi dan malam.  Ini sudah dicoba seorang teman dan berhasil.

Obat alami Sakit Kepala
2-3 lembar daun kencur ditumbuk sampai halus, dioleskan sebagai kompres/pilis pada dahi.

Obat Diare
2 rimpang kencur sebesar ibu jari diparut, tambahkan 1 cangkir air hangat dan garam secukupnya, diperas dan disaring. Oleskan pada perut sebagai bedak pilis / kompres.

Menghilangkan Lelah.
1 rimpang besar kencur, 2 sendok beras digoreng tanpa minyak (sangan) dan 1 biji cabai merah.  Semua bahan tersebut direbus bersama dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, kemudian disaring.
Minum sekaligus dan diulangi sampai sembuh. Untuk  pria bisa ditambah dengan 1 potong lengkuas  lada secukupnya.

Menghilangkan Darah Kotor
4 rimpang kencur sebesar ibu jari, 2 lembar daun trengguli, 2 biji cengkeh kering,  adas pulawaras secukupnya.
Semua bahan tersebut direbus bersama dengan 1 liter air sampai mendidih kemudian disaring.  Minum 2 kali sehari secara teratur.

Ramuan Memperlancar haid
2 rimpang kencur sebesar ibu jari, 1 lembar daun trengguli, 1 biji buah cengkeh tua, adas pulawaras secukupnya.
Caranya : kencur dicincang, kemudian dicampur dengan bahan lain dan direbus bersama 3 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas, kemudian disaring.
Minum sekali sehari 2 cangkir sekaligus.

Mata Pegal
1 potong rimpang kencur dibelah menjadi 2 bagian. Permukaan yang masih basah dipakai untuk menggosok pelupuk mata.

Tapal untuk Keseleo
1 rimpang kencur dan beras yang sudah direndam air. Kedua bahan tersebut dipipis dgn air secukupnya. Oleskan/digosokan pada bagian yang  keseleo sebagai parem / bedak.

Lihat juga resep membuat beras kencur

Related Posts with Thumbnails

Tags: , , , , , , , , , ,

47 Responses to Tanaman Obat Keluarga & Khasiatnya 1: Kencur

  1. Yosi on December 5, 2009 at 10:57 am

    Artikelnya sangat berguna, tp cuma baca sekilas aja. So, Pls kindly send this article to my email address.
    Thanks,
    Yosi

  2. Dewi Susiana on February 2, 2010 at 5:35 am

    terimakasih infonya, suami saya sedang batuk dan gak mau obat2an, nah ternyata ada obat herbal yaitu kencur,alhamdulillah… terimakasih…

  3. Harsadi Soekardjo on February 10, 2010 at 12:31 pm

    Salam hormat
    Sungguh sangat bermanfaat situs Ibu tentang obat-obatan tradisional.
    Terima kasih.

  4. edward on February 16, 2010 at 8:52 am

    Salam hormat
    Terima kasih Ibu Jempol atas ramuan tanaman obat saya telah coba untuk menurunkan berat badan saya dengan kencur di samping olah raga pagi. trims ya bu kalau ada ramuan lain boleh dong beritau saya

  5. tukang colong on April 5, 2010 at 11:35 pm

    kalo bayi kena gangguan hati, bisa gag dikasin temulawak?

  6. asrillanoor on April 26, 2010 at 5:37 pm

    Dear Ibu Jempol,

    Artikelnya sangat bermanfaat dan membantu saya mendapatkan solusi kesehatan untuk keluarga. Mohon ijin untuk menautkan link pada blog saya di http://www.zairahaes.wordpress.com. Terima kasih.

    Salam,
    Asrillanoor

  7. jaafar malaysia mjeff19@hotmail.com on May 1, 2010 at 11:42 pm

    assala mualaikum dan selamat sejahtera kpd semua, saya jaafar dari malaysia berhajat mau minta tolong sdra-sdri serumpun dr indonesia iaitu saya mau dapatkan KUNYIT HITAM. jika sdra-sdri ada atau tau ada dimana saya bisa dapatkannya, tolong emelkan kpd saya, mjeff19@hotmail.com. saya ucapkan jutaan terima kasih jika ada sesiapa yg sudi menolong. (isi kunyit hitam adalah berwarna hitam atau ungu. jika dimasak dlm nasi, kesemua nasi berwarna hitam)

    • edo on December 29, 2010 at 11:46 am

      kunyit hitam ada di pedalam hutan kalimantan,tepatnya di singkawang..tumbuh di antara pohon besar..coba tanya penduduk setempat.tapi hati2 kalau orang setempat tidak suka,maka kita tidak akan bisa keluar lagi dari huta…selamat berpetualang di hutan indonesia

  8. Feeda on May 6, 2010 at 5:15 am

    Sungguh bermanfaat, mohon kirimkan ke email sy donk…? terima kasih banyak.

  9. novie on May 30, 2010 at 4:18 am

    Bagaimana agar kita bisa SEHAT SELAMANYA TANPA PENYAKIT..???
    TOLONG DONG JAWAB…please

  10. medika on May 31, 2010 at 9:16 am

    Betul bener,anak saya langganan dokter anak saat flu dan batuk,tp alhamdulillah saya cb cara tradisional pengobatan dgn kencur,alhamdulillah sembuh batuknya,tentu dgn berdoa juga ya???

  11. Aisa on July 17, 2010 at 6:25 am

    wah oke bangt nih ulisannya,bener2 berguna buat kita-kita.trims ya..

  12. Amat Hanafi on July 20, 2010 at 1:26 pm

    Artikel yang sangat bagus. terima kasih atas sharingnya

  13. SmartnBeauty on August 14, 2010 at 1:25 am

    terimakasih artikelnya bu, tapi apa itu daun trengguli ya? saya tidak terlalu familiar dengarnya

  14. BAGUS on September 30, 2010 at 9:49 am

    Wah yang ginian bagus mari kita selamatkan masyarakat dari obat-obat kimia pabrikan kembali ke alam. Dan kembangkan tanaman-tanaman lokal, Yang menginginkan Tanaman Purwaceng atau Viagra Jawa

  15. My Herbal Wonder on October 4, 2010 at 3:24 pm

    Met malam. Salam kenal sebelumnya. Ga sengaja mampir kemari dari google dari obat herbal . Numpang baca2 dulu. ^_^

  16. najiv on November 1, 2010 at 6:30 am

    mkasih banget… sangat membantu, semoga tetep jaya….

  17. atun on November 18, 2010 at 9:00 am

    bisa juga nggak kencur untuk obat batuk asma

  18. atun on November 18, 2010 at 9:31 am

    tlg donk obat batuk asma

  19. hasan on November 19, 2010 at 4:48 am

    kalo bisa DI TAMPILKAN juga obat gatal” yang pualing mujarat .>.>plis tolong karena semua ni berkaitan dengan anak” [pondok] yang pada gatal” di seluruh tubuh…

    tidak itu saja, semua orang disini juga pada gatal” semua…tonong di terbitkan secepatnya ,,,,

  20. Luluk on November 22, 2010 at 1:56 pm

    Kencur kalo diparut diperas dan ditambah air hangat n didiamkan ada endapan warna putih yang agak padat. Bolehkah endapan tsb diminum?
    Wkt lalu anak sy pernah saya kasih kencur sembuh ttp kali ini saya kasih 1 1/2 mgg blm sembuh2 juga. Mmg ada berkurang batuk n riaknya. Bolehkan minum kencur ini untuk wkt yg lama? Misal 1 bulan? Tq

  21. hari budiy on November 24, 2010 at 10:44 am

    Yang terhormat ibujempol.
    terimakasih banyak atas artikel yang sangat luarbiasa! ini. mohon menautkan link di blog saya http://kembara-wwwkembara.blogspot.com
    semoga sang khaliq memberikan balasan yang lebih baik. amiin. :-)

  22. anis on December 24, 2010 at 4:37 am

    yang terhormat ibu jempol
    terimakasih ya berkat anda saya bisa mengobati sakit batuk saya ini

  23. tedi on December 31, 2010 at 4:00 am

    sangat bermanfaat sekali….obat-obat tradisional asli Indonesia harus kita lestarukan dan kita jaga. sudah banyak orang yang tidak tau tentang khasiat dari rempah-rempah, padahal biasa dijumpai didapur masing-masing.

  24. nadia_flare on January 21, 2011 at 1:24 pm

    maaf numpang tanya, aku sudah coba resep kencur yang di buat obat Diare, atpi kenapa kok gag sembuh ??? apa ramuannya udah yakin itu benar ??? mohon tanggapannya….

  25. Nyoto on January 25, 2011 at 3:43 am

    Mohon informasi tanaman kencur atau area tempat budidaya kencur wilayah jawa timur, tks.

  26. rohim on January 27, 2011 at 5:18 am

    ass.
    makasih banyak ibu jempol, resepnya dah buat menjaga kebugaran tubuh saya. thank’s infonya

  27. lely on February 17, 2011 at 9:22 am

    kalau yang batuk ibu hamil boleh tidak dicoba ramuan dari kencur tersebut.

  28. wiris sutiono on February 23, 2011 at 1:31 am

    sangat-sangat bemanfaat, apalagi negeri kita memilikinya. yah…..kalo di hitung-hitung mestinya indonesia ekspor OBATAN YA………TIDAK MERUSAK LINGKUNGAN, BAHKAN LINGKUNGAN MENJADI SEHAT……

  29. Darius Nurdin on March 15, 2011 at 4:31 am

    Ass.WW
    Ibu Jempol. Ternyata Manfaat kencur sangat banyak ya. Maha besar Allah dengan segala Ciptaanya.
    Saya Mau berbagi pengalaman dengan Teman:

    Pada Tahun 1977 Saya menderita penyakit Mag berat. Sehingga saya di rawat dan begitu lama sekali di RSCM Jakarta dan Ketika itu Saya seorang pegawai dari Suatu Perusahaan sampai 13 Bualan makan gaji buta.Berjalan untuk mngambil Air Wudu saja musti Dibimbing karena kondisi badan yang sanagat kurus akibat kekurangan berat badann sampai 35 Kg.dari berat Normal.

    Penderitaan saya Dilambung terjadi 3 bisul Kronis di lambung.
    Saya sudah Seperti Kelinci percobaan saja di RSCM seketika it.
    Dengan memakan bermacam obat yang saling Kontradisi yakni memakan Obat Valium 5 s/d. Valium 8 dan Kontradisi dg.obat Strokain. Serta Sering dijajal dengan Sederetan KoAs dr. di RS untuk melihat Penderitaan penyakit saya yang berada dalam Lambung dengan alat monitor yang dimasukan dari mulut ke lambung saya.
    Sederetan mahasiswa para calon dr.yang berbaris secara bergantian satu persatu melihat isi lambung saya.
    Pada Suatu hari penderitaan saya berangsur pulih dengan mengkonsumsi obat yang di tujukan oleh seorang keluarga Paswal Pres yang hadir membesuk saya yakni saya disarankan mengkonsumsi obat tradisional:

    1.Kencur 3(tiga) iris kecil (3 x 0,5 Cm).
    2.3(tiga) batang Pohon Serai .
    3.1(satu Gengam Beras yang sudah di cuci sore hari dan direndam
    sampai pagi di dalam gelas.

    Ketiga Ramuan Tsb.Pagi hari digiling sampai halus dan diseduh dengan segelas air hangat.
    Dalam waktu yang sangat singkat penyakit Mag Kronis yang saya derita Alhamdulillah mencapai kesembuhan Total.

    Demikian Pengalaman Hidup saya dan lain kali saya akan bercerita ttg. pengalaman mengkonsumsi Obat Ambean serta batu Ginjal.
    Semoga bermanfaat untuk saudara2 kita.

    Wassalam WW.
    Darius Nurdin

  30. Darius Nurdin on March 15, 2011 at 4:38 am

    Koreksi sedikit Obat Kontradis yang di makan:
    1. Apabila susah tidur diberikan Obat penenang Valium 5 s/d Valium 8.
    2. Apabila tidur terus berekpanjangan diberikan obat Reaktifan.
    Demikian koreksi Konsumsi Obat Tsb. Diatas.
    Wass.
    Darius Nurdin

  31. yanti on March 19, 2011 at 3:30 am

    saya mau nanya faktor apakah yang membuat influensa pada bayi. Anak saya setiap bulan langganan dokter karena sakit influensa kasihan kan setiap bulan dicekokin obat ndak baik. Saya mau tanya untuk influensa yang beriak pada bayi diberikan obat tradisonal apa ya? teriima kasih

  32. Obat Batuk tradisional « Melanidiam's Blog on April 2, 2011 at 7:42 am

    [...] atau bisa coba resep yang lain lagi nich…http://www.ibujempol.com/tanaman-obat-keluarga-khasiatnya-1-kencur/ [...]

  33. aisa on April 7, 2011 at 3:18 am

    baca2 tenyata bnyk ilmu terutama trmksh untuk bapak Darius atas pengalamannya dg pengobatan tradisionalnya, mhon ijin u share..Jazakallah…

  34. sriwigati on April 26, 2011 at 7:33 am

    obat tradisional selain murah banyak khasiat, tapi kalau tidak mengerti cara itu percuma. Tulisan Anda sangat berguna karena tercantum khasiat dan cara. terima kasih saya telah membaca dan hendak saya praktikkan.

  35. iis on April 27, 2011 at 2:45 am

    saya baru tau tentang info ini smoga brmanfaat bagi saya dan keluarga saya. amiin

  36. dyah on May 1, 2011 at 12:42 am

    Sdh 2 hari saya batuk, saat ini saya sedang mencari obat batuk tradisional yg aman krn sy jg ada keluhan maag. Setelah membaca artikel ini saya menemukan jawabannya.Terima kasih infonya.

  37. asvi on May 24, 2011 at 4:55 am

    bagaimana kalo rutin diminum bu???bahaya tidak??saya sangat sering dapat gangguan masuk angin..

  38. yul on May 29, 2011 at 8:16 am

    apakah Kencur bisa untuk menyembuhkan asam lambung? bagaimana cara minumnya? apakah boleh dminum setiap hari? Trims

  39. niadarra on June 9, 2011 at 1:48 am

    yth ibu jempol, sy mau minta tolong bu…
    tanaman apa saja yg mudah didpt utk dijadikan ramuan obat kuat pria dlm sex (thn lama dan keras) suami sy mengalami pnyakit loyo bu…
    kadang sy smpe mnangis krn hasrat yg tdk tuntas, tlg bu ya…
    tks sblumnya bu…

  40. Rulli on June 16, 2011 at 9:23 am

    Calon suami saya menyandang penyakit ini, awalnya adalah kanker sel basal, tidak ganas atau menyebar, sekarang menjadi sel melanoma, terganas pada kanker kulit. Mohon penjelasan.
    Apakah ada tanaman yang dapat mengobatinya?
    Atas penjelasannya saya sampaikan terimakasih

  41. malika on June 17, 2011 at 4:58 am

    aslm”kum”"

    bu mau tanya,
    klo OT buat TBC apa ya. . . . .
    trus cranya gmna. . .

  42. sumayah on July 5, 2011 at 3:24 am

    Thanks infonya. Wanna try :)

  43. abi ajha on August 8, 2011 at 1:03 am

    saya berumur 33th,,apa toga untuk jantung berdebar/telapak tangan berkeringat,,terima kasih,,bu jempol…

  44. Irwan on August 14, 2011 at 2:29 pm

    Super skali..thank’s ILMUnya….. TAPI MA’AF, kok Pelit banget yaaa Bu’… Postingannya kagak bisa di Copy Paste. padahal kan saya mau Share ko blog saya.huh….

  45. ria on August 21, 2011 at 4:02 pm

    makasih bngt ibu jempol, artikelnya ok bngt buat aq yg buta tentang obat-obatan herbal. terutama buat my baby yg langganan rumah sakit n obat-obatan kimia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Artikel via Email

Isi E-mail, Klik Saya Mau:


Terima Kasih Atas Kunjungan Anda