Resep Aneka Jus / Juice | Jus Buah | Jus Sayur

detox_juiceMusim panas, enak banget  minum juice.   Berikut  aneka resep jus / juice yg Ibujempol kumpulkan dari berbagai sumber, ada jus alpukat, jus mengkudu, jus kurma,  jus lidah buaya, jus campuran buah, jus sayuran, jus pisang, jus mangga, jus belimbing, dll.

Cara membuat jus sangat mudah, bahannya tersedia disekitar kita.  Manfaat juice untuk kesehatan banyak sekali, tergantung dari bahan yg kita gunakan.  Jus bisa untuk mengobati hipertensi / tekanan darah tinggi, kolestrol, digunakan dalam program detox, dalam program menurunkan berat badan / weight loss,  juice kesehatan untuk awet muda / anti aging dan banyak manfaat jus lainnya.

Dulu -sewaktu masih di Indonesia- Ibujempol sering mengkonsumsi Jus Tauge dicampur kunyit.   Bau dan rasanya gak enak tapi khasiatnya utk kulit bagus banget,  juga TOP untuk kesuburan.  Terbukti Ibujempol subur bangets ampe punya anak 4  :-)

Jus sayuran banyak khasiatnya, sayangnya banyak orang gak suka jus sayur karena baunya yang langu dan rasa yg tidak seenak jus buah buahan.  Padahal kita bisa bervariasi menambahkan bahan tertentu yang membuat jus enak .  Intinya gunakan sayur apa saja yg mau dijus kemudian diblender bersama nenas + kayumanis + madu + perasan lemon.  Takarannya disesuaikan selera masing2, mau asem banyakin lemon dan nenas, mau manis tambahkan madu.  Dengan tambahan 4 bahan tsb, juice sayur apa saja akan lebih enak dinikmati.

Juice  Strawberry  Jambu Biji

  • 300 g jambu biji merah
  • 150 g strawberry, cuci bersih
  • 2 sdm susu kental manis
  • 2 sdm air jeruk lemon/nipis
  • 100 g es batu

Cara Membuat Jus Strawberry Gujave:

  1. Cuci, belah jambu biji,  buang bijinya,  potong-potong.
  2. Masukkan potongan jambu biji, strawberry , susu kental manis, air jeruk lemon dan es batu ke dalam blender. Haluskan hingga lembut.
  3. Siapkan gelas saji, tuang jus hingga gelas penuh.  Hiasi , sajikan segera.

Juice Sirsak Melon

300 gr sirsak, buang bijinya
250 gr melon
1 sdm air jeruk nipis
es batu secukupnya

CARA MEMBUAT:
1. Siapkan blender dan gelas bertangkai.
2. Blender sirsak bersama melon hingga halus, tambahkan air jeruk nipis.
3. Tuangkan ke dalam gelas dan beri es batu secukupnya. Segera sajikan.

Jus Kurma

Jus Kurma ini berguna utk menyembuhkan demam berdarah dengue (DBD).  Caranya : 500 gram korma, buang bijinya lalu diblender dicampur dengan 5 gelas air, sampai lembut.   Kemudian minumkan pada penderita setiap jam, satu gelas sampai habis.  Dengan habisnya jus korma tadi, trombosit penderita normal kembali.

Juice Alpukat

jus-alpukat1 kg alpukat matang, kerok ambil dagingnya
5 sdm gula pasir
2 sdm susu coklat kental manis
200 ml air
Es batu secukupnya, plus  meises  tuk taburan (kalo suka)

Cara membuat:
1. Blender alpukat, es batu, dan air gula (banyaknya sesuai selera)
2. Susu kental manis rasa coklat dituang di dinding bagian dalam gelas (secukupnya)
3. Jus alpukat siap dituang ke dalam gelas dan disajikan dgn taburan meises

Jus Sayur &  Buah

Bahan :
250 gr wortel
350 gr melon
350 gr semangka
300 g apel
2 bh jeruk peras manis (jeruk mandarin)

Caranya :
- kupas semangka, melon apel, dan wortel, cuci bersih.
- potong-potong semua buah, peras jeruk ambil airnya.
- proses semua buah dalam juicer, masukkan berturut, wortel, melon, semangka dan apel, hingga menjadi jus.
- tuang dalam wadah, campurkan juga air jeruk, aduk jadi satu. simpan dalam kulkas, hingga saat dihidangkan

Jus Lidah Buaya

* Daun lidah buaya secukupnya
* Jeruk lemon secukupnya
* Madu
* Es batu & air kelapa

Cara membuat Juice Lidah buaya :
* Kupas daun lidah buaya, ambil dagingnya
* Remas2 dengan air garam, bilas sampai bersih
* Blender bersama perasan lemon, madu, es batu dan air kelapa
* Sajikan dingin

Juice Belimbing dan Mangga

2 buah belimbing, bersihkan, iris tipis
500 ml jus mangga
1 buah mangga harum manis, ambil dagingnya, potong dadu kecil
2 buah jeruk nipis, iris tipis
1 kaleng soda water
es batu

Cara membuat:
Campur buah, jus mangga,dan mangga dalam wadah
Tuangkan soda water. Beri es batu, aduk rata, sajikan.

Resep Jus Mengkudu

  • Mengkudu yang sudah matang – 1/2 bh.
  • Apel  – 1/2 bh.
  • Madu – secukupnya.
  • Es batu – 2 gelas.
  • Air – 100 cc (1/2 gelas).

Cara Membuat Jus Mengkudu:

  1. Apel dan mengkudu dibersihkan dan dipotong kecil kecil
  2. Masukan ke blender dan diblender bersama madu, es batu dan air
  3. Siap disantap dingin
Jus Jeruk

Jus Jeruk

Jus Jeruk / Lemon Juice

* 3 buah jeruk, diambil airnya saja
* 1 buah jeruk dicuci bersih dan dipotong bulat setebal 0.5 cm
* 50 ml air
* 20 ml air gula atau madu sesuai selera
* Es batu
* daun mint
Cara membuat : Campur semuanya. Siap diminum. Bila diminum secara teratur dapat mengobati kolestrol

Related Posts with Thumbnails

Tags: , , , , , , , , , , , , ,

33 Responses to Resep Aneka Jus / Juice | Jus Buah | Jus Sayur

  1. tusiwidarti on June 17, 2009 at 5:08 am

    dear ibujempol..
    aduh trims banget ya, buat artikel aneka jusnya. kebetulan sekarang di t4 saya lagi musim panas jadi pas bgt klo siang – siang menyajikan jus buat keluarga dirumah. ibu jempol top bgt..

  2. Bayu Sugiarto on July 6, 2009 at 7:27 pm

    Thank’s ya ibujempol atas artikelnya………
    tapi ibujempol kenapa artikelnya singkat2 banget…..mengapa ga’ ada tambahan2 yang lain ….saya minta pembuatan jus lidah buayanya diperbanyak dong…..dan ada ga” yang cocok untuk dicampur untuk lidah buaya…..mungkin itu menarik…

  3. Ajie on July 14, 2009 at 6:10 pm

    Yth,Ibu Jempol ,
    Saya sudah baca beberapa resep jus ibu yang luar biasa,bisa kiranya ibu membantu saya untuk memberikan resp yang lain ,rencana saya akan membuka usaha jus.ibu bisa kirim via email saya.terima kasih da n sukses selalu

    Ajie

    ajie_dp@yahoo.com

  4. antwar on July 17, 2009 at 8:44 am

    mo nanya, sy mo buat jus campuran antara buah mengkudu, buah mahkota dewa, dan alpukat….dengan jumlah buah alpukat 90% sedang mengkudu dan buah mahkota dewa masing2 5%, apakah aman untuk dikonsumsi dan apa rasanya didominasi alpukat???bls ke email saya antwar@gmail.com, terima kasih

  5. mey on July 25, 2009 at 8:33 am

    wah ….luar biasa,oh ya saya punya rencana mau buka usaha jus buah
    bisakah ibu membantu saya untuk mengirimkan resep2 jus yang lain atau,ibu bisa kirim ke alamat email saya.terimakasih

    simata_ellang@yahoo.co.id

  6. Resep Minuman Dingin on July 27, 2009 at 1:57 pm

    Aneka resep jus / juice

  7. Aneka Resep Es on August 11, 2009 at 2:55 pm

    [...] Resep Aneka Jus / Juice : Jus Buah & Jus Sayur [...]

  8. Archie on February 28, 2010 at 4:40 pm

    tolong kirimin resep jus,,

  9. riska on April 4, 2010 at 6:31 am

    mantabbbbbbbbbbbbbbbb! sekalian buat resep untuk menu diet

  10. tyas on May 18, 2010 at 8:52 am

    ibu jempol, tlg dikirim resep jus,resep aneka es dan resep minumannya ya..untuk dicoba drmh..trm kasih..smg sy jg bs mnjdi ibu jempol untuk keluarga

  11. aini asyifa on June 13, 2010 at 7:05 am

    thanks yach bu jempol ,,,,,jempol bgt…….

    • tiwul mawul mawul on September 30, 2010 at 2:41 am

      jempol…….?

  12. vivi indriani on July 26, 2010 at 1:28 pm

    ibu jempol saya mo tanya buah apa yang bisa nyembuhin sakit kepala, talong ya ibu jempol, makasih sebelumnya

  13. Suriono on September 13, 2010 at 2:27 pm

    Asslm.. Tanks byk ya bu atas resep yg ibu berikan,tp sy mohon ibu tdk keberatan mengirimkan beberapa resep jus lagi ke email saya. Karena saya berniat ingin membuka usaha kecil jus untuk mata pencarian kami dan klu boleh yg bahan2nya mudah d dapat/murah, semoga ibu mendapat pahala yg besar untuk ini semua… Amin.

  14. tiwul mawul mawul on September 30, 2010 at 2:40 am

    okkkkkkkkkkkkkkkkk es nya di tambah gambar yg banyak donk bu……………

  15. zulkarnain on January 2, 2011 at 4:05 pm

    ibu, tolong saya dikirim resep aneka macam juice buah and kalau bisa lengkap dengan gambar penyajiannya serta uraian manfaat dari juice tersebut. saya rencananya ingin buat usaha cafe kecil-kecilan. Trimakasih sebelumnya Ibu….!

  16. Tri Yayuk on January 6, 2011 at 9:46 am

    Ibu Jempol tolong dong resep jus yang cocok buat kesehatan mata karena mata saya (umur 43 th) sudah plus 150…juga resep jus buat diet/menurunkan berat badan!terimaksiiih Ibu Jempol!semoga resep-resepnya tambah Juempol!!

  17. hani hendriani on January 7, 2011 at 1:25 pm

    ibu,mau donk resep jus nya…tuk kesehatan terutama dan manfaat2 nya.makasih sblmnya…!

  18. ike on March 25, 2011 at 7:18 am

    saya sudah baca resep ibu yg sangat luarbiasa,bisa kiranya ibu membantu sayauntuk memberikan resep yg lain.rencana saya akan membuka usaha jus,ibu bisa kirim via email saya .trima kasih dan sukses slslu

  19. soep on March 26, 2011 at 10:04 am

    wah jmpol deh buat resepnya….?? Klo bsa kirimin resep jus ya bu jmpol… Mksih

  20. Dini on April 13, 2011 at 7:35 am

    ibu jempol tolong kirim di email saya resep jusnya,trims sebelumnya

  21. Budiarti on April 17, 2011 at 9:32 pm

    Satu buah mengkudu saya parut trus diblender setelah halus saya peras. Knp tangan saya katal sekali ?? Tlng kasih solusi kirim jawaban di 081355661090 tks

  22. julianti on April 30, 2011 at 9:34 am

    mantap ibu jempol…
    boleh minta resep jus na yg lain tx??
    misalnya yg bagus utk kulit n mata. Atau campuran antara tomat n apel , wortel n apel , dll.
    Terima kasih….^^

  23. Bernie Joedhanti on May 23, 2011 at 2:30 am

    bisakah ibu membantu saya u/ mengirim resep2 jus & kegunaannya,sekalian yg u/ langsing,krn sy ingin sekali buka usaha aneka jus ini…mhn dikirimkan ke email saya:joedhanti.bernie@gmail.com…Atas bantuannya kami ucapkan terima kasih.

  24. imel on May 25, 2011 at 9:54 am

    ibu Jempol, saya mau tanya. Beberapa hari yang lalu saya membuat jus campuran nenas & mentimun. Tapi setelah meminumnya tiba-tiba kepala saya pusing. Apakah ada efek dari campuran buah tersebut? terima kasih atas bantuan Ibu Jempol…

  25. yuni on June 14, 2011 at 2:15 pm

    saya mau tau dong jus buah apa untuk membuat kurangin berat badan yang mudah n peraktis… thanks…

  26. Martje Wongkar on June 16, 2011 at 7:11 am

    ibu jempol yg terhormat,sy dapat resep jus pelangsing yg bahan2 nya wortel apel pepaya, tapi karena di rmh sy lg banyak mangga masak maka pepayanya sy ganti mangga, bagaimana bu tidak masalah juga toh, trima kasih infonya bu

  27. irfan on June 16, 2011 at 11:08 am

    bisa di coba.

  28. mastam on June 25, 2011 at 9:32 am

    Terimakasih bujempol infonya. Saya tanya tentang jus mengkudu :
    1. Apakah buah mengkudu dikupas dulu kulitnya dan bijinya dikeluarkan sebelum dimasukkan dalam wadah blender.
    2.Buah yang diambil yang masak atau yang hampir masak atau yang buah yang jatuh dari tangkainya. Terimasih jawababannya

  29. hasbi on July 12, 2011 at 3:57 am

    saya mau tanya,,, apakah bisa stiap pembuatan jus hrus pke susu kental manis?

  30. rafiq on July 28, 2011 at 5:44 pm

    Saya mau tanya,gimana carax buat jus yang kental dan terasa bauahx,masalahx saya hobi minum jus terutama jus alpukat,sy ada langgana yang jusx uuueeenak tenan dan segaeeer serta kental tp sy minta resepx diax cm tersenyum,nah bisakah sy minta tlg dengan ibu untuk dapat mengirimkan resep2 jusx bu,soalx pengen jg mau usaha jus,klu bisa dan minta tlg bisa dikirkan ke email fiqfii@yahoo.co.id

  31. lela on August 7, 2011 at 4:04 am

    ibu jempol,,, saya sangat suka resep dari ibu jempol terimakasih ya bu, udah nge wb resep2 ini.semuanya mantapppp,
    bu, kalau bisa tolong ya, kirimin aneka resep juzz, ke email saya……terimakasih..
    ibu jempol sukses Selalu………

  32. gunawan on August 7, 2011 at 7:37 am

    sya mau nanya,,kalo buah melon di cmpur dngan nanas khasiat nya apa bu jempol?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Artikel via Email

Isi E-mail, Klik Saya Mau:


Terima Kasih Atas Kunjungan Anda