Punya Anak Cerdas / Anak Pintar, Mau ?

Semua orang tua menginginkan anak yang cerdas, anak pintar yang kelak hidup sukses, punya masa depan cemerlang.  Bagaimana cara mendidik anak agar cerdasApa tips menjadi anak pintar ?  Bagaimana mendidik anak  sejak dini agar menjadi pandai ? Beriku tips dari  dr. Taufiq Pasiak, peneliti neurosains, penulis buku Buku Manajemen Kecerdasan (Memberdayakan IQ, EQ, dan SQ untuk Kesuksesan Hidup).

Menurut dr. Taufiq Pasiak, anak cerdas adalah anak yang otak rasional, otak emosional, dan fungsi-fungsi motoriknya berjalan secara baik. Jika hanya salah satu yang berkembang, itu akan menghilangkan salah satu bekalnya dalam mengarungi kehidupan dewasa yang lebih keras. Jauh lebih mudah meningkatkan kemampuan otak rasional dan fungsi motorik daripada otak emosional seorang anak.

Otak rasional berpusat di kulit otak (mengurusi hal-hal yang berkaitan dengan berpikir rasional, seperti berhitung, memecahkan masalah, dan lain-lain). Otak emosional berpusat di sistem limbik (mengurusi soal perasaan: bagaimana kita menguasai diri, mengendalikan, dan bertindak sesuai dengan kadarnya).

Tips / cara membuat anak cerdas, jenius, dan kreatif, setidaknya ada 5 hal yang harus diperhatikan betul:

1. Makanan
Ini amunisi otak yang sangat penting. Anak-anak yang kekurangan gizi umumnya memiliki otak yang kurang berkembang. Konsumsi ikan yang cukup, ASI, vitamin, dan mineral merupakan amunisi yang tepat bagi otak. Apa pun kursus yang Anda berikan untuk anak anda tanpa memberinya makanan yang tepat, samalah artinya dengan mengisi ruangan tanpa menguatkan dinding-dindingnya. Gizi adalah bahan baku proses-proses seluler, terutama untuk pembangunan struktur otak.

Mainan / game anak cerdas

Aktifitas mendidik anak cerdas

2. Lingkungan
Makin bervariasi lingkungan hdup anak Anda, makin baik perkembangan otaknya. Warna, bentuk, orang-orang yang berbeda, suasana yang bervariasi, dan lain-lain lebih mudah menstimulasi otak dibandingkan yang homogen. Jika Anda menciptakan lingkungan yang kaya dengan permainan, otak anak Anda berkembang dengan sangat pesat. Karena itu, sebisa mungkin, tempat tidur, tempat belajar (terutama di sekolah-sekolah), dan ruangan keluarga dapat diubah setiap jangka waktu tertentu. Anda perlu juga mengajaknya ke tempat-tempat yang penuh dengan hal-hal baru, seperti di pantai, gunung, dan lain-lain. Semakin bervariasi lingkungan, semakin cepat koneksi sel saraf terjadi.

3. Pengalaman emosional
Sistem limbik lebih dulu matang dibandingkan dengan kulit otak. Akibatnya, anak-anak menjadi sangat peka terhadap rangsangan dan pengalaman emosional. Semua pengalaman emosional yang diberikan pada rentang usia 0-7 tahun ini akan sangat berpengaruh dalam membentuk jalinan antar sel saraf. Pada usia ini, kontrol diri, kesabaran, kerja sama, empati, dan lain-lain lebih mudah dilatih dan tertanam kuat dalam otak dibanding berhitung, membaca, atau kegiatan-kegiatan kalkulatif lainnya. Jangan lupa, kematangan emosional ini lebih menentukan kesuksesan anak Anda di masa depan ketimbang kemampuan berhitung dan main komputer.

4. Stimulasi rasional
Hal-hal yang baru (novelty), menantang (challenge), padu (coherent), dan penuh makna (meaningful) lebih cepat memengaruhi otak ketimbang hal-hal yang lazim dan biasa. Jika setiap hari Anda memperkenalkan kata-kata baru kepada anak Anda, teknik-teknik baru dalam berhitung, tugas-tugas yang menantang dan penuh makna (misalnya, membuat percobaan fisika yang berkenaan dengan hal-hal sehari-hari), otaknya akan lebih cepat berkembang. Hal-hal yang menantang, seperti menemukan bentuk tertentu dalam banyak bentuk, dapat memperbanyak hubungan sel saraf. Origami (seni melipat kertas) adalah salah satu cara memperbanyak hubungan sel saraf. Attention of details juga merangsang otak. Berikan sebuah batu kerikil atau dedaunan kepada anak-anak. Mintalah mereka mencermati alur, warna, bentuk, dan ciri-ciri lain yang tidak tampak jika hanya dilihat sepintas. Perhatian pada hal-hal kecil, terutama bentuk dan warna, membuat sinaps saraf bertambah banyak.

5. Aktivitas fisik
Aktivitas fisik memengaruhi otak dengan tiga cara: 1) meningkatkan sirkulasi darah ke otak. Artinya, oksigen, gula, dan zat gizi juga bertambah. 2) Memengaruhi produksi hormon NGF (Nerve Growth Factor); dan 3) merangsang produksi dopamin. Zat ini berfungsi penting dalam menata perasaan (mood) anak Anda. Semakin sering dan terampil ia melakukan kegiatan fisik, semakin baik perkembangan otaknya.

Lima hal di atas tidak berdiri sendiri. Semuanya saling melengkapi dan saling memengaruhi. Anda tidak boleh mengedepankan dan memprioritaskan satu di antara yang lain. Jika Anda harus memilih yang utama, disarankan untuk melatih emosi anak Anda lebih dulu. Kematangan emosi memerlukan waktu tertentu untuk berkembang. Sedangkan kecerdasan rasional dapat Anda tingkatkan kapan saja Anda mau.

Related Posts with Thumbnails

Tags: , , , , ,

72 Responses to Punya Anak Cerdas / Anak Pintar, Mau ?

  1. dian on April 27, 2011 at 10:06 am

    saya mau jdi nak pintar gmna caranya ya ??? :)

  2. Eve on April 28, 2011 at 10:40 am

    Seeeep!
    bgs banget ..nget..nget…
    seiring dgn perkembangan tekhnologi
    yg maju pesat!
    ortu seringkali melupakan tgsnya
    mendidik anak dalam etika, sopan santun, menghargai orlan
    ngeri kaan?
    kalo’ hal ini terabaikan!
    mo jd apa ya bgs ini heheheheh!
    Gw rasa anak bs dptkan hal ini
    berawal dari RUMAH!!!!!!!!!
    yg jelas dr kedua ORTUnya lageeee!
    Saluuuuuuuuuuuuuuuut buat bu Jempol yaaaaaa!

  3. Eliy kartien on May 1, 2011 at 4:37 am

    Smw org pingin anak2ny jd org baik,pintar dan kaya.tp y itu..ortuny hrs blajar jg jd smart parents,yess!

  4. elva halida on May 2, 2011 at 12:52 pm

    sdh maksimal,tp bingung,

  5. ivo rizky andre sitorus on May 5, 2011 at 8:31 am

    mau pintar?????
    Caranya:
    turut kepada kedua orang tuanya,belajar dengan tekun,tes dirimu belajar yang disampaikan orang tuamu,kerjakan pr dan les

  6. nurlia on May 10, 2011 at 4:11 am

    anak sy mgkn mdh2an tergolong anak yg pintar,umur 2,5 thn sdh bs mengeja walaupun blm kenal huruf. anak sy sdh bs menghafal huruf abjad n huruf hijaiyah, sdh bs menghitung benda, bercerita ttg keadaan yg dia alami, sdh bs hafal lagu lebih dari 40 lagu…..bagaimana metode mendidik anak spy bakat n kepintarannya makin bersinar?

  7. Umminya Najma on May 14, 2011 at 6:05 am

    Duh..pengen cepet2 pulang..trus meluk dn nyium anakku najma.. Smga dia jd anak sholihah,pinter,..

  8. dwi on May 26, 2011 at 11:18 am

    anakku pintar dan cedas juga aktif tapi semua itu hanya dirumah saja ia lakukan sedangkan diluar rumah dan sekolah dia mlempem seperti orang malu n minder, bagaimana ya supaya dia jadi anak yang tidak maluan dan berani?

  9. fitri on June 1, 2011 at 12:36 am

    Anakku termasuk cerdas dan aktif. Memang benar lingkungan yang berbeda sangat menunjang. Sejak usia 2 tahun udah aku kenalkan alat transportasi yang berbeda, pergi ke pantai naik kapal. Tanggapan siberbeda mungkin pengalaman baru buat si anak. Walaupun jauh2 pergi ke museum kereta api tapi kami gembira semua demi si kecil

  10. Charles srg on June 25, 2011 at 2:12 am

    Aku punya 2 anak,keduanya lumayan pintar. Cuma tukang jajan itu yg sulit ku atasi. Ada yg thu cara ngatasi agar tidak suka jajan?thks

  11. Reni chaerani on July 17, 2011 at 1:01 am

    Anak saya sudah berumur 2 tahun lebih 2 mnggu,tapi anak saya sudah bisa berhitung,,,hampir semua nyanyian anak2 hafal,bisa mengaji alfatihah,annas,mengenal nma2 warga dirumah,daya tangkapnya sangat cepat bahkan kalimat2 yg burukpun langsung menempel dingatanya….

  12. Reni chaerani on July 17, 2011 at 1:11 am

    Anak saya umur 2 th 2 mnggu tapi sangat hyper aktif dan selalu saja doyan jajan,,,apalagi kalo ada kakeknya langsung deh merengek2 minta jajan…tapi sama saya sendiri dia tidak pernah ngajak jajan cara mengatasi anak yg sering jajan
    1.selalu sediakan kesukaan anak dirumah
    2.beri makan dengan porsi kecil tapi sering
    3.biasanya anak saya kalo ingin jajan cuman pengalihan saja,sebenarnya dia ingin main karna bosan dirumah…makanya sering2 ajak anak2 jalan2 alhamdulillah sekarang keinginan jajan bolak balik kewarungnya ilang…

  13. NursingBegin on July 18, 2011 at 2:10 pm

    Bagaimana tips agar anak mau makan ? Karena beberapa anak balita susah dikasi makan, mereka kadang mengulum terlalu lama di dalam mulutnya, bahkan hingga mengeluarkan makanannya.

  14. Khina on July 20, 2011 at 4:20 pm

    Aku sih nggak blng klw aku itu nggak punya kemampuan yg lebih, dan aku jg nggak mau blng klw aku ini nggak cerdas,,
    cm kdang aku sring kali berhdapan sm yg nmanya saingan di kelas,,
    hufft,, kdang klw aku lgi klah nilai,, aku sering berfkir klw aku ini nggak cerdas,,
    jdi nya aku mau cri tau lgi,, bgaimna mnjdi anak yg lbih cerdas lgi…..??

  15. siti on July 22, 2011 at 3:27 am

    Aku punya anak usia 3 tahun makanya susah klo makan sering di emut & ga mau di telan….udah di coba pake makanan yang agak pedes malah ga mau…sambil nonton DVD ke sukaanya juga sama ajach… Mohon saranya yach bunda…

  16. Lia on July 25, 2011 at 4:31 am

    Anak saya sebenarnya pintar tp dia agak sering lupa. Disekolah pun dia cenderung pemalu dia tidak suka jajan tapi dia suka berhitung bagaimana cara mengajari anak saya agar tidak mudah lupa dan tidak pemalu. Anak saya kadang juga malas berangkat ke sekolah ada yang tahu bagaiman mengatasinya?

  17. Jhon Paul Ivan on July 27, 2011 at 5:06 am

    Mohon diberikan tips asupan gisi atau vitamin yang disarankan untuk anak usia 15 bulan. Thanks..

  18. novia gantini on August 8, 2011 at 2:31 am

    hehhhehheh … smua orang jga pngen pinter lahhh

  19. Didin on August 17, 2011 at 12:57 am

    Bagaimana cara mansikapi anak yang hiper aktif yang kadang sikapnya mencelakakan temannya sendiri. Jika kita cegah perbuatn konyolnya apakah tidak akan mengganggu syarafnya?

  20. aq slalu masuk 10 besar on August 24, 2011 at 2:05 pm

    hmmmmm kayak nya gitu aja gag cukup.deah……! krna sbenarnya smua anak di seluruh dunia itu pintar hanya MALAS,itulah faktornya krna anak gag pnya keinginan untuk bljar,jd semangat mrka putus,dan dukung dia jngan dimarahi/dihukum bila dpat nilai kecil,nasehati sj jngan di marahi/di hukum,krna hnya membuat anak sters dan malas/putus bljar krna menganggab dirinya sdh selesai,maka dari itu dukunglah anak….!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Artikel via Email

Isi E-mail, Klik Saya Mau:


Terima Kasih Atas Kunjungan Anda