Penyebab & Tanda Tanda Keguguran

Berikut artikel tentang keguguran janin, apa tanda -tanda atau ciri keguguran, penyebabnya apa saja, bagaimana mecegah / mengatasi keguguran,  apa yang dilakukan pasca keguguran dan kapan boleh hamil lagi.

keguguran-janinKeguguran diartikan sebagai keluarnya janin atau persalinan prematur sebelum mampu untuk hidup. Resiko keguguran memiliki persentase sebesar 15% – 40% dari ibu hamil, dan 60-75% keguguran terjadi sebelum usia kehamilan 3 bulan.  Jumlah kejadian atau resiko keguguran akan menurun pada usia kehamilan di atas 3 bulan.  Yang disebut sebagai keguguran adalah bila janin keluar pada saat usia kehamlian belum mencapai 20 minggu, sedangkan kematian janin terjadi pada saat janin sudah berumur lebih dari 20 minggu.

Penyebab Keguguran.
Kebanyakan ahli kandungan berpendapat, keguguran merupakan hasil interaksi dari berbagai faktor. Terbukti, sekitar 50% kasus keguguran terjadi akibat kelainan kromosom, dan selebihnya adalah akibat infeksi, kelainan rahim, kelainan hormon, dan lain-lain.    Pemicu atau yang menyebabkan keguguran adalah salah satu atau bbrp hal berikut :

  • Adanya kelainan pada janin yang disebabkan kelainan kromosom, yang terjadi saat berlangsungnya proses pembuahan. Akibatnya, embrio yang terbentuk cacat dan dikeluarkan tubuh.
  • Adanya kelainan pada ibu, seperti kelainan pada sisterm hormonal (bisa hormon prolaktin yang terlalu tinggi atau progesteron yang terlalu rendah), sistem kekebalan tubuh, infeksi menahun, dan penyakit berat yang diderita si ibu hamil.
  • Adanya kelainan pada rahim. Kelainan yang paling umum terjadi adalah adanya miom (tumor jaringan otot) yang dapat mengganggu pertumbuhan embrio. kelainan lain yaitu rahim terlalu lemah sehingga tidak mampu menahan berat janin yang sedang berkembang. Kehamilan dalam rahim yang terlalu lemah biasanya hanya mampu bertahan hingga akhir trimester pertama.
  • Penyebab lain adalah infeksi, seperti terkena virus TORCH, HIV, Hepatitis dll.
  • Keguguran juga dapat diakibatkan oleh gaya hidup. Wanita yang cenderung merokok, mengkonsumsi minuman keras, obesitas atau berat badan kurang dapat memiliki gangguan hormon yang berakibat gangguan kehamilan.

Tanda-tanda atau ciri anda  keguguran adalah sbb :

  • Perdarahan
    Perdarahan adalah tanda yang paling umum. Perdarahan yang terjadi bisa hanya berupa bercak-bercak yang berlangsung lama sampai perdarahan hebat. Kadang-kadang terdapat bagian jaringan yang robek yang ikut keluar bersamaan dengan darah. Misalnya, bagian dari jaringan dinding rahim yang terkoyak atau kantung ketuban yang robek.
  • Kram atau Kejang Perut
    Tanda ini rasanya mirip seperti kram perut pada awal datang bulan. Biasana kram ini berlangsung berulang-ulang dalam periode waktu yang lama. Kram atau kejang juga dapat terjadi di daerah panggul
  • Nyeri Pada Bagian Bawah Perut
    Rasa nyeri pada bagian bawah perut terjadi dalam waktu cukup lama. Selain di sekitar perut, rasa sakit juga dapat terjadi di bagian bawah panggul, selangkangan, dan daerah alat kelamin. Nyeri ini terjadi dalam beberapa jam hingga beberapa hari setelah muncul gejala perdarahan.

STOP PRESS

Anda ataupun Penumpang Lain Beli Tiket, Anda Dapat Komisinya!!!…Mau???.
Klik tombol berikut untuk daftar atau untuk dapatkan info lebih lanjut.

Jenis-jenis keguguran yang mungkin terjadi adalah:

* Ancaman keguguran (abortus imminens)
Tandanya:
- Hasil pembuahan (embrio) lepas sebagian, atau terjadi perdarahan di belakang tempat embrio menempel.
- Embrio masih di dalam rahim dan bertahan hidup, sehingga umumnya bisa diselamatkan.

* Abortus insipiens
Tandanya:
- Sebagian jaringan embrio sudah turun dan berada di mulut rahim, tapi seluruh embrio masih berada di dalam rahim.
- Kemungkinan untuk melanjutkan proses kehamilan dan mempertahankan embrio sangat kecil.

* Abortus tidak lengkap (inkomplet)
Tandanya:
- Sebagian jaringan embrio sudah terlepas dari dinding rahim, dan biasanya ada sebagian jaringan yang sudah berada di mulut rahim.
- Apabila perdarahan yang terjadi tidak kunjung berhenti, embrio/janin harus segera dikeluarkan.

* Abostus lengkap (komplet)
Tandanya:
- Embrio yang sudah berbentuk janin, sudah terlepas sama sekali dari dinding rahim.
- Biasanya terjadi di awal masa kehamilan, yakni ketika plasenta belum terbentuk.

- Janin akan keluar dari rahim, baik secara spontan maupun dengan alat bantu.guan kehamilan.

Tindakan  Mencegah Keguguran.

Seperti sudah disinggung sebelumnya, keguguran terjadi ditandai perdarahan. Itu sebabnya seorang ibu hamil jika mengalami perdarahan sedikit apa pun, harus segera menghubungi dokter. Sedikit atau banyak darah yang keluar, perdarahan ini harus segera ditangani.

Biasanya dokter akan mencegah jangan sampai janin keluar. Antara lain dengan meminta calon ibu melakukan istirahat total (bed rest), disertai pemberian obat-obatan seperti dupaston atau gestanon. Selain itu akan dilakukan pemeriksaan USG untuk mengetahui dengan pasti apakah janin masih ada atau sudah gugur.

Bila tak ada janin tapi tanda-tanda kehamilan masih ada, hal ini dalam ilmu kedokteran disebut blighted ovum(BO). Bila keadaan sudah demikian, dokter akan mengambil tindakan kuretase, yaitu pengerokan pada rahim dengan tujuan mengosongkan rongga rahim.

Bila disebabkan infeksi, dokter akan mengobati infeksinya lebih dahulu. Jika infeksi sudah dipastikan sembuh, ibu tersebut baru diperbolehkan hamil kembali. Jika keguguran akibat mulut rahim yang lemah, maka pada kehamilan berikutnya akan dilakukan tindakan operasi pengikatan mulut rahim.

Pasca Keguguran
Yang sebaiknya anda lakukan dan perhatikan setelah keguguran :

* Periksa ke dokter kandungan, sehingga faktor-faktor yang menjadi penyebab terjadinya keguguran yang Anda alami dapat diketahui.    Sedapat mungkin dihindari agar tidak terjadi keguguran berulang pada kehamilan berikutnya.

* Perhatikan asupan gizi Anda, khususnya zat-zat gizi yang penting untuk membantu mempersiapkan kehamilan dan membantu proses tumbuh-kembang janin kelak. Misalnya, memenuhi kebutuhan asupan asam folat sebanyak 400 mikrogram setiap hari

* Terapkan gaya hidup sehat, misalnya dengan melakukan olahraga secara teratur, dan memenuhi kebutuhan tubuh Anda untuk istirahat (jangan terlalu lelah).

Kapan boleh hamil lagi?

Pertanyaan tentang kapan timing yang tepat untuk hamil lagi memang sering muncul.   Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan setiap individu. “Misalnya, kasus keguguran yang dulu itu hamil pertama atau bukan? Penyebabnya apa? Umur Anda sekarang berapa? Kondisi Anda bagaimana? Kalau semuanya normal-normal saja, sekitar 2-3 bulan setelah menstruasi, Anda boleh hamil lagi.
Kondisi seperti apa, sih , yang dianggap tidak normal?    Bila kehamilan lalu merupakan hamil anggur. Masalahnya, keguguran akibat hamil anggur berpotensi untuk jadi penyakit trofoblas ganas. Yaitu, semacam tumor dalam rahim yang terbentuk dari jaringan sel-sel bagian luar pada awal terbentuknya janin, dan bisa menyebar sampai ke paru-paru, otak atau hati.   Pada kondisi ini, diperlukan treatment sekitar 6 bulan ( silakan baca artikel tentang hamil anggur pada edisi ini ).   Kalau tidak ada tanda-tanda keganasan pada trofoblas, barulah Anda boleh hamil lagi.

Related Posts with Thumbnails

Tags: , , , , ,

217 Responses to Penyebab & Tanda Tanda Keguguran

  1. hermien on June 11, 2011 at 2:06 pm

    Malem dok, saya mau tanya saya sdh menikah 8bln, skrg sdg menjalankan program kehamilan, oleh dokter kandungan saya dikasih profertil dan pada saat hari ke-13 hrs cek apakah ada sel telur atau tdk ternyata ada sel telur dan saya disuruh untuk rutin berhubungan intim sesuai tgl2 yg diberikan oleh dokternya..ternyata pd tgl 27 mei kmrn saya mendapatkan menstruasi sktr 4 atau 5 hari saya lupa..dan kmrn tgl 10juni di pagi hari saya merasakan ngilu pd saat saya akan duduk agak sakit di perut bag bwh..ternayata di sore hari ada darah segar di celana..sampai hari ini msh keluar darah segar tp tdk terlalu byk seperti haid biasanya..apakah ini normal?krn saya tdk pernah mengalami ini sebelumnya..haid saya selalu rutin..saya blm mengetahui apakah saya hamil atau tdk krn akhir bln kmrn msh dpt haid..saya tunggu informasinya dok..terima kasih sebelumnya.

  2. nia daniaty on June 14, 2011 at 5:57 am

    dok, saya kputihan nya brlebihan,,
    dah gtu kputuihan saya agak bau…
    apakah itu normal ato kira2 diagnosa nya thu ap yha dok???apakah itu bsa mnyebabkan kmandulan ato mnyebabkan penyakit apa gtu dok??

  3. Sasya on June 19, 2011 at 12:24 pm

    Malem dok,
    saya hamil usianya sekitar 2bulan, tp saya sering sakit di perut bagian dekat lambung, tapi sebelum saya hamil, saya tidak pernah mengalami seperti itu, karena sakitnya ini terus menerus sampai-sampai saya muntah.
    Terima kasih, saya tunggu infonya

    • fina on August 25, 2011 at 2:13 pm

      ass wr wb
      yth dokter, sy fina 28 tahun , sy ud punya putri 4 th
      pada th 2010 saya 3x berturut turut keguguran
      alhamndulillah blm romadhon 2011 ini sy hamil lg, tp kok sy merasa sakit perut di trimester 1 kehamilan ini, tolong sy dok sy tdk mau pesimis lg, ap yg hrs sy lakukan, sy jg pny maag, apa hal itu normal bagi saya? trims

  4. Isye on June 20, 2011 at 5:38 am

    Siang Dok
    Saya sudah keguguran 2 kali. yang pertama awal November 2010 dan yang kedua awal Mei 2011. Usia kehamilan sama yaitu 8 minggu. Kira-kira penyebab dari keguguran saya itu apa? apa yang harus saya lakukan dan kapan kira-kira boleh hamil lagi?
    Trims

  5. ronald on June 21, 2011 at 6:22 pm

    Istri sy tlat hait uda dua minggu,dengan demam d sertai panas tinggi. Sy mohon penjlasan dokter

  6. icha on June 22, 2011 at 1:29 pm

    malem dokter.

    saya mau tanya,koq setiap saya hamil selalu memgalami keputihan.keputihannya kuning kehijauan dan agak amis.itu kenapa ya dok soalnya kalau sudah melahirkan bisa berhenti sendiri?
    apa ada obat yang bisa menyembuhkannya?
    mohon sarannya,terima kasih.

  7. Dewy on June 23, 2011 at 3:28 am

    Pagi dok,
    saya mau tanya. saya sdh menikah 11 bulan, sejak 2 bulan lalu saya menjalankan program dgn dokter kandungan. pd bulan pertama saya cuma diberi vitamin e, lalu pada bulan kedua saya diberi obat penyubur untuk 5 hr setelah mens + vitamin e lg. saya terakhir mens tgl 19 Mei. pd bulan ini sejak tgl 19 – 21 Juni keluar flek coklat. lalu pd tgl 22 Juni yg keluar adalah darah, sampai sekarang keluar darah sprti mens, tp tdk terlalu banyak.perut bagian bawah sebelah kiri saya sakit dok, terasa kejang. yg mau saya tanyakan apakah saya hamil dan kemudian keguguran dok? saya blm sempat ke dokter krn kesibukan. trm ksh atas jawaban dokter.

  8. Rosy on June 27, 2011 at 7:06 am

    Saya didiagnosa BO dan diberi obat utk mengeluarkan oleh dokter. tp ternyata tdk keluar semua, dan hrs dikuret.
    Apakah bisa dikeluarkan tanpa kuret, terakhir cek kantung hamil sdh mengecil ?
    Apakah ada obat yg bisa saya minum untuk membersihkan rahim ?

  9. edi on June 29, 2011 at 4:37 am

    Siang dok,
    Istri saya keguguran tgl 25, tgl 3 bln berikutnya suntik kB 3 bln, tgl 24 bln berikutnya(telat 3 minggu) baru ada bercak darah, sedikit,apakah hamil lagi dan gugur? Trmksh

  10. sinta on June 30, 2011 at 10:47 am

    sore dok
    sya udah 2bln tdak menstruasi tp sya testpen hsilnya negatif. saya udah menikah dulu pernah keguguran 2x.
    knp& solusinya

  11. lian on June 30, 2011 at 8:17 pm

    ass,dok saya mau tnya neh,saya telah 2 x gagal dalam kehamilan,penyebabnya akibat preeklamsia.tapi yang buat saya bingung,pada saat hamil yang kedua,pd usia kandungan saya 5 bulan saya mengalami pendarahan,dan akhirnya sya keguguran.apa yang terjadi pada kandungan saya dan diri saya ya dok?.terimakasaih.
    mohon jawabannya.

  12. Winly on July 1, 2011 at 2:38 am

    Pagi Dok saya mau tanya, apakah bersenggama bisa menyebabkan keguguran atau apakah ada masalah yang akan timbul seperti anak cacat atau sebagainya jika bersenggama dalam keadaan hamil?? mohon informasinya dok….

    Thanks

  13. ifa on July 3, 2011 at 2:08 am

    dok, bln mei saya menstruasi dr tgl 3-11, lalu tgl 26 juni saya berhububungan intim.
    dan skrg saya telat menstruasi 3 hari, apa ada kmungkinan saya hamil??
    tapi tidak ada tanda-tanda kehamilan yg saya rasakan.
    saya tunggu jawabannya.

  14. ifa on July 3, 2011 at 2:12 am

    dok, bln mei saya menstruasi dr tgl 3-11, lalu tgl 26 juni saya berhubungan intim dg suami saya. tapi kami berhubungan tidak sampai orgasme, dan menurut suami saya, ia tidak mengeluarkan spermanya.
    tapi skrg saya telat menstruasi 3 hari, apa ada kmungkinan saya hamil??
    tapi tidak ada tanda-tanda kehamilan yg saya rasakan.
    saya tunggu jawabannya, terima kasih

  15. Hetty on July 3, 2011 at 9:36 am

    sore dok,
    saya mau tanya. ini mengenai kakak saya yang baru saja mengalami keguguran. kata dokter, ini disebabkan karena virus dan dokter juga menyarankan agar kakak saya melakukan test. karena biaya yang cukup mahal,kami tidak mampu membiayai test tersebut.
    awalnya, kakak saya mengalami sebuah kecelakakan dan disaat itu kakak saya belum mengetehui kehamilanya. berbagai pengobatanpun dilakukan, pada waktu itu juga dilakukan ronsen dan diberikan obat dengan dosis tinggi. selang beberapa minggu kemudian kakak saya check-up kedokter dan ternyata kehamilan kakak saya sudah menginjak 2bln.
    setelah kehamilanya menginjak 7bln, perut kakak saya tidak bertambah besar dan berat badanya turun 1kg, kemudian kakak saya check-up ternyata janin kakak saya sudah tak bernyawa lagi.
    menurut dokter, apa penyebabnya?

  16. nora on July 10, 2011 at 6:16 pm

    Malam dokter. Gini dok saya perna di fonis kena tokso lalu
    di kirek katanya janin ngk hidup setelah
    hamil berusia 8 minggu dan 6 bulan
    kemudian sy di fonis lg katax ada miom
    Dan sy pun ikut saran
    dokter tp disaat sy di fonis miom
    sy pendarahan selama 3 bulan akhir nya sy pun sembuh
    Dan bulan april 2011
    sy cek lagi karna mau program kehamilan haid pertama di suruh
    periksa tau2 ada kista dan di beri obat
    bulan berikutx sy cek-up lg ternyata uda hilang
    karna jenisx fungsional yg sy tanyakan
    apa sy masih bisa hamil anak k dua dok dan megapa slalu ada
    Ganguan di rahim sy pola hidup sehat uda sy lakukan
    Apa ada kaitanya dg suami saya yg
    perokok karna bisa 2 bks rokok perhari ,
    mohon penjelasanya dok trimakasih

  17. dhiah on July 10, 2011 at 7:21 pm

    dok saya mau tanya,
    Saya baru saja mengalami keguguran di usia janin 6 minggu pada tanggal 5 juni. Setelah usg dokter blg rahim saya bersih. Tapi kenapa sekarang saya mengalami nyeri di bagian rahim ya dok (tepatnya sudah 3 hari yang lalu dari tanggal 8 juli) kira2 itu normal gak dok? Thx jawabannya

  18. steven on July 17, 2011 at 7:39 am

    selamat siang dokter, istri saya umurnya 36, saya 39, istri saya waktu di periksa hamil 7 minggu, dan dinyatakan bagus oleh dokter kandungan, dan istri saya masih tetap kerja dari jam 12 siang hingga 6 petang, mengajar bahasa mandarin untuk anak2 kecil, terakhir setelah malam jam 6 petang ia ingin menjenguk kakaknya yang stroke, hingga pulang kami malam hari, esok lusanya istri menunjukkan celana dalam ada bercak darah, dan langsung kutelp dokter kandungan kami yg pada hr itu sorenya memang ada jadwal untuk kontrol kandungan, tp paginya kami langsung untuk melihat di usg, ternyata kandungannya tak berkembang yang seharusnya udah besar, skrg istri di beri piliha untuk di kurate, istri pilih minum obat, istri ada darah tinggi sejak dulu, tiap hari minum tensifas 10mg, mohon saran dokter, pertanyaannya apakah yang bisa membuat janin tidak berkembang, koq hanya awal2 aja bisa bagus, apakah kecapaian bisa membuat janin tdk berkembang? padahal udah saya larang untuk mengurangi aktifitas pada trimester pertama kehamilan, tp keluarga istri yang protes dikatakan “mana ada org hamil gak boleh kerja?” terima kasih ya dokter :)

  19. Fatmal azmita on July 19, 2011 at 1:44 pm

    Dok, sy hamil 2 bln. Tp kdang2 demam panas. Mmang bukan panas tinggi, apa itu normal dok?

  20. megawati asril on July 20, 2011 at 4:27 am

    dok,sy nikah udah hampir 2 tahun terakhir haid tanggal 28 bulan juni kemarin terus 2 minggu setelah haid saya tes kehamilan dan hasil y positif tp kata dokter kandungan saya tdak hamil,tolong beri penjelasan y saya tunggu

  21. Cantik on July 21, 2011 at 1:23 pm

    Saya sudah berapa bulan ini mual2 dan tidak dapat menstruasi,apakah saya hamil?

  22. Nia on July 22, 2011 at 8:51 am

    Maafx dok.
    Ciri ciri wanita keguguran pada umur 1 mingguh px.
    Cz kakak saya hamil
    Trz d pendarahan bercak2
    N dia g peduli cz dia g m hamil.
    Apakah 2 keguguran

  23. nini on July 22, 2011 at 2:00 pm

    Assalamu Alaikum. mlm dok….
    bebrapa bulan kemarin teman sempat keguguran tp pasca keguguran nda sempat dibersihkan (korek) rahimx sehingga yg tadix haid sekali dalam 3-4 bulan. sekarang menjadi 2-3pekan berturut2 selama 1 bulan. sekarng tmn mrasa lemas n badan smakin membesar (gemuk). klo sprti itu dok apa nama penyakitx, krn spengetahuan sy ada namax. truz gmn cara penanganannya. tolong balasan secepatx dok.
    Thankz for all dok..
    wassalamu alaikum wr wb

    • Eka on August 1, 2011 at 2:16 pm

      Dok, saya baru saja keguguran 24 juni kemarin.
      Tp saya tidak melakukan kuret karena keterbatasan biaya.
      Usia kandungan 6 minggu. Tp sampai skrg saya msh mengalami pendarahan. Sebenarx apa yang terjadi? Apa saya baik2 saja?
      Apa yg harus saya lakukan…?
      Terima kasih.

    • Uswa on August 26, 2011 at 9:23 am

      Ass. Saya punya teman dahulu pernah hamil sampai 2bln, nmn kgugurn tnp dkiret,,, stlh tu mngalami menstruasi sbulan tnpa henti,,
      skrg dy lg hamil lg 2bln ,, selang waktu antra kguguran dg khamilan itu slama krg lbh 1th
      apakah keguguran tnp dkiret, bdampak pd kehamilan yg skrg ? Jk bdampak buruk, bgmn solusix dok kan tlanjur hamil,
      Wass.

  24. henny on July 27, 2011 at 8:24 am

    sore dok saya sekarang sedang hamil 9 minggu keluhan saya kenapa selalu keluar flek setelah saya berhubungan intim,apakah itu bahaya bagi janin saya dok dan kenapa bisa begitu??

  25. Fitri on July 28, 2011 at 8:03 am

    Dok sy mau tny.Sy berumur 20 thn.Sy sdang hamil 7 minggu.Khamilan sy bru kthuan stlah 6 minggu dn stlah mengalami flek 3 kali.Tgl 10,18,21.Perut d bag bwah sy sering nyeri klo bnyk aktftas.Bidan nyaranin untk bed rest.Trus pa kah rasa skit ni biasa atau apa ya dok.Terima kasih jawabany.

  26. desy on July 28, 2011 at 2:22 pm

    malam dok,saya sudah menikah baru 1 thun lebih 4bln saya nikah bln maret kosong dan saya cek k dokter bulan juni pertama saya sebelum menikah haid teratur dan sudah menikah haid jadi tidak teratur dan jelasnya memang bulan juni saya cek k dokter dibilang saya punya kista berukuran kecil tapi tidak menghambat untuk hamil dan waktu itu saya di usg da janin berusia 1 minggu coz saya tidak tau saya sedang hamil karena mual2 pagi dan ingin pipis trus saya dibilang sedang hamil 1 minggu dan saya diberi obat untuk dibilang radang saluran air kencing ternyata esok hari keluar darah yang sangat banyak dan perut saya sakit!saya cek k dokter kandungan tidak da apa2!pa tu keguguran dok?

  27. megga on July 31, 2011 at 5:04 am

    siang dok..
    saya sebulan nggak mens.. dan ciri2 hamil muda sudah saya rasakan. mulai dari mual sampe sering buang air kecil! tp begitu saya tes pake tespek hasilnya negatif..
    saya mau nanya,, sebenernyta hasil dari tespek itu pengaruhnya besar nggak sih?

  28. Mhey on August 3, 2011 at 3:04 am

    Dok, terakhir saya dtang bulan 20juni, lalu akhir juni saya melakukan hubungan intim, stelah itu bulan juli sya tidak mens, stelah di cek sya positif, apakah memang bisa scepat itu dok ?
    Tolong mnta jwabannya, trimakasih

  29. Rara on August 3, 2011 at 5:39 am

    siang dok,,,saya mau tanya….
    saya baru mnikah 2 bulanan…..sekarang saya saya sudah telat 3 minggu….kemudian ada mual muntah,, badan hangat,, perut terasa panas,, sulit buang air besar juga….tetapi saya ke 3 dokter berbeda sampai specialis pnyakit dalam didiagnosa hanya gangguan lambung….kemudian juga diberikan vitamin omega 3,,karena badan saya terlalu kurus……kata dokter saya belum mens karena ada infeksi d saluran kemih…..apakah dr penjelasan saya tadi ,, ada gejala bahwan saya hamil dok?? terima kasih

  30. rani on August 4, 2011 at 8:55 am

    sore dok saya mau tanya, dulu saya wktu masih muda pernah menggugurkan kandungan 2x… skrg saya sudah menikah,awlnya saya tkut tdk bs hamiil lagi. tnyata sya positif hamil. yang saya mau tanyakan, apakah ini akan berbahaya bagi janin saya setelah saya pernah aborsi :( . sy sgt menyesal kejadian yg dulu

  31. achy on August 6, 2011 at 3:28 am

    pgi dok sya mau tanya,terakhir saya datang bulan tgl 28 juni dan sekarang telat tapi saya udh tes hasilx positif tapi anak pertama saya baru berumur 11 bulan dan dia masih asi ma saya,menurut dokter saya perlu kasih berhenti pemberian asi ma anak pertama saya,apa bagus bagi perkembngan mental anak pertama saya karna jarakx terlalu rapat??mohon sarannya dok makasih.

  32. Evon on August 7, 2011 at 2:32 pm

    dok,saya usia 40 lagi hamil yang ke 5,yang
    pertama keguguran, ke 2 selamat dan lahir
    cecar,ke 3 dan ke 4 digugurkan pada usia 2 bulan karena kata dokter janinnya tidak
    berkembang. Sekarana lagi hamil lagi, gimana caranya dok agar janinnya tumbuh normal? mohon sarannya dok

  33. sari on August 10, 2011 at 5:35 am

    siang dok,saya mau tanya.
    Saya sekarang hamil 5 bulan,dan janin saya mulai bergerak,tapi bergeraknya tuh cepet banget belum 1 menit udah berkali kali.kenapa ya dik dengan janin saya?

  34. zian on August 11, 2011 at 8:41 am

    dr…
    saya tengah mengandung anak pertama, minggu ini menginjak usia kehamilan 9 minggu. akan tetapi sering terjadi ketidak nyamanan akan diri saya seperti perut bagian bawah sering sekali kram dan nyeri, pinggang pula sering merasa begitu, rasa mual yang datang tidak hanya pada pagi hari akan tetapi setiap kali beraktivitas saya merasakan mual yang di barengi dengan sakit pada ulu hati saya, itu kira-kira kenapa ya dok, apakah janin saya baik-baik saja dan kehamilan saya normal tidak??? dan sebaiknya saya bagaimana dengan keadaan yang seperti ini dr, terimakasih sebelumnya…

  35. dinar on August 18, 2011 at 3:06 am

    Selamat pagi dokter,
    dokter,saat ini usia kehamilan saya yang kedua umur kandungan saya sekarang 5 minggu, kehamilan saya yang pertama saya mengalami keguguran dengan umur kehamilan 7 minggu
    awal mengetahui kondisi saya hamil karena mens bulanan saya hanya terjadi selama 3 hari yang hanya berupa bercak2 saja,kmudiaan berhenti,saat itu saya coba untuk test tespec tapi hasil yang saya dapatkan negatif,kmudian setelah mens saya telat 1 minggu saya coba agi dengan testpect ternyata hasilnya positif, tp setelah hati ke 14 bercak darah itu ada lagi dok,untuk dokter ketahui pada kehamilan saya yang pertama dan setelah melakukan pengecekan lab ternyata saya terkena tokso dengan nilai Igg mencapai 56 dan iGm negatif,saa melakukan pengobatan tokso selama 3 bulan tp saya tidak melakukan kontrol kembali sampai saya hamil saat ini,kejadian kegugurn saya yang pertama itu,tgl 29/4/2010,menurut dokter apa yang harus saya lakukan dengan riwayat saya yang pernah terinfeksi virus tokso dok,bercak2 darah yang timbul itu apakah masih normal atau berbahaya u/ janin saya dok,mohon solusi atas masalah saya ini ya dok

  36. iska rahma on August 23, 2011 at 4:56 pm

    selamat malam dok, disaat saya hamil 7 minggu saya pendarahan.bidan nyaranin untuk istirahat total.ketika kehamilan saya masuk 11 minggu saya periksa melalui usg.bayi saya meninggal di dlm rahim sudah 3 minggu.apa penyebab keguguran saya.saya konsul ke 3 dokter,jawaban mereka berbeda2.salah satunya dokter blng,saya terkena virus tokso.paska kurate perut saya sering nyeri apakah itu efek dri kurate atau saya terkena tokso.terimakasih dok.mohon dijawab

  37. daniel on August 25, 2011 at 1:56 am

    selamat pagi dok,
    istri saya sedang hamil 2 bulan.
    Kebetulan hendak ada acara selama 3 hari di daerah. perjalanan yang ditempuh selama 1-2jam. Apakah beresiko tinggi andai saya ajak dia ikut ke acara tersebut..
    andai ada catatan, aktivitas yang diperbolehkan selama berlanjut berapa jam sehari?
    Acara yang dilakukan bersifat kamp rohani di penginapan..
    terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Artikel via Email

Isi E-mail, Klik Saya Mau:


Terima Kasih Atas Kunjungan Anda