Penyakit Ginjal : Tanda / Gejala, Pencegahan Dan Obat Alami Gangguan Ginjal

Apa itu penyakit ginjal ?  Apa beda penyakit ginjal akut dan penyakit ginjal kronik ?  Apapula yang dimaksud dgn gagal ginjal ?  Bagaimana mengenali tanda / gejala gangguan ginjal, pencegahan dan pengobatan gagal ginjal ?  Semua berusaha saya jawab dalam rangkuman berikut ini.

Gambaran Umum Penyakit Ginjal

Sebagai salah satu alat pengeluaran (ekskresi), ginjal bekerja membuang sampah sisa motabolisma yang terjadi pada tubuh manusia.   Juga secara sistematis membuang cairan yang berlebihan dari tubuh sebanyak 750 ml – 1500 ml perhari.

Bila ginjal tidak berfungsi, atau dalam dunia kedokteran disebut  sebagai gagal ginjal, sisa metabolisma yang tidak dikeluarkan tubuh akan menjadi racun bagi tubuh kita  sendiri.

Racun ini, lanjutnya akan menimbulkan keluhan mual, muntah, sakit kepala hebat sampai penurunan kesadaran. Cairan yang tidak bisa keluar dari tubuh akan menyebabkan terjadinya penumpukan cairan di seluruh rongga tubuh sehingga terjadi sembab dan sesak nafas. Bila tidak diatasi segera orang yang mengalami gagal ginjal akan menemui kematian.

Menurut kejadianya gagal ginjal dapat dibagi atas gagal ginjal akut yang timbul secara tiba-tiba dalam hitungan hari dan minggu. Sedangkan gagal ginjal kronik timbul perlahan secara menahun.

Gagal ginjal akut jika dilakukan pengobatan yang tepat, akan dapat disembuhkan. Sedangkan gagal ginjal kronik tidak dapat disembuhkan, dan harus menjalani pengobatan seumur hidup,.

Penyebab gagal ginjal akut  dapat disebabkan oleh peristiwa yang terjadi secara akut seperti penyumbatan total saluran ginjal oleh batu, kekurangan cairan pada diare yang tidak diatasi segera dan kekurangan darah pada orang luka dan operasi, infeksi berat serta keracunan obat dan zat kimia tertentu. Bila tidak ditangani dengan baik gagal ginjal akut ini akan berubah menjadi gagal ginjal kronik yang permanen.

Gejala / Tanda Penyakit Gagal Ginjal

Tanda2  gagal ginjal  akut antara lain : nyeri pinggang  yg amat sangat sakit  (kolik), bengkak mata, bengkak kaki, saat kencing sakit, demam, kencing sedikit, kencing merah (ada darah), sering kencing.  Ada Kelainan Urine, al:  ada protein dlm urine, ada eritrosit, sel darah putih / lekosit, bakteri dalam urine.

Gejala gagal ginjal kronik antara lain : mual, muntah, bengkak2, lemas, tidak ada tenaga,  nafsu makan berkurang, , kencing berkurang, gatal, sesak napas, wajah pucat /anemia. Kelainan urin: ada protein, eritrosit, lekosit dalam urine.  Kelainan hasil pemeriksaan Lab yg  lain: creatinine darah naik, Hb turun;  Urine: protein selalu positif (selalu ada protein dalam urine).

Pengobatan Penyakit Ginjal

Pada intinya, Tujuan pengobatan adalah untuk mengendalikan gejala, meminimalkan komplikasi dan memperlambat perkembangan penyakit.    Bila diketahui penyebabnya adalah dampak penyakit lain, maka dokter akan memberikan obat-obatan atau therapy untuk mengobati penyakit tsb,  misalnya pemberian obat untuk pengobatan hipertensi, anemia atau mungkin kolesterol yang tinggi.
Pengobatan gagal ginjal dimulai dengan pembatasan cairan.   Selain itu mengurangi makanan yang mengandung protein, garam dan fosfat. Bila tidak dapat diatasi secara konservatif, maka harus dilakukan cuci darah (dialysis).
Pada gagal ginjal kronik , umumnya harus dilakukan cuci darah seumur hidup atau menjalani transplantasi ginjal.

Pencegahan Penyakit Gangguan Ginjal

Pencegahan penyakit gagal ginjal dapat dilakukan antara lain mengatasi penyakit penyebab. Bila kita menderita diabetes atau hipertensi, harus ditangani dan dikendalikan dengan seksama. Bila terdapat batu ginjal harus dikeluarkan dengan segera. Bila sering terjadi infeksi ginjal harus diobati dengan tepat.
Sebaiknya tidak menggunakan obat semaunya, karena bannyak sekali obat yang diketahui merusak ginjal ,termasuk obat anti sakit dan obat rematik serta jamu-jamuan yang biasa dijual bebas di warung-warung.

Lakukan gaya hidup sehat , makan makanan dengan gizi seimbang, menjaga berat badan ideal ,  tidak mengkonsumsi alkohol, diet sodium, menghindari asupan asam lemak jenuh dan kolesterol, mengatur asupan kalium dan magnesium, meningkatkan aktivitas fisik dan hindari rokok.


Obat Alami Gangguan Ginjal

Resep 1 Bahan :
- 15 gr daun Sukun kering,   + 1 gelas air mendidih, madu atau gula batu secukupnya.

Cara membuat :
Seduh bahan tersebut diatas, gunakan periuk tanah atau panci kaca.  Saring, setelah dingin dan bila  perlu campurkan Madu atau Gula Batu. Minum ramuan ini dua kali dalam sehari, selama sepuluh hari.
Dan selama mengkonsumsi ramuan ini, dilarang keras mengkonsumsi sayur bayam, daun singkong, daging merah, jeroan dan kangkung.

Resep 2
Bahan :
- 1 rimpang Temulawak +  1 genggam daun Kumis Kucing segar + 1 genggam daun Meniran segar +  4 gelas air
- Gula Aren secukupnya

Cara membuat :
Setelah semua bahan-bahan tersebut dicuci, rebus  dalam periuk tanah atau panci kaca hingga air tersisa separuhnya. Setelah dingin saring dan minum 3 kali dalam sehari. Untuk penambah rasa tambahkan gula Aren atau madu  sesuai selera anda.

Resep 3 :
Bahannya :
- 60 gr Kumis Kucing segar (daun dan batangnya)
- 30 gr daun Sendok segar
- 30 gr Rumput Mutiara segar
- 800 cc air

Cara membuatnya :

Cuci bersih semua bahan dan rebus hingga air tersisa 450 cc. Saring dan minum ramuan tersebut 3 kali sehari, masing-masing 150 cc.

Resep 4 :
Bahannya :
- 30 gr Meniran segar (daun, batang dan akarnya)  +  60 gr akar alang-alang segar +  30 gr Pegagan segar
- 800 cc air

Cara membuat :
Cuci bersih semua bahan, dan rebus hingga air tersisa 450 cc. Saring dan minum 3 kali sehari, masing-masing 150 cc.

Resep 5:
Bahannya :

- 20 gr Sambiloto segar (batang dan daunnya) +  60 gr Krokot segar (berikut dengan akarnya) +  60 gr rambut Jagung segar
- 800 cc air

Cara membuatnya :
Cuci bersih semua bahan dan rebus hingga air tersisa 450 cc. Saring dan minum 3 kali sehari masing-masing 150 cc.
Obat Alami Batu Ginjal
Bahannya :
- 4 tongkol Jagung muda +  1 genggam rambut Jagung +  8 helai daun Keji Beling segar
- 1 gelas air

Cara membuatnya :
Cuci semua bahandan rebus sampai mendidih. Setelah dingin, saring dan minum selama 14 hari berturut-turut. Setelah batu keluar, apakah berupa butiran maupun buih, maka pengobatan harus dihentikan.

Resep 2
Bahannya :
- 30 gr daun Meniran segar + 30 gr daun Kumis Kucing segar
- 1 gelas air mendidih

Cara membuatnya :
Setelah dicuci bersih, seduh kedua bahan tadi. Biarkan sampai dingin, saring dan minum. Lakukan selama 5 hari berturut-turut

Obat Herbal Radang Ginjal
Bahannya :
- 60-120 gr akar Alang-alang segar
- 3 gelas air

Cara membuatnya :
Cuci bersih dan potong-potong seperlunya, kemudian rebus hingga air tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan bagi menjadi 3 bagian untuk 3 kali minum dalam sehari.
Obat Herbal Batu Empedu
Bahannya :
- 5 tongkol Jagung muda
- 5 gr daun Kumis Kucing segar
- 1 gelas air

Cara membuatnya :
Setelah semua bahannya dicuci bersih, rebus sampai mendidih. Setelah dingin, saring dan minum sekali dalam sehari selama 14 hari berturut-turut.

Related Posts with Thumbnails

Tags: , , , ,

140 Responses to Penyakit Ginjal : Tanda / Gejala, Pencegahan Dan Obat Alami Gangguan Ginjal

  1. sue lin on July 21, 2012 at 1:36 am

    bunda,sy sakit pinggang udah lebih setahun kadang sakit kadang enggak apa sy kens gejala ginjal kronik? mohon bantuannya ya bunda trims

    • ratih wulansari on July 26, 2012 at 2:55 am

      bunda..,mau tanyaa udh 5hr ne saya sering skt perut dan badan dsekitar pinggang sblh kiri…udh kedokter ktnya saya sakit gejala ginjal…benarkah dok…..

    • hidayat on August 11, 2012 at 5:09 am

      pinggang sy sebelah kiri sering sakit, apakah itu tanda sakit ginjal?

  2. Rizky on July 23, 2012 at 4:28 am

    bunda, saya mau tanya, saya akhir akhir ini sakit pinggang sebelah kanan yang semakin hari semakin sering serta rasa sakitnya semakin menjadi jadi. air seninya pun terlihat tidak normal warnanya keruh sekali kehitaman. kira kira itu gejala kelainan ginjal atau bukan ya bun??

  3. ahmad sumartono on July 23, 2012 at 2:34 pm

    Dear

    Tolong info bagaimana penyembuhan untuk ginjal kering

    Thanks

  4. mia on July 25, 2012 at 1:55 pm

    bunda tlg informasinya ,, tentang penyakit ginjal bocor , n pengobatan nya yaaa … !!!!!

  5. adi on July 31, 2012 at 3:54 pm

    ibu jempol. saya mau tanya, klo pinggang sakit seperti diremas dan di tusuk tusuk terus mual dan pengennya buang air tapi tidak bisa, apakah itu gejala pnykit ginjal?

  6. mufid on August 3, 2012 at 7:19 am

    ibu jempol, sy penderita sakit ginjal udh HD 12 tp ini udah enak, n sy berhenti HD trs pake pengobatan alternatif, skrng udah mendingan, gmn cr biar cpt pulih kmbli kesehatan kyk dl,

  7. Aria on August 4, 2012 at 5:38 am

    Bunda , saya pnya pnyakit ginjal , dan bagaimana cara pencegahan nya ?

  8. miza Guterres on August 6, 2012 at 3:23 am

    Bunda udah lima hari saya merasa sakit pungung apa in temasuk penyakit gingal bunda?

  9. aya on August 7, 2012 at 5:33 am

    saya mau tanya…suami saya kl kencing akir2 ini merasa sakit dan linu,dan kadang tdk kencing pun terasa ngilu tp 2hr trs sembuh.apakah itu gejala ginjal?terimakasih

  10. ika pratiwi sulisnani on August 7, 2012 at 11:35 am

    umur 25 th,skrg hamil 12minggu jalan,diagnosa awal sy kena ISK dapat obat amoxilin,krn hsil lab msh sama diganti obatnya sanprima,asthin force.tp krn sy pny riwayat hipertensi sy priksa lab UL.hasilnya blood urea natrium (bun) 53,36 normal 23,26 creatinin sy 3,46.LEKOSIT negatif,protein +2,kristal amore.apakah ini gagal ginjal?apakah sy bs melanjutkan khamilan saya?diet apa yg hrs sya lakukan.ada pengobatan herbal dr daun sukun,apakah aman bt bayi?mohon pnjelasannya trimakasih

  11. ridho on August 8, 2012 at 7:59 am

    saya ridho umur 20 thn
    badan saya sering tiba2 bengkak,dan air kencing saya selalu menggandung protein +
    saya mersa gatal2 d sekujur tubuh saya
    apa yang harus saya lakukan agar penyakit sya dapat sembuh?

  12. Joanico da Silva on August 9, 2012 at 5:27 am

    Ibu saya sering mengalami sakit pingan dan kadang-kadang saat sakitnya saya tidak bisa duduk dan apabila duduk berdiripun harus pelan-pelang. Tolong Bu…kita dari Timor Leste!!!!!

  13. Yandi Supiandi on August 9, 2012 at 7:55 am

    Sudah hampir 2 minggu saya merasakan sakit pinggang yang begitu hebat desertai dengan kencing (ada darahnya sedikit).apakah itu menendahkan penyakit ginjal, untuk penanganna pertama yang saya harus lakuan apa ya ?

  14. abdul syukur on August 11, 2012 at 5:15 am

    satu minggu yang lalu pinggang, pantat, kaki saya terasa nyeri banget dan terkadang saat kencing merasa perih, pa itu tandanya terkena gejala gagal ginjal akut? mohon penjelasannya

  15. Anas on August 12, 2012 at 1:36 pm

    Bunda, aku mau tanya akhir2 ini tulang blakang ku sakit bnget kalau hbis duduk agak lama skit’y lmayan trasa, msalah kncing tau yg laen’y ga ada msalah, kash tau dong bunda ini gejala gagal gnjal pa bkan,

  16. leli on August 13, 2012 at 3:27 pm

    Bunda, mama saya skrg diagnosa gagal ginjal. berkali kali Dialysis.. dan HB sering turun jd sering transfusi.. apakah ada pengobatan alternatif spy tidak cuci darah? makasaih infony.GBU

  17. dyana on August 14, 2012 at 7:15 pm

    ibu saya sudah hampir 2th ini keluar masuk opname karna dokter bilang ..dia sakit lambung,dan bru bbrp hari ini ibu saya cek urine lagi ..kata dokter ibu saya diagnosanya ada batu ginjal,…dan byk orang bilang harus minum ramuan herbal/alamai tapi saya tdk tau kira kira ramuan apa yg baik utk penderita ..sakit ginjal ,plus sakit lambung dan ada tekanan darah tinggi naik turun.saya beraharap ibu bisa memberitahu obat yg terbaik selain obat dokter …sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terimakasi

  18. ryana on August 15, 2012 at 5:20 pm

    bunda sya mau tanya kalau pinggangny sakit terus perutnya yg diserang , ap it tandany ad gejala ginjal bun….

  19. ana on August 21, 2012 at 3:51 am

    bunda syg mau tny.umr sy 29thn. Akhir2 ini dlm 1/2 ini kpla suka pusing,n maag.
    Kalo ud kambh kadg kembung trus n punggung pegel.mau muntah jg n asam rasa’y.
    Kalo ud melakukan perjalanan jauh tulang belakang n d dkat pantat skt ga bs lgsg bgn dl,n kadag agk pegel d pangkal paha. apa it gejala ginjal?
    Makasi tolong infonya.

  20. Uiindy zhee angell small on August 22, 2012 at 2:33 pm

    Sbrpaa lma kah wktu hiidup org yg punya pnykiit ginjaal.,?

  21. Rumbadi Dalle on August 23, 2012 at 6:47 am

    Ass.wr.wb.
    Apa khabar Bu, semoga Allah SWT mencurahkan rahmatnya pada Ibu dan keluarga serta kita semua.Amin!!!. Tentu berkat informasi soal kesehatan dan cara mencegah dan mengobati penyakit yang timbul merupakan sumbangsih ibu yang sangat berharga. Wass. Tabik

  22. balijanpardosi on August 25, 2012 at 10:40 pm

    salam bu jempol…
    teman saya menderita batu ginjal,apakah batu ginjal mempunyai efek samping terhadap pasanagannya/isterinya??terima kasih..

  23. winda oktami on August 28, 2012 at 10:12 am

    Bunda,,,saya winda umur 21 thn..
    Akir2 ini sudah 2bln yang lalu sya slalu di serang skit pinggan yang amat sakit di sertakan sesak nafas,,,mau bangun pun rasa nya sulit..kalau duduk hrus senderan..tapi skit nya kdang kmbuh kdang nggak…apa itu gejala gagal ginjal,bun?
    Mohon di replay ya bun saya amat sngat bingung dgn pnykit ini

  24. rainilen on September 5, 2012 at 6:33 am

    as5.. Bunda blkgn ne brat bdan saya trus berkurang n nafsu mkan pun berkurang sesekali jg meraskan skit d bgian ping9ang yg pengen sya tnykan apkah sya mendrt skt gnjal atau bkn?

  25. Isnaniah on September 6, 2012 at 12:42 am

    saya suka info ini tapi bingung untuk mendownloadnya…. Gimana Buuuu???

  26. wawan afryan on September 6, 2012 at 4:03 pm

    makasi atas info ini bu. info ini bener bener bermamfaat buat saya. karena sekarang ini anak saya lagi nagalami gejala sakit ginjal.

  27. ilfana on September 6, 2012 at 5:20 pm

    Bund, ibuku divonis bocor kreatinin ginjal. Aku mau minta tolong solusinya, kira2 apa penyebab n bgmn penanganannya?
    Sudah bolak balik dokter 5bln ini tapi berat badannya terus turun.
    Trima kasih bantuannya
    GBU

  28. ndda belinda on September 6, 2012 at 5:31 pm

    bunda saya masih berumur 19th .
    ,tp saya sudah d vonis gagal ginjal oleh dokter.
    Apa penyebab gagal ginjal tersebut?
    Apa gaya hidup saya yg tidak sehat?
    Apa aman Jika saya mengkonsumsi ramuan herbal tersebut bersama obat obatan dari dokter?
    ,
    trims

  29. Haki on September 7, 2012 at 2:18 pm

    Bunda.. Syang kenapa Postingannya tdk bisa, di Co-Pas

  30. mulyadi on September 8, 2012 at 12:26 am

    Coba ninum minyak kelapa 3x sehari 1 sendok makan. InsyaAllah
    Santan kelapa tua dimasak dalam wajan api sedang dalam waktu lama sampai keluar minyaknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


Jangan Lewatkan

Aneka Resep Sayur Asem Enak

Sayur Asem atau Sayur asam ada macam2, ada sayur asem sunda, sayur asem betawi / sayur asem jakarta, sayur asam sunti, sayur asam kangkung,...

Read more »

Resep Ketupat Lebaran | Membuat Ketupat Enak Dan Legit

Resep ketupat lebaran agar ketupatnya enak, legit, padat, tahan lama. Berikut tips dan trik bikin ketupat dan lontong, cara masak ketupat...

Read more »

Resep Opor Ayam Enak

Resep Opor Ayam Enak sebagai pelengkap hidangan / masakan khas di hari Lebaran

Read more »

Resep Masakan Padang : Gulai Tambunsu

Masakan Padang Gulai Tambunsu yang enak, praktis, gampang dibuat, bumbunya mudah didapat. Alternatif menu hidangan lebaran ataupun kala kangen nasi kapau

Read more »

Hidangan Lebaran | Resep Masakan Lebaran

Sajian lengkap menu lebaran yang enak  disertai resepnya : Ketupat dan lontong, opor ayam, rendang daging, dendeng balado, sambal goreng ati, kalio kambing, tumis...

Read more »

Archives