Kenali dan Sembuhkan Rematik Selagi Dini

Rematik  adalah penyakit yang menyerang persendian dan struktur di sekitarnya.  Rematik bisa menyerang bagian kepala sampai kaki. Rematik  biasa disebut juga dengan nama arthritis   Secara umum penyakit ini ditandai dengan sejumlah gejala, seperti pembengkakan, kemerahan, nyeri di lutut, siku, pergelangan maupun di bagian sendi-sendi lain, gangguan di otot dan tendon.  gejala rematik memang cukup luas.
Rematik terdiri dari 150-an jenis.    Tetapi ada empat jenis rematik yang paling sering dijumpai di masyarakat kita yaitu osteoarthritis yang disebabkan oleh pengapuran, rematik luar sendi yang menyerang jaringan di luar tulang rawan, rematik peradangan, dan rematik yang disebabkan oleh pengeroposan.

Penyakit Rematik

Tempat2 Penyakit Rematik

“Sekitar 50 persen keluhan nyeri sendi disebabkan oleh pengapuran. Pengapuran berarti menipisnya jaringan tulang rawan yang berfungsi sebagai bantalan persendian,”
Bantalan dalam persendian yang aus itu menyebabkan terjadinya gesekan tulang sehingga menyebabkan nyeri. Pengapuran ini merupakan proses degenerasi yang dimulai pada usia 40 tahun. Kecepatan proses degenerasi berbeda pada tiap-tiap orang.

Sendi seseorang bisa mulai bermasalah di usia 40-an. Namun ada orang yang sampai usia 70-an sendinya baik-baik saja. Cepat lambatnya proses tadi ditentukan oleh beberapa faktor risiko,”, antara lain : mutu tulang rawan dan kelebihan berat badan. Tulang rawan yang bagus akan lebih tahan terhadap kondisi aus. Ibarat ban mobil kalau kualitasnya bagus maka persendian tidak mudah aus walau dipakai lama.

Jenis rematik yang paling banyak diderita penduduk dunia adalah arthritis reumatoid (AR) yaitu rematik radang sendi, gout (asam urat) yang disebabkan oleh kadar asam urat yang berlebihan dalam darah, dan osteoarthritis (OR), yaitu pengapuran sendi. enurut dr.Riardi Pramudiyo, SpPD-KR dari RS.Hasan Sadikin, Bandung, OR adalah penyakit sendi yang paling banyak dijumpai. Penyakit ini bersifat degenaratif, yang angka kejadiannya meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Gejala yang menyertainya antara lain, nyeri pada persendian setelah penderita melakukan aktivitas, atau saat perubahan cuaca dari panas ke dingin. Seperti diungkapkan Riadi, faktor pencetus OR biasanya karena ada penyakit lain atau keadaan tertentu. “Belum diketahui apa penyebab primer, namun penyebab sekundernya bisa karena orang kegemukan, sehingga beban yang harus disangga oleh lutut terlalu besar, atau karena berlebihan memakai lutut, misalnya pemain bola profesional,” katanya.

Jenis penyakit rematik lain yang banyak diderita masyarakat Indonesia adalah arthritis reumatoid (AR). Penyakit ini paling sering menyerang kelompok usia 20-50 tahun. Gejala yang umum ditemukan adalah sendi kaku saat bangun tidur dan penderita sulit bergerak.

Rematik pada orang berusia produktif umumnya disebabkan peradangan. Peradangan ini bisa karena asam urat atau sebab-sebab lain. Rematik karena asam urat ini banyak dijumpai pada pria berusia 30-an dan 40-an tahun.
Jenis ini, menurut Dr Harry Isbagio, terjadi karena kelebihan hasil metabolisme purin yang tertimbun di persendian. Timbunan ini yang menimbulkan rasa sakit di persendian.

Dokter Harry sering menemui kesalahpahaman masyarakat mengenai asam urat. Pasien sering datang berkonsultasi sambil membawa hasil tes asam urat. “Mereka bertanya mengapa asam uratnya normal tetapi dokter mendiagnosis terkena rematik. Mereka salah mengerti soal rematik. Tidak semua rematik disebabkan asam urat,” jelasnya.

Gangguan autoimun seperti pada penyakit Lupus termasuk jenis rematik yang disebabkan peradangan. Pada gangguan ini kekebalan tubuh tidak berfungsi sebagai pembasmi bakteri, virus atau benda asing yang memasuki tubuh. Kekebalan tubuh justru merusak jaringan tubuh yang sehat, termasuk jaringan yang ada di persendian.

Begitupun dengan RA (Rheumatoid Arthritis). Penyakit itu termasuk peradangan persendian yang penyebabnya masih belum diketahui. Menurut Encyclopedia of Public Health, telah ada indikasi bahwa pola-pola genetik bertanggungjawab terhadap timbulnya penyakit ini.
RA bisa menyerang orang pada umur berapa pun, termasuk balita. Peradangan penyakit ini terjadi pada jaringan synovial yang terdapat dalam persendian. Jaringan ini berfungsi untuk menghasilkan cairan pelumas sendi. Pada pasien RA, jaringan ini membengkak dan menunjukkan banyak sel yang meradang.

Mencegah, Pantangan dan Pengobatan Rematik

Menurut Riadi, obat-obatan yang sekarang ada di pasaran belum ada yang bisa menyembuhkan penyakit rematik. Obat-obat itu hanya untuk mengurangi rasa nyeri dan mencegah kerusakan sendi lebih lanjut. “Pengobatan rematik biasanya jangka panjang,” ujarnya. Jika rematik yang menyerang pasien sudah sampai tahap deformitas sendi (perubahan bentuk sendi) maka biaya yang dikeluarkan untuk pengobatan termasuk mahal, bahkan ada obat yang harganya mencapai puluhan juta rupiah sekali suntik.
Obat yang biasa diberikan dokter pada pasien penyakit rematik antara lain golongan analgesik (penghilang rasa nyeri), yang bisa menekan prostaglandin, penyebab timbulnya peradangan. Obat ini memiliki efek samping gangguan lambung. Karena itu, hadirnya obat rematik yang lebih spesifik seperti celecoxib, disambut gembira karena memiliki efek samping yang kecil pada lambung dan ginjal. Golongan obat lain adalah kortikosteroid, untuk mengatasi inflamasi (peradangan) dan menekan sistem kekebalan tubuh sehingga reaksi radang pada rematik berkurang. Bentuk obat ini bisa berupa krim yang dioles pada kulit atau suntikan. Sayangnya, obat ini memiliki efek samping seperti pembengkakan, nafsu makan bertambah, berat badan naik, serta emosi yang labil.

Selain dengan obat-obatan, untuk mengurangi rasa nyeri juga bisa dilakukan tanpa obat, misalnya dengan kompres es. “Kompres es bisa menurunkan ambang nyeri dan mengurangi fungsi enzim,” ujar Riadi. Kemudian, banyak jenis sayuran yang bisa dikonsumsi penderita rematik, misalnya jus seledri, kubis atau wortel yang bisa mengurangi gejala rematik. Beberapa jenis herbal juga bisa membantu melawan nyeri rematik, misalnya jahe dan kunyit, biji seledri, daun lidah buaya, rosemary, aroma terapi, atau minyak juniper yang bisa menghilangkan bengkak pada sendi.

Menjaga berat badan ideal adalah salah satu langkah bijaksana untuk mengurangi nyeri di sendi lutut. Setiap kelebihan berat badan membebani sendi lutut serta panggul, dan menambah rasa nyeri karena rematik. Selain itu bobot tubuh berlebih memperbesar risiko asam urat.
Olahraga ringan seperti jalan kaki bermanfaat untuk penderita rematik karena asam urat. Ini karena jalan kaki membakar kalori, memperkuat otot dan membangun tulang yang kuat tanpa mengganggu persendian yang sakit.

Untuk melakukan olahraga sebaiknya meminta pendapat dokter atau terapis, supaya mengetahui gerakan-gerakan yang terbaik. Disarankan untuk menghindari olahraga yang terlalu membebani lutut. “Bulutangkis, voli, tenis, joging, bela diri sebaiknya tidak dilakukan. Apalagi ketika rematik jenis asam urat itu sedang kumat. Berdiri terlalu lama akan menimbulkan sakit yang luar biasa,” katanya.

Selain mengobati, kita juga bisa mencegah datangnya penyakit ini, seperti tidak melakukan olahraga secara berlebihan, menjaga berat badan tetap stabil, serta menjaga agar asupan makanan selalu seimbang sesuai dengan kebutuhan tubuh, terutama banyak memakan ikan dari laut dalam. Jika Anda merasa tidak cukup mengkonsumsi ikan laut, mengkonsumsi suplemen bisa menjadi pilihan, terutama yang mengandung omega 3. Dalam omega 3 terdapat zat yang sangat efektif untuk memelihara persendian agar tetap lentur.
Jangan anggap enteng gejala-gejala rematik yang timbul. Begitu rasa nyeri mulai muncul, segeralah periksakan diri ke dokter untuk mendeteksi mana yang sekedar pegal linu biasa atau yang merupakan gejala rematik.

Related Posts with Thumbnails

Tags: , , , , ,

107 Responses to Kenali dan Sembuhkan Rematik Selagi Dini

  1. Asep Muhidin on April 14, 2011 at 3:46 am

    Maaf sebelumnya, saya mau konsul bu, umur saya sekitar 20th. Tpi saya sudah mengalami gejala-gejala rematik. Seperti otot-otot pada kaku ketika bangun tidur, nyeri tulang, sering kesemutan.
    Yang saya tanyakan apakah gejala tersebut dapat berpengaruh ketika terhadap kelumpuhan ketika saya tua nanti?
    Mohon penjelasanya.
    Terimakasih.

    • saut on April 25, 2011 at 10:38 am

      begini bu, saya baru berumur 24 skg, namun saya sering mengalami gejala2 rematik seperti kesemutan, pergelangan kaki nyeri ketika aktivitas kaki lumayan banyak,,,nah, apakah ini termasuk gejala rematik/ asam urat juga atau bukan?mohon pencerahannya dok..saya tidak mau ambil resiko untuk menikmati hari tua dikursi roda saja, kalau pun bisa, mohon sekalian informasi untuk tindakan pencegahan yang bisa saya lakukan..mohon banget segera direspon..Terimakasih banyak sebelumnya.

      Salam

      Saut Pandiangan, SH

      • Putri on May 2, 2011 at 5:14 pm

        Salam kenal Bung Saut,
        hanya sharing ya, saya juga mengalami gejala yg sama. di umur yg masih 26 (padaha yg saya tau rematik ini penyakit nenek-kakek T.T). Tapi mkn karena faktor kegiatan dan makanan yg tidak sehat. Sudah coba konsul ke dokter? ada internis kusus reumatology. kalau saya kebetulan mencoba ritun olahraga ringan dan minum vitamin sendi (saya pake vitamin Oste dari Soho, bukan yg Oste forte (untuk manula). Semoga bisa membantu. Saat ini kondisi nyeri sendi saya sudah jauh berkurang. minumnya 1×1 selama sakit. Ini suplemen untuk memproduksi minyak persendian kata dokter saya. sebelum beli obatnya, mohon dikonsultasikan ke dokter dulu ya.

  2. nelly on April 15, 2011 at 7:45 pm

    Saya mau konsul,pak/bu.saya brumur 32th.saya saat ni bingung dr dulu saya sll merasakan pegal di betis(spt naik betis) dan telapak kaki tiap malam tiap mau tidur.dan tiap bangun pagi telapak kaki saya itu sakit skali untk brpijak.
    Yg mau saya tanya kan,apakah saya ni trmasuk penderita rematik ato tk? Kalau mmg tidak,gejala2 yg rasakan ni penyakit apa ya pak/bu?
    Mohon penjelasannya.trimakasih.

    • via on July 19, 2011 at 12:17 pm

      gmna nya cara mengobati rematik secara alami

  3. arie bugel on April 15, 2011 at 8:04 pm

    mau tny?apkh rematik bisa smbuh total? trims!

  4. Gipsuuuum on April 16, 2011 at 9:51 am

    Bapak/Ibu
    Saya mau tanya apakah penyakit Rematik bisa menualar?
    dan kadang persendian tangan saya suka nyeri apakah itu juga termasuk gejala atau sudah bisa dikatakan rematik
    Terimaksih sebelumnya

  5. bal on April 18, 2011 at 2:29 am

    trima kasih sranya bu,,,,

  6. Firman Crew 100'20 Fm on April 18, 2011 at 5:36 am

    mau tnya,apa rematik juga bisa menyerang anak muda ??? mkch..

  7. goes gito on April 18, 2011 at 3:36 pm

    mw nanya neh, sy sdh brtahun2 sakit nyeri di punggung bag kanan, srg terasa sakit klo duduk di lantai tdk brsandar… Apa itu juga rematik? Gmn cr mengobatix?

  8. rita on April 21, 2011 at 8:17 am

    saya mau konsul buk, saya sering mengalami nyeri tulang kl dingin ato kl kena kipas angin, apa kah itu rematik apa asam urat buk. umur saya 35 thn, thx buk

  9. i-tasik on April 22, 2011 at 10:04 am

    seprtinya sebagian dari pertanyaan yang saya cari ada di sini, tapi yang jadi khawatir mengenai proses kesembuhannya, sperti yang ibu katakan bahwa sampai saat ini belum ada obat yang mampu mengobati secara permanen. bagaimanakah dengan pengobatan alternatif atau terapi yang saat ini mulai banyak? terima kasih

  10. etri on April 23, 2011 at 1:11 pm

    kakek saya mengalami kesemutan selama 2th. sudah beberapa kali berobat tapi tetap saja tidak bisa. mungkin da yang bisa kasih saran untuk penyembuhan kakek saya. terimakasih.. !!

  11. beddu on April 24, 2011 at 9:58 am

    saya mau konsul pak/bu. saya umur 32 th.saaat ini saya bingung dari dulu saya selalu merasakan pegal dibetis(spt naik betis) dan tumit telapak kaki tiap malam tiap mau tidur dan tiap bangun pagitelapak kaki saya sakit sekali untuk berpijak yg mau saya tanyakan,apakah saya ini termasuk penderita reumatik atau tidak ? kalau tidak gejala diatas termasuk penyakit apa,mohon penjelasan thanks

  12. sisil on April 24, 2011 at 4:35 pm

    saya wanita berusia 24 thn… setiap kali duduk di lantai, saya sering menderita kesemutan…. bahkan apa bila saya berada dalam ruangn ber AC,,, telapak kaki saya sering sakit, nyeri yang tak tertahankan apa bila di injakkan ke lantai…. sehingga saya sering melipat kaki saya, dan menghimpitnya agar kaki saya tetap hangak,,, apa saya menderita penyakit rematik??? apa kah bisa disembuhkan??

  13. abuahmad on April 25, 2011 at 3:45 am

    saya punya keluhan di lutut kaki kanan suka terasa ngilu dan nyeri. terutama kalau lama duduk atau jongkok susang bangun kembali. apakah ini termasuk rematik ? kalau ya bagaimana terapinya ?

  14. Jony on April 25, 2011 at 7:34 am

    Saya pnya keluhan kencing terus,.tanpa henti,,boleh minta solusi atau obat herbal yg cocok buat saya.trimakasi

  15. novitoni on April 26, 2011 at 5:28 pm

    sebulan ini dijari-jari saya seperti ada benjolah dikelingking, samping-samping jari…tadinya saya kira “kapalan”..ditangan kiri saya kalo diraba ada beberapa benjolan kecil, tdk nongol tapi terasa bila diraba.dengkul kanan saya juga slalu berbunyi dan agak sakit kalo ditekuk…dipinggir2 jari2 kaki kadang tiba-tiba panas dan nyeri sekali.asam urat normal, test osteoporosis jg normal…sebaiknya periksa apa lagi ya dan apa obatnya?tx.GBU.

  16. Indri on May 2, 2011 at 11:51 am

    saya mau konsul ibu,
    saya sering kesemutan saat saya duduk jongkok terlalu lama apa itu juga termasuk penyakit rematik? mohon penjelasannya bu, sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

    Thank’s. TYKM. Amin

    • sri on June 6, 2011 at 5:57 am

      maaf bu kalo sakitnya bukan disendi tapi diotot ujung apakah itu juga rematik ? karena sulit untuk digerakan tangan kiri ini

  17. Putri on May 2, 2011 at 5:09 pm

    Sekedar sharing, saya berumur 26th, sejak setelah melahirkan, persendian jari dan lutut sering nyeri dan kalau terlalu capek malah membengkan sedikit. saya coba minum vitami sendi Oste (dari Soho) rekomendasi teman dan berolah raga ringan (yoga ringan dan jogging). Alhamdulillah nyeri berkurang dan tidak bengkak. semoga bisa membantu yg lain

  18. Hani Handayani on May 6, 2011 at 6:15 am

    Saya punya keluhan abis melahirkan Tulang ekor saya selalu ngilu apabila bangun pagi, sangat terasa sekali bila saya jongkok terlalu lama, apakah ini termasuk penyakit rematik bukan ya ?
    Mohon penjelasannya bu, sebelumnya saya ucapkan terima kasih

  19. Hotels In Bali on May 14, 2011 at 8:16 am

    Ibujempol selalu memberikan info2 yang sangat luar biasa. dan kali ini semakin melengkapi rasa ingin tahu saya terhadap penyakit rematik. Terima kasih ibujempol. Salam sukses untuk ibujempol..

  20. Ririe on May 15, 2011 at 12:19 pm

    Bu usia sya 23thn..
    Sya sering merasa nyeri dbag pinggang..apa itu mrpkan gjla rematik ea bu

  21. aishah kamal on May 18, 2011 at 3:47 pm

    Bu umurku 39 tahun dan sejak usia kehamilan ku 6 bulan s/d sekarang (hampir setahun)sy sering mengalami rasa nyeri/pegal di pinggul sampai ke pergelangan kaki kiri dan juga jari tengah kanan. Bangun pagi sering rasa kaku dan nyeri yang amat.
    dan sekarang jika berdiri agak lama sambil menggendong bayiku, kaki kiri ku udah mulai rasa kesemutan.
    Mohon solusi nya dan rekomendasi obat yang cocok buat keluhan sy. Trims.

  22. Devi on May 20, 2011 at 11:43 pm

    Ass. . .
    Umur saya 18 thn. Tp saya sudah sering nyeri sendi, kalau kena kipas trasa ngilu. Waktu SMA saya sering naik betis dan tutut sering ngilu.
    Apakah ini termasuk gejala rematik dok?
    Mohon di jawab, terimkasih.

  23. EMA SOSILAWATI on May 21, 2011 at 2:34 pm

    mlm bu saya sudah 2 thn menderita rematik yang lama sampai sekarang belumjg sembuh.saya minta solusi.terimakasih

  24. richo on May 24, 2011 at 4:53 am

    sy mau bertanya, jika sedang dalam posisi jongkok kemudian berdiri kemudian terasa sakit di lutut, sakit apa ya bu?
    kemudian solusinya bagaimana bu. terima kasih

  25. santi on June 3, 2011 at 3:05 am

    maaf bu mau konsul, pergelangan tangan sy bengkak. kata dokter sy rematik,.. tangan sy hampir tidak bs di gerakan,.. skrng sy sedang berobat. apakah bisa lentur kembali? umur sy 22thn

  26. Gede Sky on June 8, 2011 at 11:14 pm

    Pagi Bu,

    Umr sy 39th dan sy menglmi nyeri pada tulang belakang sejak bbrp hr yg ll..apa ini namanya rematik dan bgmn penyembuhannya ??. Mhn info tmpt/dokter khusus rematik di Bali. Terimakasih

  27. Eca on June 9, 2011 at 9:28 am

    Iya jika gejalanya terasa skrg… apakh berbahaya jika di hari tua?

  28. ali on June 11, 2011 at 11:22 am

    begini saya berumur 18 tahun tapi saya merasa panas ketika ingin tidur dan pegal2 apakah itu gejala rematik?

  29. samro atun on June 15, 2011 at 10:19 am

    diusia ke40th sakit yang saya alami 4 bulan terakhir pada persendian/lutut sangat menyiksa sampai2 utk berjalan harus menahan rasa nyeri pd lutut. apakah saya terkena radang sendi atau asam urat, bagaimana cara pengobatan yang baik berhubung saya telah melakukan operasi pengangkatan limpa. terima kasih.

  30. Risa Widyastuti on June 15, 2011 at 4:29 pm

    Saya gadis berumur 18th
    Sejak saya SD kelas 5,,tulang pada tangan dan kaki saya sering ngilu… Bahkan smpai skrg pun masih sering kambuh.. Saat saya SD,,saya mlkukan test darah karena rujukan dr dokter… Namun, lab mnyarankan agar saya mlakukan pngobatan k’Amerika.. Saat itu keuangan orangtua saya sangat tdk mungkin untuk mmbwa saya berobat ksana… Yg saya lakukan skrg apabila kumat,,hanya memberikan minyak kayu putih yg banyak dan membabatnya dg kain agar tulang yg ngilu itu terassa hangat… Apa mungkin saya rematik d’umur yg tergolong muda?? Tolong jawaban nya :)

  31. nieza on June 19, 2011 at 3:12 am

    asslm.. ibu saya di fonis dr. remathic arthritis, gjala muncul sudah sktar 3bulan lebih.. mau tanya cara pengobatan yang efektif dan aman hingga tidak timbul efek samping lain bagaimana..?
    trims.. wasslm

  32. lukman on June 20, 2011 at 3:38 am

    saya skr umur 37 tahun sejakkecil saya menderita kaki sering kesemutan apalagi habis duduk lama.dan sekarang rasanya bertambah duduk sebentar saja sudah kesemutan.yang saya mau tanyakan apa penyakit saya itu termasuk rematik atau bukan .mohon penjelasannya dokter.trimah kasih

  33. asih on June 28, 2011 at 9:47 am

    sy skrg berumur 23 th.. skhir2 ini sy sring merasa linu pd persendian, sering kesemutan, tidak kuat berdiri atau jongkong lama2, tidak bisa ruku dgn sempurna dan setiap kena air dingin tubuh sya sering linu…
    apa itu termasuk gejala rematik..?
    tolong ksih tau juga obat herbal apa yg efektif menyembuhkan keluhan sy td….
    penjelasanny sngat berharga untuk sya..
    terima kasih atas penjelasannya…

  34. reyhan hanein on June 29, 2011 at 12:02 am

    asalamualaykum , dok aku panyasaran sakit apa yang aku alami satiap malam klo uda terlambat tdur bitis saya sakit sakali seprtinx sakitnx ito jalan aku nggk bisa tdur klo blom d pijet, sakit apa ito dok ???

  35. reyhan hanein on June 29, 2011 at 12:04 am

    mohon tulong d jawab ber bisa aku ber obat,

  36. mita on July 4, 2011 at 1:03 pm

    bu saya mo tanya perut saya seringkali sakit di bagian perut kiri itu sebab nya kenapa ya dan apa pencegahannya….?????

  37. asih on July 6, 2011 at 9:36 am

    saya sekarang berumur 23 th.. akhir – akhir ini saya sering merasa linu pada persendian , sering kesemutan, tidak kuat berdiri atau jongkok lama-lama, tidak bisa ruku dengan sempurna dan setiap kena air dingin tubuh sya sering linu
    apa itu termasuk gejala rematik atau kenapa..???
    tolong kasih tau juga obat herbal apa yang efektif menyembuhkan keluhan saya tadi..
    penjelasannya sangat berharga untuk saya
    terimakasih atas penjelasannya…

  38. asmidar brampu on July 13, 2011 at 10:00 am

    umur sya msh 20 thn,setiap mlm sya slalu kusuk kaki sys dan mnahan kan skit dan sya pun tdak tdur krna rematik ni tolong solusi nya buk

  39. TANTI on July 15, 2011 at 1:23 am

    Pagi bu, saya mau tanya kenapa tiba2 pagi ini dengkul sebelah kanan saya sakit utk di gerakkan, usia saya 31 thn. apakan ini rematik or bukan ??? adakan obatnya utk menghilangkan rasa sakit. tks

  40. evi Mardikawati putri on July 23, 2011 at 5:15 am

    kaki saya sering nyeri dtlapak gejala rematik kh?

  41. 9095 on July 25, 2011 at 4:33 pm

    Ibu, saya perempuan usia 22thn, saya menderita ngilu di bagian lutut dan siku. Apakah saya menderita rematik? Namun ketika saya rajin joging, rasa ngilu itu jarang terasa. Apa yg sebaiknya saya lakukan untuk pengobatannya? Scan, konsultasi ke dokter atau terapis atau olahraga saj? Mohon penjelasannya. Terima kasih.

  42. Becho R' Corkery on July 27, 2011 at 9:07 am

    Nama saya becho. Saya brusia 30 th. Mulai 8 bulan yang lalu saya mengalami rasa sakit dikaki. Kalo duduk trus mau berdiri rasanya sakit sekali seperti kaki trutama ke dua paha susah menopang badan ini dan udah hampir seminggu ini kambuh dok saya saat ini sangat susah beraktifitas dan melakukan smua pekerjaan yang saya suka. Mohon solusinya saya harus bagaimana dok. Trimakasih.

  43. fajar riyan on August 1, 2011 at 8:36 am

    Nama saya Fajar, Saya berusia 34 tahun mengalami pembengkakan sendi dan otot di bagian jempol, apakah nyeri pada sendi yang mengalami pembengkakan di sendi dan otot di bagian jempol kaki termasuk rematik atau asam urat..?? bagaimana cara penyembuhan dan pencegahannya pada penyakit saya ini..? terima kasih untuk jawabannya dan sarannya.

  44. rieke on August 4, 2011 at 8:55 pm

    saya mengalami rematik parah terutama lutut dan lengan.sakit sekali kalau malam,mohon solusinya,usia saya 53th

  45. Firdaus on August 7, 2011 at 8:28 pm

    Informasi yang sangat bermanfaat, semoga yang mengalami sakit pegal linu atau rematik bisa tersembuhkan

  46. Meisha on August 13, 2011 at 4:25 pm

    Saya mau tnya,
    ibu saya tiap hari mengalmi skit pda kakinya. Obt apa yg bza menyebuhkan skit kakinya. Terimakash

  47. reski on August 18, 2011 at 10:44 am

    maaf bu pak saya mau tanya kalau sakit di lutut sama di sekitar leher itu penyakit rematik apa bukan ya mohon di jawab ya terimakasi saya ucapkan

  48. lusi on August 25, 2011 at 8:11 am

    salam hormat
    sy mempunyai anak usia 2thn ia sering sekali mengeluh sakit pada bagian lutut ya dan bisa terasa bisa berlangsung cukup lama langkah apa yg hrus sy lakukan untuk anak agar terhindar dari rematik dan apakah ini juga gejala rematik AR ? Apakah dgn memberikan vitamin bisa membuat si anak kelak terhindar dari rematik tersebut ? Mohon penjelasan y

    terimakasih

  49. dila on August 26, 2011 at 3:54 pm

    salam hormat,bu pak saya mau tanya cara terapi siku tangan q itu supaya bisa kembali normal itu gimna y caranya…,hampir ada 6 tahun siku aku masih kaku(cekot)…beri penjelasan..q mohon..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Artikel via Email

Isi E-mail, Klik Saya Mau:


Terima Kasih Atas Kunjungan Anda