Nostalgia Buah Gandaria

Gara-gara makan Buah Kaki dan ketemu yg ukuran kecil dan mirip banget sama buah Gandaria, jadilah pengen banget makan buah warna orange dengan biji ungu ini. Tapi mana ada Gandaria di Perancis. Ya sudah, terpaksa makan Buah Kaki pejamin mata ngebayangin aja makan Gandaria. Rasa Kaki yang manis berubah menjadi kecut manis nan seger dengan aroma terpentin khas Buah Gandaria. Ngebayangin juga makan ikan dicowel pake sambel gandaria, berlalapan ria dengan daun gandaria atau saat makan manisan dan minum juice gandaria. Nyam nyam.

Buah Gandaria pics

Buah Gandaria

Pembaca udah pernah belon makan gandaria yang mateng ? Banyak yang belon khan ? Kayaknya kalo di pulau jawa, buah gandaria lebih sering dipanen saat masih berwarna hijau, dan digunakan sebagai pelengkap sambal untuk dimakan dengan ikan goreng maupun ikan bakar. Kadang juga dijadikan sambal untuk udang. Selama aku di Bogor sering juga ngelalap daun gandaria. Kalau di Ambon buah ini hanya dipetik saat sudah matang berwarna kuning orange dan dikonsumsi sebagai buah segar, dijadikan manisan atau dijuice.

Gandaria (Bouea macrophylla Griff.) di Indonesia di kenal dengan nama Gandaria, atau Ramania, sedangkan di Malaysia disebut buah Kundang. Nama2nya yang lain dalam bahasa daerah : gandaria (Jawa), jatake, gandaria (Sunda), remieu (Gayo), barania (Dayak ngaju), dandoriah (Minangkabau), wetes (Sulawesi Utara), Kalawasa, rapo-rapo kebo (Makasar), buwa melawe (Bugis).

Di negara lain buah ini dikenal dengan nama – nama : mango plum, Marian plum and gandaria (English); ma-praang, somprang, ma-yong (Thailand); Gandaria (spanish); kundang, rembunia, setar (Malaysia), pflaumenmango (German).

Pohon Gandaria termasuk pohon dengan ukuran yang gede, bisa sampai 27 m, dari biji sampe berbuah butuh waktu minimal 8 tahun, tetapi kalo mo berbuah dengan cepat pake teknik sambung pucuk bisa berbuah setelah umur 5 atau 6 tahun.

Gandaria Hijau vs Gandaria Ranum

Gandaria Hijau vs Gandaria Ranum

Kandungan Nutrisi Buah Gandaria per 100 gram buah menurut Divisi Nutrisi Depkes Thailand (The Nutrition Division of the Thai Department of Health) : air 86.6 g, protein 40 mg, lemak 20 mg, karbohidrat 11.3 g, serat 150 mg, calcium 9 mg, phosph 4 mg, zat besi 0.3 mg, Beta karotin 23 mg, thiamine 0.11 mg, riboflavin 0.05 mg, niacin 0.5 mg dan vitamin C 100 mg.

Pusing baca kandungan nutrisi ? Ya sudah mari kita ke yang praktis praktis saja. Gimana kita memanfaatkan buah ini. Ini resep berdasar daya ingat aja ya, pokoknya garis besarnya dikasih, ntar bisa diimprovisasi sendiri, pasti enak aja kok. OK mari kita mainkan.

Sambal Dadak Gandaria.
Gerus bersamal cabe rawit, cabe merah besar, terasi bakar (kalo suka), garam dan gula jawa secukupnya. Terakhir masukin Gandaria muda (masih hijau) di belah dan ditumbuk kasar saja. Bila suka tambahkan minyak jelantah, tapi ingat minyak jelantah itu gak sehat untuk kesehatan.
Kalo di luar negeri gak ada gandaria gimenong dong ?
SSsst Ibu Jempol pernah bereksperimen sambal gandaria bule, caranya ambil wild cherry yang masih mengkel, masih warna hejo, gantikan gandari dengan buah ini, cuman jangan lupa buang bijinya. Hmmm enak, gak beda kok dengan gandaria asli.

Manisan Gandaria.
Gandaria mengkel dibelah dua, terus direndam semaleman dalam larutan air garam, tiriskan. Buat larutan gula (air + gula secukupnya sesuai selera + kalo suka tambahkan kayu manis batangan), didihkan, dinginkan. Rendam gandaria dalam larutan ini, simpan di lemari es, nikmati dingin beberapa jam kemudian. Nyam nyam.

Juice Gandaria.
Nah yang ini lebih gampang banget, tinggal iris2 gandaria ranum bagaikan iris mangga, masukin ke juicer, tambahkan gula sesuai selera, es batu dan susu kental manis jika suka, jalankan juicer. Selesai deh, selamat menikmati juice gandaria yang lezat.

Ngomong-ngomong di Betawi skarang masih banyak gak buah gandaria. Berapaan ya sekilo sekarang gandaria ? Atau udah jarang temukan buah ini. Jangan-jangan buah gandaria udah punah di betawi karena pohonnya sudah ditebang semua, menjelma menjadi Gandaria City ?

Related Posts with Thumbnails

Tags: , , , , , , , ,

16 Responses to Nostalgia Buah Gandaria

  1. Yuni on November 23, 2008 at 7:12 pm

    Kalo gandaria yang hijau dan sambal gandaria sudah tau, emang enak banget, bikin nambah nafsu makan.
    Tapi kalo gandaria ranum ampe kuning begitu baru liat. Bisa beli di mana ya kalo di Jakarta ?

    Thanks infonya ya.

  2. mega on May 16, 2009 at 3:22 pm

    Wah…Wah…Wah…
    Tak disangka2 ada juga yang kangen ma buah gandaria mateng???
    dikirain aku aja yang kangen makan tuh buah.
    Emang susah banget sekarang nyari tu buah.
    Kalo ada yang punya pohonnya ato jual pohonnya n sekaligus buahnya, mohon infonya yah!!!!
    Thanks before…

  3. Chubby on March 10, 2010 at 9:07 am

    Kalau gandaria mateng Pernah liat seh bu di pasar tradisional dkt rumah… tapi biasanya yg jualan aki-aki pake kronjot gitu,, kayaknya dateng ke pasar cuma musiman aja deh…mungkin dia dari daerah Serang or Merak or daerah sekitarnya gitu.. tapi kalo di Jkt?? wah dah gak pernah beredar neh buah…

  4. ayudya on May 15, 2010 at 3:40 am

    Sungguh menyenangkan terbukti bahwa Indonesia adalah negara dengan kekayaan alam yang melimpah, namun sungguh sangat disayangkan banyak yg tidak tahu nama,jenis,khasiat dan manfaat tiap tanaman, terutama Gandaria ini.Kira-kira untuk di daerah Malang Jawa Timur letaknya dimana ya pusat penjualan bibitnya?sungguh kangka sekali di sini.Thx atas infonya

  5. Keisya on July 7, 2010 at 7:39 am

    Ada yang tahu yang jualnya gak did daerah depok dan sektiarnya

  6. akbar on July 27, 2010 at 1:58 pm

    dimana bisa mendapatkan buah gandaria?

  7. Muhd Razip bin Ismail on August 30, 2010 at 8:33 am

    buah kaki di malaysia dipanggil buah kundang buk.

  8. BONA on September 1, 2010 at 11:27 am

    emang bisa di makan,kalau dimakan emang enak rasanya~?

  9. laurentia dewi on October 20, 2010 at 3:11 pm

    saya bersyukur pernah (bahkan sering) merasakan gandaria matang.
    biasanya ‘diimpor’ dari ambon, oleh kawan saya.
    dan diolah menjadi manisan : hanya dicuci, diberi gula dan garam lalu dikocok. atau di juice: di blender bersama gula dan garam + sedikit air (tanpa susu, seperti resep ibu julia).

    enak!

  10. WIWIT on January 10, 2011 at 2:32 am

    HEM……HEM BRU DENGER LOW ADA BUAH YANG BERNAMA GANDARIA, DI JATIM DA GAK YA……. KHUSUSNYA MAGETAN!

  11. Yurin on February 11, 2011 at 6:07 am

    Di solo adanya kecap merk Gandaria…ndak nyangka ternyata itu buah..jempol 4 u/ibu jempol tks utk ilmunya

  12. yunia on March 11, 2011 at 3:50 pm

    skrg (di jakarta) aq uda ga pernah nemuin buah gandaria,cuma inget waktu jaman SD,masih ada tuh buahnya,tp skrg udah punah kayanya di jakarta,pohonnya udah jadi rumah/gedung…

  13. willy on May 13, 2011 at 1:14 am

    buah gandaria yang matang banyak dijual di jalan2 sepanjang kota ambon, namun musiman. Rasanya spt mangga dan mjd jus favorit di kota ambon

  14. Nyimas Oya on June 10, 2011 at 7:14 am

    buah gandaria ini byk di dapat di kalimantan namanya ramania

    • regina on June 16, 2011 at 6:33 am

      Memang sambal gandaria ini enak sekali, saya pernah mencoba sekarang ketagihan, masalahnya nggak tahu dimana mesti beli, apakah ada yang memberi info dimana bisa beli di daerah Tangerang? trims sebelumnya.

  15. Nana on June 14, 2011 at 1:06 pm

    Aku lagi ngidam pengen banget buah gandaria, cari-2 di pasar tradisional Pondok Gede gak ada… dimana yah beli buah Gandaria di daerah Pondok Gede?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Artikel via Email

Isi E-mail, Klik Saya Mau:


Terima Kasih Atas Kunjungan Anda