Mitos Kehamilan Dan Ibu Hamil

Kumpulan aneka mitos kehamilan dan pengaruhnya untuk Ibu Hamil : mitos makanan yang boleh dan gak boleh, mitos persalinan, hubungan seks saat  hamil, mitos jenis kelamin bayi, dll

Mitos Hamil

Mitos Hamil

Minum air kelapa dapat mempercepat persalinan
Belum ada penelitan yang membuktikan mitos ini karena lancarnya persalinan dipengaruhi oleh berbagai faktor. Namun air kelapa muda memang berkhasiat untuk menjadikan air ketuban putih dan bersih.

Ingin melahirkan normal, jangan berlaku kasar pada hewan
Hingga kini tak ada bukti medis tentang pantangan ini. Namun dalam kondisi apapun kita tidak disarankan bersikap kasar pada hewan, jika tidak dirugikan.

Sebaiknya ibu hamil tidak melakukan hubungan intim pada trimester pertama kehamilannya
Belum ada penelitian yang membuktikan bahwa hubungan intim menyebabkan keguguran. Jadi sepanjang hal itu tidak menyakitkan dan tidak menimbulkan ketidaknyamanan, ibu hamil boleh-boleh saja melakukannya.

Janin akan tumbuh lebih besar dan sehat jika ibu makan banyak
Hal penting saat hamil, adalah ibu makan secukupnya, dan tidak terlalu gemuk. Kegemukan saat hamil, rentan menyebabkan diabetes gestational (diabetes selama kehamilan), dan proses persalinan yang sulit.

Leher ibu hamil yang menghitam atau puting yang berwarna gelap menandakan bayinya laki-laki
Perubahan warna pada leher atau puting tidak ada hubungannya dengan jenis kelamin bayi. Perubahan warna kulit pada ibu hamil diakibatkan peningkatan progesteron dan melanost (hormon yang mengatur pigmentsi kulit). Karena itu puting susu yang menghitam biasa terjadi pada kehamilan, baik pada ibu hamil yang mengandung bayi laki-laki atau perempuan. Selain perubahan warna kulit dan puting susu, ibu hamil juga memiliki guratan kehitaman di perut dan garis hitam dari pusar ke bagian pugbis. Namun gejala ini akan menghilang setelah melahirkan.

Mitos: Puting payudara berwarna gelap saat hamil, berarti bayi laki-laki.

Perubahan warna puting susu sama sekali tak berhubungan dengan  jenis kelamin bayi. Perubahan warna tersebut disebabkan peningkatan progesteron dan melanocyte, hormon yang mengatur pigmentasi kulit. Puting susu, bercak kelahiran, tahi lalat, atau tanda-tanda lain dapat menjadi lebih gelap warnanya selama hamil. Warna itu akan memudar setelah melahirkan

Minum air kelapa akan menghaluskan kulit bayi. Sedangkan jika sering mengonsumsi kedelai maka kulit bayi akan putih..
Kulit bayi yang putih serta halus tergantung faktor genetis. Bila tak ada anggota keluarga yang berkulit putih, maka mustahil bayi akan berkulit putih.

Bila bentuk perut calon ibu membulat, berarti bayinya perempuan
Bentuk perut ibu hamil yang lonjong atau bulat tergantung pada posisi janin dalam kandungan. Jika janin melintang, perut akan terlihat melebar. Namun jika posisi janin memanjang, perut akan terlihat tinggi. Selain itu, bentuk perut ibu hamil juga tergantung pada elastisitas otot dan volume air ketuban. Pada kehamilan anak pertama, perut akan tampak bulat karena otot masih kencang. Namun perut ibu yang pernah hamil beberapa kali akan tampak turun karena ototnya mulai kendur. Pada ibu hamil yang cairan ketubannya banyak, bentuk perutnya akan lebih besar dan bulat.

Mitos: Bila kandungan berat ke bawah berarti laki-laki, ke atas perempuan.

Bila kandungan ke atas, berarti kehamilan pertama dan tubuh ibu masih bagus. Otot perut cenderung semakin elastis pada setiap kehamilan. Jadi, bila bkan kehamilan pertama, perut cenderung semakin turun.

Menyematkan benda tajam pada baju atau  bangle (semacam jahe) akan melindungi janin dari ‘gangguan’ supranatural.     Satu-satunya gangguan yang bisa menyerang si kecil saat masih dalam perut adalah gangguan kesehatan. Ibu hamil disarankan banyak berdoa dan hidup sehat agar bayi yang akan dilahirkan selalu dalam kondisi baik dan sehat.

Minum susu kedelai atau makanan yang terbuat dari kacang kedelai akan membuat bayi berkulit putih
Minum susu kedelai ataupun makan makanan yang terbuat dari kacang kedelai tidak berpengaruh pada warna kulit bayi. Warna kulit bayi diturunkan secara genetis dari orang tuanya.

Terlalu sering makan jeruk akan meningkatakan lendir pada paru-paru jani dan resiko kuning saat bayi lahir
Mitos ini tidak benar. Jeruk ini justru merupakan sumber vitamin C dan serat yang sangat dibutuhkan ibu hamil. Karena itu, mengkonsumsi jeruk selama kehamilan dianjurkan.

Jika menginginkan bayi cerdas dan persalinan lancar, sering-seringlah berhubungan intim selama hamil
Tidak benar bahwa sperma mengandung zat penyubur sehingga janin yang terkena semburan bisa tumbuh subur dan cerdas. Kesehatan janin dalam rahim sama sekali tidak berkaitan dengan sperma dan frekuensi hubungan intim. Kesehatan dan kecerdasan janin tidak dipengaruhi oleh kualitas sperma suami, melainkan faktor genetik dari kedua orangtuanya. Orangtua yang cerdas tentu pula berpeluang melahirkan anak yang cerdas pula. Bagi calon ibu yang memiliki gangguan kehamilan, seperti riwayat keguguran, placenta previa dan sebagainya, sebaiknya tidak melakukan hubungan intim untuk sementara waktu. Hubungan intim akan meningkatkan kontraksi otot-otot rahim sehingga resiko keguguran atu janin lahir prematur akan meningkat. Selain itu si ibu juga mengalami resiko perdarahan.
Mitos ini diduga muncul karena orang mengkaitkan kasih sayang dan perhatian orangtua, dimana kondisi psikologis si ibu mungkin dapat menjadi lebih tenang dan nyaman dengan sering berhubungan intim. Kondisi kejiwaan ibu akan mempengaruhi janin yang dikandungnya. Calon ibu yang merasa tenang dan nyaman akan mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin, dan proses persalinan pun dapat berjalan lancar. Namun hal sebaliknya juga bisa terjadi jika calon ibu justeru tidak menikmati hubungan intim tersebut karena merasa terpaksa atau semata-mata karena kewajiban.

Minum es menyebabkan janin tumbuh besar
Minum es selama kehamilan tidak akan menyebabkan janin menjadi besar, kecuali jika ibu hamil minum es yang ditambah sirup, madu, atau gula secara berlebihan. Kandungan karbohidrat yang terkandung dalam gula inilah yang menybebabkan bayi memiliki berat di atas normal.
Selain kelebihan gula, ukuran janin juga ditentukan oleh faktor genetik dan asupan nutrisi. Orang tua yang bertubuh besar sangat mungkin akan melahirkan bayi yang juga besar. Asupan nutrisi yang baik sangat mempengaruhi perkembangan fisik janin, sehingga janin akan berkembang dengan baik. Beberapa penyakit tertentu, seperti diabetes, juga bisa menyebabkan bayi yang dilahirkan memiliki berat badan yang lebih besar.

USG berbahaya jika dilakukan setiap kali periksa kehamilan
Sejak pertama kali ditemukan, pemeriksaan  USG tidak mengakibatkan gangguan pada ibu dan janin. USG sangat aman karena menggunakan gelombang suara 20.000 hertz dan dipakai secara menyebar.

Ibu hamil tidak boleh makan pisang, nanas, dan mentimun
Mitos ini sangat dipercaya oleh sebagian masyarakat di jawa karena bisa mengakibatkan keputihan. Bahkan mereka percaya bahwa nanas bisa menyebabkan keguguran. Konsumsi pisang, nanas, dan mentimun justru disarankan karena kaya akan viatamin C dan serat yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan melancarkan proses pembuangan sisa-sisa pencernaan.
Adapun keputihan tidak selalu membahayakan. Saat hamil maupun setelah melahirkan, adalah normal jika ibu mengalami keputihan. Kecuali jika keputihan tersebut terinfeksi oleh bakteri, jamur, dan virus yang biasanya ditandai dengan keluhan gatal, bau tidak sedap, dan warnanya kekuningan, kehijauan atau kecoklatan.

Ibu hamil dilarang makan makanan pedas, asam dan asin.
Yang ini hampir sepenuhnya benar karena makanan pedas yang merangsang rasa mulas memang sebaiknya dipantang oleh ibu hamil dengan riwayat keguguran.  Perasaan mulas ini selanjutnya akan menimbulkan kontraksi dalam rahim,
sehingga risiko keguguran akan kian meningkat.   Begitu juga makanan asam yang  tidak disarankan karena bisa memicu penyakit mag.   Apalagi kadar asam lambung  saat hamil umumnya meningkat. Tentu saja ibu hamil yang tidak memiliki  riwayat penyakit mag atau penyakit lain yang dapat diperberat oleh asam,  boleh-boleh saja sesekali  menikmati makanan asam-asam yang memang terasa menyegarkan.

Asupan makanan asin pun sebaiknya dibatasi. Terlebih bagi ibu yang memiliki  riwayat penyakit darah tinggi karena makanan yang banyak mengandung garam  ini amat berpotensi lebih meningkatkan gangguan darah tinggi. Selain itu, garam bersifat menyerap air sehingga kadang menimbulkan pembengkakan di  sekujur tubuh. Kalau sudah begini, ibu jelas akan terganggu saat menjalani  kehamilannya.

Minum air kelapa hijau menyuburkan rambut bayi
Minum air kelapa hijau tidak berkaitan dengan rambut bayi. Namun air kelapa hijau memang menyehatkan karena mengandung elektrolit, sehingga siapa saja termasuk ibu hamil, boleh meminum air kelapa hijau agar tetap bugar.

Bila denyut jantung bayi cepat, berarti bayinya perempuan.

Di dalam kandungan, sama sekali tak ada bedanya; antara perempuan dan laki-laki. Kecepatan denyut janin ditentukan oleh usia janin. Sekitar lima minggu kehamilan, denyut jantung janin mendekati denyut jantung ibu, dan akan bertambah cepat sampai minggu kesembilan. Lalu akan menurun pada pertengahan kehamilan. Kondisi ini terjadi pada semua janin.

Ibu hamil tidak boleh makan daging kambing
Ibu hamil boleh saja mengkonsumsi daging kambing dengan porsi yang wajar, kecuali ibu hamil yang menderita kelebihan kolesterol atau penyakit jantung. Daging kambing mengandung kadar lemak jenuh yang tinggi sehingga mempengaruhi metabolisme asam urat yang berbahaya bagi penderita koleterol tinggi ataupun penderita penyakit jantung

Mengurut perut ibu hamil
Mitos ini banyak dipercaya di masayarakat. Padahal mengurut perut ibu hamil dapat meningkatkan resikot terjadinya keguguran dan gangguan janin, yaitu janin mengalami stress atau tekanan. Jika janin mengalami stress atau tekanan, pertumbuhannya dapat terganggu

Related Posts with Thumbnails

Tags: , , , ,

8 Responses to Mitos Kehamilan Dan Ibu Hamil

  1. Titin on March 9, 2010 at 5:53 am

    Assalamualaikum..Selamat ya buat yg sedang hamil maupun yang telah melahirkan ananda tercinta. Saya mo berbagi info sedikit. Bagi orangtua yg berbahagia dan ingin melaksanakan Aqiqah bagi putra/i tercinta insya Allah Rumah Aqiqah siap membantu. Klik saja link berikut http://www.rumahaqiqah.org/newRA/index.php?option=com_content&view=article&id=98&Itemid=2. Semoga info ini bermanfaat ^^

    Wassalamualaikum wrwb
    Rumah Aqiqah
    Website: http://www.rumahaqiqah.org
    Email : welcome@rumahaqiqah.org

  2. Anggi yanda on March 27, 2010 at 4:54 am

    Saya telat haid sudah 1 bulan lebih tapi tidak punya tanda kehamilan apa-apa, jadi saya pikir ini mungkin cuman masalah stress saja yang berpengaruh pada metabolisme saya. kemarin-kemarin saya makan empek-empek pedas dan minuman kaleng soda lumayan banyak. dan sekarang janin saya terasa kram dan sakit setiap kali berbaring. saya takut klu benar saya memang hamil, bagaimana dengan cuka dan soda yang sebelumnya saya konsumsi, sekarang saya harus bagaimana?

    • Raisya Qanita on May 14, 2010 at 7:52 am

      Untuk mbk Anggi.
      Dulu pada saat saya hamil anak pertama, saya juga mengalami hal sama seperti anda, saya bahkan tidak haid selama 2 bulan. Tetap rileks aja mbk, janganstress, perbanyak istirahat dan minum vitamin. Mengenai minuman soda dan cuka serta makanan pedas, tidak ada penelitian yang mengatakan bahwa makanan itu menyebabkan keguguran.cuma yang saya tau minumandan makanan itu membuat lambungtidak nyaman dan bisa diare.
      Jadi saran saya santai aja, nikmati hidup, jangan berfikiran macam-macam. banyak2 berdoa dan tetap semangat ya mbak.

  3. eva on May 15, 2010 at 7:20 am

    saya mengalami telat haid pada bulan april kemarin, pada hari pertama sampai hari ke eenam saya telat, saya minum obat pelancar haid. karena saya memang biasa telat. ternyata setelah saya tes hasilnya positif.bagaimana efek obat tersebut terhadap janin saya?apa yang harus saya lakukan? sejauh ini saya hanya berusaha mencukupi kebutuhan gizi janin sebaik mungkin.

  4. uci istiqomah on December 3, 2010 at 8:22 am

    assallamuallaikum ibu jempol…..emeng2 ud jempolan….sy m nanya ne..knpa ya??? sy setelah meried ne…sering klur gumpalan putih tp enggak bau<<apakah ini penyakit atau ap ya?? trus jk fikrian stress jg kluar seperti tu

  5. anggi on January 6, 2011 at 7:55 pm

    askum bu jmpol ak ni mau nanya dri tanda khmilan yg ak bca dsblmnya ad brapa ciri2 yg ak alami yg ak bgung ini bu apaka ak hamil ap gak?ak uda cba tes pke tes pack tpi hsilny blum bgtu jlas ini yg membuat ak bgung ya aallah ak uda lma mngu khadran seorang bayi ak sama skli gak mau mgcewakan suamiku bu tlong bri pnjlasan apakah ak hmil ap gak?

  6. Recognime on January 24, 2011 at 9:11 am

    Met sore. Lagi nyari artikel2 tentang kehamilan di google and direcommended kemari. Ijin baca2 artikelnya and salam kenal ^_^

  7. elin on May 26, 2011 at 3:53 pm

    saya mau tany . apakah minum scotts emulsion (minyak ikan kod) bagus untuk ibu hamil dan tidak berbahaya buat ibu hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Artikel via Email

Isi E-mail, Klik Saya Mau:


Terima Kasih Atas Kunjungan Anda