Melahirkan Normal Tanpa Rasa Sakit

Empat kali melahirkan, empat2nya melahirkan normal, berjalan lancar dan menyenangkan.  Hampir tidak ada kesulitan yang berarti.  Makanya saya ingin sharing pengalaman melahirkan normal tanpa sakit

Tangisan bayi pertama

Melahirkan anak pertama sudah bukan 2 aku masih jalan2 di pusat pertokoan [sudah ke RS, taunya disuruh pulang karena belon ada bukaan.  Aku dan suami gak pulang malah ngelanjutin shopping.  Boleh  baca cerita melahirkan anak pertama

Melahirkan anak kedua, masih nyempatin ke gereja walau sudah mules kontraksi.  Untuk anak ketiga dan keempat masih masak dan beres2 rumah serta nyiap2in anak2 dulu walau udah kontraksi.  Ke-empat2nya lahir dengan lancar antara 2 – 3 jam setelah aku sampai di rumah sakit dan tanpa rasa sakit yg berarti.  Aku bahkan ketawa ketiwi saat melahirkan.

Rahasianya ?

  • Jangan takut, nyante & PD aja.   Rasa takut, kuatir adalah hal negatif yg menguras energi dan bikin tambah sakit.
  • Senyum dan ngobrol yg lucu2 dengan suami ataupun suster / bidan / dokter.
  • Jangan marah2 atopun betereak, gak guna;  bukan sakitnya ilang malah ilang tenaga.  Beteriak dan marah marah membuat pikiran terpusat pada rasa sakit, padahal kita seharusnya mengalihkan pikiran dari rasa sakit.
  • Putar musik klasik ataupun alunan musik lembut untuk relaksasi.
  • Saat kontraksi datang tarik nafas yg dalam dan keluarkan secara perlahan sambil membayangkan yg indah2.  Berusaha utk alihkan perhatian dari rasa sakit
  • Bila sakit terlalu menyengat, cari kekuatan dlm genggaman suami, remas tangan suami bila diperlukan.
  • Jalan jalan sekeliling ruangan, selain bisa hilangkan sakit, bisa mempercepat terjadi bukaan dan memperlancar persalinan
  • Bicaralah dengan bayi, minta dia tuk bekerja sama, dia sudah sangat dinantikan, segeralah keluar, jangan biarkan mama kesakitan dan kalimat semacamnya.
  • Seminggu atau 2 minggu sebelum due date, lakukan gerakan jongkok berdiri secara teratur antara 10 sampai 20 set setiap kali (atau semampunya deh), frekuensinya semampu masing2.  Caranya : pegangan dgn 2 tangan di tempat tidur / wastafel atau apa saja yg bisa dipegang, terus lakukan jongkok berdiri, jongkok berdiri,dstnya.
  • Bila memungkinkan (dari segi biaya maupun kondisi kesehatan ibu) sebaiknya gunakan epidural.

Apa dan bagaimana proses epidural ?

Epidural (di Perancis disebut Peridural) adalah anestesi lokal untuk mematikan rasa sakit dengan jalan menyuntikkan cairan di tulang belakang (letaknya kira2 6 cm di atas pinggang).

Epidural biasanya diberikan setelah pasien sudah bukaan 2 dan paling lambat bukaan 8.

Di Perancis, untuk mendapatkan anestesi epidural, pasien harus konsultasi sebelumnya dengan dokter anestesi, sebelum saat melahirkan.  Saat konsultasi dokter anestesi akan meneliti keadaan tulang belakang pasien dan juga meneliti sejarah kesehatan pasien spt ada tidaknya alergi, penyakit jantung, hipertensi, dll + lakukan pemeriksaan darah secara komplit.

Saat suntikan dilakukan, pasien harus membungkukkan badan, seperti bungkuk udang.  Agar suntikan berlangsung cepat dan gak sakit, kitanya harus nyante, bikin badan selemes mungkin.  Empat kali aku epidural semuanya lancar , sekali suntik langsung OK dan  antara 5 – 10 menit kemudian semua sakit kontraksi sudah gak terasakan lagi.

Di Perancis epidural dan biaya melahirkan gratis, makanya aku lakukan epidural untuk 4 kali persalinan yg aku alami.  Ke empat2nya sangat memuaskan.  Aku masih tetap segar bugar setelah melahirkan dan bisa segera menyusui bayi di 1 jam pertama setelah mereka lahir.

Fyi, menyusui bayi di satu jam pertama adalah sangat penting untuk kesuksesan pemberian asi selanjutnya, makanya bila memungkinkan, gunakan epidural tuk hilangkan sakit shg masih ada tenaga untuk segera menyusui saat bayi lahir.

Related Posts with Thumbnails

Tags: , , , ,

31 Responses to Melahirkan Normal Tanpa Rasa Sakit

  1. Galaktosa on April 6, 2010 at 3:05 am

    Terima kasih atas informasinya

  2. Ikhsan Madjido on April 6, 2010 at 4:47 am

    sungguh pengalaman yang berharga. terima kasih infonya

  3. mia on May 6, 2010 at 8:16 am

    nice article, bu jempol. Aku juga melahirkan anak ke 3 normal dengan epidural di Indonesia..

    • Rosida on June 27, 2010 at 7:47 am

      Saya susah makan sayur…saya takut nanti bayi saya kenapa kenapa krna gizinya tidak cukup

  4. luci on June 1, 2010 at 3:45 am

    bu jempol, saya pernah baca tenang ILA (intratekal Labor Analgesic) untuk ease pain waktu labor. nah, pertanyaan saya: which is better epidural or ILA? thanks

  5. novara on June 18, 2010 at 5:30 am

    wow..menakjubkan. Alhamdulilah, saya melahirkan anak pertama juga minim rasa sakit. bener banget dgn tips nya ibu jempol, intinya kita rileks.. maka otot2 nggak tegang, sehingga tidak menimbulkan rasa sakit yang berarti.

  6. mas fafa on June 28, 2010 at 8:32 am

    Artikel yang bagus :D

  7. roxas on July 1, 2010 at 5:53 pm

    subhanallah

    Homepage

  8. zuhal on July 3, 2010 at 5:44 pm

    kalau yang membacanya wanita pasti lebih menegangkan…khususnya bagi wanita yang belum melahirkan…:-)

  9. Anti on October 4, 2010 at 4:18 am

    Wow… benar2 menakjubkan sekali….
    thanks atas informasinya ya….moga bermanfaat bagi calon ibu, khususnya ibu yang mau melahirkan….

  10. dian indira on December 23, 2010 at 7:57 am

    dulu aq pnah konsul ma dktr tp ktx kurang bagus pake epidural,ada yg tau knapa?

  11. dina on December 28, 2010 at 7:58 am

    wow,mksih ats infonya,q jd tau betapa besarnya pengorbanan ibu………..

  12. m saleh on December 28, 2010 at 9:34 am

    thanks ya buat ibu jempol and papa jempol beserta ke 4 buah hati kalian. Banyak info yg kami peroleh dari cerita ibu, semoga menjadi informasi yg penting buat kami. tapi kata istri saya kalau di medan ini epidural jarang dipakai untuk proses melahirkan.

  13. erna lisnawaty on January 7, 2011 at 11:40 am

    ibu jempol artikelnya memang paling top dech sangat bermanpaat

  14. Wulan ucok on January 31, 2011 at 9:54 am

    Thanks bgt infony, sngt brmanfaat bwt proses persalinanku nanti.

  15. chi chi on February 4, 2011 at 10:58 am

    trim’s for info x….akan saya praktekkan moga2 berhasil

  16. leny aryani on February 6, 2011 at 4:24 am

    sungguh pengalaman yang sangat luar biasa.terimakasih infonya,kebetulan saya 2 bulan lg melahirkan jadi info ini sangat membantu saya.suntikan epidural itu semacam apa ya?saya bener2 belum tahu tentang persalinan ini yg pertama saya hamil.

  17. Reyvan on February 7, 2011 at 11:16 am

    Hehe…..cuma bapak2 to yg boleh gbung….ups ibu2 g blh…. Ups terbalik…..gimana ya cr tambah berat badan ibu hmil yg normal….pleaseeeee saranyeeee

  18. reni on February 16, 2011 at 2:39 pm

    oh…salut deh pada ibu ini….sama dong ama saya sama punya anak 4 lahiran normal tapi yg bedain saya gak pake di suntik di tulang belakang/efidural yah alami asa…slamat deh
    dan utnuk calon2 ibu coba deh metode ini oke juga tuh…..normal and cepet gak sakit kali!!1…

  19. weny astuti on April 10, 2011 at 4:12 pm

    sebelumnya salam kenal…ceritanya keren…aku juga baru habis melahirkan 9 bulan lalu…tapi sayang ga bisa lahiran normal..

  20. olincha on April 16, 2011 at 2:40 am

    wah ceritanya hebat. saya nglahirin anak ke dua agak dikit sulit sampe agak was was mau punya anak lagi. saya nggak terpikir epidural. krn takut gak kuat ngejan. ternyt kliru ya…

    Bunda2, sejak melahirkan anak ke 2 saya memproduksi gendongan yg multi fungsi, nyaman, serba guna deh, masih jarang ada di indonesia. coba dilihat di http://www.olincha.com

    thx ya utk sharingnya

  21. Galuh on May 25, 2011 at 12:07 am

    InsyaAllah sy sdg hamil anak kedua..krn anak pertama ga bisa lahir normal, jadi ini akan jd pengalaman pertama saya melahirkan scr normal.. nice inspiration..smg saya bisa :D

  22. adri on May 29, 2011 at 1:03 pm

    saya mau melahirkan 3 bln lg….jd deg2an neh…smoga smua lancar seperti yg ibu critakan ..amin

  23. Lisa on June 4, 2011 at 4:56 pm

    Tips yg bermanfaat bgt.. Kbtln bln ini sy lg nungguin kehadiran bayi pertama kami. Dan sy lg campur2 gt prsnnya, takut iya, deg2n iya, seneng jg iya, nyampur2 dey.. Krn ini pnglmn prtm. Mudah2n tips yg bu Jempol td ksh bs sy terapkan dan bs mmbuat proses persalinan sy yg tinggal mnghitung hari ini jd lancar. Amin

  24. rere on June 7, 2011 at 12:28 pm

    ya iya lah mbak, pake suntikan epidural emang gak sakit…tapi biayanya konon sama dengan biaya SC…

  25. khusnul on July 11, 2011 at 2:25 am

    maksih infonya…berguna bgt..tgl 1 bulan lagi melahirkan jadi deg2an tetep optimis bisa melahirkan normal amien…

  26. tika on July 13, 2011 at 11:19 pm

    sayaa udaah hmil 9 bln.tp susah pmbukaan,udh gt sring sakit d ulu hati.kenapaa y?makasiih..

  27. irma yuli wahyu asia on July 26, 2011 at 2:37 pm

    thank’s atas info’a cm brp duit lg yg d perlukan to suntikan epidural>>>>>

  28. diLLa zuLqOrnaiN on August 3, 2011 at 5:42 am

    goOd iNfo. .
    Kbtlan aQ skrg lg masa penantian bAby q ni. . Doanya y. .

  29. priska on August 6, 2011 at 3:51 pm

    makasih untuk infonya. bagaimana kalau posisi bayi terbalik (sumsang)? apa ada cara agar posisi bayi menjadi normal dgn kepala berada di bawah?

  30. epa on August 23, 2011 at 2:07 am

    gimana carax agar pinggang gak sakit saat tidur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Artikel via Email

Isi E-mail, Klik Saya Mau:


Terima Kasih Atas Kunjungan Anda