Mentimun / Ketimun : Sayuran Murah Yang Kaya Manfaat

Ketimun, Timun  atau Mentimun  tergolong sayuran murah dan mudah didapat sepanjang musim.  Manfaatnya sangat beragam  mulai dari  sebagai obat alami, untuk kecantikan, bahkan untuk memberantas hama dan membersihkan rumah.   Sebagai Obat herbal antara lain untuk menyembuhkan hipertensi atau tekanan darah tinggi, peluruh racun / detoks,  pelangsing badan, atasi selulit,  obat diare,  sariawan, typhus, dll.  Silahkan baca selengkapanya.

Mentimun - Timun - Ketimun - Cucumis sativus

Mentimun - Timun - Ketimun - Cucumis sativus

Nama Latin :  Cucumis sativus, L

Nama lain : Cucumber (Inggris), komkommer (Belanda),  Gurke (Jerman), Concombre (Prancis)

Kandungan zat gizi  per 100 gram berat ketimun :  energi 12 kalori, protein 0.7gr, lemak 0.1gr, karbohidrat 2.7gr, kalsium 10mg, fospor 21mg, besi 0.3mg, vitamin A 0 RE, vitamin C 8.0mg dan vitamin B 0.3mg.  Kandungan mineral yg ada pada ketimun adalah potassium, magnesium, kalium, zat besi dan fospor.  Karena kandungan potasium, magnesium dan fosfor  ini ketimun bagus sebagai obat  alami hipertensi.

oleh karena itu mereka-merekayang menderita hipertensi disarankan untuk mengkonsumsi mentimun.

Detoksifikasi
Kandungan air ketimun  sangat tinggi (hingga 90%),sehingga ketimun memiliki efek memperlancar buang air kecil, membantu menghilangkan dan menetralkan toksin (racun), membantu melunturkan bakter-bakteri di sepanjang usus dan dinding kandungan kemih. Kandungan air dan mineral kalium dalam ketimun  mengeluarkan kelebihan asam urat dan sisa metabolisme melalui ginjal.  Asam urat yang berlebihan di dalam darah akan membentuk kristal yang menumpuk di persendian sehingga menyebabkan sakit radang sendi. Sedangkan sisa metabolisme berupa garam mineral yang menumpuk di saluran kemih akan membentuk batu ginjal.  Dengan mengkonsumsi ketimun akan membantu meluruhkan kristal / batu ginjal dan menghindari penumpukan racun.

Obat Hipertensi

Ambil 2 buah mentimun, cuci, parut, lalu peras. Minum airnya dan lakukan 2-3 kali sehari.  Cara lain, ambil 200 gram mentimun, rebus, lalu saring. Minum airnya dan lakukan sehari sekali.

Makanan  / Obat Pelangsing
Mengkonsumsi mentimun juga dapat menurunkan berat badan karena kandungan kalorinya yang rendah dan kaya akan serat.
Kandungan lainnya dalam mentimun antara lain adalah asam malonat yang dapat mencegah gula darah berubah menjadi lemak, sehingga dapat menurunkan berat badan.

Antiserangga

Mentimun dipakai sebagai obat anti kecoa dan anti semut. Siapkan kulit mentimun, potong-potong, lalu rendam dalam jus mentimun selama satu jam. Ambil kulit tersebut, keringkan dengan oven bersuhu 200 C, lalu hancurkan hingga menjadi serbuk. Masukkan serbuk kulit mentimun ke dalam blender, campur dengan daun salam yang sudah direndam dalam jus mentimun. Keluarkan dan jemur hingga mengering. Sebarkan serbuk yang sudah kering ditempat yang terdapat semut. Selama 1-1,5 minggu semut dan kecoa akan menyingkir.

Banyak siput, ulat  dan belatung di tanaman ?  Potong bbrp iris timun, taruh didalam kaleng bekas minuman.  Reaksi kimia antara ketimun dan kaleng akan menimbulkan bau yg mengusir hama2 itu dari tanaman anda.

Mengobati  Sengatan Lebah

Ambil buah mentimun, kupas, lalu potong-potong. Masukkan potongan mentimun ke blender, lalu hancurkan hingga menjadi cairan kental. Olesi atau rendam bagian tubuh yang tersengat lebah dengan cairan tersebut selama satu jam. Rasa sakit, gatal, dan bengkak akibat sengatan lebah akan hilang.

Obat Sariawan : Makan timun mentah setiap hari

Memperlancar Buang Air Kecil

Campurkan 1 gelas sari buah mentimun di campur dengan 1 sdt madu dan 1 sdt jeruk nipis segar. Minum ramuan tersebut dan lakukan setiap dua kal

Obat Tifus

Ambil juga 2 buah mentimun, cuci bersih, parut, dan peras. Minum air perasan ini dan lakukan 3 kali sehari.

Diare pada Anak

Sediakan 1 buah mentimun, cuci, rebus, lalu haluskan. Saring, ambil airnya, dan beri sedikit madu. Minum ramuan tersebut hingga diare mampet.

Anti Kanker
Terkadang ketimun terasa pahit.  Rasa pahit tersebut berasal dari saponin, yaitu senyawa fitokimia yang terdapat dalam lendir mentimun. Meskipun pahit, saponin bermanfaat sebagai anti kanker, menurunkan kolestrol, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Related Posts with Thumbnails

Tags: , , , , ,

41 Responses to Mentimun / Ketimun : Sayuran Murah Yang Kaya Manfaat

  1. Irfan Lubis on May 5, 2010 at 8:16 am

    Salam, Bu Jempol…

    Saya bekerja di sebuah organisasi perlindungan konsumen di Makassar dan mengelola sebuah blog konsumen (www.gerakankonsumen.blogspot.com). Ketika membuka situs ini, saya dapati banyak sekali artikel yang bermanfaat untuk membantu mencerdaskan konsumen melalui penggunaan bahan-bahan alami/tradisional. Saya sangat mengapresiasi hal tersebut.

    Untuk itu, saya hanya minta ijin kepada Bu Jempol, bolehkan saya share beberapa artikel di situs Ibu ini pada blog saya? Jika Ibu berkesempatan membuka blog itu, Ibu akan melihat bahwa semua bahan tulisan yang saya input selalu disertai dengan nama penulis atau sumbernya.

    Demikian dari saya. Semoga situs ini semakin baik dari hari ke hari. Terima kasih. Wassalam…

    IRFAN LUBIS
    Makassar

    • Ibujempol on May 5, 2010 at 5:15 pm

      Silakan di share, Mas Irfan
      Yup, jangan lupa di sertakan sumbernya, kalo bisa dengan link anchor text.

      Saya barusan coba comment di blog anda, tp gak bisa comment, selalu balik ke comment (kata2 yg saya tulis tp gak bisa dipublish). Coba di cek, munkin ada error di settingan blogspot themenya

      • gadis jelita septavy on April 28, 2011 at 2:19 pm

        makasih ya infonya .. sangat bermanfaat :) )

  2. bleach03 on May 15, 2010 at 7:11 am

    Artikel yang sangat bermanfaat.
    Sala persahabatan

  3. metrotrade on May 18, 2010 at 1:46 am

    Salam perkenalan.Saya ingin link saya diletakkan sini. JUga link ibu boleh dikongsi dilaman saya. Mesin kami, mesin yang baru direka, boleh membuat masker timun secara terus. JUga ingin minta izin, guna articles untuk dikongsi dengan pembaca lain. Terima kasih.

  4. nozos on May 26, 2010 at 8:43 am

    thanks

  5. Gizi Nasi Goreng « Kisah Fiktif on May 28, 2010 at 11:05 pm

    [...] Manfaat Timun [...]

  6. goes purba on June 6, 2010 at 1:35 pm

    Terima kasih Ibu. Semoga menjadikan manfaat bagi kami, dan merupakan pahala bagi Ibu. Kami menantikan artikel2 selanjutnya.

  7. shinta on June 15, 2010 at 2:39 am

    wah gak nangka bgt,,timun byak bgt kegunaanya,,kirain c5 enak wt rujakan aj,,ternyata timun mngandung gizi yg baik untk ksehatan,,,,,,mkch untuk pengetahuanya,,,

  8. akbar on July 22, 2010 at 2:29 pm

    wah..tnyata kulitnya bisa ngusir serangga.

  9. eva marilyn on July 26, 2010 at 1:07 pm

    Saya senang membaca website ini banyak manfaatnya. Usul sebaiknya ditambah informasi alamat/tempat penjualan tanaman obat agar resep yang diberikan dapat mudah dipraktekan. Tq

  10. Amrey on August 13, 2010 at 7:47 am

    Trims atas info nya yg bgt berharga!

  11. Barbie Campers on August 23, 2010 at 12:31 pm

    Wah… Indonesia memang kaya akan berbagai sayur-sayuran yang sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia.

    Sayur dan buah-buahan begitu berlimpah, dan menyumbangkan begitu banyak kesenangan, kesegaran, dan kesembuhan bagi kita semua. Saya sangat senang membaca berbagai manfaat sayur-sayuran diatas.

    Btw, Nice artikel!

    Barbie Glamour Camper,

  12. hannabee on September 2, 2010 at 3:18 pm

    ternyata timun bisa melangsingkan ya, coba ah….! Tp apa ntar ga “becek” tu bu ? Katanya timun juga bisa menimbulkan keputihan bu, betul ga tuh bu ?

  13. Reny on September 16, 2010 at 11:14 am

    Saya punya riwayat hipertensi, berarti cocok untuk konsumsi mentimun.
    Ada makanan lain yang tidak disarankan ga’ untuk orang yang hipertensi

  14. bedon on September 22, 2010 at 4:56 pm

    halo bu jempol bolehkan aku menyalin artikel bu jempol secara gratis tis..

  15. [...] bermanfaat sebagai anti kanker, menurunkan kolestrol, dan meningkatkan daya tahan tubuh. Ibu jempol.com Comments RSS [...]

  16. yudhaph on November 3, 2010 at 4:45 pm

    wah, bagus sekali blog nya. banyak artikel yang menarik.

    terimakasih ya bu.

  17. ratna on November 21, 2010 at 4:17 am

    Terimakasih ya bu. Bagus sekali artikel ibu. Saya doakan ibu makin sehat sejahtera kerana berkongsi ilmu yang amat berguna. Mohon ibu kongsikan jus tauge sama kunyit agar semua wanita subur2 belaka dan berseri2 macam ibu.

  18. gusti alif prassojo on November 25, 2010 at 3:37 am

    trimakasih,,, makalah saya sudah selesai

  19. muh. ishaq Nusu on December 22, 2010 at 10:00 am

    ass, bu jempol saya lagi penelitian tentang timun untuk dibuat kosmetik kream, tolong infonya, karena diatas tidak dijelaskan

  20. Tanaman obat on December 30, 2010 at 12:52 am

    Artikel yang bagus.
    Memang benar, sudah saatnya kita beralih menggunakan tanaman obat Selain lebih sehat dan aman, dengan menggunakan obat tradisional berarti juga turut melestarikan warisan leluhur. CINTAI PRODUK INDONESIA !

  21. triwati on January 3, 2011 at 5:17 am

    wow .. tidak pernah terbayangkan rasa pahit yang sering dikeluhkan pada ketimun ternyata mengandung manfaat yang luar biasa … artikel yang bagus dan sangat bermanfaat

  22. AcerNoval on January 7, 2011 at 1:04 pm

    makasih bu ! artikelnya sangat bermanfaat

  23. Anang prayogo on January 15, 2011 at 9:00 am

    Trima kasih, karena artikel trsebut dpt menyelesaikan masalah saya

  24. wira on January 17, 2011 at 9:48 am

    Resep yang sangat bagus, organik pula…membuat badan lebih fresh.
    Saya mau tanya, untuk penderita hypertiroid dan infeksi pernafasan bagusnya pake obat dari bahan apa ya?? trims dan jawabannya sangat berguna bagi saya .

  25. pancaleksanaendywasana on February 1, 2011 at 7:19 pm

    anti kangker apa aja masalahnya kanker banyak jenisnya membahayakan manusia………..

  26. I Nyoman Warnata on March 22, 2011 at 2:25 pm

    artikel yg luar biasa bermanfaat…..sukses sll bu dan ijin copy artikelnya yah…

  27. ida nurnaningsih on March 27, 2011 at 7:45 am

    wah…terimakasih ibu jempol artikel artikelnya sangat menarik dan sangat bermanfaat buat kita.salam sukses

  28. Fia on April 12, 2011 at 9:10 am

    Saya pernah baca bahwa mentimun juga bisa untuk menggemukkan badan. caranya gmn?

  29. ima chyma na'zira on April 13, 2011 at 7:04 am

    setujuuuu,n mksh wat IBU JEMPOL….

  30. Indri on May 2, 2011 at 11:42 am

    aduh ibu terima kasih banyak yah untuk info ini,ngak sia-sia lho kalau baca artikel artikel ibu.

    sekali lagi terma kasih. Tuhan Yesus Memberkati

  31. indana atfaini on May 9, 2011 at 5:10 am

    Salam kenal ibu Jempol, saya sedang cari2 artikel tentang obat tradisional.. wah seneng sekali ibu langsung saya praktekkan untuk pencegahan penyakit yang lagi saya derita pun bisa saya share pada teman dan keluarga. Boleh yaa bu juga saya share di blog saya nantinya pasti saya sebutkan sumbernya.Sya berharap kita bisa berteman terima kasih.

  32. Hillbinus on May 18, 2011 at 7:24 am

    Halo bu Jempol

    Saya melihat banyak informasi yang sangat berguna di situs ini, oleh karena itu saya mohon ijin bu jempol buat menshare informasi tersebut di blog saya (www.hillbinus-anyarticles.blogspot.com).

    terima kasih sebelumnya

    Arfi
    Jakarta

  33. tonny on June 24, 2011 at 11:07 pm

    trims, artikelnya bu…

  34. theresia diaz on July 4, 2011 at 6:09 am

    Terima kasih bu untuk artikelnya, saya mau tanya bu, saya pernah operasi mium, apa benar suatu saat nanti miumnya akan tumbuh kembali, terima kasih.

  35. Obat Diabetes on July 18, 2011 at 9:46 am

    Ibu memang jempolan. Timun bisa mengobati darah tinggi.Asyik pisan eeuuuy.

  36. Sri Purwaningsih on August 5, 2011 at 9:47 am

    Terima kasih ibu atas artikelnya, ga nyangka ternyata timun banyak manfaatnya untuk kesehatan.

  37. Firdaus on August 11, 2011 at 1:39 am

    Informasi yang sangat menarik… Dari dulu yang saya tahu, mentimun hanya untuk menurunkan darah tinggi dan untuk menyegarkan mata. Ternyata masih banyak manfaat lainnya. Terimakasih

  38. niel on August 24, 2011 at 4:25 pm

    Terima kasih artikelnya
    Salam buat keluarga Ibu Jempol

  39. nico marbun on August 26, 2011 at 4:38 am

    trims atas artikelnya.. sungguh sgt brmanfaat..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Artikel via Email

Isi E-mail, Klik Saya Mau:


Terima Kasih Atas Kunjungan Anda