Kebijakan Fiskal | NPWP | Bebas Fiskal 2009

NPWP Pribadi dan Bebas Fiskal : apa khabarnya ?

Kebijakan Fiskal- Bebas Fiskal 2009

Kebijakan Fiskal- Bebas Fiskal 2009

Tahun lalu bersamaan dengan topik sunset policy, rame juga dibicarakan rencana pembebasan fiskal luar negeri bagi pemilik NPWP pribadi yang diberlakuakn per tanggal 1 januari 2009.
Kita sudah melewati beberapa hari dari waktu yang ditetapkan, bagaimana perkembangan kebijakan fiskal ini ?

Ternyata menurut laporan dari beberapa sumber pelaksanaan bebas fiskal bagi pemilik NPWP di beberapa airport berjalan dengan lancar. Pemilik NPWP pribadi bebas fiskal, yang tidak punya NPWP dikenakan biaya fiskal sebesar : Rp.2.500.000 (untuk perjalananan melalui udara di semua Airport) dan Rp.1.000.000 (Untuk perjalanan melalui laut, contohnya menggunakan feri dari Batam ke Singapore, atau feri dari Belawan ke Penang, dll)



Syarat Bebas Fiskal

Datangi loket fiskal dibandara dengan membawa fotokopi NPWP dan paspor + boarding pass, maka setelah dicek kebenarannya anda akan mendapat cap bebas fiskal diboarding pass.
Bagi istri dan anggota keluarga lainnya (anak maupun orang tua dari pemilik NPWP) yg serumah dengan pemilik NPWP juga bebas fiskal dan untuk mendapatkan cap bebas fiskal harus membawa fotokopi NPWP suami / kepala keluarga + fotokopi kartu keluarga yg didalamnya tercantum nama pemilik NPWP dan nama penumpang yg mau bepergian + fotokopi paspor + Boarding pass.

Perlu diperhatikan bahwa mulai tanggal 16 Januari 2009 berlaku ketentuan bahwa NPWP sudah terdaftar 3 hari sebelum tanggal keberangkatan. Anda harus pastikan bahwa NPWP anda sudah ada di database Dirjen Pajak.
mungkin anda bertanya :”Lho, bukannya kalau sudah punya NPWP itu, secara otomatis terregister di Dirjen Pajak bukan?? Kalau belum, cara registernya bagaimana?”

Penjelasannya sbb :
Kalo anda mendaftar NPWP lewat internet akan memperoleh nomor registrasi yang masih harus dibawa ke KPP Lokasi Domisili anda (dimana anda tinggal) sambil membawa fotokopi KTP.
Selama anda belum datang ke KPP maka NPWP tidak akan masuk ke database kantor pajak.

Apabila anda mendaftar NPWP lewat kantor tempat kerja maka NPWP dicetak oleh KPP dimana kantor anda terdaftar, maka terjadi proses:
- KPP mencetak NPWP atas nama karyawan yang terdaftar di KPP lain
- Data NPWP tersebut dikirim ke database Kantor Pusat(Nasional) utk nantinya diteruskan oleh kantor pusat Pajak ke KPP tempat karyawan terdaftar.
- saat pengiriman data ini yang perlu waktu paling cepat 1 hari dan paling lama 1 minggu utk data NPWP tersebut muncul di database KPP tempat karyawan terdaftar (mengingat banyaknya permintaan NPWP belakangan ini).
Jadi pastikan anda sudah melakukan prosedur di atas sebelum bepergian keluar negeri karena walaupun anda sudah memiliki NPWP tapi belom ada datanya di database Dirjen Pajak, maka anda harus membayar fiskal.

Bebas Fiskal untuk Penduduk Luar Negeri.
Warga Negara Indonesia yang berdiam di luar negeri, memiliki visa tinggal di luar negeri, baik mahasiswa, pekerja swasta maupun WNI yang menikah dengan warga negara asing, beserta keluarganya dibebaskan dari kewajiban fiskal luar negeri. Ketentuan bebas fiskal maksimal 4 kali dalam setahun yang selama ini diterapkan menjadi tidak berlaku lagi, digantikan dengan bebas fiskal yang tidak terbatas jumlahnya dalam setahun. Asyik juga khan ya ?

Persyaratan atau prosedur bebas fiskal untuk penduduk luar negeri : datangi loket fiskal, bawa paspor yang dalamnya ada tercantum visa tinggal di luar negeri / kartu permanent resident / carte de residence / carte de sejour (ataupun kartu kartu sejenis sesuai negara tempat tinggal anda), plus tercantum alamat anda di luar negeri + boarding pass. Setelah petugas melihat adanya kartu dan alamat anda di luar negeri tercantum di paspor, maka petugas akan memberi cap bebas fiskal. Tidak perlu lagi mengisi formulir bebas fiskal seperti yang selama ini dilakukan.

Note : Saya gak nyangka tulisan sederhana ini mendapat begitu banyak kunjungan dan tanggapan.  Banyak yg nanya soal beda nama di paspor dan di NPWP dan juga masalah bebas fiskal untuk WNA.  Berikut saya copy paste informasi berharga yg saya dapat dari Cynthia melalui respons terhadap artikel ini.  Begini :

1. *Counter bebas fiskal, hanya melihat nama sesuai dari NPWP & PASSPORT.
Jika ada perbedaan, nama seperti : di passport JOHANES & di NPWP JOHANES
CHANG, itu tidak ada masalah. Dan di passport Desy Herawaty & di NPWP Desy
Herawati, itu pun tidak masalah. Atau seperti di passport nama panjang & di
NPWP di singkat, itu juga tidak masalah. Maka dari itu guna, counter bebas
fiskal meminta NPWP asli.*
2. *Kartu Keluarga copy, di bawa apabila pemilik NPWP membawa pasangan.
Jika di Kartu Keluarga masih terpisah, harap membawa Akte Nikah copy.*
3. *Bagi pemilik NPWP, ingin membawa orang tua. Harap datang ke Airport 3
jam sebelum keberangkatan. Karena pemilik NPWP & orang tua wajib, memberikan
SURAT PERNYATAAN di depan counter bebas fiskal.*
4. *Untuk anak di bawah usia 21 tahun, tidak perlu membayar Fiskal.*
5. *Jika NPWP, belum jadi. Rekapan formulir (resi), dapat di gunakan
sebagai bukti bebas fiskal.*
6. *Passport NAMA CHINESE, dan di NPWP NAMA INDONESIA wajib melampirkan
Surat Keterangan Ganti Nama.*
7. *Orang Asing memiliki KITAS/KITAP, wajib membayar Fiskal.*
8. *Bagi orang Indonesia beralamatkan luar & pelajar yang tinggal di luar
negeri. Selama, mereka berdiam di Indonesia kurang dari 6 bulan. tidak perlu
membayar Fiskal. Peraturan ini berlaku dalam kurun waktu 1 tahun.*
9. *Tour Leader, yang tidak memiliki NPWP pribadi. Itu di haruskan
membayar fiskal (seperti biasa) walaupun di FISKAL NPWP a/n. perusahaan.*

Demikian sekilas info mengenai NPWP Pribadi dan Bebas Fiskal. Met jalan-jalan ye, jangan lupa oleh oleh :-P

STOP PRESS

Kerja dari rumah, punya bisnis sendiri, mau?. Atau sekedar cari uang tambahan? Dapatkan rahasianya, belajar GRATIS selama 1 bulan secara online. Ingat ini GRATIS, jadi tanpa resiko. Daftarkan sekarang juga. Klik tombol berikut untuk daftar atau untuk dapatkan info lebih lanjut.


Related Posts with Thumbnails

Tags: , , ,

216 Responses to Kebijakan Fiskal | NPWP | Bebas Fiskal 2009

  1. estere on August 6, 2010 at 6:25 pm

    ibu, saya mau tanya, nama suami saya di npwp adalah Rudianto, tapi di pasport Rudiyanto, apakah itu akan bermasalah pada pengurusan bebas fiskal ?? terima kasih.

  2. viki evendi on August 8, 2010 at 6:54 pm

    berapa biyaya passport dari indo ke korea???????????

  3. asti on August 24, 2010 at 11:13 am

    thanks…..ya bu..atas informasi yang berharga ini…pasport sy terbitan bali tp kk dan ktp serta npwp suami diJakarta..smoga dgn membawa copy akte nikah jadi gak ada masalah ya….thx!!!

  4. dani on August 26, 2010 at 3:34 am

    thank a lot for your info. gbu

  5. Henry on September 2, 2010 at 4:55 pm

    Ibu, ada beda nama berarti antara di NPWP dan Paspor: Henry Yogatama dan Yohanes Henry Yogatama. Bagaimana Ibu? Terima-kasih untuk (bakal) penjelasannya.

  6. anton tjahyono on September 10, 2010 at 1:35 pm

    bagaimana jika umurnya pas 21 tahun?

  7. lina on September 13, 2010 at 12:14 pm

    kalo saya tidak ikut berangkat ke luar negeri dan saya harus mengisi surat pernyataan menanggung orang tua di mana? di air port atau bisa dapat form tersebut sebelum hari keberangkatan?
    thx

  8. Lisa on October 10, 2010 at 1:49 am

    Kalo saya WNI, menikah dengan WNA dan tinggal di Luar Negeri, tapi nama Keluarga (nama belakang) tidak sama antara di Permanent Resident Card dan nama di Passport karena proses pernikahan. Apakah ini akan menjadi problem ketika saya berencana akan Pulang ke Indonesia dan kembali ke LN? Apakah saya akan bisa bebas Fiskal?

  9. guntur on October 12, 2010 at 11:08 am

    bu. saya mau tanya.. apakah kalau saya di denda kalau kehilangan paspor? dan berapakah denda nya?

  10. Farida on November 1, 2010 at 10:09 am

    Bu Jempol,
    Kalau saya mau bawa ibu saya ke luar negri, tapi beliau tidak satu KK dengan saya, karena beliau tinggal di luar pulau. Apakah beliau bisa menggunakan NPWP saya? Syarat apa yang harus saya siapkan? Terima kasih.

  11. Mercurer on November 1, 2010 at 3:15 pm

    Kemaren dapat berita kalo mulai tahun depan keluar negeri ga perlu biaya fiskal dan ga perlu tunjukin NPWP. Benar ga ya?

  12. eka on November 16, 2010 at 5:50 am

    maaf,mo nanya. Kl punya NPWP tp blm wajib pajak, kena fiskal gak? Jujur aja, kl NPWP sy buat niatnya biar tidak bayar fiskal. Makasih

  13. NENY on January 14, 2011 at 4:11 am

    Saya Dengar berita dari TV kalau mulai january 2011 ,ngak perlu biaya fiskal,jadi ngak perlu NPWP/buat bebas fiskal lagi.
    Itu benar ngak sich?
    mohon informasi
    Kalau punya NPWP bisa ngak di pakai seluruh keluarga biarpun saya bukan kepala keluarga?
    trimakasih

  14. JALAL on January 27, 2011 at 10:01 am

    apakah NPWP bisa di pakai seluruh anggota keluarga sekandung untuk bebas FISKAL???

  15. hedyen yudhi hapsari on July 18, 2011 at 4:23 pm

    saya sudah punya NPWP yang dibuatkan perusahaan tetapi saya tidak tau apakah sudah bebas fiskal apa belum,lalu bagaimana saya mengeceknya?

  16. Tony on September 20, 2011 at 8:30 am

    Saya dengar dari beberapa orang kalau sekarang ke luar negeri terutama di asia sudah tidak pakai fiskal lagi dan sudah tidak perlu NPWP jadi yg tidak punya NPWP juga katanya sudah bisa bebas fiskal. Apa benar hal ini bu?

  17. winarsih on September 22, 2011 at 11:17 am

    aduh pusing mikirin bebas fiskal,saya wajib pajak taat tapi nggak punya NPWP…

  18. solikhun on October 15, 2011 at 1:43 pm

    ibu..saya buat npwp tahun lalu.apakah kalo saya balik.dan saya pergi lagi keluar negri nanti saya tidak kena fiskal.

  19. ita on January 19, 2012 at 8:00 am

    saya mau tanya jika ada yang punya informasi tolong beritahu saya ya, nama saya Rita, cukup singkat tanpa nama keluarga di pasport, apakah akan ada masalah jika saya mengajukan visa khususnya ke kedutaan USA karna saya dengar informasi ada beberapa kedutaan yang tidak menerima 1 nama dan 3 nama

  20. haryo on February 14, 2012 at 4:09 am

    Ibu,
    NPWP saya masih menggunakan alamat lama, sedangkan passport sudah sesuai dengan KTP sekarang.
    apakah ini akan menjadi masalah pada counter bebas fiskal?

  21. Fafa on April 4, 2012 at 10:43 am

    Saya mau nanya jg bu, gmn klo umur saya baru 21 thn ini dan ingin buat Npwp hanya buat bebas fiskal ? Apakah itu bisa ?
    atau apabila saya menggunakan NPWP kakak saya bs bebas fiskal jg atau tidak ?

  22. [...] have an address abroad as stated on my passport, he let me pass. more about fiscal tax exempt on this blog (in bahasa [...]

  23. Dee on May 2, 2012 at 9:07 am

    Dear Bu,

    maaf mo tanya, bila nama di NPWP dan pasport sama cuma beda alamat di NPWP dan Pasport, bisa bebas fiskal ga?
    Terimakasih

  24. Dewi Hoesien on May 15, 2012 at 3:04 am

    Saya mau tanya, Guru anak saya warga negera Turky, beberapa minggu lagi anaknya lahir dan mereka akan pulang kembali keluar Negri.
    Apaka bayi baru lahir harus dibuatkan paspor, apa saja syaratnya. Dan apakah juga perlu mengurus Visa.
    Terima kasih

  25. ima on June 22, 2012 at 12:33 pm

    hi bu mau nanya nih tlng jawab ya sy sudah bikin paspor tp salah tglnya ,tgl 23/08/1978,tp di paspor nya di tulis tgl 22/08/1978.apakah sy bs mengganti pasppor nya lg dngn tgl 23 di paspor tlng jawabannya tanks you.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


Jangan Lewatkan

Aneka Resep Sayur Asem Enak

Sayur Asem atau Sayur asam ada macam2, ada sayur asem sunda, sayur asem betawi / sayur asem jakarta, sayur asam sunti, sayur asam kangkung,...

Read more »

Resep Ketupat Lebaran | Membuat Ketupat Enak Dan Legit

Resep ketupat lebaran agar ketupatnya enak, legit, padat, tahan lama. Berikut tips dan trik bikin ketupat dan lontong, cara masak ketupat...

Read more »

Resep Opor Ayam Enak

Resep Opor Ayam Enak sebagai pelengkap hidangan / masakan khas di hari Lebaran

Read more »

Resep Masakan Padang : Gulai Tambunsu

Masakan Padang Gulai Tambunsu yang enak, praktis, gampang dibuat, bumbunya mudah didapat. Alternatif menu hidangan lebaran ataupun kala kangen nasi kapau

Read more »

Hidangan Lebaran | Resep Masakan Lebaran

Sajian lengkap menu lebaran yang enak  disertai resepnya : Ketupat dan lontong, opor ayam, rendang daging, dendeng balado, sambal goreng ati, kalio kambing, tumis...

Read more »

Archives