Hidangan Lebaran | Resep Masakan Lebaran

Sajian lengkap menu lebaran yang enak  disertai resepnya : Ketupat dan lontong, opor ayam, rendang daging, dendeng balado, sambal goreng ati, kalio kambing, tumis buncis.

menu-hidangan-lebaranResep lengkap masakan lebaran ini menyusul deh ya, moga moga wiken ini bisa rampung ditulis.  Sekarang nitip kavling postingan dulu biar ada target yg hrs diselesaikan wiken ini, ocey ?

BTW, ada yg mau sharing kalo di keluarganya makanan lebaran biasanya terdiri dari apa aja,  kue lebaran yg dibuat biasanya apa?  Kalo bisa kue basah ya, kalo kue kering sih udah taulah seputar nastar, kastengel, putri salju dan teman temannya.  Dan lebih bagus lagi kalo kue tradisional indonesia.  Makasih banet kalo ada yg mau sharing.

Nah ini resep masakan lebaran.  Pertama mulai dengan membuat ketupat.

Resep Ketupat Lebaran
Bahan-Bahan :
1. selongsong anyaman ketupat daun janur = 12 buah
2. air bersih = secukupnya
3. beras = 0.5 kg / 500 gram

Cara Memasak Ketupat Lebaran :

1. Cuci beras dengan air bersih. Rendam selama 2 jam lalu tiriskan.
2. Masukkan beras ke dalam selongsongan anyaman janur sampai 2/3 bagian bungkus ketupat lalu tutup dengan baik dan rapat.
3. Masak ketupat mentah tadi ke dalam air mendidih dalam kondisi terendam air mendidih selama 4 sampai 6 jam hingga tanak. Tambahkan air jika air dalam panci menyusut / berkurang.
4. Setelah matang angkat, tiriskan dan letakkan di tempat kering, tunggu hingga dingin.
5. Ketika dihidangkan, belah ketupat lalu potong-potong dadu ukuran besar. Campurkan dengan sayur atau bumbu sesuai selera anda.

Tips  ketupat  yang enak:
- Ketupat tahan selama dua hingga tiga hari jika disimpan dengan baik atau dimasukkan ke dalam lemari es.
- Gunakan anyaman janur yang rapat dan bagus kondisinya agar tidak timbul noda coklat pada ketupat.
—–

Resep Dendeng Balado

Bahan:
600 g daging sapi tanpa lemak/has dalam, potong tipis melebar
Minyak untuk menggoreng

Bumbu:
10 butir bawang merah, iris halus
15 buah cabe merah, tumbuk kasar
4 lembar daun jeruk purut
2 sdm air jeruk nipis
1 sdt garam halus

Cara Membuat Dendeng balado:

1. Bumbui potongan daging dengan ½ sdt garam dan air jeruk nipis, aduk sambil di remas-remas. Jemur daging hingga setengah kering. Goreng daging hingga matang dan kering. Angkat, tiriskan.
2. Panaskan 4 sdm minyak, tumis bawang merah dan cabe merah hingga harum. Masukkan potongan daging, daun jeruk dan garam. Masak hingga bumbu meresap. Angkat. Tuang ke dalam pinggan saji. Hidangkan hangat.

Silakan baca juga :

Related Posts with Thumbnails

Tags: , , , , , , ,

13 Responses to Hidangan Lebaran | Resep Masakan Lebaran

  1. Resep Masakan Padang on September 2, 2009 at 8:29 pm

    [...] Hidangan Lebaran | Resep Masakan Lebaran [...]

  2. Resep Opor Ayam on September 3, 2009 at 12:08 am

    [...] Hidangan Lebaran | Resep Masakan Lebaran [...]

  3. rendang on September 10, 2009 at 12:39 pm

    maskanya mantapp…boleh tuh buat menu lebaran keluarga

    • Wahyu annisa on August 26, 2011 at 5:03 am

      Z’mua’na pngn d’cba.tpi 5na biza……….
      Wktu’na ithu lhoo………
      8-)

  4. Annisa Almafitri Adrianus on September 19, 2009 at 1:17 am

    wah…resep nya bagus2ni…

  5. chient on September 19, 2009 at 2:39 pm

    duwh masakan’y bikin menggugah selera nich……..moga z ke depannya bisa lebih maju dan menciptakan kreasi yg lebih dari sebelumnya

  6. Bije on August 12, 2010 at 6:23 am

    Mohon ijin share ke FB yah… thanks sebelumnya.

    • Wahyu annisa on August 26, 2011 at 4:42 am

      Wagh razany cpt bgd ea yg lebaran.
      Zeeee………
      :-)

  7. indonesia news on August 20, 2010 at 8:57 am

    Lebaran Idul Fitri sebentar lagi tiba :)

  8. ICHA on August 26, 2010 at 6:09 am

    uhhhhhh
    enak bwanget tu kue na….jdi pngen bwat tpi law aq yg bwat gmn y rsa na…..bkan na enak tpi mlah ancuran rasa na….yg pnting sya cba dlu dech doain ya rasa na enak….yy pling krang numayan lach gtu….

  9. HELDA on August 31, 2010 at 9:06 am

    SIP..BANGET Tu aq jadi k pingin buat d hari lebaran,,g adalah slhx klu d coba dulu soal ancur belakangan,taPI pasti bisa deh….

  10. HELDA on August 31, 2010 at 9:15 am

    G apa nama juga lg belajar bikin klu ancur2an enda jadi masalah

  11. Wahyu annisa on August 26, 2011 at 4:53 am

    Wagh bingunk nich,5u bwt 5kanan up ea???

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Artikel via Email

Isi E-mail, Klik Saya Mau:


Terima Kasih Atas Kunjungan Anda