Ibu Hamil | Gizi Ibu Hamil

Gizi Ibu Hamil

Gizi Ibu Hamil

Cerita Ibu Hamil kali ini seputar  Gizi Ibu Hamil, makanan ibu hamil dan pantangan makanan ibu hamil. Yuk, duduk yang manis,  silakan menyimak dongengku tentang Makanan Sehat Ibu Hamil.

Pada saat kita ketahuan hamil, berarti kita harus lebih memperhatikan keseimbangan gizi dalam makanan yang kita santap. Kita memerlukan tambahan 300 kalori dari saat sebelum hamil. Berhenti diet dan santap makanan 4 sehat 5 sempurna dengan porsi yg wajar. Selain menu 4 sehat 5 sempurna, ada beberapa nutrisi tambahan untuk ibu hamil  sbb :

* Calcium / Kalsium : kebutuhan embryo / janin akan calcium sangat tinggi, kalo kita gak menambah suplemen yg mengandung calcium maka calcium itu akan di ambil dari tulang kita, akibatnya akan terasa di masa tua kita menderita tulang keropos. Karena itu selama hamil sangat dianjurkan mengkonsumsi nutrisi yang mengandung calcium seperti susu, yoghurt, tahu, keju, kacang2an kering, almond, buah2an kering, brokoli. Doketr juga akan ngasih resep utk pil / tablet suplemen penambah kalsium.

* Iron / Zat Besi : Zat Gizi untuk Ibu Hamil perlu tambahan 30 mg zat bezi setiap hari utk perkembangan bayi maupun kesehatan ibu Hamil. Selain dari vitamin tambahan yg diresepkan dokter, ibu harus mengkonsumsi makanan berikut untuk menambah zat besi : daging, telur, salmon, tahu, buah2an kering, sayuran yg berwarna hijau tua, kacang2an.

* Folic Acid / Asam Folat : Untuk ibu yg merencanakan hamil maupun ibu hamil perlu banget tambahan ekstra asam folat sebesar 0.4 mg / hari. Folic acid atau asam folat ini sangat penting dalam gizi untuk ibu hamil, terutama di 3 bulan pertama usia kehamilan untuk membantu pembentukan otak, mengurangi resiko spina bifida.

Minuman dan Makanan untuk Ibu Hamil yang harus dihindari :
* Rokok / Nikotine.
Bila anda merokok, berhentilah merokok. Jauhi juga orang yang merokok. Nikotine dari rokok dan CO2 dari asap rokok akan ikut terserap oleh janin. Akibatnya bisa salah satu atau bbrp kejadian berikut :
- Bayi lahir prepatur
- bayi lahir dengan berat kurang
- Bayi sangat peka terhadap SIDS (Sudden infant Death Syndrome)
- Bayi akan menderita asthma dan gangguan pernafasan lainnya

* Caffeine .
Anda suka kopi? Kurangi atau jangan minum sama sekali. Kopi dapat mengakibatkan keguguran. Ingat juga caffeine gak hanya terdapat di dlm kopi tapi juga di dalam teh, cola dan bbrp softdrinks yang mengandung caffeine. Coklat juga mengadung caffeine tapi sangat rendah sehingga minum coklat anget atau makan bbrp potong coklat boleh boleh aja.

*Alkohol.
Untuk orang indonesia kayaknya point alkohol gak gitu penting karena rata2 orang indonesia gak minum alkohot seperti wine / beer. Pengalaman saya yg tinggal di negara yang apa2 ada toast dengan wine / champagne, minum alkohol utk resepsi adalah kegiatan normal.   Apalagi alkohol bukan sesuatu yg terlarang dalam keyakinan saya.   5 Kali hamil saya icip alkohol (wine / champagne) sekedar syarat saja dalam jamuan makan malam atau acara keluarga.  Maksud saya tulis paragrah tentang alkohol ini utk ibu2 yang baru minum wine dan gak tau kalo hamil.   Gak usah resah, seicip wine, dan sekali saja itu gak apa apa untuk janin,  tapi setelah itu stop alkohol.

* Drugs / obat2an.
Ibu hamil gak boleh ngebo-at /ngedrugs, krn akan berakibat bayi prematur, cacat, masalah diemosinya maupun masalah dalam belajar di kemudian hari, sianak juga akan kecendrungan utk ngedrugs saat besar nanti. Selain itu untuk sakit, flu pilek dll, ibu hamil gak boleh sembarang minum obat.  Boleh yang paracetamol atau minta resep dari dokter.

* Makanan tertentu.   Selama hamil jangan makan makanan yg berpotensi kena listeriosis maupun toxoplasma karena akan berakibat bayi cacat atau keguguran.  Makanan yg berpotensi   listeriosis dan toxoplasmosis spt :

- telur mentah maupun makanan  yang mengandung telur mentah (seperti : tiramisu, mousse chocolate dan mousse lainnya, mayonaise, Caesar dressing.

- daging setengah matang,  ikan mentah (sushi) maupun ikan setengah matang, kerang mentah (oyster misalnya)

- Keju yg gak dipasteurisasi (Brie, Camembert, blue cheese lainnya), susu non pasteurisasi.

- Sayuran mentah.  Nah kalo ini, di indonesia dilarang makan sayuran mentah, kalo aku di Prancis tiap hari makan salad, sayuran mentah dan itu malah dianjurkan krn di daun selada, brokoli, dll sayuran hijau  itu banyak asam folat bagus utk ibu hamil.  Kalo di Indonesia mungkin harus diperhatikan kebersihan sayuran mentah itu, harus dicuci dulu dengan air panas dulu kali ya ?

- Makanan snack seperti hot dog, burger, musti dipanaskan lagi atau disteam lagi untuk mencegah toxo.

Sekian sekilas info tentang Makanan, Gizi dan  Nutrisi untuk Ibu Hamil.  Sampai jumpa di tayangan Wanita Hamil berikutnya :P

STOP PRESS

Kerja dari rumah, punya bisnis sendiri, mau?. Atau sekedar cari uang tambahan? Dapatkan rahasianya, belajar GRATIS selama 1 bulan secara online. Ingat ini GRATIS, jadi tanpa resiko. Daftarkan sekarang juga. Klik tombol “Belajar Binis Gratis   untuk daftar atau untuk dapatkan info lebih lanjut.


Related Posts with Thumbnails

Tags: , , , , , , , , , , ,

46 Responses to Ibu Hamil | Gizi Ibu Hamil

  1. lalan on February 25, 2009 at 7:03 am

    Dear ibu yg jempolan

    Thanks bgt ya buat tulisannya, sory baru buka internet nih . . . Kalo aku punya pertanyaan yg lain masih bersedia menjawabkan . . ?

  2. makanan ibu hamil on February 28, 2009 at 2:58 am

    terimakasih atas informasinya

  3. nyssa on May 25, 2009 at 3:43 am

    ibu jempoooolll aku lg googling di internet eeehhh ketemu blognya bu jempol nih hihihi…
    yaaaahhh jadi beneran kopi ga boleh ya bu yaaaa hiks hiks bisa berabe deh nih wkkkk… eh tp klo minum coklat boleh ya berarti ya asik asiiikkk lmynlah ya buat ganjel mata dikiiiittt hahaha :D

  4. maruchan on March 29, 2010 at 4:00 am

    Ibu Jempol, saya mau nanya nich.Saya duah 114 bulan menikah tapi belom diberi momongan. Pada Agustus 2009 saya menjalani laparoskopi karena ada endometriosis. Setelah bersih dan mengikuti program tapi tetap belom berhasil. Apa Ibu Jempol memiliki saran agar cepat hamil? Terimakasih yah. Oya kalo boleh minta dibales lewat email saja. THX

  5. ummu wafa on May 22, 2010 at 6:15 am

    ibu Jempol, saya mau nanya..ngak ngapa sih kalu saya makan makanan yang mengandungi lada hitam..ketika usia kandungan saya 2 bulan..

  6. g on June 10, 2010 at 3:29 pm

    ibu jempol sy mau tanya sudah 3 tahun aku operasi dan anak ke 2 aku keguguran aku takut sekarang aku ingin hamil lagi bagaimana jgn sampai terjadi lagi

    • zie on July 11, 2011 at 2:05 pm

      Bu’jempol,,,
      Klo mkan kol mentah tp dccix cman pke air bersh biasa gmn tu bun,,,thankz be4.

  7. yasmien fanshon on June 14, 2010 at 7:46 am

    bener banget al kohol,rokok,druks,dll.sangat dilarang dokter bagi orang hamil karena kata dokter terlalu berbahaya.dok ter pernah bilang kalau anak ibu mau sehat -sehat aja coba dihindari makanan dan minuman yang di larang saya ini demi kebaikab ibu dan calon bayi.

  8. SUSY on June 22, 2010 at 6:43 am

    mksi info ny…jd dpt byk mskan ne..tp,,mo tya bole gk konsumsi mie setelah melakukan kuret??n seharusny setelah kuret itu kita prlu istrhat brp lm y??mksd ny bole krja gk??
    tq

  9. Lina on August 9, 2010 at 2:59 pm

    Trimakasih byk atas infony ibu jempol. Aq jd tambah informasi deh. Buk aq mau nany ni. Bolehkah pd saat kita hamil dikusuk tau diurut oleh tabib/dukun bayi? Halny dulu swaktu aq hamil anak yg pertama kandunganq slalu turun dan susah dibawa jln. Alhamdulillah dia lahir dg slamat. Skarang aq lg hamil 3 bulan ni. Kira2 pa ya penyebabny kandungan suka turun?

  10. erni on September 13, 2010 at 9:37 am

    apakah bisa ibu hamil memakan makan yang pedas

  11. dima ahmad on December 1, 2010 at 5:06 pm

    ibu jempol,gmn kalau alergi dgn resep vitamin atau suplement tambahan yg yg diberikan oleh dokter?sebab sy kalau minum vitamin malah kepala pusing dan susah makan,termasuk buah2an dan makanan lainnya.krn sy skrg lg hamil 5 bln.kira2 bagaimana baiknya?kalau tanpa vitamin dan suplement dr dokter sy bs minum susu dan makan 4sehat 5sempurna.masih ngemil buah…he..hee..hee

  12. iis on December 3, 2010 at 8:14 am

    trimk tas infonya..

  13. Pustaka Bunda on January 18, 2011 at 10:07 am

    Maaf Ibu, kami ingin menginformasikan tentang seminar “Hypno-Birthing: Melahirkan Alami tanpa Rasa Sakit” pada tanggal 5 Februari 2011. Untuk info lebih lanjut, silakan kunjungi http://seminar-hypnobirthing.blogspot.com

    Terimakasih

  14. lusi on February 10, 2011 at 11:49 am

    ibu jempol, saya mau tanya : sembelit saat hamil katanya wajar, tapi jika sampai wasir bagaimana? terus bagaimana cara mengatasinya? apakah bisa sembuh?

  15. wanda on March 2, 2011 at 8:36 am

    ibu jempol, saya mau tanya gmn klu saya mau adik lk2 maka ibu saya harus makan apa soal nya aku uda punya 2 adik perempuan dan saya ingin puya adik lk2 tolong beritau ya ibu jempol? plise ya.

  16. wahyuadina on March 31, 2011 at 6:09 am

    mo nanya makanan yg mengandung asam folat ap saja?

  17. dewi on April 7, 2011 at 3:23 pm

    infonya ok banget nich, bener bener membantu bagi yg belum tau.
    Thanks ibujempol…

  18. endah on April 10, 2011 at 2:17 pm

    thanks 2 ibu jempol, saya mau tanya, di kehamilan pertama saya ini (sekarang usia 14 minggu saya suka migren / sakit kepala , ada tips atw saran ga,(oh ya oleh dokter sy di beri vitamin dha n calsium, apakah itu sudah cukup? trims.

  19. TINA on April 29, 2011 at 9:23 am

    dear ibu jempol..baru liat nech blog nya..bagus..
    mo tanya dunk,bumil g boleh makan duren y??..tapi pengeeeeeennnnnn banget,gmn y??..

  20. M.Dendy on June 18, 2011 at 2:33 am

    Dear Ibu jempol saya mau tanya kalau ibu hamil boleh tdk minum larutan botol dan kaleng buat panas dalam, terimakasih.

  21. maya on June 25, 2011 at 4:24 am

    mw tnya kalau telur ayam kampung dicampur madu blh apa tdk ya.. ktnya bs menambah kekuatan tenaga supaya melahirkannya lancar. thx sblmnya..

    • andi on February 3, 2012 at 2:29 pm

      Kalo ibu hamil boleh ga mwngkomsumsi telur campur madu

  22. Andriana on July 14, 2011 at 12:56 pm

    Disebabkan sedap masa yang sama saya ada makan scallop dan oyster mentah, juga ikan salamon mentah…sayuran mentah bersama dressing.semua dimakan dalam satu masa tapi cuma sekali sahaja.ada kah ia mempunyai kesan terhadap bayi saya.

  23. reza on August 9, 2011 at 2:02 pm

    Malam ibu..mau tanya apa org hamil boleh makan udang goreng,mhn informasinya,makasih

  24. Anggasta on August 19, 2011 at 6:28 am

    mau tanya ne bu….KOk baru bulan pertama susah bangetmakan, tiap makan pasti muntah sampai berat badan turun drastis bgt.. Ada solusi tdk? Bls di email ya… thanks… :)

  25. nophi on September 26, 2011 at 12:27 pm

    bu jempol, infonya ngebantu banget buat aku yang baru pertama kali hamil dan hidup jauh dari orang tua. usia kandunganku 12 mggu. mau tanya bu, aku kan suka banget makan sesuatu yang pedas, kalo makan gak ada pedesnya rasanya hambar dan gak nafsu. nah, ternyata itu kebawa sampai aku hamil. dan makan pedes sama bakso yang aku gak muntah. gantinya makan bakso ya lalapan sama sambal. bahaya g ya?

  26. Andista on October 15, 2011 at 2:44 am

    bujempol qbru hamil anak prtama. Kerjaq dgudang bahan soda pembuat sabun bu2k tiap hari qketemu debu soda. Wlau ud pke masker tp masih kadang terhirup. Apa bahaya buat janinq yg msih usia 3bulan&seterusnya.
    Trimakasih ibu jempol tlg Infonya yach…

  27. LINA on December 17, 2011 at 10:49 am

    ass.ibu jempol.
    mau tanya ya,..
    kalo tanda tanda hamil dini sebelum kita telat, ada ga ya? Mohon infonya donk bu,.soalnya setiap 1 – 2 mgg menjelang haid,pasti payudaraku sensitif,lembut dan bengkak.

    makasih ibu..jempol

  28. maya on February 11, 2012 at 10:13 am

    halo sata lagi menyimak ibu jempol infonya sangat membantu saya…..oke buangetttttttt dechhhhhh

  29. Wayan Ayu on February 25, 2012 at 4:58 am

    Ibu jempol,
    Apa yoghurt tdk bahaya?
    Kan yoghurt adalah susu yg dipermentasikan?
    Sy takut ada bakteri yg mengganggu janin sy.
    Mksh

  30. udi on February 28, 2012 at 3:16 am

    bu..aku mau copy artikelnya kok gk bisa ya?
    bs dkirim ke email sy gk bu?
    terima kasih

  31. Iwan on March 13, 2012 at 5:32 pm

    Bu, saya mau tanya; istri saya sedang hamil muda dan sering mual-mual,makanan apa yang dapat mengurangi mual-mual saat hamil muda.

    terima kasih.

  32. ema pansi on March 21, 2012 at 9:34 am

    thanks ya mom ngasi info2 ke kite2 masalah kehamilan ni semoga bermanfaat bagi yang lain ny juga…..

  33. Blog Oki Jo on March 26, 2012 at 9:19 am

    makasih infonya, sangant membantu

  34. lina on April 25, 2012 at 5:29 am

    Bu, saya mau tanya, saya sedang hamil 6 bulan, apakah bisa makan udang?alnya saya sering mkn udang goreng…apakh berpengaruh dng kandungan saya bu….

  35. yessy on April 29, 2012 at 5:44 am

    wah,mksh bu jempol,ni aq kmrn br tes positif gt,cz uda tlat 6 ming.tp dr awl q da minum susu,wlupn g tiap hr.saran ibu sgat mbntu kmi

  36. leha on May 12, 2012 at 5:33 am

    pgi dok,syg mnta saranya dok,skrg sy lg hamil bru 7 mggu.kbtln sy bekerja sbgai operator spbu.apa dpt membhykan kehamilan sy dok dgn bekerja di spbu dg menghirup uap bensin maupun solar stp harinya,
    mhon saran dari dokter,
    mksh

  37. fitri on May 19, 2012 at 3:04 pm

    makasih ya udah di ksih tau jadi saya bisa ngerti apa aja yang menyangkut kehamilan.

  38. d'cha on May 31, 2012 at 4:34 am

    thanks infonya
    Tapi kalo minumb es sama susu ibu hamil yang rasa m0cacino boleh gak?

  39. diah dyahero on June 18, 2012 at 12:19 am

    Sejak 17th menikah,sy baru di beri hamil saat ini,apa ibu hgamil boleh minum air kelapa muda?

  40. niea on June 28, 2012 at 8:13 am

    makasih … kbtln sy lagii hamil ..
    semoga y smwnya brjalan lancar , sehat dan normal amin

  41. Yuliana on June 28, 2012 at 2:27 pm

    Ibu jempol sy mo ni sy hmil jln 6bln tp akhr2 ini knp didaerah kemaluan sy kdg trasa skt knp ya trs bgmana solusiny spya tdk skt lg bu.trimakasih

  42. jey on July 11, 2012 at 8:49 am

    Ibu jempol sy hamil masuk 5 bln,kepala sy sering pusing dan kalo sudah pusing tuh gak kuat nahan nya..tp Ɣªήğ aneh nya pusing nya di pala sebelah kiri bawah..tangan dan kaki sy juga sering kesemutan gitu sakit nya smpe ke tulang..pipis stiap menit sampe capek bolak balik toilet nya…tips doong bu jempol buat sy untuk ngatasi nya.trimakasih

  43. tri julianti on August 1, 2012 at 9:00 am

    Infonya sangat bermanfaat, saya sebagai blogger baru dan ingin mengangkat tema atau artikel tentang ibu hamil sangat terinspirasi sekali dengan artikel ini.

    Mohon supportnya :)
    Info seputar Ibu hamil

    Trimakasih :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


Jangan Lewatkan

Aneka Resep Sayur Asem Enak

Sayur Asem atau Sayur asam ada macam2, ada sayur asem sunda, sayur asem betawi / sayur asem jakarta, sayur asam sunti, sayur asam kangkung,...

Read more »

Resep Ketupat Lebaran | Membuat Ketupat Enak Dan Legit

Resep ketupat lebaran agar ketupatnya enak, legit, padat, tahan lama. Berikut tips dan trik bikin ketupat dan lontong, cara masak ketupat...

Read more »

Resep Opor Ayam Enak

Resep Opor Ayam Enak sebagai pelengkap hidangan / masakan khas di hari Lebaran

Read more »

Resep Masakan Padang : Gulai Tambunsu

Masakan Padang Gulai Tambunsu yang enak, praktis, gampang dibuat, bumbunya mudah didapat. Alternatif menu hidangan lebaran ataupun kala kangen nasi kapau

Read more »

Hidangan Lebaran | Resep Masakan Lebaran

Sajian lengkap menu lebaran yang enak  disertai resepnya : Ketupat dan lontong, opor ayam, rendang daging, dendeng balado, sambal goreng ati, kalio kambing, tumis...

Read more »

Archives