Gambar Bunga | Aneka Jenis Bunga Seri 3

Gambar bunga seri 3 ini menampilkan jenis jenis  bunga berikut : kembang kertas / zinniaportulaca / moss rose, bunga tahi kotok / tagetes, bunga anyelir / carnation / dianthus, kenikir / cosmos,  bunga lilin / lollipop dan  bunga lidah kucing atau bunga pukul  8.

aneka-jenis-bunga

1.  Kembang kertas / Bunga Kertas (Zinnia spp)

Aneka Jenis Kembang Kertas - Zinnia sp

Aneka Jenis Kembang Kertas - Zinnia sp

Sebutan kembang kertas di indonesia bisa mengarah ke 2 jenis bunga yg berbeda yaitu bunga jenis zinnia spp dan bunga bougenvil atau bouganvilea.  Yg fotonya saya tampilkan kali ini adalah kembang kertas zinnia spp yg macam macamnya ada zinnia elegans,  zinnia angustifolia, z innia profusion dan zinnia grandiflora.   Yang membedakan dari jenis jenis zinnia ini adalah ciri ciri khusus mereka dari segi bentuk daun,  susunan  petal yang  dobel ataupun yg single, ukuran bunga, tinggi tanaman ada yg mini ada yg lumayan tinggi.

2. Bunga Anyelir / Carnation / Dianthus, spp

Aneka Macam Bunga Carnation - Dianthus sp - Oeillet

Aneka Macam Bunga Carnation - Dianthus sp - Oeillet

Anyelir atau Carnation punya banyak jenis dengan variasi  susunan bunga dobel atau simpel, bunga tunggal maupun bunga berkelompok, banyak digunakan sebagai bunga potong untuk di vas maupun utk membuat rangkaian bunga  stek werk (bunga papa untuk peresmian gedung,  ucapan selamat pernikahan, dll) .  Carnation merupakan bunga nasional negara spanyol dan juga bunga utk mereka yg lahir di bulan januari.

3.  Bunga Tahi Ayam / Bunga Tahi Kotok (Tagetes, spp)

Jenis Jenis Bunga Tai Kotok - Tahi Ayam - Tagetes spp - Marigold

Jenis Jenis Bunga Tai Kotok - Tahi Ayam - Tagetes spp - Marigold

Jenis Tagetes ada banyak : Tagetes erecta, tagetes lucida, tagetes, tagetes minuta,  tagetes patula yang membedakan masing masing jenis adalah ukuran bunga, ukuran tanaman, jumlah petal, susunan petal yg hanya beberapa lapis atau yg berbentuk bulat penuh.  Kami di perancis menyebutnya oeillet d’inde.  Nama lainnya adalah marigold. Bunga Tai Kotok atau tai ayam ini bisa digunakan sebagai tanaman obat.  Akan saya jelaskan lebih detil di artikel tersendiri.

4. Bunga Lidah Kucing – Bunga pukul 8   (Turnera ulmifolia)

Bunga Lidah Kucing - Bunga Pukul 8 - Turnera ulmifolia

Bunga Lidah Kucing - Bunga Pukul 8 - Turnera ulmifolia

Disebut bunga pukul delapan atau bunga jam 8 karena bunga ini mulai mekar pada jam 8 pagi dan akan menutup kembali kuncup bunganya pada sekitar jam 11 atau 12 siang.

5. Bunga Jam Sembilan / Portulaka  ( Portulaca spp)

Aneka jenis portulaca - moss rose

Aneka jenis portulaca - moss rose

Nama lain  dari bunga portulaka adalah : Bunga pegawai tinggi, kembang tabuh delapan, sutera bombay, apulaka, sesudu, cantik manis. Namanya di negara lain :  Ban zhi lian (China), Portulak (Bld), rose-moss, sun plant (Inggris),  Portulaka (polandia).   Portulaca spp ada 2 jenis : portulaca grandiflora (berdaun runcing) dan portulaca oleracea (berdaun agak bulat diujungnya).  Silakan lihat di foto perbedaan bentuk daun.  Portulaka merupakan tanaman hias yg bisa digunakan sebagai tanaman obat / herbal (medisinal plant).  Kembang portulaka mulai terbuka kuncup bunganya pada jam 9 atau 10 pagi, makanya nama lain bunga ini ada yg menyebut bunga jam 9 ada lagi yg memanggilnya bunga jam 10.

Jadi ada bunga jam 8 (Turnera ulmifolia), bunga jam 9 atau bunga jam 10 (portulaca spp) dan bunga lain yang ada jam  adalah bunga pukul 4 atau disebut juga bunga pagi sore (Mirabilis jalapa).

6.  Kenikir / Cosmos

Jenis Jenis Bunga Kenikir - Cosmos spp

Jenis Jenis Bunga Kenikir - Cosmos spp

Tanaman hias kenikir (Cosmos caudatus)  adalah tanaman hias yg komestibel / dapat dimakan.  Enak dimakan sebagai lalap dengan mendapatkan aromanya yg khas.  Juga sebagai perangsang nafsu makan.

7.  Bunga Lilin – Kembang Lilin (Pachystachys lutea)

Bunga Lilin - Lollipop - Pachystachys lutea

Bunga Lilin - Lollipop - Pachystachys lutea

Bunga Lilin atau kembang lilin atau lolipop adalah tanaman hias lainnya yg dapat digunakan sebagai tanaman obat.  Daun bunga lilin digunakan sebagai obat diare, sedangkan akarnya digunakan untuk obat  cacing.

Silakan intip  juga gambar bunga seri sebelumnya :

Related Posts with Thumbnails

Tags: , , , , , , , , ,

55 Responses to Gambar Bunga | Aneka Jenis Bunga Seri 3

  1. Nin Nugroho on August 31, 2009 at 11:44 pm

    Dengan hormat,

    Say tidak ingin berkomentar, tapi ingin menanyakan cara membiakkan bunga bunga anyelir.
    Terima kasih.

    • reza @mnesiA on October 3, 2010 at 1:45 pm

      saya sangat <3 dengan ilmu pengetahuan alam

  2. Rini on September 8, 2009 at 8:45 am

    niceeeeeeeeeeeeeeeee…………..

    i love it :)

  3. irianto on September 11, 2009 at 4:26 am

    thank’s , banyak informasi tentang bunga

  4. tresi on November 13, 2009 at 6:32 am

    keren…..

  5. Lily on November 22, 2009 at 8:13 am

    hai bu demen bgt dhe liat gmbr2 nya…bunga na cantiq bgt…
    bu tanya dunk klo mo dpt bibit bunga liar kaya tahi kotok, pukul 9, lidah kucing sama kembang kertas yang warna ny banyak dimana ya??
    aq suka bgt sama kembang2 kaya gini…tumbuhnya gamapang..tp uda jarang yang punya hik..hik..padahal klo dipotin cantiq dhe^^ tank’s ya bu..

    • Ibujempol on November 26, 2009 at 12:08 am

      Bu Lily,
      Saya mati gaya deh kalo ditanya beli benih bunga2 itu di mana (di Indonesia), soalnya posisi saya gak di Indonesia.
      Saya punya benihnya, tapi sy baru akan mudik tuk liburan thn depan. Kalo Bu Lily posisnya di Jkt, mungkin bisa ketemuan dan sy beri beberapa benih yg sy punya.

  6. Lily on November 27, 2009 at 6:00 am

    ups..sory ya bu klo jd ngerepotin ^^
    lokasi saya di Jakarta_Utara tepatnya daerah Teluk Gong..
    Ok dhe bu, klo nanti uda liburan di Jkt jgn lupa khabarin ya…
    itupun klo saya ga ngeropotin..hehehe
    Salam Damai slalu ya buat ibu skluarga..^^

    • Ibujempol on November 27, 2009 at 6:26 pm

      Bu Lily sy akan ada di Jkt Juni 2010, nanti saya imel utk ngasih no tel sy di Jkt biar bisa dijemput benih bunga2nya.

      Soal coquelicot, sy rasa bisa tumbuh. Sayang thn ini sy gak stok biji coquelicot. Pernah liat bunga coquelicot di mana ? Atau memang pernah liat fotonya di multiply saya ? Atau liat langsung di Prancis sini ?

      Salam damai jg buat Bu Lily se’keluarga

      • Ghazali on January 2, 2010 at 9:01 pm

        IbuJempol…. salam kenal dari saya
        saya punya halaman dirumah luas banget n saat ini saya lagi suka-sukanya nanem bunga2…
        Pokoknya segala macam jenis bunga dech termasuk tanaman rambat,,,
        kalau ibu punya bibit tanaman hias, saya mau dong, Pastimnya kalau tidak ngerepotin Ibu…
        Saya tinggal di Pasar Minggu Jakarta Selatan,,,,

        TerimaKasih…

  7. Lily on November 27, 2009 at 7:24 am

    oh iya skalian dunk mo tanya klo bunga coquelicot di Jakarta bisa tumbuh ga ya?? cantiq bgt dhe..^^
    Tq ya bu:)

    • bernadetta on December 18, 2010 at 2:50 am

      aku sebagai wanita suka sdengan bunga bunga xcantik yang bisa menghiasi taman gue gt lhooooo.,.,.., aq bs memansdang taman gue yg isinya bunga2 xcantik setiap saat ,.,.,. aq berxcita xcita menjasdi ratu bunga ,. yg mempunyai bunga bunga xcantik ,.,., exch aq ingin xcurhat sama loe , jikA AKU MENJASDI RATU BUNGA KALIAN SEMUA SAYA UNDSANG KE ISTANA KU SDAN KALIN GUE KASIH BUNGA YG KALIAN MAU , SDOA KAN YA SUPAYA AKU BISA MENGGAPAI IMPAAN KU SEBAGAI RATU BUNGA , TERUTAMA AKU INGIN MEMILIKI BUNGA TULIPPPPPP,.,. SETUJUUUUUU ,.,.,.,.,OKOKOKOKOKOKOKOKOKOKOKOKOKOKOKOKIOKOK

  8. syaiful on December 4, 2009 at 12:38 am

    ahli herbal yang terhormat. saya mau menanyakan : 1.apa ciri-ciri tumbuhan sidoguri? kalo bisa ditunjukkan gambarnya.

  9. odie desteria on December 15, 2009 at 8:32 am

    terima kasih, saya jadi bisa berkebun online. (saya suka berkebun bunga tapi saya takut cacing jadi pas sekali buat saya.-)

  10. nur aisyah rahmah putri on January 17, 2010 at 12:01 pm

    keren!!!
    memang ya yg namanya bunga cantik bener!!!!

  11. defi on January 24, 2010 at 10:48 am

    boleh defi minta benih mawar putih??

    • Ibujempol on January 25, 2010 at 9:17 am

      Halo Bu Defi,
      Saya posisinya gak di Indonesia, euy
      Jadi gimana dong, mo ngambil bibit mawar putihnya ke sini (Prancis ?) Kalo iya, silakan, saya bisa prepare, stekan mawar putih yg sudah tumbuh dan berakar.

      • ciptodeddypurnomo on November 16, 2010 at 5:35 am

        bu saya sukabunga -bunga apakah cocok kalau buat hiasan di tamaa sekolah bu tolng bantu saya bu

  12. Karman on March 3, 2010 at 8:15 am

    Bu, dimana saya bisa dapatkan bunga tahi ayam (Tagetes)??? mohon di bantu email ke saya ya bu.trims

  13. anyelir on March 22, 2010 at 6:39 am

    Saya suka dengan gambar-gambar bunganya dan cukup informatif penjelasan bunganya untuk yang awam tentang tanaman bunga. Boleh untuk link di blog saya ya, Bu… Terima kasih

  14. rahman on March 27, 2010 at 1:25 am

    mau nanaya ibu bunga2 ini ada yang mekar waktu hujan gak?

  15. ERLIN on April 16, 2010 at 6:40 am

    slm knl bu jempol, bunganya cantik2 yah bu n byk jg yg nga ad di jkt. sy suka bunga mawar ibu yg tebal berlapis2 bgs bgt. kalo aku ke prancis blh nga yah mampir ketmpt ibu utk lht koleksinya,he..kalo tdk keberatan yah bu..aku dl tnm mawar tp mati trs n bunga disini nga ad yg tebel mawarnya bu.skrg aku tnm anggrek..dijkt ibu tnm mawar n jns2 yg lain jg?

  16. waryuni on May 9, 2010 at 4:22 am

    salam kenal ibu jempol, wah aq sangat tertarik dengan koileksi bunga yang bgs2 bget, sklg lg mksh y atas info y kutunggu info selanjutnya

  17. Mega on May 10, 2010 at 12:25 am

    ibu jempolan banget … ilmu nya . ibu ada di jakarta ya juni ini sy mau dong di bagi info dan bibit bunga jam 9 dan mawar yg kira kira bisa hidup di jakarta …. no hp 0816990646 / mega . makasih banyak bu .sy tunggu kabar bu jempol

  18. ersha on May 18, 2010 at 9:23 am

    bagus banget bunganya

  19. Bunga Anggrek « Michellececilia's Blog on June 12, 2010 at 2:11 pm

    [...] * Stek tangkai bunga ( Arachnis sp) * stek anakan batang ( Dendrobium sp * stek umbi (Bulbophyllum) * stek mata tunas (Phalaenopsis) * stek batang monopodial (Ascocenda sp) * stek batang sympodial (cattleya sp) * stek tunas akar (Doritis sp) [...]

  20. kiki on July 19, 2010 at 11:24 pm

    saya ingin melihat bunga2 yg lain

  21. maya ismail on August 14, 2010 at 12:00 pm

    saya seorang perempuan yang sangat2 menyukai bunga terutama bung rossampai 2 rumah saya yang di bandung penuh dengan bunga tapi sayang saya engga tinggal di bandung saya tinggal di timor tengah ,yang membuat saya tudak pernah lihat bunga2 saya kalu bangun tidur, saking saya penggemar bunga waktu saya nikah minta mas kawin nya taman kecil di penuhi bunga,,,, cuma sekarang saya mau bertanya pada ibu jempolan yang ter hormat … bunga ros jenis apa yang bisa tumbuh di daerah panas,,, dan di mana bisa dapat benihnya terima kasih.

  22. Heni Amuntai smk3 on August 19, 2010 at 4:41 am

    tampilannya menarik,jika bisa diperbanyak koleksi lainnya sehingga menambah wawasan pengetahuan.Sy termasuk pecinta bunga apalagi jk tahu manfaatnya selain utk dekorasi .

  23. reza @mnesiA on October 3, 2010 at 1:47 pm

    saya bisa mengerjakan pr dengan goagle

  24. arif mnmnmn on October 3, 2010 at 1:50 pm

    waw

    • andin on October 10, 2010 at 11:40 am

      salam kenal bu!
      saya tinggal dimakassar,ngilerrrrrr liat bunganya bu, tapi gimana cara mendapatkannya?

  25. reza @mnesiA on October 3, 2010 at 1:52 pm

    paten bah

  26. subhan on October 18, 2010 at 1:59 pm

    Mantap banget

  27. Supriati on October 30, 2010 at 2:48 am

    Bagusnya bungnya….. cantik2 bgt, I like it!!!

  28. erdhy-CB on November 1, 2010 at 11:50 am

    bwagussssssnya tohhhh,jan sok suite………..

  29. astri on November 6, 2010 at 10:22 am

    thx atas infox yach… n bunga2x cantiiiiiiiiiik bngt….

  30. Pri hati on November 11, 2010 at 2:26 am

    Bunga-bunga cantik..
    boleh minta alamat penjual benih bunga-bunga cantik tersebut?
    terimakasih

  31. anna hafidhiyah on November 19, 2010 at 6:54 am

    aslm
    ibu salam kenal…
    saya sangat suka dengan artikel dari ibu
    semua sangat bermanfaat….

  32. aisyah comey on November 25, 2010 at 3:57 am

    i like flower.very2 btful..tq 4 infmtion

  33. bernadetta on December 18, 2010 at 2:38 am

    wahhhhh…. bunga tahi ayam ternyata bgzzzzz yaewww ,…

  34. Lilis on January 11, 2011 at 7:57 am

    Baru dua kali saya ‘berkunjung’ ke ibu Jempol. Ibu jempol amat sih! saya sangat suka bunga2 terutama yang wangi, yang warnanya bagus2 atau bentuknya bagus2. tapi pada dasarnya saya suka tanaman hias. Mau tanya nih: kalau bawa benih berupa biji dari LN boleh ga? dulu saya pernah bawa tanaman hias dari Malaysia, saya buang di bandara karena takut diperiksa.Terimakasih atas info tentang bunga2 nan cantik dan sejempol ibu Jempol.

  35. spansa@ on January 18, 2011 at 12:17 pm

    asl… bu,artikelnya bagus sekali .bu, kasih tau dong cara buat

  36. indra on January 27, 2011 at 5:15 am

    harga-harganya pasti mahal

  37. shasha on February 3, 2011 at 8:33 am

    nice n interesting

  38. nurya on February 18, 2011 at 5:11 am

    hmmmmm
    Ilike it….
    bagus baget yaqin yani mau
    :)
    hehhehee

  39. aas on March 26, 2011 at 7:34 am

    ibu saya sangat menyukai bunga tulip ,saya pengen tau dimana saya bisa memperoleh bibit bunga tulip

  40. devi on April 8, 2011 at 1:48 pm

    terimaaah kasih infonya bu. sangat membantu :)

  41. kusumaning ati on May 20, 2011 at 11:56 pm

    kalau ke jkt bisa titip bibit mawar ya bu, makasih sebelumnya.

  42. hudazi on June 9, 2011 at 9:52 am

    Salam ibu jempol….
    Saya Huda dari Malaysia,…
    Apa khabar?
    Saya berminat dengan bunga2 semusim ibu.
    Boleh tak ibu kirimkan melalui pos benih2 bunga yang cantik2 itu.
    Saya juga ingin tahu cara2 menanam bunga dengan baik.
    Jika ibu ingin hantar,ini alamat saya
    SITI NORULHUDA IBRAHIM,
    SEKOLAH KEBANGSAAN SEBERANG BATU HAMPAR,
    71300 REMBAU,
    NEGERI SEMBILAN

    Saya akan bayar jika perlu dibayar.
    Jika boleh saya mahu bunga zinni spp,bunga dahlia, bunga butang, bunga balung ayam,bunga keembong.
    Sekian dulu.
    wassalam

  43. echa shinee queen on July 14, 2011 at 1:15 pm

    duuuuuuuuuuch,,bgus bgt bunga nx!!jdi pngen plihara,,,,im very like this flowers

  44. yolanda pramitha on July 19, 2011 at 12:28 pm

    i >:)flowerrr…

  45. irma on July 30, 2011 at 7:59 am

    nice :D

  46. siti nur zulaikha binti roslan on August 12, 2011 at 4:32 am

    SAYA SANGAT BERMINAT DGN BUNGA KERTAS

  47. seto on August 23, 2011 at 7:23 pm

    salam kenal
    sy mau tanya , kalo tanaman kenikir bangkok seperti apa? warna bunganya apa? dan nama ilmiahnya sekalian..mohon bantuanya. terimakasih..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Artikel via Email

Isi E-mail, Klik Saya Mau:


Terima Kasih Atas Kunjungan Anda