Cerita Melahirkan Anak Pertama – Nyaris Lahir di Mall

Ibu  hamil anak pertama ?  Takut  karena belum bisa membayangkan proses melahirkan, masih gelap bagaimana tanda-tanda  / ciri melahirkan, bakal melahirkan normal atau cara caesar ?  OK, Ibu Jempol ngasih bocoran waktu melahirkan bayi pertama.    Gaya bahasaku kali ini agak lain, soalnya ini hasil copas dari blog-ku yg lama yg memang tulisannya dengan bahasa santai.   Silakan disimak dengan santai dan moga2 menjadi inspirasi.

Penontonnnnnn,

Sebelum ngobras, baeknya aye kenalin diri dulu deh ye.
Aye, Julia Jempol, sama anak-anak gaul di Cafe Dimsi  dipanggil Bu Jempol.
Jempol itu nama betawinya laki aye  Doi sendiri loh nyang manggil dirinya gitu. Kalo ketemuan sama org endonesa;  doi selalu bilang : kenalkan, nama saya Jempol ( sambil gerak2in jempolnye), aslinya sih  Jean Paul.

Tangisan bayi pertama

Tangisan bayi pertama

Slanjutnya, biar jari aye kagak kriting, aye  singkat aje  jadi BJ.
Alkisah, katanyeeee,  lahiran itu pengalaman yg  gak terlupakan;  BJ mikir2, iya juga ye, makanye   BJ mo  crita pengalaman BJ wkt lahiran.

Kejadiannye 4 thn nyang lalu, tepatnya 5 Jan 2000. (Note 27 Okt 2009 : waktu Ibujempol nulis cerita ini thn 2004, jadi bilangnya 4 thn lalu, kalo skarang sih ini sdh kejadian 9 thn lalu, hampir 10 thn) .    Waktu BJ bangun pagi (sebenernya gak pagi lagi sih, udah siang jam 11.00,  BJ  bangun telat gara2 semalem ngundang tetangga dinner en kita ngobras ampe jam 01.00 subuh).

Tau2nya kok ngerasa basah di cd (oups sorry), masak sih BJ ngompol, udah gede, udah bisa bikin anak kok ngompol ?  Waaaaksssssss, inikah yg namanya  ketuban  pecah ?  Binun2, BJ  langsung  talipun kang Jempol di kantornya.

Doi langsung meluncur ke rumah, sementara BJ langsung menuju ke kompi, nulis imel ke kluarga & teman2 di endonesa.  Isinya BJ masih ingat, begini : “Oiiiii, ketubanku dah pecah, bentar lagi mo ke RS, doain semuanya lancar ye”.

Pasti penonton mikir, kang Jempol nyampe rumah, ngangkut koper trus kite ke RS ?  Nggak lagi, kita mah nyante abizzz, masih masak dulu, masukin dulu barang2 ke koper  (kopernya belom beres krn mikirnya due date toh tgl 15 Jan , masih 10 hari lagi, nyanteee , musuh masih jauhhh).    Trus kita  masih makan dulu dgn gaya Perancis yg santai itu (yg kalo makan nggak pernah kurang dari  45 menit).      Kang Jempol masih sempat nyuci handuk bayi, nyang baru kemaren dibeli,  belon sempat dicuci.   Jam 15 lebih dikit  barulah kami meluncur ke RS.  Di jalan BJ mikir, kok nggak ada sakitnya, kenafa juga prempu2 di pelem endonesa pada jerit jerit, nangis bombay gitu ?   Nyampe di RS, diperiksa, ternyata   …….. belon ada bukaan sodara2!.

Aer yg dah keluar emang aer dari ketuban yg mulai sobek, tapi belon semua aer ketuban .   Terus katanya belon ada kontraksi.  Gini nihh, kalo belon pengalaman, nggak tahu kontraksi tuh kayak apa, apa sama enaknya dgn terasi, kagak ngatriiiiii.    Alhasil, BJ disuruh pulang, kerna jarak rumah BJ ke RS cuman tujuh menitan pake mobil, jadi lebih bagus nunggu aja di rumah.  “Liat aja ntar kalo udah keluar air yg banyakan”,  gitu kata bidannya.

Pas udah nyampe di pekarangan RS en lagi jalan ke parkiran, mulai dah terasa sakit di perut, kayak ditusuk , tapi cuman bentar trus ilang lagi.   Kang Jempol yg nggak mo rugi udah ngambil cuti stengah ari  bilang gini : “Yok, ngapain pulang ke rumah, kita jjs aja ke soping senter”.

Alamakjan, ini bini dah mulai kontraksi kok malah diajak ke soping senter, nggak takut bini  branak di jalan ape ?    BJ dah nolak, tapi doi bilang  jalan jalan kalo lagi kontraksi itu mah bagus, biar cepet.  Duileee, Sok teu bener ni orang, kayak udah pernah lahiran aje.   Walau sakit makin menusuk dan smakin sering,  BJ ngekor aja, gimana dong, dia nyang nyetir.  Mana pas nyampe di soping senter, nggak ada  parkiran nyang deket, ada juga yg di underground en musti jalan 500an meter.

Kang Jempol terus aja ngerayu utk  lanjutkan ke soping senter, karena dia mo nuker selop nyang dia beli buat BJ utk di RS.  Dah tanggung,  katanya.  Kayak sapi dicolok idungnye, BJ pasroh aja ngekor, padahal sakit udah nggak nahanin. Abis kalo mo nungguin sendirian di parkiran, terus kalo tiba2  mo lahiran gimandang ?

BJ  meringis beratzz di depan pramuniaga yg nukerin selop, mangkanye Kang Jempol perlu ngejelasin  ke ntu orang  kalo BJ lagi mules krn kontraksi, drpd si pramu salah sangka.  Pas tau, si pramunya ampe melotot dgn mulut terbuka lebar (untung nggak ade lalat nyasar).  Pasti mikirnya, ni orang kok nekat amiirrrrrrr.

Penontonnnn,
Waktu jalan dari soping senter ke parkiran , BJ udah bener2 letoy geboy, bentar2 brenti kerna sakitnya  udah kagak nahanin.  Walau gitu,  kami  nggak langsung ke RS  tapi balik lagi  ke rumah.  Alasan Kang Jempol, ngikutin kata bidan, ampe ada aer ketuban nyang keluar lagi baru ke RS.

Nyampe di rumah kang Jempol talipun temennya, buat nanyain apa nyang perlu dilakukan dalam kondisi BJ yg sudah mules en suakit banget, tapi aer ketubannya belon keluar2  lagi.   Dasar orang Prancis, kalo bertalipun nggak pernah bentaran, mo urgent, mo nyante, tetep aja ngomong panjang di talipun.  Mana temennya itu lagi punya masalah RT ama lakinye,  jadilah tanya jawab proses lahiran dilanjutkan dengan konsultasi  masalah RT si teman.   Olalaaaaaaaaa, bener2 dah, dicari di sejagat raya nggak ada laki yg nyante abis kayak gini.

Walau aer ketuban belon keluar2 juga, tapi karena frekwensi kontraksi yg sudah sekitar 5 menitan dan  berlangsung smakin  lama, maka BJ melakukan demo terasi agar segera kembali ke RS.   Waktu saat itu menjelang jam 8 malem.   Setelah diperiksan sama bidan ternyata udah bukaan 5 !

BJ buru2 ngingetin bidannya kalo BJ minta diepidural (di Perancis manggilnya peridural).   Nggak lama dokter anestesinya datang, maka berlangsunglah  proses penyuntikan  epidural di tulang belakang BJ.  Nyuntiknya maké jarum yang puanjanggggggg banget, ada 12 senti ngkali .   Kang Jempol nyang meliput proses epidural dari sudut kamar ampir aja pingsan, untung buru2 nyandar ke tembok. Oalaaa, badan sih gede, nyali mah ciuttttt.

15 menitan setelah cairan si epi masuk, oh indahnya dunia…….. segala rasa sakit udah nggak terasa lagi.  Diberkatilah si penemu epidural  yg sangat besar jasanya,  menyelamatkan prempu yg mo lahiran dari rasa sakit  !!!!

Setelah dipasang cairan infus, monitor utk detak jantung bayi & monitor kontraksi maka si bidanpun berlalu.
Selanjutnya BJ ditemanin Kang Jempol di kamar, si bidan dan dokter anestesi  sekali sekali  doang datang ngecek perkembangan.

Terus Dokter obgyn BJ nyangkut di mane?   Ternyata doi lagi nggak ada para penonton!  Doi lagi main ski karena emang lagi jadwal liburan doi.  BJ sih cuek bebek dah, mo obgyn laen yg ntar ngebantuin juga nggak papa, udah nggak ngerasa sakit ini.

Sambil nunggu,  kami ngobras dan dengerin musiknya Vivaldi dari CD player portable yg emang sengaja dibawa untuk bikin rileks.  Perut mulai keroncongan, karena tadi udah nggak mau nyentuh makan malem.  Kang Jempol langsung ngeluarin bekel, ada jeruk en kue2 nyang sempet2nya doi bungkusin utk BJ sebelum kami ke RS.  Baru abis jeruk atu, bidannya ngontrol.  Ternyata nggak boleh makan krn lagi dibius dgn si epi.  Nasib …….

Jam 23.03 bidan ngecek lagi.  Sudah bukaan 10.  BJ di dorong ke ruang bersalin.
Kang Jempol nguntit sambil bawa CD player dan video.  Duile gayanyaaaa, boljug tuh direkrut jadi jurnalist Cafe Dimsi.
Persalinannya   berjalan mulus & lancar diiringi orchestra yg mengalunkan karya Vivaldi, serasa lagi di ruang opera dah.   BJ cuman ngepush  3X  maka keluarlah si bébé , laki2.   Jam di ruangan bersalin berada di angka 23.17.

Segitu cepatnya persalinan sampai dokter jaga yg ada di ruangan lain  pun  nggak sempat terlibat, doi cuman kebagian  waktu proses keluarnya ari2 udah gitu ngejait pintu doang.   Lucunya, pas si bébé  keluar, bidannya nanya ke Kang Jempol, mo motong tali puser kagak.  Nyante aja die jawab: “mau banget, tapi gantian bu bidan yg ngevideoin , yak ?”  Dasar jurnalist musiman, nggak mau pilemnya kepotong huehehehehe.  Alhasil , bu bidan yg motong tali puser, Kang Jempol ngelanjutin peliputan dengan video.

Gitulah penonton, kisah BJ melahirkan anak pertama.  Melahirkan anak ke dua, lain lagi kisahnya.  Mo tahu kisahnya ?  Tunggu dah di edisi mendatang.

Sebelum berpisah,  BJ mo nitip pesan utk Iting  (Ibu2 nyang lagi bunTING*), terutama nyang belon pengalaman : “Saat hari H nyante aja, cing, jangan panik, jangan cemas, nggak perlu njerit kagak usah nangis ;  rileks aja dgn musik klasik en kalo bisa minta di epidural (oups… .BJ nggk dibayar loh ngepromosiin cairan epidural, pengen bagi pengalaman en bantu teman doang).

Toulouse Blagnac, 20 /01/04     (yup ini tulisanku 5 thn yg lalu)

Ket : *(maap penggunaan kata bunting cuman biar singkatannya ngegaul, enak diucap, enak didengar ; kalo dlm hati ,penonton silahkan artikan   hamilton / hamidah / halim perdanakusuma, apa aja terserah dah.   Ocey penonton ?  )


Related Posts with Thumbnails

Tags: , , , ,

31 Responses to Cerita Melahirkan Anak Pertama – Nyaris Lahir di Mall

  1. sherry on November 4, 2009 at 7:52 am

    wkwkwkwk…lagi browsing tentang kehamilan dan epidural nyasar kesini mbak…lucu dan seru banget deh ceritanya…:D
    belum hamil sih lagi mau hamil cuma ga mau cesar lagi untuk kedua kali, kalau bisa normal dan pake epi atau ila..thx ya mbak ceritanya…seru bgt….:

  2. Valerie on March 15, 2010 at 11:57 am

    Thanks, BJ. Saya lagi hamil 5 bulan, semoga saya bisa melahirkan selancar BJ ya. Hehhe.. Ohya, apa BJ tau, epidural sama dengan ILA gak???

    • Ibujempol on March 22, 2010 at 10:40 am

      Bu Valerie,
      Moga kehamilan dan persalinannya lancar. Aaminn.
      Yup epidural dan ILA itu temenan, mirip2. Dua2nya adalah anastesi dengan menyuntikkan cairan di tulang belakang.

  3. citra mariska on March 25, 2010 at 10:55 am

    Ibu Jempol..

    Keren banget deh cara bertutur ceritanya..bikin aye jadi rilex menjalani detik2 kelahiran anak pertama..skarang aye lagi hamil 8 bulan..Doakan ya…smoga lancar2 aja kaya bu Jempol..
    btw…kalo gak di epidural kira2 sakitnya kaya apa????

    • Ibujempol on March 25, 2010 at 6:31 pm

      Bu Citra,
      Moga persalinannya lancar. Baby dan Ibu sehat sejahtera.
      Terus terang saya gak tau rasanya kalo gak pake epidural. Saya melahirkan 4 kali, empat2nya pake epidural.
      Sakit selama persalinan berlainan antara seorg ibu dgn ibu yg lain; bisa juga ibu yg sama tp sakitnya berlainan antara pada kehamilan pertama, kehamilan kedua dstnya.
      Saya 4 kali melahirkan, sakitnya beda2. Yg paling mudah itu persalinan ke empat, persalinan pertama baru persalinan ke tiga.
      Untuk persalinan kedua itu suakit, walau sudah pake epidural tp krn dosis rendah pas kepala susah keluar krn terlalu gede, itu terasa perihhh banget di “pintu”. Itu aja satu2nya rasa sakit yg saya rasakan. Yg lain gak sakit. Moga2 Bu Citra jg gak sakit. Take care, Bu

  4. [...] Melahirkan anak pertama sudah bukan 2 aku masih jalan2 di pusat pertokoan [sudah ke RS, taunya disuruh pulang karena belon ada bukaan.  Aku dan suami gak pulang malah ngelanjutin shopping.  Boleh  baca cerita melahirkan anak pertama [...]

  5. Kadek Moure on May 4, 2010 at 10:45 pm

    Bonjour Ibu Jempol,
    wah baca artikel Ibu saya jadi sedikit rileks, saya sekarang hamil masuk bulan ke 9, kebetulan juga tinggal di Paris, melahirkan nantinya di l’hopital Foch Suresnes.
    Saya baru 7 bulan tinggal di Perancis, bahasa Perancis belum lancar banget, anak pertama juga, agak frustasi karena banyak info, kursus melahirkan, dan konsultasi dokter n sage- femme tidak lancar, pake bahasa Inggris n Perancis.
    Saya takut karena posisi kepala bayi masih di atas, jadi nantinya lahir pantat dulu karena saya ingin lahir normal n tentunya saya pakai peridural nantinya, takut bagaimana kontaksi n proses ngeden n nutup or jahit pintunya…semoga bisa lancar, santai, rileks dan seberani Ibu nantinya. Merci

    Kadek Moure

  6. sayya on May 22, 2010 at 6:03 am

    Alhamdulillah aku jg lancar lahiran anak pertama, pas udah hamil tua sempet deg-deg-an… tp akhirnya aku bwt nyante aja, malahan aku masih sempet kerja, tau2 plg kerja air ketuban dah keluar n kedokter dah bukaan 3, kerumah sakit naik motor dah bukaan 4, trus keluar deh..
    hehe .. jd ikutan cerita.. ga pa2 ya bu.. emang intinya dibuat santai n berdoa aja biar semua lancar dan dipermudah, oia bu ngajak ngomong si jabang bayi jg ikut bisa ngelancarin proses lahiran.. :-)

  7. Bunda aqeela on May 27, 2010 at 7:29 am

    Baca cerita bu jempol kayanya asyik y bwt bumil d perancis, pas bersalin bs pk epidural.
    Saya bidan msh junior sich, tp dr jaman sy kuliah sampe skrg dah kerja 4 tahun,blm pernah nemuin rumah sakit yg nyediain partus normal dg paket epidural.

  8. Roseilia on June 10, 2010 at 5:47 pm

    Wah sayang skali Aye telat bc crita nyang atu ene. Anak Aye ude 1thn 10bln BJ, lhr caesar tp alhamdulilah sehat2 aje. Tp mudah2an berguna buat Anak nyang ke2 nanti ye… sip dah

  9. Aisa on July 17, 2010 at 6:23 am

    wah,oke banget nih tulisan,jadi terhibur banget nih ngebacanya

  10. lia on August 28, 2010 at 6:40 am

    hi bu Jempol…thanks sharingnya yah…skrg saya lg hamil 5 bulan..doanya y semoga sehat n lancar ky bu Jempol….tp ada g ya RS di Solo yg nyediain paket persalinan normal dg paket epidural..?

  11. madebali on September 11, 2010 at 6:25 pm

    Bonjour Ibu Jempol,,comment allez vous??? duuuhh,ceritanya seru deh..sampe terkesima baca ceritanya.hehhehe..Berhubung saya masih pengantin baru n belum hamil,(masih kerja keras nih) cerita ibu jempol bener bener kasih masukan lo,,,hehheh,,at least buat jaga jaga gitu,,maklum laki aye perancis juga… mohon didoakn biar cepet isi yaa…a bientot bu jempol…

  12. irul on September 14, 2010 at 3:17 pm

    thx.. infonye,,, buat bini neh,,, yang sedikit paranoid..
    mudah2,,, bis ngbaca ne… jd PD..
    thx bgt

  13. christine mercy lopez on October 17, 2010 at 6:34 am

    thx infonya

  14. Tira Ahmad on November 11, 2010 at 9:13 am

    Madam Jempol,

    Seru n lucu ya ceritanya,,, so helpfull,,,
    ths ya BJ sidikit banyak cerit BJ udah bantu bikin santai perasaan saya yg sedang tegang akhir” ini karna kepikiran gmana ntar kalo dah waktunya melahirkan, sekarang saya sedang hamil anak pertama dengan usia kandungan sekitar 36 minggu. God bless U

  15. Eva Navisya on November 12, 2010 at 12:25 pm

    Waaah,,, seru bgt bu…buat sy yg lg hamil 7 bulan ketawa ngakak..Ini kehamilan ke-3 sy, tp antara hamil ke-2 jaraknya 7 tahun. So,, dulu 2 anak lahiran normal. Sakit yah emang sakittt..tp waktu itu aku jg dibawa nyantai.
    Kepengennya Insya Allah ank ke-3 juga lahir normal dengan santai tanpa rasa sakit. doain bu. Tob bgt ceritanya. Buat aku yg agak takut lg sekarang jd lebih rileks. tx bu Jempooool…Jempol dah ibu..hehe

  16. Peny Saraswati on November 21, 2010 at 2:36 am

    Biar kata belum hamil (lha wong saya aja belum nikah kok), tapi saya seneng baca tulisan Ibu Jempol tentang proses melahirkan. Kebetulan sudah 3 kali ini menunggui teman dan saudara yang tengah melahirkan. Ada yang lebay, ada yang cool ada juga yang perpaduan dua-duanya. Ternyata seru ya?
    Jadi pengen hamil, hehehehe….

    Btw, menunggui proses melahirkan itu ternyata bawa anugerah tersendiri buat saya, yang tadinya masih enggan merit, sekarang jadi kebelet merit. Karena kepengen banget punya bebi (^__^)v

  17. linda on December 15, 2010 at 2:38 am

    bagus banget ceritanya…
    apa lagi sy skrang lagi hamil 3bln….
    moga aja brsalinnya lancar kaya BJ….

  18. na zaki on February 21, 2011 at 3:54 pm

    saiia u9a 9ii hml nii bu jempol ,,,
    da 7bln anak y9 ke 2
    vie,,,mdh”n 9a n9rasain skit paz lahirn nanti,,,,
    amien,,,

  19. Sisca MIF on April 26, 2011 at 5:39 am

    Saya skrg sdg hamil 3 bulan, senang bgt bs bca cerita dari bu BJ….
    Dgr2 cerita org yg melahirkan sakit bgt…saya jd takut…Mdh2an saya bisa melahirkan nanti dengan lancar ya…
    Prediksi lahirnya awal november…

  20. ocie on May 3, 2011 at 12:55 pm

    mentep ceritanya, infonya jg ngebantu. thank’s jeng JB

  21. ucha on May 24, 2011 at 9:15 am

    sy br aja melahirkan anak pertama normal 2 bln lalu tanpa epidural (wong si epi itu ga ada dikota q)..bu BJ,kek mana pun keras nya kt berusaha santai,,coba aja santai saat bukaan mulai 7 keatas,apa bs? kalo sy ga bs sampai sy sempat minta operasi krn dktr blg lahirnya bakal subuh tp msh jam 9 mlm sktnya udah ky mau lepas aja nih pinggang eh ga taunya lahir jam 9 mlm itu jg hedeew..saran sy buat bumil bakal lahiran ni ye ”kudu siap mental,tal,tal..”banyak jalan,gerak,jgn males,rugi..nah,wkt kontraksi muncul,kudu diajak jalan ya jgn baring dikasur biar cpt bukaan nya,okeh..

  22. wirdha on May 25, 2011 at 8:03 am

    Keren abiiis cerita nya..
    Ak lg hamil ni bu bj.. Udh 7 bulan, bln lalu kata dokter plasenta ku nutupin jln lahir/plasenta previa, kalau ampe 8 bln ttp bgtu mau gag mau operasi caecar. Jujur ak takut buat melahirkan normal, krna suka iseng download” video or foto melahirkan normal, jd merinding n ngeri sndiri.. Tp baru kmren ak priksa ke dokter lg kata dia plasenta ak bergeser dan ada ruang 7 cm buat mlahirkan normal. Tp tetap aja yg ada di fikiranku pengennya ceacar, krna takut sakit takut nyeri takut robek,,
    Parno duluan,,
    Tp syukuuuuuur bgt nemuin crita bu bj ini.. Ak jd smngat pengen lahiran normal :)
    Crita ibu bnr” keren, perjuangan seorang bunda.. Nyantai abiiiis.. Mudahan ak bisa sesantai ibu bj.. Mohon doa ya untuk bisa lahirin normal.. Makasiiiiih bgt mau share pengalaman dasyat melahirkannya.. ^^

  23. uci on June 4, 2011 at 9:36 am

    “duh………….jeng BJ,seneng banget baca ceritannya,,, jadi semangatt dan gak takut lagii.. maklum nih.. anak yg pertama, akhir2 ini stress krn takutt gmn nanti ngerasaain saat melahirkan,.. dah tegang duluan… meski temenku ngasih saran: nguntal telur jawa pasti cpt keluarnnya,,,,tpi msh juga ada rasa takut,.. but, setelah baca cerita dr jeng BJ,, jadi PD malah pingin cpt ngelahirkan… usia kandunganku dah 37 minggu,.. dah gak sabarrr pingin liat wajah buah hatiku.. doakan lancar ya…. thanks utk ceritannya…. benar2 JEMPOLLL……..

  24. I n a on June 6, 2011 at 10:30 am

    Hai Bu Jempol,

    Saat ini saya sdg kontraksi nih…tapi baca pengalaman BJ malah jadi ketawa-ketiwi :D .

    Ya Bu Jempol, ini kali pertama saya inginnn melahirkan normal, yg pertama SC sih krn bayi blm pada posisinya.

  25. malhotra on June 16, 2011 at 6:37 pm

    BJ,makasich.. mudah2an istri sy bisa semudah bujempol dalam melahirkan,krn sy msh bingung bget istri pertama dan ank pertama,mlam ini dah ngeluarin cairan dr magrib dan sy bw ke RS jam 11,tp lom ada bukaan.. jdnya kita disuruh pulang dulu.. dan datang lg besok jam 7:30 pagi.. mudah2an lancar dan selamat ea buk.. doain.. tar ibu2 yang gabung disini juga saya doain biar sama2 mendapat kemudahan.. amien.

  26. titi@laksana on July 20, 2011 at 3:45 am

    ceritanya gokil, keren mash sempet k mall walaupun bebenya udah di ujung tandunk…

  27. Deyuas on July 29, 2011 at 4:15 am

    thanx bgt neeh buat critany,,
    skrg sya lg hml 6bln jd bsa rileks stlh bc crita BJ,,

  28. Ratna on July 29, 2011 at 8:40 am

    Wah, ceritanya seru abis. Saya yg lagi hamil 8 bln, yg tadinya tegang ‘n takut jadi ngerasa PD. Tapi kalo disuntik epi itu ada efek sampingnya gak sih? ‘N sampe skrg saya msh belum ngerti maksudnya bukaan itu apa, maklum baru pertama kali hamil…hihi

  29. yustika on August 24, 2011 at 3:19 am

    hehehe aku udah masuk bulan ke 9 krg lbh 2mnggu lg menghadapi persalinan, hemm dr baca2 pengalaman orang, cerita2, malah jadi semakin yakin n kuat kalo aku hrus bisa lahir normal, gk ada rasa takut msalah sakitnya sich, hanya khawatir kondisi aku n janin aku, makasih yak, jd gk sabar mnunggu waktunya tiba, doakan semoga lancar,, ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Artikel via Email

Isi E-mail, Klik Saya Mau:


Terima Kasih Atas Kunjungan Anda