Bunga Rosella | Teh Rosela : Manfaat dan Budidaya Tanaman Rosella

Giliran tampil kali ini adalah tanaman Rosella / Rosela.  Bunga  rosella kering merupakan teh yg saya minum setiap pagi, sebelum makan yg lain.  Khasiatnya banyak, saya sudah rasakan, makanya berikut saya ingin dongengkan untuk temans semua.

Rosella - Hibiscus Sabdariffa

Rosella - Hibiscus Sabdariffa

Nama Latin: Hibiscus sabdariffa, L atau ada juga yg menuliskan Hibiscus  rosa sabdariffa, L

Nama daerah  / nama lain : Rozel, asam kumbang, roselle, pokok ribena, rosela, red sorrel, Indian sorrel, Florida cranberry

Famili :Malvaceae

Keterangan:

Tanaman rosella termasuk tanaman semusim, tingginya bisa mencapai 3.5 meter.   Mudah dibudidayakan dari biji  atau dari stek batang.  Perlu banyak cahaya matahari dan tanah yg gembur.   Bagusnya diberi pupuk kandang.   Untuk menyemai rosella, bijinya perlu ditanam kira-kira 20cm dari permukaan tanah.    Pada awal pertumbuhan tanaman rosela perlu sering dibersihkan dari gulma / tanaman liar disekitarnya.   Kelopak Bunga rosella sudah bisa dipetik setelah 3  minggu dihitung dari hari pertama bunga mekar.

Bagian rosella yg dikonsumsi  ialah kelopak bunga atau buahnya yang dipanggil kaliks. Kaliks berwarna merah terang dan bersifat mudah patah.   Kaliks ini dikeringkan dan diseduh sebagai teh, digunakan dalam campuran juice, juga dipakai dalam campuran kue sebagai pewarna dan pengharum.   Daun rosela yg asam bisa dipakai sebagai pemberi rasa asam pada makanan seperti pada sup tomyam dan sup ikan.

Cara membuat teh rosella sangat gampang.  Saya menggunakan rosella asal egypt / mesir yg disebut karkade / karkadeh.  Biasanya saya ambil bbrp kuncup, saya bersihkan secara cepat dibawah kucuran air  matang (gunanya untuk membuang debu yg mungkin ada saat bahan rosella dikeringkan dan dipak).  Kemudian saya seduh dengan air panas, biarkan bbrp saat sampai airnya merah lalu diminum.  Saya minum tanpa tambahan apa2.  Bagi yg gak biasanya dengan rasanya, mungkin  untuk menghilangkan bau rebusan campurkan dengan sedikit perahan jeruk  nipis atau titiskan atau beri madu.

Kandunga gizi dari daun dan bunga rosella sbb :

Pada 100 g, buah rosella mengandung
49 calories,
84.5% H2O,
1.9 g protein,
0.1 g fat,
12.3 g karbohidrat,
2.3 g serat,
1.2 g abu,
1.72 mg Ca,
57 mg P,  2.9 mg Fe, 300 mg setara b-carotene, dan 14 mg asam ascorbic.

Dalam tiap 100 g kelopak rosella, mengandung :
44 Kalori, 86.2% H2O, 1.6 g protein,O.l g lemak,
11.1 g karbohidrat, 2.5 g serat, 1.0 g abu,
160 mg Ca, 60 mg P, 3.8 mg Fe, 285 mg setara beta carotene,
0.04 mg thiamine, 0.6 mg riboflavin, 0.5 mg niacin, dan 14 mg asam ascorbic
7.6% moisture,
24.0% protein, 22.3% lemak, 15.3% serat, 23.8% N-free extract,
7.0% abu, 0.3% Ca, 0.6% P, dan 0.4% S.

Pada tiap 100 g daun rosella  mengandung:
43 Kalori,
85.6% H2O,
3.3 g protein,
0.3 g lemak,
9.2 g karbohidrat,
1.6 g serat,
1.6 g abu,
213 mg Ca, 93 mg P, 4.8 mg Fe, 4135 mg setara beta carotene,
0.17 mg thiamine, 0.45 mg riboflavin, 1.2 mg niacin, and 54 mg asam ascorbic.

Kegunaan, manfaat / khasiat Rosela

Rozel / Rosella  mempunyai sifat astrigen dan antiseptik.  Bisa digunakan sebagai obat batuk, diare dan berak berdarah.  Kandungan vitamin C / asam askorbat  yang tinggi  membantu tubuh membangun sistim imunisasi /  sistem pertahanan melawan penyakit.  Makanya saya minum setiap pagi apalagi saat musim winter, sangat membantu stamina tubuh dan menjauhkan diri saya dari flu dan batuk.  Kalo lagi batuk minum rosella, maka lendir akan mudah keluar, jadi gak bikin batuk kering (yg bikin tenggorokan sakit).

Kegunaan lain (biasanya tertulis  dibungkusan kemasan rosella :

- Menurunkan kolesterol dalam darah
- Menurunkan tekanan darah
- Menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes
- Sebagai detoks, menetralkan racun
- Menghambat tumbuhnya kanker
- Menjaga stamina
- Menurunkan tingkat penggumpalan lemak di hati
- Menyeimbangkan berat badan
- Mengurangi panas dalam dan susah buang air besar
- Membantu memulihkan dari ketergantungan obat
- Mengurangi pusing / migraine
- Mengandung multivitamin, termasuk vitamin C dan beta karoten
- Mengobati batuk, diare.

Related Posts with Thumbnails

Tags: , , , , , , , ,

40 Responses to Bunga Rosella | Teh Rosela : Manfaat dan Budidaya Tanaman Rosella

  1. Bunga on April 11, 2010 at 4:05 am

    Senang sekali bisa dapat informasi tentang bunga rosella. Tanaman ini memiliki khasiat yang banyak dan bisa mencegah penyakit.
    Terima kasih atas informasi berharga ini.

  2. Henita Astuti on April 27, 2010 at 4:23 pm

    Hai.. gemamu sangat menyentuh hatiku… Rosellaku.. manfaatmu sangat dibutuhkan kaumku..Manusia, dengan teh herbalmu tlah menyelamatkan keluargaku.. terimakasih,bukan saja aku mengkonsumsi rutin namun bantu membuatmu tumbuh di Kabupatenku tercinta Lampung Barat dimana aku tlah mengenalmu, dan merasakan manfaatmu, aku ikutan memproduksimu bersama teman-teman anggota kelompok wanita tani binaanku..KWT Rosella… produk unggulanmu ada Tek kelopak merah, teh daun serta sirup,dodol dll, bagi kamu yang berminat segera hub aku di 0813 6934 0909 ditunggu…

  3. ERWIN on May 3, 2010 at 12:12 pm

    tolong dong harga sirup bunga rosela ungu dan harga bunga rosela

  4. adjeng nawang g on June 19, 2010 at 3:12 am

    saya siap menyuplai anda ROSELLA MERAH DAN UNGU Kwlitas super harga murah buktikan di kami berminat hub; 087858831027

  5. [...] Manfaat bunga Rosella : [...]

  6. Ece on July 26, 2010 at 5:49 am

    Bu….Makasih buat info ttg manfat bunga ROSELLA.

  7. yones ferdy on August 15, 2010 at 4:09 am

    thanks buat infonya, tapi kalu boleh kasih info dong dimana bisa dapat teh rosella/bibit tanaman rosellanya

  8. Gus Ram on August 17, 2010 at 7:02 pm

    Bu Jempol yg baik, saya mau tanya nih.
    Kalau menurut Ibu rosella bs utk terapi anemia (Hb rendah) tdk? Kan kandungan asam askorbatnya tinggi (di artikel lain bagus utk tingkatkan Hb) sedangkan rosella cenderung menurunkan tekanan darah (ini sdh saya buktikan secara empiris).
    Bgmn menurut Ibu (atau pembaca yg lain)?

    Btw, very nice blog!

  9. tyara on September 4, 2010 at 4:11 pm

    bu, budidaya rosela di lampung barat ini tepatnya ada di desa dan kecamatan apa ya bu ??

  10. agus on October 5, 2010 at 1:07 pm

    terima kasih atas infonya, tapi saya ingin mencoba membudidayakannya. saya harap ibu bisa membantu. terima kasih

  11. ivon karouw on October 9, 2010 at 11:33 am

    Tks berat buat infonya…. :-)

  12. irfan bin ali on October 16, 2010 at 6:55 pm

    I have try to drink this Rosellla n feel freshhhhhh…. thanks 4 the information bye2….

  13. Chistie on November 7, 2010 at 12:16 pm

    Mau tanya apa bedanya rosela merah dengan rosela ungu? Apa khasiatnya rosela ungu?

  14. lina on November 29, 2010 at 10:29 am

    Saya mau nanya dirumah da tanam tapi lebih kok ada tumbuh bunga hanya buah dan daun? so gimana caranya klo rosella saya juga tumbuh bunganya?

  15. enimnet51 on December 14, 2010 at 2:33 pm

    segar dan bermanfaat,,
    jadi tertarik untuk budidaya juga…

  16. Sarah Abdool on January 15, 2011 at 8:30 am

    Thanks untuk info yg sangat berharga ini,..di kawasan rumah saya banyak terdapat tanaman Rosella ini,..kekadang jiran2 saya bagi buah ini kepada saya dan suami saya buat untuk juice. Jiran saya yg berketurunan India (Tamil) selalu memasak daunnya menjadi sayur dan sangat sedap bila di makan bersama ikan masin.
    Tapi sejauh ini saya belum mengetahui khasiat Rosella yg sebenarnya,..only dengar2 yg ianya good for health.

    Thanks so much to Ibujempol bcoz memberi info yg sangat baik ini. Starting from now onward,..could you please share ur info 2me?

  17. yudi on January 31, 2011 at 6:46 am

    saya ingin beli bunga rosella jumlah banyak, ada yg bisa nyuplai? hub yudi 081233005006, 081249913013. thanks

    • sukarwan on March 15, 2011 at 5:46 am

      saya siap menyuplai rosela jumlah banyak

    • teguh rahardja on April 2, 2011 at 2:57 pm

      saya siap jadi suplayer anda silahkan hubungi 085740908896

    • ahmad on May 24, 2011 at 8:31 pm

      oke bos ane jg siap supplay hub 081335929777

  18. Sari on February 28, 2011 at 10:15 am

    aku suka minum teh rosela

  19. www on March 24, 2011 at 2:07 pm

    gimana gan aturan minumnya

  20. sugi on March 25, 2011 at 10:37 am

    Bu saya pengen tanya ne,, apa aja sih dari tumbuhan rosella yang bisa dimanfaatkan selain bunganya????
    misalnya akarnya itu apakah bisa dimanfaatkan?? trus bagian2 lainnya..
    thanks!!!

  21. afa on March 31, 2011 at 2:33 pm

    kuq…. mau ngopy gak bisa ya…
    padahal aku butuh banget artikelnya..
    caranya ngopy artikel gmana ya ?????

  22. Evan on April 3, 2011 at 3:56 pm

    wah makasih banyak ya,infonya berguna banget nih,dari rosela sampe juice buah dan juga sirsak…:)

  23. siti on April 14, 2011 at 3:02 pm

    trims buat rosella trnyata banyak hasiat nya

  24. Raharjo on April 18, 2011 at 2:37 am

    Saya sedang membutuhkan rosella ungu lokal, apakah ada yang menjualnya? saya butuh banyak. Bisa hub saya di 021-37153263
    Terima kasih

  25. agung petani on April 21, 2011 at 8:20 am

    bagus…bagus aku suka itu…… thanks y…!

  26. julia azhar on April 22, 2011 at 4:53 am

    Sy sdh merasakan manfaatnya, klo migrain minum rebusan bunga rosella.

  27. tehmerah on April 23, 2011 at 1:34 am

    Pagi Bpk/Ibu.
    Kami dari UD. Tehmerah menawarkan Rosela Merah Kwalitas Super (br panen) Harga bersaing. hari ini Rp. Rp. 80rb/kg

  28. tehmerah on April 23, 2011 at 1:35 am

    Berminat….!!!
    Silahkan Hub. kami di 085234716980 / 03427728060

  29. saraswati on April 25, 2011 at 7:44 am

    bagian yang digunakan untuk pembuatan karung goni apa sihhhh?

  30. heri on April 28, 2011 at 3:19 pm

    saya dari cibinong,bogor.punya sedikit dikebun tanaman rosella mau diperbanyak belum tahu pemasarannya kemana dan dimana menyalurkannya,saat ini cuma iseng2 ditawarkan ke yang mau aja n banyak yang terbuang sia2..jadi saat ini belum berani memperbanyak,kalo ada info bagus buat usaha bisa dong tukar pengalaman bantu bantu biar punya usaha sampingan tentang rosella…siapa tau bisa dijadiin ladang bisnis…email saya : satria_cisc@yahoo.co.id.tanks sebelumnya.

  31. Sultan Soleh on May 13, 2011 at 7:25 am

    Bu Jempol terima kasih informasi tentang Rosella nya, saya mau tanya saudara saya minum rebusan bunga rosella untuk menurunkan tekanan darah, setelah beberapa kali minum secara rutin, badan terasa enak tapi setelah beberapa hari kemudian (tetap mengkomnsumsi )malah teknan darah naik dan terpaksa ke dokter, menurut bu jempul apa ada yang salah atau ada efek lain, mohon bantuannya, terima kasih

  32. Alen on May 18, 2011 at 12:28 pm

    Thankss atass infonya..infonya sngt mmbantu….

  33. ahmad on May 24, 2011 at 8:37 pm

    yang butuh rosela merah, ungu, serbuk/rajang bisa hubungi 081335929777, thank’s

  34. Salim Aka on May 31, 2011 at 12:03 pm

    Sy menderita tekanan darah tinggi & kolesterol.
    gimana Cara konsumsi Rossella.
    berapa kali minum dalam satu hari…..?
    apa bedanya klu di minum dlm keadaan panas atau dingin..?

  35. Fefri amrianto on June 5, 2011 at 8:03 am

    Bu saya mau coba tanan bunga rosela di medan,gimana car pembibitan yang baik,dan bagaiman pemeliharaan atu perawatan tanaman tersebut?

  36. MARLINE SUMITOMO on June 9, 2011 at 3:53 am

    Segala sesuatu yg berkaitan dg ROSELLA bisa anda dapatan pada kami MARLINE (MARLINE GROSIR) Hp.082131295766. Anda akan mendapatan pelayanan yg profesional.
    Harga murah & kwalitas terjamin. BUKTIKAN!!!

  37. mahindo on August 28, 2011 at 9:12 am

    buat agan agan yang mau jual beli, kerjasama dan mendapat news dan numpang event. Kami mengundang pendaftaran member gratis mahindo (media agrobisnis herbal indonesia).

    Pendaftran gratis member mahindo sekarang : http://agrobisnisherbal.com/register

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Artikel via Email

Isi E-mail, Klik Saya Mau:


Terima Kasih Atas Kunjungan Anda