Bunga Mawar | Taman Mawar | Klasifikasi Jenis Mawar

Taman mawar yang indah diimpikan banyak orang, baik sekedar untuk dikunjungi maupun untuk dimiliki. Sebagai pencinta fanatik bunga mawar, saya cukup dibekali dengan pengetahuan tentang tanaman mawar, yang saya dapatkan melalui koleksi buku tentang mawar, mengunjungi taman mawar, browsing di internet maupun dari pengalaman pribadi menanam lebih dari 60 jenis mawar. Saya juga demen koleksi foto taman mawar maupun jenis jenis mawar. Pengetahuan dan pengalaman saya itu ingin saya bagikan dalam beberapa seri tulisan. Yang pertama yang akan saya bahas adalah klasifikasi jenis mawar.

Jenis Jenis Bunga Mawar

Jenis Jenis Bunga Mawar

Klasifikasi jenis mawar gak ada yang baku. Dari lebih 10 buku dan kamus bunga mawar yang saya miliki, gak ada yang sama dalam mengkelompokkan bunga mawar. Mawar saat ini ada jutaan kultivar dan hybrid, sangat beragam macamnya. Di Wikipediapun kalo kita baca, klasifikasi bunga mawar dari satu bahasa, ke bahasa lainnya sudah berbeda. Saya simpulkan aja klasifikasi mawar berdasar yang sudah saya baca. Yang paling penting, bagaimana dengan mengetahui jenis jenis bunga mawar, kita bisa memilih dan menanam mawar dan membentuk taman mawar yang indah.

Berdasarkan asal, species mawar terbagi atas 5 kelompok : Species mawar asal Eropa, species asal Amerika, species dari Timur Tengah, species mawar asal China dan species asal Jepang.

Climbing Rose Sutter GoldMawar taman, terbagi atas 3 kelompok besar :

* Mawar Liar / Wild roses (Eng) / Rosier sauvages (Fr) : bunganya sederhana cuman beberapa petal, tapi sangat cepat berkembang biak, dan sangat tahan hama penyakit, gak mudah mati. Ros liar ini biasanya digunakan sebagai batang bawah untuk melakukan grafting mawar.

* Mawar kuno / Old garden roses (Eng), rosier anciens (Fr). Di perancis Ros yang masuk ros kuno ini adalah jenis mawar yang sudah ada sebelum zaman mawar hybrid tea diperkenalkan di tahun 1867. Petal bunga mawar ini sudah lebih kompak, umumnya wangi. Salah satu kelemahan mawar kuno adalah bunganya hanya sekali semusim, walaupun saat keluar bunga itu amat sangat banyak bunganya dan bisa berlangsung sampai 2 bulan, tapi setelah itu dia akan istirahat berbunga, atau berbunga tapi jarang, dan akan berbunga kembali di tahun berikutnya.

* Mawar modern / modern garden roses (Eng) / rosiers modernes (Fr).

Masa mawar modern dimulai saat dimunculkannya Kultivar mawar “La France” di tahun 1867. Mawar La France ini hasil hasil karya Jean-Baptiste Guillot , seorang rosieriste (ahli mawar dan pemulia mawar) asal Lyon, France. La France ini merupakan persilangan antara Rose Madame Victor Verdier dan Rose Madame Bravy atau Rose Madame Falcot.

Ciri khas mawar modern : berbunga double / kompak, jumlah petal banyak mencapai 60 petal bahkan lebih, berbunga terus menerus, ada yang wangi ada yang gak.

Mawar Merambat Pierre de Ronsard

Rose Pierre de Ronsard

Mawar modern terbagi lagi menjadi :

* Hybrida Teh / Hybrid Tea (Eng) / Hybrid de Thé (Fr)

Berbunga besar, tangkai tunggal, banyak variasi warna, umumnya digunakan sebagai mawar potong.

* Polyantha

* Floribunda

Polyantha dan Floribunda, adalah mawar dengan bunga berkelompok / group. Digunakan sebagai mawar untuk penutup tanah / ground covered (Eng)/ couvre-sols (Fr), i di taman publik atau park digunakan sebagai sebagai mawar masif.

* Grandiflora

Sesuai namanya adalah mawar berbunga besar. Bedanya dengan Hybrida Teh, Grandiflora bunganya bisa tunggal tapi juga bisa beberapa bunga dalam satu tangkai.

* Mawar mini / Miniature Roses (Eng), Rosier Nains (Fr)

Mawar mini bunganya ukuran kecil, berkelompok, ukuran tanamannya juga kecil. Biasanya digunakan sebagai mawar pot.

* Mawar Merambat atau menjalar / Climbing or Rambling Roses (Eng) / Rosiers Grimpants / Rampants or Rosiers Lierres (Fr)
. Karena mawar ini bisa merambat dan menjalar maka digunakan untuk menghias pagar dan pergola. Bila dibiarkan merambat dipohon beberapa jenis mawar ini bisa mencapai ketinggian 20 m !. Mawar ini bisa digunakan sebagai mawar Rosier tiges atau rosier pleurers

* English Rose / David Austin

Jenis mawar Inggris, banyak jenis, ada yg masuk kategori hybrid tea ada yang grandiflora.

. Mawar ini merupakan hasil pemuliaan David Austin, yang menyilangkan mawar kuno dengan floribunda atau hybrid teh.

* Canadian Hardy Roses

Ini mawar yang diciptakan untuk iklim amerika utara / canada yang dingin dan bersalju, agar bisa beradaptasi di iklim dingin.

* Mawar Lanskap / Landscape Roses

Mawar lanskap diciptakan untuk penggunaan di taman umum / public park. Cirinya hanya memerlukan sedikit perawatan, tahan hama dan penyakit.

Rosier Tiges Pleurers Schuss

Rosier Tiges Pleurers Schuss

Rose New Dawn

Rose New Dawn

Klasifikasi lain adalah berdasar ukuran tanaman, frekwensi berbunga dan ukuran bunga : ada mawar perdu berbunga besar, perdu berbunga besar berbunga kontinyu, mawar merambat berbunga kontinyu, mawar merambat berbunga sekali setahun, mawar penutup tanah berbunga sekali dan penutup tanah berbunga kontinyu, mawar perdu berbunga berkelompok, dll.

Rose Julio Iglesias, dkk - Mawar Batik

Rose Julio Iglesias, dkk - Mawar Batik

[Keterangan foto ki-ka : Rose Julio Iglesias, Rose New Imagine, Rose Yann Arthur Bertrand]Menurut Warna bunga ada berwarna tunggal : mawar bodas (hihihi lagu dangdut sunda euy, maksudnya mawar putih tea hehehe), mawar merah, kuning, pink, orange, krem kecoklatan, mawar hitam dan mawar ungu. Saya sudah mengunjungi banyak taman mawar tapi belum pernah liat mawar biru.

Mawar hitam - Black Baccara

Mawar hitam - Black Baccara

Berbunga campuran warna, ini yang di Indonesia disebut mawar batik. Kultivar mawar batik yang saya tau ada Rose Julio Iglesias dan Rose New Imagine (keduanya warna yang sama tapi Julio Iglesias berbunga tunggal, sedangkan New Imagine berbunga berkelompok). Ada mawar batik lain seperti kultivar Yann-Arthur Bertrand, Meli-Melo, dll.

Mawar juga berbeda beda wanginya : ada yang intens, sangat harum, ada yang samar samar, ada yang gak wangi sama sekali. Jenis parfum yang dihasilkan juga berbeda : ada yang dengan parfum teh, markisa, jeruk, kayu manis, hm apalagi ya at least itu wangi khusus yang sudah pernah saya identifikasi di beberapa mawar.

Mawar Ungu - Rose Violet Parfumé

Mawar Ungu - Rose Violet Parfumé

Apa guna kita mengetahui klasifikasi ini ?
Kita bisa memilih mawar yang sesuai dengan besar halaman yang kita punya, bisa memilih dan memadukan warna dengan kembang yang lain, bisa memilih yg wangi atau gak, yang berbunga sekali tapi buanyakkkkkk banget, atau berbunga kontinyu tapi bunganya gak terlalu rame.

Saya sedang mempersiapkan koleksi foto dan video mawar, akan saya tayangkan di postingan mendatang.    Silakan menyimak Budidaya | Menanam & Merawat Bunga Mawar.

Bila ada pertanyaan silakan, komentar doang juga boleh kok, soalnya kalo gak ada yang komentar ntar aku loyo, udah dongeng banyak ternyata gak ada yang tertarik :P

Lihat juga photo / gambar taman bunga mawar / taman bunga ros .  Tamannya cantik, kalian pasti suka !

Related Posts with Thumbnails

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,

130 Responses to Bunga Mawar | Taman Mawar | Klasifikasi Jenis Mawar

  1. Harry on March 7, 2011 at 1:55 pm

    Indah dan harus sekali bunga mawar.

  2. tri mulyono on March 10, 2011 at 5:14 am

    Saya punya koleksi 18 macam bunga mawar dan ingin menambahkan banyak koleksi lainnya. Dari mana saya bisa mendapatkan bibitnya?

    • Lian on April 26, 2011 at 9:21 am

      Pak Tri, bolehkah saya membeli beberapa koleksi bapak..berapa harganya, tks

  3. Eti siti romlah on March 12, 2011 at 5:11 am

    Bagus baget nich ..
    ibu jempol ciri2 mawar yg merambat itu seperti apa ya ….
    bisa ga kita temuin di indo..

  4. Alif on April 4, 2011 at 12:22 pm

    Makasih infonya tentang bunga wawar,

  5. Yulie lea c" tomato on April 6, 2011 at 2:38 pm

    I like mawar putih……….

  6. anis anugrah on April 9, 2011 at 1:29 pm

    i love mawar

  7. nia's on April 10, 2011 at 1:52 am

    5kasih y infonya tentang bunga mawar

  8. iin on April 10, 2011 at 10:49 am

    gambar mawar hitamnya donk…emang ada ya di dunia nie mawar warna hitam????

  9. titink on April 12, 2011 at 6:34 am

    Bu, saya suka banget mawar tetapi kalau beli bunga sdh mekar semua berikutnya…mati,padahal aku openi lan tak pupuk

  10. alham agny on April 14, 2011 at 9:34 am

    saya punya bunga mawar yg berwarna warni ada merah,hitam ungu, putih,dan agk kepink-pink’ngan tu jenis mawar apa ya,.

  11. agus on April 14, 2011 at 2:36 pm

    saya belajar berkebun dan tertarik dengan bunga mawar infonya sangat berguna terima kasih banyak bu

  12. wardah on April 23, 2011 at 8:51 am

    salam

    saya suka sekali dengan semua jenis tanaman hias..
    saat ini saya sedang ada di Kingdom od Saudi Arabia ( KSA ).Susah banget disini nyari tanah sebagai media .. disini tanahnya seperti debu.. haluuuuus banget berwarna agak coklat gitu… mesti gimana ya ? aku pengen punya banyak tanaman dirumahku… walaupun sringkali keindahannya hilang karena sering terjadi badai debu ..
    tolong ya.. tanaman apa yg cocok disini…

    syukron

  13. kusumaning ati on May 20, 2011 at 11:36 pm

    apa namanya mawar yg merambat bu? Apa bedanya dg mawar yg tdk merambat? Merci.

  14. [...] bertanam mawar. Jenis atau macam mawar yang bagaimana yg cocok untuk taman anda. Silakan dilihat klasifikasi bunga Mawar untuk menentukan jenis mawar mana yg anda butuhkan. Apakah anda mau mawar merambat untuk pergola [...]

  15. Hesti on June 4, 2011 at 4:55 pm

    Subhanallah, ibu dongengnya menarik, kebun mawarnya pasti keren bgt. Dimana saya bisa ikut berkebun, maksudnya mendapatkan bibit2 yg bagus? Please share donk info bibit2 yg yahut. Thanks anyway infonya.

  16. goodwlpaper on July 11, 2011 at 1:40 am

    Terima kasih bu sudah share artikel bunga mawarnya, komplit banget…

  17. caroline.....^_^ on August 7, 2011 at 2:04 pm

    wah…..jeni2 mawarnya indah bgt.

  18. agustine on August 10, 2011 at 8:28 am

    Waahh, aku suka sekali
    Thanks atas info mawarnya. I will tray it

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Artikel via Email

Isi E-mail, Klik Saya Mau:


Terima Kasih Atas Kunjungan Anda