Bunga November yg Sarat Manfaat

Aneka Bunga Krisan / Seruni

Krisan, bunga bulan November, bunga musim gugur. Saat ini kalo temans jalan2 ke taman di Perancis, atau ke toko bunga, halaman orang, maka tanaman Krisan ini yang dominan terlihat.

Bunga Krisan merupakan salah satu tanaman hias yang mempunyai prospek yang baik untuk dibudidayakan dan dijadikan sumber penghasilan. Karena itu Tanaman Krisan atau Seruni yang punya nama latin Chrysanthemum (awas jangan keseleo nulis jadi Chrysanthenum ) ini mendapatkan giliran pertama seri tanaman bunga / tanaman hias yang dibahas di Ibujempol.com. Silakan disimak, yee.

Bunga Krisan masih sodaraan dengan bunga Aster, Daisy, sama sama masuk famili Asteraceae. Keunggulan Krisan terletak pada masa tanamnya yang singkat dan harganya yang stabil, keaneka-ragaman warna dan bentuk bunganya, juga karena sebagai bunga potong, krisan bisa tahan lebih dari 2 minggu di vas. Krisan pot bahkan bisa bertahan sampai hitungan bulan.

Krisan sebenarnya bunga asli dari kawasan Asia Timur, seperti Korea, Jepang dan China Utara tapi saat ini lebih banyak ditanam di negara eropa dan amerika.
Krisan di Perancis disebut Chrysanthème , merupakan bunga yang diasosiasikan dengan duka dan kematian. Krisan putih banyak digunakan untuk pemakaman, dan juga di tanggal 1 November pada saat perayaan La Toussaint (All Saints), Krisan warna warni diserbu untuk menghiasi kuburan. Kalo di Indonesia keknya Krisan dipake untuk bunga di pernikahan juga ya? Di Amrik juga keknya Krisan itu bunga untuk keceriaan.

Kuburan Berbunga Krisan

Kuburan Berbunga Krisan

Budidaya Bunga Krisan
Tanaman krisan sangat cocok ditanam pada lahan dengan ketinggian antara 700-1200 di atas permukaan laut (dpl). Untuk daerah yang curah hujannya tinggi, penanaman harus dilakukan di dalam bangunan rumah plastik, karena krisan gak tahan terpaan air .
Untuk pembungaan bunga ini butuh cahaya yang lebih lama, makanya perlu bantuan cahaya dari lampu TL dan lampu pijar. Penyinaran paling baik di tengah malam antara jam 22.30–01.00 dengan lampu 150 watt untuk areal 9 meter persegi, dan lampu dipasang setinggi 1,5 meter dari permukaan tanah. Periode pemasangan lampu dilakukan sampai fase vegetatif (2-8 minggu) untuk mendorong pembentukan bunga.

Aneka Bunga Krisan

Aneka Bunga Krisan

Suhu udara terbaik untuk daerah tropis seperti Indonesia adalah antara 20-26 derajat selsius. Toleran suhu udara untuk tetap tumbuh adalah 17-30 derajat selsius.
Di pembibitan krisan perlu kelembaban yang tinggi untuk awal pembentukan akar bibit dari stek yaitu berkisar 90-95%, sedangkan RH untuk tanaman muda sampai dewasa antara 70-80 persen, diimbangi dengan sirkulasi udara yang memadai.

Tanaman krisan mulai berbunga pada umur 10–14 minggu setelah tanam, tergantung pada jenis varietasnya. Saat panen yang paling tepat untuk krisan standar adalah ketika bunga telah setengah mekar atau 3-4 hari sebelum mekar penuh. Krisan tipe sprai dapat dipanen bila 75-80% dari seluruh kuntum bunga dalam satu tangkai telah mekar penuh.
Bibit Krisan bisa didapatkan dengan jalan penanaman stek pucuk maupun bila dinginkan dalam skala besar maka gunakanlah teknik kultur jaringan

Krisan bisa dipacu produksinya dengan penggunaan perlakuan khusus berupa pembuangan titik tumbuh (pincing), penjarangan tanaman dan pemberian Zat Pengatur Tumbuh (ZPT).

Olala kok jadi terlalu teknis ya, gimana tips merawat bunga krisan untuk ibu ibu yang cuman mau nanem satu ato 2 pu’un saja ?
Gampang. Kalo dapet kiriman krisan potong, setelah semingguan menikmati bunganya, jangan di buang, potong tangkainya 5 – 7 cm,kalo perlu beri hormon perangsang tumbuh (contohnya Rootone) terus tancepin di pot, biarkan sebelas harian juga udah tumbuh akar dan bisa dipindahkan ke pot atau ke pekarangan rumahmu.
Bisa juga dari benih ./ biji yg dibeli dlm sanchet. Semaikan biji pada media sekam, pasir, tanah berhumus dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1:1. Agar media terbebas dari bakteri pembusuk, kukus media sebelum digunakan. Siramin teratur, ngasih pupuk sbb : pada masa pertumbuhan (hingga dua bulan) beri pupuk lengkap seperti gandasil, hyponex atau complesal dengan kadar nitrogen tinggi. Ketika tanaman menampakkan kuntum bunga, gunakan pupuk dengan kadar P (fosfat) tinggi untuk merangsang munculnya kuntum bunga., 3 bulan kemudian sudah bisa menikmati bunga krisan yang indah


Manfaat Krisan bagi kesehatan.

Krisan jenis Chrysanthemum morifolium or Chrysanthemum indicum, yang warna putih atau kuning bisa dijadikan teh krisan ato Chrysanthemum Tea.
Khasiatnya untuk menyembuhkan influenza, jerawat dan mengobati panas dalam dan sakit tenggorokan. Bole juga untuk obat demam, mata panas dan berair, pusing2 serta untuk membersihkan liver.

Wow kepanjangan nih dongengannya, silakan aja kalo ada pertanyaan atau ulasan tambahan jangan malu ditulis di comment, ocey :P ?

Related Posts with Thumbnails

Tags: , , , , , , , , , ,

74 Responses to Bunga November yg Sarat Manfaat

  1. lupi on October 13, 2011 at 3:54 am

    salam kenal bu.. saya anak kos (eh, ud kerja kok) yg lg demen piara bunga dan kbetulan cinlok ama krisan..
    teknik penyiraman dan pkoknya perawatan gmn sih?? knapa bunga sy layu terus ya bu?? hikss….

  2. yuri on October 16, 2011 at 3:33 am

    Salam kenal bu. Sy yuri berdomisili d pekanbaru. Sy ada niat utk berkebun bunga potong terutama krisan. Dimana sy bisa mendapatkan bibit n tehnik budidayanya. Tq

    • hery budiman on December 10, 2011 at 12:19 pm

      Bisa menghubungi no saya bu di 085 222 234 766..di saya ada bibit bunga krisan dan aster..tq

  3. indah on October 28, 2011 at 10:19 am

    salam bu,,, saya bru 2 hari kmren mmbeli bunga krisan dalam pot,, tapi skr sdh layu,, apa krena suhu udara di sidoarjo yg panas sehingga mnyebabkan layu? saya menyiramnya menggunakan spray saat sore hari,, mohon saran,, krena setiap kali saya selalu gagal merawat bunga krisan saya di pot,,,

    • pya on August 10, 2012 at 5:33 am

      mbak indah, untuk penyiranam setau saya jangan menggunakan spray, karena itu bisa mengenai bunganya,sementara bunga krisan tidak akan tahan lama bila terkena air, jadi nyiramnya pada bagian tanah saja ya…

  4. budi on November 22, 2011 at 1:51 pm

    Trima kasih informasinya
    sangat bermanfaat

  5. sye on November 29, 2011 at 4:48 am

    Saya bekerja di hospitality, saya menggunakan bunga ini setiap hari didalam sebuah vas dan pemakaian kami lumayan banyak, bisa minta tolong bagaimana cara mengetahui bunga kristan yang sudah tidak baik karena kami membelinya hampir setiap hari dan sekalian tips untuk merawat bunga jenis ini mungkin seperti suhu penyimpanannya terima kasih

    • Roekman Prawirasasra on August 23, 2012 at 9:42 am

      Wah banyak sekali input menarik nii, saya tertarik jg karena kebetulan kami tanam krisan di daerah tapos ciawi dgn ketinggian +/- 600 – 700 dpl. Problem nya akhir2 ini kbn kami terkena serangan hama trips yg wujudnya spt kutu ayam, kecil2 jadi bunga pada busuk dan warna tdk cerah. Mhn info apa solusinya tks

  6. charboend cherbond on December 9, 2011 at 3:32 am

    salam kenal, bagaimana cara budidaya krisan yang mudah di daerah banyak panasnya? terimakasih

  7. Vahmi on December 16, 2011 at 11:11 am

    Salam kenal smua!.usaha krisan sangat menarik tapi rumit.dimana saya bisa mendapatkan supplier bunga krisan buat usaha,tks infonya.

  8. sucipto on February 12, 2012 at 2:48 pm

    salam domisili sy d nongkojajar pasuruan sy punya tanaman krisan kapasitas 120.000 kalo ada yg mmbthkan silakan pesan

    • japa nyoman on April 11, 2012 at 1:12 pm

      saya tertarik utk mengembangkan krisan. Kepada yang bisa menyediakan bibit sudi kiranya menghubungi saya di 081999212021.

      • Roekman Prawirasasra on August 23, 2012 at 9:45 am

        Mungkin kami bisa bantu utk kebutuhan bibit nya. Klo serius bisa hub kami di 0811852946 tks
        Rgds

  9. Eko on April 30, 2012 at 2:16 pm

    Malam bu,

    Saya punya 3 kucing dirumah, sebelum pindah ke rumah yang sekarang kutunya tidak pernah menyebar ke ruangan lain, dengan kata lain kutu hanya ada di badan kucing2 saya.

    Saya baca beberapa artikel tentang alternatif penanggulangan kutu secara alami antara lain dengan bunga Chrysanthemum cinerariaefolium & saya bermaksud untuk membeli bunga tersebut.

    Rumah saya di bandung, bisa tolong info dimana saya bisa beli bunga tersebut & bagaimana penggunaan terbaik untuk membasmi kutu yang menyebar di dalam rumah saya. Terima kasih

  10. setia on May 10, 2012 at 3:07 pm

    emm, saya sangat suka bunga jenis aster
    wah g nyangka yaa bunga yg tumbuh d bulan ultah saya ini ternyata bnyak manfaatnya, hee :-)

  11. dodi on June 12, 2012 at 1:33 pm

    saya pengen banget punya bunga krisan, klw beli bibiotnya bisa di dapet dimana ya buq? tks

  12. iramarsanti on June 21, 2012 at 9:17 pm

    Yap.saya suka sekali krisan karena saya pecinta komik :D saya msh ingat bhwa krisan di jepang juga sering dipakai utk acara2 kematian.tapi tyt juga bisa utk simbol keceriaan ya?
    Adakah info tentang seni merangkai bunga krisan?

  13. khajijah on July 10, 2012 at 2:38 pm

    saya sangat suka sama bunga,,, setelah saya lihat bunga krisan. saya sangat tertarik untuk mempunyai kebun bunga krisan,,, kira kira untuk seorang pelajar smk seperti saya beli bibit bunga ini yang murah dan kualitasnya bagus di mna ya? Thanks

  14. hafid darmadji on July 10, 2012 at 2:40 pm

    Sy hafid, punya pembibitan bunga krisan(nursery) apasitas 1jt,jia berkenan silahkan hub di no 081382190672

  15. Safinatun Naja on August 7, 2012 at 4:58 pm

    trimakasih bu atas informasinya, berkat informasi ini saya bisa meyelesaikan tugas biologi saya dengan baik, trimakasih banyak buat informasinya yah buu :D

  16. Renny on August 25, 2012 at 8:47 pm

    bu sya d rumah ada bunga krisan,,sya mau tanya,,pupuk apa yang cocok untuk bunga krisan saya? Biar bunga saya tetap segar dan bertahan lama. Terus kenapa daun bunga saya pada layu ya bu? Please d bls bu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


Jangan Lewatkan

Aneka Resep Sayur Asem Enak

Sayur Asem atau Sayur asam ada macam2, ada sayur asem sunda, sayur asem betawi / sayur asem jakarta, sayur asam sunti, sayur asam kangkung,...

Read more »

Resep Ketupat Lebaran | Membuat Ketupat Enak Dan Legit

Resep ketupat lebaran agar ketupatnya enak, legit, padat, tahan lama. Berikut tips dan trik bikin ketupat dan lontong, cara masak ketupat...

Read more »

Resep Opor Ayam Enak

Resep Opor Ayam Enak sebagai pelengkap hidangan / masakan khas di hari Lebaran

Read more »

Resep Masakan Padang : Gulai Tambunsu

Masakan Padang Gulai Tambunsu yang enak, praktis, gampang dibuat, bumbunya mudah didapat. Alternatif menu hidangan lebaran ataupun kala kangen nasi kapau

Read more »

Hidangan Lebaran | Resep Masakan Lebaran

Sajian lengkap menu lebaran yang enak  disertai resepnya : Ketupat dan lontong, opor ayam, rendang daging, dendeng balado, sambal goreng ati, kalio kambing, tumis...

Read more »

Archives