Bunga Iris | Cara Menanam Iris

Selain bunga mawar, saya juga   tergila gila dengan Bunga Iris.  Ada ribuan varietas bunga iris dengan warna dan bentuk yang berbeda membuat saya jatuh hati.  Ada  warna coklat, orange, biru, ungu, kuning, putih dan campuran warna- warna tersebut.

Foto Jenis Bunga Iris

Foto Jenis Bunga Iris

Bentuk petal bunga iris ada yg bergerigi ada yg polos,  dengan ukuran yg bervariasi juga.  Positif point lainnya :

* Bunganya wangi
* perawatan yang sangat mudah, gak perlu di apa2kan juga tumbuh dan berbunga.
* sangat jarang bahkan gak ada gangguan hama dan penyakit
* berkembang biak dengan cepat
* Sekali beli, tanamannya akan tahan hidup dan berbunga setiap tahun bahkan semakin hari smakin banyak.

Yang membuat Iris menjadi kurang diminati : banyak jenis bunga iris yg hanya berbunga di musim semi dan bertahan selama maksimal 1 bulan.  Untungnya sekarang sudah semakin banyak dibuat hybrid Iris yang bisa berbunga 2 kali dalam setahun (di musim semi dan musim gugur).  Tapi saya rasa bila di tanam di Indonesia Iris akan lebih sering berbunga.  Saya sedang mencoba di rumah saya di Bekasi.  Belum berbunga jadi hasilnya belon bisa saya laporkan :-)

bunga-iris8Cara menanam & merawat Iris

* Pilih tempat yang terkena sinar matahari langsung. Bila Iris berada di daerah yang teduh maka ia hanya tumbuh dan hasilkan banyak daun tapi tidak berbunga.
* Tanam rhizome / akar simpang tidak terlalu dalam, bahkan sebaiknya sebagian rhizome masih terlihat muncul dipermukaan tanah. Terkadang bisa ditanam terlalu dalam Iris jadi mandeg berbunga.
* Pupuk seperlunya, terutama di awal musim semi.  Kalo di Indonesia di menjelang akhir musim hujan.
* Sirami seperlunya, tidak tiap hari juga tak mengapa
* Sebulan – 2 bulan setelah Iris selesai berbunga (jatuhnya di pertengahan bln Juni), potong daun2nya sampai tersisa kurang lebih 5 cm dari rhizome. Tindakan ini untuk membuat Iris menghasilkan rhizome yg lebih besar dan memunculkan tunas2 bakal bunga yang lebih banyak.

bunga-iris6Cara Memperbanyak Iris / Perkembangbiakan Iris.

Iris berkembang biak dengan rhizome / akar rimpang (gampang dilakukan dan cepat), atau melalui biji (lama baru tumbuh dan kadang gagal kalo gak lakukan secara benar).

Pada akhir musim panas, Iris bisa dibongkar, dan dipisahkan rhizomenya dan di tanam kembali.  Tahun depan di musim semi anda akan punya banyak tanaman baru.   Kalo melalui biji, bijinya harus ditarok di botol berisi pasir yg kemudian diletakkan di freezer selama 6 bulan, dikeluarkan dan di tanam dalam pasir sampai tumbuh anakan iris.  Setelah anakan agak besar baru dipindahkan ke halaman.  Cara perkembang biakan dengan biji lebih repot, hanya dilakukan utk iris yg disilangkan utk membuat varietas baru.

Note :  Tulisan ini garis besarnya sdh saya ceritakan hampir 2 thn lalu dio blog saya yg di blogspot, tapi waktu itu iris koleksi saya masih yang biasa2 saja.  Sekarang ini koleksi Iris saya sudah lebih membanggakan seperti foto2 berikut ini.  Silakan menikmati Foto Iris karya Ibujempol :-)

bunga-iris4

bunga-iris2

bunga-iris3

Related Posts with Thumbnails

Tags: , , , ,

24 Responses to Bunga Iris | Cara Menanam Iris

  1. [...] Tanaman hias anggrek Ibujempol juga sudah membahas tanaman hias lainnya seperti bunga mawar , bunga Iris,  bunga krisan, dll [...]

  2. Mel on July 15, 2009 at 4:05 pm

    di mana ya bisa beli bibit atau bunga Iris di Indonesia?

    • Fahmi on June 16, 2010 at 7:43 am

      Di daerah puncak, sepanjang jalan menuju cibodas, suka ada dijual di pinggir jalan. tapi saya cuma liat ada satu jenis yang berwarna ungu kebiruan

  3. Ibujempol on August 28, 2009 at 3:43 pm

    @ Ibu Mel : Maaf sekali saya gak tau kalo di Indonesia belinya di mana, karena saya gak berada di indonesia.
    Sewaktu saya mudik tahun lalu, saya melihat bbrp jenis iris tapi bukan dgn bunga besar spt yg di foto saya ini melainkan iris bunga kecil yg di sini (perancis) saya banyak liat di hutan alias Iris liar; Maaf gak membantu

  4. nia on November 25, 2009 at 6:01 am

    sy sdh byk mmbc artikel ibu tentang tanaman hias,,,mawar dll
    apakah ibu bs mmbr sy saran bagaimana menanam lily longiflorum(lili putih) dan mungkin ada referensi buku dari ibu.
    trims

    • Ibujempol on November 26, 2009 at 12:12 am

      Bu Nia,
      Lilium longiflorum atau Easter Lily sy punya di pekarangan. Moga2 week end ini sy bisa ada wkt utk menulis bagaimana sy menanam dan memelihara bunga ini. Tunggu aja ya, Bu ?

  5. CD cara budidaya tanaman hias on January 6, 2010 at 7:38 am

    salam..
    saat ini saya menjual CD cara budidaya tanaman hias yang benar hanya dengan harga 50 ribu/CD (blm ongkos kirim). jika ada yang berminat silahkan hub.saya di 081-911857815 atau email rozi679@gmail.com. tersedia juga CD Agrokomplek lainnya di bid. PETERNAKAN, PERTANIAN,PERKEBUNAN, dan PERIKANAN. tinggal pilih yang sesuai dengan keinginan teman teman. download katalog CDnya di http://tinyurl.com/cdbudidaya2

    terima kasih

    • Ghazali on January 7, 2010 at 3:09 pm

      Mas Rozi…

      jual bibit tanaman hias juga ga???
      kalau boleh tau lokasi tempat tinggal dimana

      Ghazali
      Psr Minggu Jaksel

  6. xihazari on January 31, 2010 at 4:59 pm

    Salam

    Saya ingin tahu bagaimana utk mendapatkan bunga iris utk tanaman komersial. sila hubungi sy talian di malaysia. TQ

  7. meila on June 12, 2010 at 11:15 am

    maf saya mau bertanya iris itu apa ya…dan dalam kehidupan kita sehari-hari tipe iris seperti apa, apa mungkin mirip tanaman hias seperti anggrek dkk…saya mohon bantuannya dan untuk klasifikasinya seperti apa

    terima kasih
    meila

  8. Fahmi on June 14, 2010 at 7:55 am

    Hallo

    Bunga Irisnya bagus-bagus. Saya juga sangat tertarik dengan tanaman ini. Tapi di Indonesia sini sangat jarang.

    Saat ini saya cuma punya satu jenis Iris yang berbunga besar berwarna ungu kebiruan (kemungkinan Iris ensata).

    Kalau yang berbunga kecil saat ini saya punya candy lily (Iris Norissii synonim Pardancanda Norissii).

    Kalau Iris reticulata kira-kira bisa nggak ya hidup di indonesia ?

  9. Personal Blog on August 4, 2010 at 7:01 am

    Bagus bgt tanamannya..ini tempat yg pas buat saya berkunjung ke web ini krn saya lg belajar menanam tanaman hisa..thanks ya Bu…

  10. Mawar Hitam on October 5, 2010 at 4:52 pm

    Blog walking selamat malam, bunga mawar memang indah. Saya suka bunga mawar :D

  11. rudi on February 25, 2011 at 3:15 am

    kami dari PT. Condido Agro Pasuruan
    kami memproduksi bermacam-macam bunga hias dgn mengunakan kultur jaringan diantaranya : anthurium daun n bunga,caspea,baby breath,bromelia,calanchoe,cymbidium,gerbera,leather leaf,nilam,monstera,anggrek tanah,sanseivera apabila ada yang berminat bisa mengubungi kami di :08125299036/0343 499555 ato fax :0343 499333 ato kirim ke email :rustylove2008@yahoo.co.id

    terima kasih

    rudi

  12. sigit on April 11, 2011 at 3:36 am

    terimakasih sekali atas artikelnya ibu jempol,
    berkat artikel ibu saya sangat terbantu dalam penyelesaian pekerjaan.
    sekali lagi terimakasih.

  13. melanie on August 8, 2011 at 8:58 am

    bu jempol ..sya hanya punya yg jenis berbunga
    kuning dan putih biru . Di jakarta banyak Apakah ada warna lain yg bisa saya dapatkan dan jg mebeli bibitnya dimana?. Tq bu.

  14. rudy on September 2, 2011 at 4:22 am

    bu jempol mau nanya, apa tau tempat jual bibit bunga yg berupa biji? thanks ya

  15. ratna adijanti on October 7, 2011 at 5:22 am

    Dear Ibu Jempol

    saya tertarik pada bunga iris. saya ingin memiliki & menanam bunga tersebut, tapi saya tidak tahu dimana membelinya. apa saya bisa membeli pada ibu? terima kasih atas perhatian ibu.

  16. sulis on October 24, 2011 at 7:23 am

    saya sedang mencari tanaman hias kembang sepatu bangkok, dengan bunga diameter besar. apa ada info dimana mendapatkannya? Terims>sulis

  17. NABIL on October 26, 2011 at 10:43 am

    kalau di malaysia,jarang tengok orang jual bunga iris ni.saye ingat iris tak boleh hidup di malaysia.di rumah saya ada bunga hydrangea,kekwa.rose dan lain lain tetapi saya paling sayang bunga daisy

  18. wir on November 12, 2011 at 1:43 pm

    saya mau tanya di mana ada di jual umbi untuk bunga lili?,saya mau tanam untuk persiapan resepsi pernikahan,,,onegaishimasu,. tlong dibantu ya

  19. fajar on February 10, 2012 at 8:27 pm

    Sangat menarik artikelnya.
    Oh y saya salah satu penggemar tanaman, saya mohon bantuan informasinya dong, dimana tempat memperoleh bibit bunga dalam bentuk biji seperti bunga mawar, anggrek, adenium, anthorium, dan krisan… Tolong y kalo ada yg tau informasinya…

  20. Maya on March 3, 2012 at 1:13 pm

    Berapa hari Bunga iris akan tumbuh? Saya mulai menanam bibit Bunga iris seminggu yang lalu Dan tumbuh tunas kecil. Tapi saya ragu itu adalah Bunga iris yg saya tanam. Apalagi daunnya tidak memanjang.

  21. Siti Aisyah Mohd Taupik on August 1, 2012 at 8:09 am

    Saya sangat berminat dengan penanaman bunga iris ini, sgt cantik. mcm mana sy nak dapatkan benih/ pokok ini di Malaysia??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


Jangan Lewatkan

Aneka Resep Sayur Asem Enak

Sayur Asem atau Sayur asam ada macam2, ada sayur asem sunda, sayur asem betawi / sayur asem jakarta, sayur asam sunti, sayur asam kangkung,...

Read more »

Resep Ketupat Lebaran | Membuat Ketupat Enak Dan Legit

Resep ketupat lebaran agar ketupatnya enak, legit, padat, tahan lama. Berikut tips dan trik bikin ketupat dan lontong, cara masak ketupat...

Read more »

Resep Opor Ayam Enak

Resep Opor Ayam Enak sebagai pelengkap hidangan / masakan khas di hari Lebaran

Read more »

Resep Masakan Padang : Gulai Tambunsu

Masakan Padang Gulai Tambunsu yang enak, praktis, gampang dibuat, bumbunya mudah didapat. Alternatif menu hidangan lebaran ataupun kala kangen nasi kapau

Read more »

Hidangan Lebaran | Resep Masakan Lebaran

Sajian lengkap menu lebaran yang enak  disertai resepnya : Ketupat dan lontong, opor ayam, rendang daging, dendeng balado, sambal goreng ati, kalio kambing, tumis...

Read more »

Archives