Bunga Anggrek | Klasifikasi dan Budidaya Anggrek

Photo Anggrek Cattleya

Photo Anggrek Cattleya

Bunga Anggrek - tanaman anggrek / orchid / bunga orkid bahasanku ini  meliputi jenis jenis klasifikasi anggrek, budidaya anggrek (menanam dan merawat anggrek), disertai dengan beberapa gambar / photo bunga anggrek baik itu anggrek Dendrobium, Anggrek Bulan / Phalaenopsis, anggrek Vanda, Oncidium, Cymbidium, Cattleya,  dll

Klasifikasi Anggrek, Jenis-Jenis Bunga Anggrek

Kita bisa mengklasifikasikan anggrek berdasar beberapa kriteria berbeda sbb :
1. Berdasar tempat tumbuh terbagi menjadi :

* Anggrek Epifit, hidup menumpang pada batang / cabang tanaman lain.  contoh : Phalaenopsis sp (anggrek bulan), Dendrobium sp dan Cattleya sp
* Anggrek Terestial atau anggrek tanah – tumbuh di tanah, contoh : Renanthera,Aerides,Rynchostylis, Vanda sp dan Arachnis Sp (Anggrek Kalajengking / Ketonggeng atau anggrek laba laba)
* Anggrek Litofit – tumbuh di batu2an, contoh : Cytopdium, Paphiopedilum
* Anggrek Saprofit – tumbuh di humus atau kompos, contoh : Calanthe, Goodyera sp.

Photo Anggrek Renanthera-monochica

Photo Anggrek Renanthera-monochica

2. Bila dilihat dari tempat keluarnya bunga :
* Anggrek krante - tangkai bunga muncul dari ujung batang, contoh : Arundia, Epidendrum
* Anggrek pleurante  – tangkai bunga muncul dari samping batang, contoh : Arachnis, Vanda, Dendrobium

3. Berdasar pertumbuhan batang, anggrek dibagi :
* Monopodial – batang tumbuh terus ke atas dan tidak terbatas, contoh ; Arachnis,Renanthera, Vanda, Rynchostylis, Aerides
* Simpodial – pertubuhan ujung batang terbatas pada ukuran tertentu, contoh : Cattleya, Oncidium, Cymbidium, Dendrobium

Photo Anggrek Kalajengking - arachnis-sp

Photo Anggrek Kalajengking - arachnis-sp

4. Berdasar ketinggian tempat dpl untuk tumbuh secara optimal.
* Anggrek yg tumbuh optimal di dataran rendah (0 – 500 m dpl), contoh :D endrobium, Vanda, Arachnis
* Anggrek yg menyukai ketinggian 500 – 700m dpl , contoh : Phalaenopsis, Oncidium, Dendrobium
* Anggrek yg hidup optimal di ketinggian > 700m Dpl, contoh : Paphiopedilum, Cymbidium, Cattleya, Phaleonopsis.

Anggrek Hitam - Black Orchid

Anggrek Hitam - Black Orchid

Anggrek Vanda terbagi lagi berdasar jenis daunnya menjadi 3 jenis, yaitu berdaun pensil, daun 1/2 ênsil dan berdaun Sabuk.
Anggrek Dendrobium bisa dibedakan lagi berdasar bentuk bunga dan tipe pertumbuhan.
Anggrek Phalaenopsis (anggrek bulan) dibedakan berdasar bentuk bunga, ada tipe stauroglotis (bunga tipe bintang) dan tipe amabilis (bunga bulat)
Anggrek Paphiopedilum terbagi 2 berdasar warna daun : berdaun hijau (contoh  Paphiopedilum glacophyllum, Paphiopedilum fairianum dan berdaun burik / loreng (contoh : Paphiopedilum barbadum dan Paphiopedilum tonsum)

Budidaya Anggrek – Tips Menanam dan Merawat Tanaman Anggrek

Photo Anggrek Vanda

Photo Anggrek Vanda

1.  Bila Anda seorang pemula, sebaiknya pilih anggrek dewasa yg sudah atau siap berbunga, agar mengurangi resiko gagal

2.  Pilih jenis anggrek yg hidupnya optimal sesuai daerah tempat tinggal anda (lihat klasifikasi no.4).  Ini agar pertumbuhannya optimal, walaupun anda bisa juga mencoba anggrek jenis yg lain.

3.  Perhatikan intensitas cahaya yang disukai oleh masing2 jenis anggrek sbb :

* Phalaenopsis : 10 – 30 %
* Cattleya : 20 – 30 %
* Oncidium : 55 – 65 %
* Dendrobium : 55 – 65 %
* Arachnis : 100 %
* Vanda teret : 100 %

4.  Perhatikan suhu malam dan suhu siang yang disukai masing2 anggrek sbb :
* Cattleya 13-16°C (suhu malam) dan 20-24°C (suhu siang)
* Dendrobium 15-16°C dan 26-27°C (suhu siang)
* Oncidium 15-18°C (suhu malam) dan  27°C (suhu siang)
* Paphiopedilum 16-19°C (suhu malam) dan 27°C (suhu siang)
* Phalaenopsis 19°C (suhu malam) dan  27°C (suhu siang)
* Vanda 21°C (suhu malam) dan 28°C (suhu siang)

Photo Anggrek Bulan - Phalaenopsis

Photo Anggrek Bulan - Phalaenopsis

5.  Media tanam.  Gunakan salah satu atau gabungan media tanam ini :  kulit pohon pinus, pakis, moss, sabut kelapa, arang kayu, pecahan batu bata atau genteng, potongan steroform, kompos / humus.   Sesuaikan dengan jenis anggrek.

6.  Penyiraman.  Frekwensi penyiraman tergantung umur tanaman.  Anggrek muda disiram 2x perhari  yaitu yaitu pagi hari ( 06.00 – 08.00 ) dan
sore hari ( 16.00 – 18.00 ).  Anggrek dewasa cukup sekali sehari, sebaiknya pada pagi hari.  Lihat / amati medianya kalo masih basah / lembab gak perlu disiram, krn kalo kebanyakan air akan menyebabkan busuk akar.  Penyiraman terbaik dgn cara spray, ditujukan ke media, batang dan daun.  Hindari menyiram bunga karena akan menyebabkan cepat rontok.  Gunakan air pam, kalo air hujan harus diendapkan dulu semalam.  Saya juga biasanya menyiram dengan air bekas cucian beras dan bekas cucian ikan maupun daging
Perhatian : kalo daun terlihat layu atau kuning, kemungkinan karena terlalu banyak disiram.

7.  Pemupukan.  Diberikan sesuai umur tanaman, hindari pupuk kena langsung ke akar krn bisa mematikan akar muda.  Sebaiknya dilakukan pagi hari (( 06.00 – 07.00 ) atau sore hari ( 16.00 – 18.00 ).  Bila menggunakan pupuk berbentuk cair, semprotkan ke daun, batang lalu ke akar.

Anggrek Dendrobium Spectabile

Anggrek Dendrobium Spectabile

Jenis pupuk untuk anggrek muda, pilih yang banyak mengandung unsur N untuk merangsang pertumbuhan vegetatif.  Contohnya :  Dekastar 22- 8 -4 , Vitabloom  30-10-10 atau Gandasil D 20-15-15
Jenis pupuk untuk anggrek dewasa, untuk merangsang pembungaan, contohnya : Hyponex (biru) : 10 -40 – 15, Gandasil B 6 – 20 – 30 atau Growmore (orange) 6 – 30 – 30

8.  Perbanyakan / pengembangbiakan anggrek bisa dengan cara konvensional / klasik, boleh juga dengan cara in vitro / kultur jaringan.  Cara In-Vitro / kultur jaringan perlu biaya dan pengetahuan khusus.  Cara konvensional  dapat dipilih bbrp cara sesuai jenis anggrek sbb :

Anggrek Oncidium Hybrid

Anggrek Oncidium Hybrid

* Stek tangkai bunga ( Arachnis sp)
* stek anakan batang ( Dendrobium sp
* stek umbi (Bulbophyllum)
* stek mata tunas (Phalaenopsis)
* stek batang monopodial (Ascocenda sp)
* stek batang sympodial (cattleya sp)
* stek tunas akar (Doritis sp)

Tertarik dengan budidaya tanaman hias ?  Selain Tanaman hias anggrek Ibujempol juga sudah membahas tanaman hias lainnya seperti bunga mawar , bunga Irisbunga krisan, dll

Related Posts with Thumbnails

Tags: , , , , ,

48 Responses to Bunga Anggrek | Klasifikasi dan Budidaya Anggrek

  1. mamah on July 5, 2009 at 12:28 pm

    anggreknya cantik2 bu kpn ya bungaku bs kayak gitu

    • heny on June 15, 2010 at 8:08 am

      bu anggrek hitamnya bagus bgtttt, dimn sy bisa dpt kan/beli anggreknya??

  2. dilla on July 23, 2009 at 1:15 pm

    bu jempol…
    bunga Anggrek Catleyanya suka dijual gak? aku mau beli dong….
    tlp aku aja di 0852 852 825 22

    thanks ya Bu..

    regads,

    dilla

  3. Ibujempol on July 23, 2009 at 11:26 pm

    @ Mamah : trims ya. Rajin dirawat, beri makan minum dan ajak ngobrol ntar bakalan bagus deh bunga2nya mamah.

    @ Dilla : Sayanggg saya ini cuman hobby aja, gak jualan kembang, palagi posisi saya di France gak bisa deh delivery bunga ke tempatmu. Maaf ya. Oh ya, latar belakang ilmu sih ada krn dulu belajarnya yg begituan deh kembang dan pu’un2an, cuman sampai saat ini gak dikomersilkan. Mungkin suatu wkt kali ya ?

  4. jul on August 2, 2009 at 8:10 am

    ibu jempol saya mau tanya,,,saya lagi belajar merawat anggrek dari mulai bibitan botolan..nah suhu udara di tempat saya lumayan tinggi kebetulan jenis anggrek yang di budidayakan adalah phaleonopsis,,saya minta saran supaya tempat saya suhu udaranya lebih lembab bagus nya ditanam tanaman apa? atau harus di apakan? terimakasih

    • Ibujempol on August 12, 2009 at 12:30 am

      Halo Bu Jul,
      Untuk menambah kelembaban, intensitas cahayanya agak dikurangi jadi pake naungan trus sering2 semprot air ke udara sekitar.

      • wa muhara on July 28, 2010 at 3:58 am

        cantiknya juga dank bunga, imueeet sperti orangx

  5. s3roja on October 16, 2009 at 7:38 am

    waa….pengen deh!hayooo semangat merawat bunga!!!makasih bu jempol…

  6. lily on October 17, 2009 at 4:01 pm

    wah kapan ya saya bisa ke france,rasanya kepengin sekali,doakan ya bu.kalau saya kesana akan nengok ibu,pengin lihat koleksi tanaman ibu,dan terima kasih atas resep2 kuenya dan foto2 bunganya buagus sekali.

  7. retno on January 11, 2010 at 8:45 am

    Bu Jempol yg jempolan rawat angggrek,
    mohon saran utk jadwal pemupukan (jenis, frekwensi), penyemprotan hama (jenis, frekwensi), penggantian media (frekwensi). anggrek dendro ku males bgt berbunganya. piye carane Bu ? tips nya sangat kutunggu yah Bu, maturnuwun – retno

  8. Orchid Flower on January 20, 2010 at 12:35 am

    Wah bunga anggrek milik ibu jempol indah-indah semuanya..
    Pasti semangaadd sekali merawatnya ya bu.. :)

  9. niken on February 2, 2010 at 10:56 am

    Buk gimana caranya agar bunga anggreknya cepat berbunga..???
    kasi pupuk apa??
    dan gimana cara untuk menghindari hama…??

  10. mesdali on February 23, 2010 at 1:29 pm

    sy tertarik utk budidaya jenis2 anggrek, bgm utk mendptkannya anakan
    dlm jlh byk, sy ada d kalimantan selatan,mhn dpt dibantu, trima kasih

    • Ibujempol on February 24, 2010 at 3:50 pm

      Maaf Mesdali, saya gak tau dimana bisa dapatkan anakan anggrek, saya gak tinggal di indonesia

  11. Hasanah, S.Pd on March 2, 2010 at 5:14 am

    bu jempol yang baik,anggreknya bagus banget, gimana dong trik2 perawatan anggrek terutama anggrek vanda

    • Ibujempol on March 7, 2010 at 7:12 pm

      Bu Hasanah,
      Tips merawat anggrek sudah saya tulis, itu aja dipraktekkan

  12. ika on April 1, 2010 at 4:36 am

    bunga anggrek 2 bgus bgtttttt

    • inaf on April 4, 2010 at 2:58 pm

      bagus besok isikan nya pengaruh cahanya terhadap tanaman anggrek

  13. Anna on April 17, 2010 at 3:04 am

    bu aku punya beberapa jenis anggrek,an lain vanda, donrobium,gatleya,dll.aku mau tanyakan apakah anggrek vanda itu bisakah disimpan pada wadah berupa pot,soalnya anggrek vandaku udah 2 pohon yang mati,aku tidak tau apa penyebabnya daunnya langsung layu kekuning-kuningan terus mati deh.

  14. Soeto on April 23, 2010 at 6:31 pm

    Ibu Jempol,
    Saya pemula dalam menggemari anggrek dan beberapa koleksi anggrek saya sudah berbunga.. setelah baca dan praktekan artikel n kolom tanya jawab ibu..
    thanks dan salam.

  15. akbar on July 10, 2010 at 6:11 am

    wah..jd tertarik buat melihara anggrek.

  16. wiwid on July 27, 2010 at 3:20 pm

    Wah salut untuk ibu…,saya rasanya kepingin nyoba budidaya anggrek,keliatannya susah ga ya bu?

  17. andy satya utama on August 2, 2010 at 8:16 am

    ass. ibu saya mau nanya ciri-ciri varietas tanaman anggrek yang berakar, berdaun, berbatang, dan berbunga apa saja ya bu ? ? ?

  18. samarorchid on August 26, 2010 at 7:01 am

    Bu tanya kalo Black Orchid yang di tanyang diatas ini nama anggrek apa dan dari species apa
    Tks
    samar

  19. kris on October 8, 2010 at 4:34 am

    bu….mo nanya klo nyari bibit anggrek cattelya dmn y??

  20. niwa hafrina on October 15, 2010 at 7:13 am

    ibuuu saya salah satu pencinta anggrek…
    anggrek ibu catik2 sekali,,,
    geram liat anggrek nya bu…
    :) )

  21. yogi on October 19, 2010 at 3:26 pm

    buk perna coba ngk pake air kelapa media nya’…
    saya seorang mahasiswa pertanian’
    skripsi saya judulnya’ pengaru air kelapa tu benih angrek ….

  22. citra on November 29, 2010 at 3:33 pm

    anggreknya bagus-bagus, ingin punya kebun anggrek. untuk daerah bogor cocoknya jenis anggrek apa ya bu? makasih

  23. agus maulana on November 29, 2010 at 4:06 pm

    saya cari nama bunga anggrek yang huruf depannya x???

    tolong saya..

  24. erna on November 30, 2010 at 5:31 am

    Bunga Aggrek memang memiliki daya tarik tersendiri untuk dibudidayakan.
    anggrek memiliki bunga yang indah, maka tak heran bunga ini memiliki nilai jual yang tinggi dan banyak diminati oleh pecinta tanaman hias.
    terima kasih untuk artikel tentang bunga anggreknya…

  25. Revien on December 7, 2010 at 3:28 am

    anggrek jenis paleonpsis

  26. doni on December 13, 2010 at 1:06 pm

    anggrek jenis apa, ku lupa…ada orng mati minta itu tuk dikuburannya ketika nnti dia telah tiada…

  27. liel lia on December 28, 2010 at 2:43 pm

    klo liat koleksi ibu jadi pingin ikutan punya anggrek. aku mo coba ya bu..kira2untk pemula enaknya jenis apa ya

  28. Batik on January 15, 2011 at 5:59 am

    Angreknya bagus2 bu, tip perawatanya ad ngk?….

  29. yetti on March 1, 2011 at 10:48 am

    ibu saya mau tanya>bagai mana cara mngembang biakan bunga anggrek

  30. julita on March 3, 2011 at 9:22 am

    ibu, saya mencoba utk bertanam anggrek dirumah, saya coba beli yang sudah dewasa dan berbunga..tapi kog malah semakin lama layu dan batang nya mengkerut.. kenapa ya ? help me… tolong dong bu… tks ya.

  31. emawati on March 4, 2011 at 9:26 am

    salam kenal,
    Saya ingin menambah koleksi anggrek bulan saya, apakah saya bisa mendapatkannya dari ibu? Saya tinggal di lampung yg suhunya lumayan panas. Anggrek bulan jenis apa yg cocok untuk daerah saya? Mohon penjelasannya. Terimakasih

  32. deti on March 5, 2011 at 6:57 pm

    lutcu bgt foto2 nya, sy masi pemula koleksi anggrek tp unk jns oncidium ko ga berbunga ya, pdhl tumbuh anakannya, cara ny gmn ya.. Makasiii..

  33. titiek on April 1, 2011 at 6:29 am

    bu boleh kah bunga anggek di tanam seperti bumga lain tidak di gantung n medianya boleh pake sekam

  34. sukma on April 6, 2011 at 1:32 pm

    Ibu berapa kalau mau beli anggreknya??? mohon di cantumkan semua daftar anggreknya dan harganya. dan apa sudah masuk biaya pengiriman????

  35. kamto on April 14, 2011 at 9:20 am

    wah menarik sekali, mohon cantumkan daftar anggrek , biaya dan bagaimana bila mau membeli, terima kasih

  36. sarry on April 25, 2011 at 8:38 am

    ibu jempol, seringj2lah menulis artikel tentg anggrek agar kami para pemula dpt terus belajar. tx

  37. alnovera on May 25, 2011 at 9:51 pm

    ibu jempol,bagus-bagus banget bunganya.saya juga baru punya hobi melihara bunga anggrek…jadi semangat nih sdh baca artikel ibu….makasih ya bu…..

  38. wayan bagiada on July 21, 2011 at 2:40 pm

    artikel ibu bagus banget dan saya sangat suka sekali sama anggrek dendrodium.tolong dikasia tau tempat membeli bibit anggrek dendrodium.saya tinggal di Bali.trimakasih atas informasinya.

  39. yulita on July 24, 2011 at 2:36 pm

    bu…saya juga penggema anggrek salam kenal bu..

  40. EKO on August 4, 2011 at 4:48 pm

    jempol tok artikel ini, jadi tambah ilmu, bu, tolong beritahu kalau bdasarkan speciesnya anggrek itu ada berapa jenis sih?

  41. Facebook.Com/Kunartojuwana on August 7, 2011 at 8:40 am

    Saya,punya anggrek bulan kata pemiliknya sih warna putih dari kalimantan,bg yang mau nuker anggreknya monggo di facebook saya”kunartojuwana”domisili juwana jateng

  42. triasih on August 24, 2011 at 5:41 am

    Slamat siang ibu, saya mau tanya, saya ingin buka budidaya anggrek, gimana caranya, bisakah ibu membeikan daftar nama-nama jenis anggrek, dari yang kecil hinga yang sudah berbunga, berapa harga beli dan berapa harga jualnya, trmk’s, saya lokasi di pontianak kalbar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Artikel via Email

Isi E-mail, Klik Saya Mau:


Terima Kasih Atas Kunjungan Anda