Buah Langka Indonesia : NamNam / Namu Namu

Berawal dari banyaknya pertanyaan ketika foto buah Nam-Nam di tayangkan di Facebook dan bbrp group maka saya tergerak untuk menulis lebih lengkap tentang buah ini.

Buah Namu namu, sawo pancukan, kopi anjingNama umum : Nam Nam = Namnam
Nama Latin : Cynometra cauliflora
Nama lain : namu-namu (Maluku dan Manado.), namo-namo (Ternate), namet (Halmahera.), namute, lamute, lamuta, klamute (beberapa bahasa di Maluku tengah),   puki anjing (Malaysia.), pukih (Sunda.), kopi anjing (Sundad., Jawa.), puci anggi (Bima), puti anjeng (Makassar)
Nama latin  Cynometra cauliflora ini karena bunga dan buah melekat di batang pohon (cauliflory)
Termasuk dalam family kacang2an /Leguminosae  / Fabaceae

Di Ambon disebut namu-namu karena bentuk buahnya yang mirip kue namu2 (namu2 adalah sebuatan utk kue pastel di Ambon)

Pohon Namnam berupa perdu atau pohon kecil, tinggi antara 3-15 m. Batang berbonggol-bonggol, dengan kulit batang yang halus berbintil, kecoklatan atau abu-abu. Bertajuk agak rapat, dengan ranting yang berkelak-kelok zigzag.

Daun majemuk dengan sepasang anak daun, bertangkai 2-8 mm. Anak daun lonjong sampai bundar telur miring tidak simetris, 5,5-16,5 x 1,5-5,5 cm, hampir tak bertangkai, seperti jangat, menggantung, hijau tua berkilap. Daun muda berwarna putih atau merah jambu terang, menggantung lemas serupa saputangan.

Karangan bunga berupa tandan kecil dengan deretan daun pelindung, 4-5 tandan berjejal pada tonjolan-tonjolan yang muncul di batang, hingga dekat ke tanah. Bunga kecil-kecil; kelopaknya berwarna merah jambu pucat atau putih, berbagi dalam menjadi 4, panjang taju kelopak 2-4 mm; mahkota bentuk lanset, putih, 5 helai, panjang 3-4 mm. Benang sari lepas-lepas, 8-10 helai; tangkai putik lk. 5-6 mm.

Buah polong berdaging tebal, berbentuk ginjal keriput berujung meruncing, 3-9 x 2-6 x 1-4 cm, bergantungan di batang, coklat bersisik ketika muda dan kehijauan atau kekuningan apabila masak, masam sampai masam manis. Berbiji sebutir, berbentuk ginjal pipih, 3-6 x 2-4 cm.  Buahnya  yang masak bisa dimakan langsung (mentah), sebagai bahan rujak, bisa juga dimakan hanya dengan kecap dan gerusan cabe, bisa dibuat manisan, asinan, sebagai bahan campuran sambal atau bisa juga dimasak dan tambahkan gula menjadi bubur namnam (compote)
Kayunya biasanya digunakan sebagai bahan pembuatan gasing.

Related Posts with Thumbnails

Tags: , , , ,

46 Responses to Buah Langka Indonesia : NamNam / Namu Namu

  1. ded on August 29, 2010 at 3:31 am

    Terima kasih ya Bu, bisa dapat info tentang buah langka ……..

  2. Muhd Razip bin Ismail on August 30, 2010 at 8:31 am

    buah sirsak/sirsat di malaysia di panggil buah durian belanda.

  3. askep on August 30, 2010 at 4:54 pm

    layak untuk di coba nih, tapi di daerah saya belum ada yang jualan nih

    berbagi info askep

  4. novi on September 1, 2010 at 5:28 am

    dimana sy bisa mendapatkan bibit pohon ini bu?, jika ada mohon info ke saya. thanks

    • rere on October 12, 2010 at 8:19 am

      di tempat saya,pohon nam naman masih ada
      jika mau menanam bagus,
      berarti mau melestarikan,juga..

      • ito on January 6, 2011 at 3:22 am

        ibu tinggal dmn? dmn saya bisa dapatkan bibit kopi anjing? saya tertarik sekali dengan kopi anjing..saya sekarang mengoleksi tanaman indonesia yang sudah langka. tks atas bantuannya

      • ito on January 7, 2011 at 4:06 am

        dmn saya bisa dapatkan bibit kopi anjing? kebetulan saya sedang mengoleksi tanaman langka..tks

      • endang saptorini on March 10, 2011 at 9:47 am

        wah nam nam , boleh gk pohon nya di beli, dimana saya bisa mendapatkan nya..

  5. Hari Mulya on September 5, 2010 at 3:55 am

    iya, di daerah saya namanya kopi anjing.. waktu keciL suka bgt ma buah yg satu ini.. rasanya asem2 gmn gt.. duLu dkebun beLakang rmh ada bberapa pohonya, skrg tgL dikit…

  6. esta on September 5, 2010 at 6:07 am

    klo buah namnam d kediaman saya banyak tumbuh,, tp belum ada niat di budidayakan,, klo di buat tambulampot kira2 bisa ga ya??

  7. toko online on September 7, 2010 at 10:12 am

    Betul banget bu didaerah saya di Jawa namanya kopi anjing, saya juga pernah memakannya. Tapi sayang sekarang sudah jarang saya menemukan buah itu. makasih infonya jadi inget pada kampung halaman.

  8. Mood on September 11, 2010 at 6:34 am

    Info yang menarik dan berguna sekali nih.
    Thanks infonya.
    Met lebaran Bu, mohon maaf lahir batin ya.
    Salam saya.. .

  9. titink on September 21, 2010 at 7:05 am

    Mbak waktu aku kecil suka makan buah ini,kalau dikampungku namnaman tau sekarang masih ada nggak ya …kangen buanget

  10. Parfum on September 30, 2010 at 10:31 am

    Rasanya seperti apa buah ini kalau langsung dimakan?

    Salam,
    Parfum

  11. sudarto on October 8, 2010 at 11:00 am

    mohon informasi dimanakah kami dapat membeli bibit buah nam nam ? dan buah langka lainnya.

  12. Triyanto Raharjo on October 11, 2010 at 2:43 am

    mohon info alamat untuk dapat membeli buah “kopi anjing”trims

  13. Rere on October 12, 2010 at 8:25 am

    bagi yang mau melestarikan,.pohon
    Nam naman.di tempat saya kebetulan masih banyak.

    • endang saptorini on March 10, 2011 at 9:51 am

      bagaimana cara mendapatkan pohon ini,kangen makan buahnya,apa ada yang jual buahnya…..

  14. grammar on October 16, 2010 at 7:04 am

    artikel yang sangat menarik gan
    grammar

  15. renra on October 21, 2010 at 7:23 am

    makasih bu…………

  16. semendo on October 30, 2010 at 3:54 am

    belum pernah lihat bu…., tampaknya benar2 langka itu buah

  17. devina on October 30, 2010 at 8:33 am

    mksh atas info2 yg ibu berikan,ini sangat berguna untuk saya

  18. naely ubaidy on October 31, 2010 at 8:46 pm

    Saya sewaktu kecil pernah menjumpai buah ini. Kalau di daerah saya, namanya Kapu anjing. Tidak tahu kenapa kok namanya seperti itu. Rasanya masam2 manis,kalau sudah masak, dagignya agak empuk…Sekarang saya tidak menjumpainya lagi.

  19. Mercurer on November 1, 2010 at 3:06 pm

    Baru tahu nih ada buah kaya gini. Thanks ya infonya…

  20. Musnaim on November 12, 2010 at 3:57 pm

    Mohon MAAF saya numpang nimbrung Ibu, Informasinya sangat bermanfaat banget

  21. John Murdock on December 3, 2010 at 7:19 am

    buah nam-nam, apa ada khasiatnya? untuk kesehatan misalnya,,, thx b4

  22. tips diet on December 14, 2010 at 3:19 am

    oh, ini yg namanya kopi anjing ya?
    saya belum pernah lihat, pa lagi nyobain
    bisa ditemukan di daerah mana ya bu kalau di Jawa??

  23. Jack on December 14, 2010 at 7:21 pm

    kalo yg ini (Namnam) ditempatku namanya Kapuanjing.

  24. hawa herbal soap on December 16, 2010 at 5:07 am

    buahnya enak tuh kalo udah berganti warna kekuningan…..rasanya enak…manis-manis asem…..tapi sekarang udah jarang pohonnya….

  25. belly surya candra orsa on December 17, 2010 at 2:12 am

    baru tau ada buah kayak gni..
    nice inpo ya bu jempol

  26. echo on December 26, 2010 at 12:01 pm

    jempol buat bu jempol. Gambar2nya top habis. Pengen banget bisa bikin website gini.
    Buat pecinta alam, ayo kita minta pemerintah memberi satu pulau khusus untuk kebebasan binatang liar dan tanaman langka. Biar tidak punah dimakan zaman.

  27. job on December 28, 2010 at 12:09 pm

    Wah belum pernah liat buah itu sebelumnya…

  28. rubiyanto19 on December 29, 2010 at 5:38 pm

    buah yang bener-bener langka, saya aja baru tahu kali ini ….

  29. andinoeg on January 4, 2011 at 11:40 pm

    baru tahu saya buah itu, enak gak ya??

  30. memet on January 7, 2011 at 6:20 pm

    Ditempatku sih ada, tapi jarang,,,,,,rasanya enak kalau dah berubah warna menjadi kuning,,,,,,,Salam kenal ya Bu,,,,

  31. Muadz on January 9, 2011 at 11:46 am

    ih….aq mau dunk skalian nmbah pngetahuan aq tntang tumbuhan lngka sperti nih knpa iia di Sluruh Indonesia Dan Malaysia bda-bda ntar aq bca deh di bku tntang tumbuhan lngka di Dunia

  32. anto on January 18, 2011 at 9:38 pm

    saya menjual pohon nam nam

    • Nur khasanah on February 10, 2011 at 4:50 am

      pak/mas Anto….saya tertarik dengan usaha anda..
      disini saya bermaksud untuk mengadakan penelitian lebih lanjut tentang buah nan nam….

      jika anda berkenan,,bisakah kami menghubungi anda?

    • prabowo on March 30, 2011 at 8:30 am

      mas anto berapa harga bibit namnam dan anda tinggal di mana

  33. karen on February 4, 2011 at 8:42 am

    bu mau nanya harga pohon buah namnam berapa ya? makasih :)

  34. ch4ntique on February 10, 2011 at 4:03 am

    Igh Buah nam2. Jadi kangen pengen mkan lagi. Waktu kecil suka mkn biah ini minta atau kadang nyolong coz dipasaran susah carinya. Di komplek tempat aq tinggal yg punya pohon ini cmn 1 orang (orang manado).. btw, di jakarta juga aq taunya Nam2…

    Klo mo beli dmn ya

  35. Etty Nurhayati on March 28, 2011 at 7:52 am

    Ibu Jempol Yth. saya punya pohon nam nam/kopi anjing yang usianya lebih dari 15 tahun, tingginya sekitar 3M dan lingkaran batangnya lebih kurang 10 Cm, tapi sampai sekarang belum pernah berbuah. Bagaimana cara pemeliharaannya agar cepat berbuah, dan apa tanda-tandanya kalau pohon tersebut akan berbuah? Mohon penjelasan Ibu jempol. Terima kasih.

  36. luki on April 4, 2011 at 6:11 pm

    Salam kenal bu …saya temen baru di multiply …saya tunggu tulisan yg baru :)

  37. Arnaz on June 21, 2011 at 3:41 am

    saya mesih ada pohoon nam-nam di belakang rumah. kemarin berbuah 3 biji. sekarang buah tersebut sedang saya semai. saya juga masih punya 3 pohon yang sudah hidup didalam pot. salam kenal semuanya

  38. Andhika on August 11, 2011 at 1:42 am

    Baru beberapa hari lalu saya makan buah nam-nam ini… rasanya masam segar, apa karena belum betul2 masak ya ?

  39. ananda cahaya on August 18, 2011 at 7:36 am

    Biibit pohon Nam-nam seharga Rp. 80.000,- dapat dipesan melalui sales@lembahpinus.comatau melalui SMS ke 0818 0637 0391

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Artikel via Email

Isi E-mail, Klik Saya Mau:


Terima Kasih Atas Kunjungan Anda