Buah Kaki Yang Genit

Buah Kaki Buah Tangan
Siapa baik hati punya banyak teman …

Iya gak sih?
Ya iyalah, masak ya iya dong
Duren aja dibelah masa dibedong
Ronaldo aja maen bola, masa main bodong

Hahaha huhuhu bantuin ketawa dong walo pantun akyu mungkin garing. Namanya juga usahe kekekek. Udahan aja ah pantunan dan bahasa gaulan, sekarang mo lanjut dongengin Buah Kaki.

Photo  Persimmon / Kaki

Photo Kesemek / Kaki

Buah yang aneh. Nama lengkapnya dalam bahasa Latin Diospyros kaki. Dari situlah muncul panggilan Buah Kaki atau Kaki Fruit / Kakifrucht, jadi bukan Buah Khakhi atau Khaki dan juga bukan Kakhi. Di negara kita tercinta buah ini bersolek genit pake bedak putih, dipanggil kesemek. Di Malaysia buahnya mungkin suka main ke semak2 makanya dipanggil Kesemak atau buah Samak atau Pisang Kaki. Di negaranya Obama vs Mc Cain Kaki menjelma menjadi Om Simmon yang pake per (Persimmon). Kalo nyebrang ke Israel atau ke Swedia Kaki menjadi wanita seksi Sharon Stone, disana Kaki disebut Sharon Fruit.

List panggilan buah ini al : kaki, persimmon, Chinese persimmon, Japanese persimmon, plaqueminier, raquemine, kaki-meca, Kakifrucht, kesemek, buah kaki, buah samak, tonloëp, phlap chin, thi hông, hông thi, oriental persimmon, sharon fruit.. Diospyros kaki adalah Japanesse Persimmon. Jenis Diospyros yg lain ada Diospyros Virginiana (American Persimmon – asli USA bagian selatan) Diospyros dygina ( Black Persimmon asli Mexico), Diospyros discolor (Velvet Apel atau Mambolo yg asli Filipin).

Kaki ini dari segi rasa ada 2 jenis : astringent (sepat) dan non astringent (gak sepat atau sepatnya minim banget). Rasa sepat itu berasal dari Zat Tannin yg ada di dalam buah. Kesemek genit yg berbedak putih di Indonesia adalah yg jenis sepat. Bedak putih itu adalah bekas kapur yang menempel karena sigenit ini tanpa bedak gak akan laku krn sepat. Untuk menghilangkan sepat diperlukan perlakuan pasca panen berupa perendaman dengan air kapur selama minimal 24 jam. Ada sih kesemek yg non astringent di Indonesia yaitu Kesemek Junggo dari Batu Malang. Sayangnya kesemek Junggo gak akan kita temuin di pasaran Indonesia karena produksinya lebih banyak diekspor ke negara tetangga. Kalo di Jepang yg sepat itu yg jenis Hachiya, buahnya agak lonjong menyerupai hati, sedangkan jenis Fuyu gak sepat, bentuknya bulat.

Di negara 4 musim, Pohon Kesemek dapat di panen buahnya saat musim gugur dan menjelang musim dingin. Dari pengamatanku di Perancis, ada 2 jenis Kaki berdasar waktu panen : jenis “hâtive” dan “Tardive“. Jenis “hâtive” ini sdh bisa matang buahnya dibulan Oktober saat daunnya masih hijau, masih menggantung di pohon (liat foto bawah kanan, buahnya sdh orange (tanda matang) dengan daun hijau masih nempel). Jenis “Tardive” dipanen bulan November Desember saat daunnya udah gugur semua, tinggal buah aja di pu’un (lihat photo atas).

Persimmon atau Buah Kesemak ini bisa dimakan segar, sebagai buah kering maupun setelah diolah sebagai selai, atau kue. Aku sih selalu makan segar aja. Buah Kaki di Prancis umumnya yang rasanya manis, pernah aku makan yang rasanya manis dan kenyal2 seperti makan kelapa muda sampai2 langsung punya ide bikin KakiTart rasa Klappertart hahaha :-)

Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Kesemek
Buah kesemek segar mengandung 19,6% karbohidrat, terutama fruktosa dan glukosa, 0,7% protein, vitamin A dan kalium. Setiap 100 g kesemek mengandung energi 88 kal, karbohidrat 15 g, kalsium 6 mg, fosfor 26 mg, retinol 813 mcg, dan asam askorbat 20 mg. Bandingakn dengan jeruk yang hanya zat aktif retinol 57 mcg/100 g-nya. Kesemek kaya akan serat, kandungannya dua kali lebih banyak dari apel, karena itu cocok dikonsumsi bagi yang menjalani program penurunan berat badan. Asyik juga dipakai untuk mencegah konstipasi (tapi jangan kebanyakan yak, ntar malah diare hihihih). Khasiat lainnya sebagai antioksidan, mencegah prematur aging dan menjaga tekanan darah agar tidak melewati ambang batas. Asyik kan ibu2, makan kesemek bisa langsing dan awet muda !

Related Posts with Thumbnails

Tags: , , , , ,

40 Responses to Buah Kaki Yang Genit

  1. Buah Fig / Buah Tin / Buah Ara | IBUJEMPOL . com on November 5, 2008 at 11:44 am

    [...] Buah Kaki Yang Genit [...]

  2. audy on November 6, 2008 at 6:43 am

    lucu yaah namanya…..btw, ternyata bedaknya tu sisa2 kapur yaaah…baru tau niii….hihihi….

  3. Rora on November 6, 2008 at 10:20 am

    Aku jadi mikir2…Pernah makan ini buah ga yah…Hmm…Pernah liat sih tapi kalo pernah makan kayaknya belom deh…Apa udah yah waktu kecil…Gatau deh ah hihi…

    Makin pengen ke rumah Bu Jempol buat ikutan berkebun hehehe…

  4. Yunita_NL on November 6, 2008 at 10:29 am

    wadoh, bulan kemaren, makan buah ini yg muateeng di Portugal…enak sekali nih buah…aku langsung sukaaaa……yg sudah mateng muanis gitu…jalan2..kelaperan beli buah…makan satu aja udah kenjaaang..akhirnya beli buanyaaak buat di makan di bungalow.

    Tapi sayang, di tempatku pas beli di supermarket, ngga sematang yg di portugaal, jadi rasanya juga udah laen….

  5. jeanette on November 6, 2008 at 1:46 pm

    wah..ternyata khasiatnya banyak juga yaa….sering ditambahkan sebagai anggota Rujak sama tukang Rujak langganan …mulai esok mintanya agak banyak he..he…

  6. Mirna on November 6, 2008 at 1:51 pm

    Senangnya baca cerita Ibu Jempol soal tanaman. Ilmiah, tp bukan dalam bahasa yang rumit. Kaya’ mendongeng.

    Aku pernah makan buah ini. Unik rasanya.

  7. Wulan on November 12, 2008 at 4:13 am

    Aku pernah nih dapet buah ginian yang versi Jepangnya, seingetku sih rasanya mang rada sepet, jadi pas makan sambil mengeryitkan muka dan menyipitkan mata…. jadi hasilnya jadi sama genitnya sama buahnya…

  8. Nitta on November 13, 2008 at 3:46 pm

    ini buah kesukaanku… tukang rujak depan kantor suka ngasi ini buat kita bawa naik…. enak… manis…. baru tau kalo itu ternyata tadinya sepet…. kirain kalo agak sepet tuh karena blm mateng, ternyata karena kurang ya kapurnya…..

    Aku suka baca blog ini…. Beneran blog nya ibu2… ngademin…..

  9. silly on November 15, 2008 at 5:59 pm

    Wah, saya seringnya baca blog suka skip-skip karena pengen banyak dapat info dalam waktu yg singkat. Tapi artikel ini sukses bikin saya baca kata demi kata secara lengkap sampai abis. Heran, hehehe…

    Makasih banyak untuk info soal buah kaki atau kesemek ini. Dulu saya suka mengabaikan buah genit ini, yang doyan dandan alias bedakan melulu, hehehe. Dijepang buah ini juga termasuk mahal, namanya saya lupa (nanti tanya mama lagi deh) tapi buahnya manis banget, jadi saya pikir pasti gak bagus untuk diet, krn kadar gulanya pasti banyak, gak tahunya lebih bagus dari Apple toh ya?… (ahhh, besok saya pindah kelain hati kalo gitu :P )

    btw, salam kenal ya bu… nice blog… hebat, isinya menarik banget.

    kapan2 mampir yahhh… C U.

  10. rivermaya on November 18, 2008 at 1:53 pm

    kalo kecut aku ga mau :(

  11. Dadap on November 25, 2008 at 10:17 am

    Wow, jadi tambah wawasan nih. Aku aja yang kuliah pertanian malah ngga’ pernah tau kalo kesemek itu ternyata cuma salah satu varietas. Tadinya dikira buah khas Indonesia …

  12. Warung Tips on November 29, 2008 at 5:44 pm

    Ibu Jempol,

    Buah Kesemek di Shanghai tidak keras seperti yang di Indonesia, dan tidak ada bekas kapurnya.
    Lunak dan manis, nyam…….

  13. Buah Gandaria on December 15, 2008 at 2:14 am

    [...] makan Buah Kaki dan ketemu yg ukuran kecil dan mirip banget sama buah Gandaria, jadilah pengen banget makan buah [...]

  14. [...] makan Buah Kaki dan ketemu yg ukuran kecil dan mirip banget sama buah Gandaria, jadilah pengen banget makan buah [...]

  15. indra on March 3, 2009 at 9:49 am

    aduh sekarang ini saya lagi butuh banget buah kesemek. mungkin ada yang bisa bantu info dimana saya bisa dapat buah ini di jakarta. thks

  16. indra on March 3, 2009 at 9:50 am

    aduh sekarang ini saya lagi butuh banget buah kesemek. (ada yg Ngidam) mungkin ada yang bisa bantu info dimana saya bisa dapat buah ini di jakarta. thks 081311633027

  17. indra on March 13, 2009 at 10:08 am

    buah kesemek nyarinya klo blum musim emang susah banget. semua pasar di jabodetabek dan toko buah impot saya samperin, tapi semua nihil. Akhirnya pencarian saya berakhir di gunung puyuh sumedang. itu jg cuman bisa bawa pulang 12 buah, 3 mateng yg lainnya mengkal……Trimakasih Allah dengan segala petunjuk ghoib MU…..

  18. nabila on April 14, 2009 at 1:14 pm

    Teknologi yg digunakan untuk memproses buah kesemek menjadi suatu produk makanan itu bisa apa aja y..!!!bs kasi tau kan

    Trs,kebanyakan buah kesemek itu ditanam didareah yg bagaimana c..??

  19. [...] Tin dan Kaki jadi sarapan pagiku udah 2 hari ini. Kami punya pohon Tin tapi di rumah liburan, yang aku santap [...]

  20. [...] Tin dan Kaki jadi sarapan pagiku udah 2 hari ini. Kami punya pohon Tin tapi di rumah liburan, yang aku santap [...]

  21. yusti on August 10, 2010 at 2:38 pm

    halo,
    apa punya koleksi buah2an sbb?
    -plum dataran rendah
    -cherry jepang
    -pir dataran rendah
    -biriba
    -apel putsa merah

    mohom info dan harganya.

    thks

    yusti

  22. berita indonesia on September 29, 2010 at 8:27 am

    trims buat postingani ini, mampir juga ke blog saya ya.

  23. hijra on January 9, 2011 at 2:31 pm

    ehm… baru tahu klo kesemek nama lainnya buah Kaki. pernah makan, rasanya manis…enak.(n_n)

  24. susanto on January 10, 2011 at 4:07 am

    dyospyros kaki, di jepang juga namanya buah kaki. tumbuh dimana mana, sampe pinggir jalan juga sering ketemu. bulan september buahnya sampe menghilangkan daun.

  25. agus irsyadi alvan on January 27, 2011 at 8:42 am

    baru kali ini liat pohon kesemek kirain seperti pohon lontar ternyata lain….luar biasa di negara prancis buah langka ini di budidayakan kenapa di indonesia blom ya…

  26. Yurin on February 11, 2011 at 6:01 am

    Ibu Jempol mmg jempol tenan…sy dah ndak inget rasanya kayanya buah jadul bgt..pernah lihat di pasar Salatiga..skrg pa msh ada ya

  27. pendopo on April 4, 2011 at 4:26 am

    saya selalu denger yg namanya buah kesemek,apalagi kalo ada yg aneh..pasti deh dibilang seperti buah kesemek..oh ternyata buahnya seperti ini ya…!mkasih ya atas infonya.slam kenal:)

  28. winda on April 20, 2011 at 3:53 pm

    Uraiannya Asik, ilmunya juga asik. Kirain semua kesemek berbedak kayak di tempat kita. salah ternyata. Mkasih yaaa

  29. De_Salva on April 23, 2011 at 3:33 am

    Baru tahu kalau ternyata diluar negeri ada juga yaa….enak sekali buah ini walaupun sdh jarang di temukan di tukang buah….

  30. Jony on April 25, 2011 at 7:44 am

    sekarang udah jarang dijumpai ya buah kesemek..sy pngn merasakan buahx tp dmana yg belinya?

  31. dullgepok on June 12, 2011 at 5:34 am

    Di jepang saya pernah makan kedua jenis kaki tersbut,bahkan pernah ikut memanennya bersama orang jepang,yang saya tahu yang bentuknya lojong itu manis walaupun belum masak( apalagi kalo udah masak hmm…,) dan yang bentuknya agak bulat rasanya sangat sepat,tapi kalo udah matang dan agak empuk,,,hmm,,,mmuuanis nya,,,!!! btw,mana yang betul,,silakan nyoba sendiri.thanks,nambah pengetahuan..!!

  32. detik on June 27, 2011 at 3:19 pm

    Nice info,…kmrn beli kesemek di lottemart gandaria..1kg hanya 11ribu. Buah kesukaan saya waktu kecil, dan hampir 10 tahun tidak makan lg buah ini krn jarang ada. Baru tadi lagi makan.memperkanalkan ke anak dan istri rasa buah kesemek…

  33. cika on November 4, 2011 at 1:44 pm

    Mau nanya nich, apakah buah kesemek itu buah plum? Soalnya. Kl cerita buah plum katanya sich mahal. Tp kl kesemek ya standarlah harga kiloan, kl diliat dr bentuk sich keliatannya sama. Apa perbedaanya?.

  34. Ani on November 6, 2011 at 3:39 pm

    MEMANG EUNAAAK SEKALI BUAH KAKI, MANIS RADA RENYAH….SEGAR SEKALI APALAGI KALAU DH DI KULKAS….
    Bu apa bisa beli benih / tanaman kaki yg tdk genit/alias yg tdk pakai bedak? kesemek yg seperti di luar negeri?

  35. regina on March 4, 2012 at 5:21 pm

    Permisi,,
    Saya mau tanya kalau beli buah kesemek wilayah jakarta dimana yah??
    Karna saya sudah muter2 jakarta barat nggak ketemu.
    Tolong dong mba kalau tau, saya minta infonya. :D maklum ibu hamiL pengen kesemek.
    Sebelumnya, terima kasih ya !!!

  36. yenz on April 26, 2012 at 8:43 pm

    nice share…thank you

  37. aziz on May 21, 2012 at 6:01 pm

    buah kesemek lokal maupun import(persimon korea) bs ddptkan farmers market..toko buah d jakarta..

  38. Aden on May 22, 2012 at 4:14 am

    Hahaha,,,knp ya kesemek itu di lambangkan buah sial.??

  39. Sunarto Sastrodiharjo on June 20, 2012 at 2:10 am

    Subahanallah …. memang benar ayat Tuhan: ” Maa kholaqta haadza bathiilla.” Tidak sia-sia apapun yg diciptakan-Nya ….. semua membawa manfaat.

  40. Arie on June 27, 2012 at 7:16 am

    Waaaah nambah wawasan nih aku sering beliin buat suami awalnya aku nggak tertarik bluuas soal bedaknya dan ada rasa getah di lidah. Setelh bca khasiatnya jdi semangat makannya he he he terutama yang untuk melangsingkan tuh…. makasih yaaa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


Jangan Lewatkan

Aneka Resep Sayur Asem Enak

Sayur Asem atau Sayur asam ada macam2, ada sayur asem sunda, sayur asem betawi / sayur asem jakarta, sayur asam sunti, sayur asam kangkung,...

Read more »

Resep Ketupat Lebaran | Membuat Ketupat Enak Dan Legit

Resep ketupat lebaran agar ketupatnya enak, legit, padat, tahan lama. Berikut tips dan trik bikin ketupat dan lontong, cara masak ketupat...

Read more »

Resep Opor Ayam Enak

Resep Opor Ayam Enak sebagai pelengkap hidangan / masakan khas di hari Lebaran

Read more »

Resep Masakan Padang : Gulai Tambunsu

Masakan Padang Gulai Tambunsu yang enak, praktis, gampang dibuat, bumbunya mudah didapat. Alternatif menu hidangan lebaran ataupun kala kangen nasi kapau

Read more »

Hidangan Lebaran | Resep Masakan Lebaran

Sajian lengkap menu lebaran yang enak  disertai resepnya : Ketupat dan lontong, opor ayam, rendang daging, dendeng balado, sambal goreng ati, kalio kambing, tumis...

Read more »

Archives