Buah Religius Pencegah Kanker

Buah Tin dan Kaki jadi sarapan pagiku udah 2 hari ini.
Kami punya pohon Tin tapi di rumah liburan, yang aku santap sekarang hasil panen di rumah kenalan kami. Sayang banget buah yg enak dan bergizi itu harus membusuk aja saking banyaknya. Mungkin banyak temans yang belon tau buah tin makanya aku dongengin aja di Blogku ini.

Fig dalam bahasa Inggris, Figue (Bahasa Perancis); Feige (Jerman), Higo (Spanyol), Fico (Italian), Figu (Austrian), Figo (Portuges).
Buah ini punya 2 nama kalo di indonesia. Umat muslim menyebutnya Buah Tin sedangkan umat kristiani menyebutnya Buah Ara.

Buah Tin adalah buah yang tertera di Surat AT-TIIN, Surat 95: 8 ayat. Dalam ayat yang pertama; “Demi buah tin, demi buah zaitun.” (ayat 1). Negara Jiran Malaysia dalam kamus bahasa Melayu memanggilnya Buah Ara.
Buah Ara tertera dalam 7 ayat berbeda di dalam Alkitab, mulai dari Kitab kejadian samapi Wahyu.
Dalam Kej 3:7 diceritakan Adam dan Hawa mengambil daun Ara utk disemat menjadi cawat saat mereka telah memakan buah terlarang.

Banyak orang Indonesia yang mungkin sudah makan buah ini tapi karena di luar negeri kita mengenalnya dengan nama Fig / Figue / Feige / Higo / figu / Figo / Fico/ atau nama2 lain yg saya sebutkan di atas sehingga kita gak tau bahwa itulah buah yang sudah kenal di kitab suci. Setidaknya begitu pengalamanku 9 tahunan lalu, waktu pertama kali kenalan dengan buah ini.
Yang pernah ke tanah suci mungkin sangat kenal buah ini karena minyak dari buah tin biasa dimanfaatkan oleh para jemaah haji sebagai pelindung kulit dari sengatan hawa dingin dan panas.

Kandungan Gizi dan Khasiat Buah Tin.
Kandungan vitamin buah tin tak kalah hebatnya dengan apel dan jeruk. Disebutkan penelitian California Figs Nutritional Information, buah tin mengandung serat (dietary fiber) yang sangat tinggi. Setiap 100 gr buah tin kering terkandung 12,2 g serat sedangkan apel hanya mengandung 2 g dan jeruk 1,9 g. Mengkonsumsi buah Ara secara teratur, menurut para pakar kesehatan, dapat membantu membersihkan racun di dalam tubuh, mencegah kanker kolon dan penyakit degeneratif lainnya.

Selain mengandung antioksidan -benzaldehyde- yang dapat mengikat senyawa karsinogen penyebab kanker, Fig juga mengandung asam lemak tak jenuh yang dibutuhkan bagi kesehatan, di antaranya omega-3 dan omega-6. Buah Fig rendah lemak, rendah sodium, rendah kalori dan bebas kolesterol sehingga sangat cocok dikonsumsi para penderita diabetes mellitus. Beragam vitamin dan mineral bermanfaat terkandung di dalamnya. Setiap 100 g buah tin mengandung vitamin A sebanyak 9.76 IU, vitamin C, 0.68 mg, kalsium, 133.0 mg dan zat besi, 3.07 mg.
. Kandungan nutrisi buah Tin atau Ara ini bisa mengurangi kolesterol jahat, menguatkan jantung dan menormalkan pernafasan bagi penderita sesak nafas.

Buah Fig / Buah Tin / Buah Ara

Buah Fig / Buah Tin / Buah Ara

Buah Fig yang sekeluarga dengan beringin ini ada banyak jenis, buahnya bisa warna hitam, kuning, abu-abu maupun hijau.

Rasanya seperti apa ? Enak gak ? Makannya gimana ? Waktu pertama kali makan gak gitu suka, tapi sekarang ada beraa kilo juga bisa abis sendiri. Buah ini mungkin termasuhk buah yg you just love it or hate it. Rasanya manis, lembut di mulut, bisa dimakan dengan kulitnya tapi tinggalkan pangkalnya yang biasa berupa takai kecil. Buah Ara / Tin bisa dijadikan selai (hm enak bangets), di santap dengan foie gras (yang ini apalagi mak nyus !) atau juga di santap sebagai buah kering. Sewaktu habis melahirkan aku banyak konsumsi fig kering untuk suply zat besi / fer yang banyak hilang saat melahirkan. Dari pada minum obat suplemen zat besi yang biasanya berakibat konstipasi (adoww tersiksa banget kan konstipasi sehabis melahirkan itu, pernah ngerasain gak?), lebih baik konsumsi buah tin kering karena gak ada efek konstipasi malah poep jadi lancar car.

Budidaya Buah Tin
Fig bisa tumbuh dan dibudidayakan di Indonesia. Sudah beberapa pengusaha yang mulai merintis usaha ini. Emang bisa tumbuh ? Bisa jek, aku mbawa tuk di tanam di Bekasi, bisa tumbuh dengan baik. Bibit buah Tin bisa di dapat dari cangkokan, anakan yang keluar dari fig dewasa maupun dari stek batang.. Ternyata tetanggaku juga punya walau yang aku bawa dari Perancis buah Tin yang warna merah / hitam / ungu sedangkan punya tetangga yg warna hijau. Kata tetangga bibitnya di ambil di Pesantren, tapi aku gak tanya lagi pesantren mana.

Peluang Usaha buah Tin / Ara / Fig ini terbuka lebar loh, kenapa? :
1. persaingan nyaris gak ada, belum banyak pengusaha yang melirik peluang ini
2. potensi bagus karena fig ini utk iklim di Indonesia bisa berbuah kontinyu, bisa panen sepanjang tahun,
3. perawatan amat sangat gampang, fig bisa tumbuh di berbagai jenis tanah.

Ada yang tertarik mengembangkan usaha Buah Tin / Fig / Ara, dikombinasikan dengan bisnis online ?

STOP PRESS

Kerja dari rumah, punya bisnis sendiri, mau?. Atau sekedar cari uang tambahan? Dapatkan rahasianya, belajar GRATIS selama 1 bulan secara online.    Jangan sampai nyesel, kesempatan gak datang 2 kali. Ingat ini GRATIS, jadi tanpa resiko. Daftarkan sekarang juga.     Klik tombol “Belajar Bisnis GRATIS”  untuk daftar atau untuk dapatkan info lebih lanjut.

Related Posts with Thumbnails

Tags: , , , , , , , , , ,

78 Responses to Buah Religius Pencegah Kanker

  1. putra on August 26, 2010 at 4:07 am

    aku mau beli buah di mana yah!

  2. ALFISA BAROROH,S.Pd on August 28, 2010 at 5:03 am

    Assalam mualaikum
    BU dmn sy bisa dapatkan buah tin ini

    • wulan on May 4, 2011 at 4:59 am

      pak hary alamatnya dimn di bandung…saya sering kebandung.saya butuh buah tin buat nenek saya yg lagi menderita kanker colon.makasih sebelumnya.

  3. muzda on September 19, 2010 at 11:25 am

    bu, dmana ngedapetin bibit buah tin? saya tertarik tuk nanam buat konsumsi sendiri

  4. siwi kali on October 3, 2010 at 3:33 pm

    katanya bisa tumbuh di indonesia, juga ada di bekasi, bisa cangkok nggak ya, kalau berbuah saya bisa beli nggak ya bu, tolong kasih kabar ya – trima kasih. salam siwi

  5. siwi kali on October 3, 2010 at 3:35 pm

    Ibu, saya suka sekali buah fig ini, katanya banyak ya dirumahnya, boleh beli nggak saya, trima kasih

  6. louise on October 15, 2010 at 3:59 am

    bu,orang tua saya pengidap kanker dan baru sembuh,untuk recofery saya butuh apapun supaya mama dan papa saya sehat,boleh saya beli buah tin nya atau bibitnya. urgent.terima kasih.

  7. andika on October 29, 2010 at 4:46 am

    bu saya berminat,tlg kasih info selengkapnya y,thx

  8. nico on November 9, 2010 at 2:07 am

    Saya membibitkan Fig/Tin dari jenis Texas Blue Giant Figs (penamaan lokal: Red Turkey/Red Israel)
    Untuk fotonya silahkan di lihat:
    http://m.facebook.com/album.php?aid=236512&id=593586298&v&fbb=r33b61344&refid=29

    http://m.facebook.com/album.php?aid=125149&id=593586298&op=5&v&fbb=r2fbe6df8&refid=29

    Stok masih terbatas,dan saat ini sedang dalam proses pembibitan.

    Salam,
    Nico (Bogor)
    085692254332

  9. Jabal Nur Hakim on December 31, 2010 at 3:53 am

    Saya juga punya pohon tin dirumah, sayang tidak dirawat.

    Kalo boleh tau, apakah tetangga ibu bernama pak Rudi?

    trim’s

  10. harry on January 3, 2011 at 3:23 pm

    saya punya banyak tanaman Ara ini , yg berminat bisa pesan via e’mail atau datang ke rumah saya di Bandung .Harganya tidak terlalu mahal hanya Rp 50.000,– tdk termasuk ongkos kirim.
    saya juga punya banyak koleksi tanaman hias lainnya al. cherry beach buahnya manis dan rajin berbuah.
    salam Harry

    • Pakde Antok on January 6, 2011 at 7:55 pm

      Saya minat om, cara pesan piye? Sms aja ke no 089.9517.4601 atawa ke email saya, ditunggu balasannya, trims.

    • Arza Mitra on January 16, 2011 at 3:57 am

      Saya tinggal di Antapani, berminat memiliki tanaman ara, dimana alamat Bpk diBandung, atau telpon saya 08122441944

    • Bintang Siregar on January 18, 2011 at 4:46 am

      Bung Harry…saya penderita Cancer, saya sudah 5X kemoterapi. Di Alkitab disebutkan bahwa buah ini adalah buah obat. Saya berminat…bagaimana caranya Bung? ini alamat email saya : bintang_nikanor@yahoo.com saya tinggal di Perum PURI GARDENA BLOK E1 NO.40 PEGADUNGAN, KALIDERES JAKARTA BARAT, HP 08129662179, R (021) 54394989, saya tunggu Bung. GBU

    • prayitno dulman on April 26, 2011 at 3:27 am

      selamat siang pak.

      Alamat bapak Harry di bandung dimana,.
      saya sering ke Bdg,mungkin saya bisa mampir dan sekalian beli pohon tin dari bapak.
      sekalian alamat email bapak.
      terima kasih.
      prayitno dulman

  11. zubasky on March 1, 2011 at 5:10 am

    mahu beli bibi tin

  12. frendy on April 7, 2011 at 5:02 pm

    Saya mau beli buah ara kering dalam kemasan, dimana ada jual?

    ‎​​-̶̶•-̶̶•̸Ϟ•̸Thank You•̸Ϟ•̸-̶̶•-

  13. herry on April 16, 2011 at 10:58 am

    Pak Harry,minta alamat dan telpnya.Thx

  14. Siti Chamariah Nurul A on April 22, 2011 at 3:44 am

    saya ingin mencoba budidaya buah tin ini, bgmn caranya? minta tlg dikirim artikel tentang budidaya buah tin ini ke e-amil saya riazahro75@yahoo.com, trims

  15. Sulis on April 29, 2011 at 11:24 am

    Mau budidaya buah Tin
    Silahkan klik :
    http://www.kebun-buahtin.blogspot.com

    Koleksi kami 25 jenis lebih
    Pusat INFORMASI 24 jam
    081357334400

  16. Sulis on April 29, 2011 at 11:27 am

    Kami menjual Buah Tin olahan yang kami datangkan langsung dari Tanah Suci berupa :
    1. Manisan Buah Tin
    2. Selai Buah Tin

    dari :
    Kebun Buah Tin
    081357334400

  17. wiyono on May 19, 2011 at 1:52 pm

    Bagi Anda yang ingin menanam pohon tin atau ingin buah tin dapat hubungi : wiyono, kranji, bekasi. Telp. 021.9878 2328 / 0818163978 / 0812 8383 1288 / 0856 819 2688
    Stock pohon tin banyak, beberapa varitas

  18. wiyono on June 29, 2011 at 2:36 pm

    Bagi anda yang ingin tanam pohon tin, kami menyediakan stock bibit banyak. Antara lain : Black Ischia, Conadria, Flanders, Negronne, Red Libya, Brown Turkey, Yordan Hijau, Yordan Ungu dan Khurtmani. Kami juga menyediakan manisan buah Tin dalam kemasan 200 gr dan 400 gr. Hubungi Wiyono, Kranji-Bekasi. Telp. 021.9878 2328 / 0818163978 / 0812 8383 1288 / 0856 819 2688

  19. Nunik on August 13, 2011 at 5:32 am

    Saya ingin sekali membeli buah fig atau buah tin yang fresh.

    Mohon hubungi saya di nomor 085921382719

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Artikel via Email

Isi E-mail, Klik Saya Mau:


Terima Kasih Atas Kunjungan Anda