Awas Momok Kaum Wanita !

Kanker leher rahim adalah momok mengerikan di kalangan kaum wanita, selain kanker payudara. Berdasar data Departemen Kesehatan RI, di Indonesia terdapat 90-100 kasus kanker leher rahim per 100.000 penduduk. Setiap tahun terjadi 200.000 kasus kanker leher rahim. Setiap hari di Indonesia ada 20 wanita yang meninggal akibat kanker leher rahim atau kanker serviks ini. Di dunia setiap 2 menit kanker ini merengut nyawa seorang wanita ! Kanker ini juga yang mengakibatkan kematian 2 orang tante saya, hiks.

Penyebab dan gejala
Kanker leher rahim atau disebut juga kanker serviks / cervics cancer (carcinoma cervicis uteri) disebabkan oleh Human papilloma virus (HPV) 16 dan 18.
Perjalanan dari infeksi HPV hingga menjadi kanker serviks memakan waktu yang cukup lama, yaitu sekitar 10 hingga 20 tahun. Namun proses penginfeksian ini seringkali tidak disadari oleh para penderita, karena proses HPV kemudian menjadi pra-kanker sebagian besar berlangsung tanpa gejala. Serem juga ya, gejalanya gak keliatan, makanya yuk kita ketahui lebih mendalam tentang kanker serviks / kanker leher rahim ini sehingga kita tau bagaimana mencegahnya.

Ciri atau gejala Kanker leher rahim ditandai dengan gejala keputihan yang tidak gatal, timbul cairan yang berbau, tumbuh tumor, pendarahan keluar setelah senggama. Jika kondisi ini dibiarkan maka pendarahan semakin banyak, bahkan bisa terjadi pendarahan spontan. Pada penderita stadium tiga terjadi penurunan berat badan.

Golongan beresiko tinggi.
Selain berisiko pada mereka yang suka berganti pasangan, kanker leher rahim juga berpotensi diderita oleh perempuan yang menikah di usia muda. Pasalnya, mulut rahim di usia belia ini belum terlalu kuat untuk mengalami trauma hubungan seks. Kondisi lemah ini membuat mulut rahim rentan terhadap serangan virus yang paling ringan sekalipun. Resiko lebih tinggi terjadi pada perempuan yang memulai hubungan seks sebelum usia 16 tahun dibanding dengan yang berhubungan seks di atas usia 20 tahun. Juga pada wanita yang sering melahirkan, merokok, banyak minum pil KB, atau karena penggunaan pembersih wanita.

Pencegahan Kanker Leher rahim
1. Hindari berganti-ganti pasangan partner seks, jangan berhubungan seks terlalu dini.
Tau gak, virus papilloma itu bisa ditularkan oleh laki-laki saat berhubungan seks. Makanya suami2 jangan jajan, kalo jajan sembarangan bisa-bisa tanpa sadar anda akan menulari virus papilloma ini ke istri. Wanita jangan main sembarangan, selain dosa, bisa-bisa tertular virus ini dari pacar, ato duren – duda keren – yang mungkin istrinya meninggal karena kanker ini atau punya gejala kanker ini sehingga sang duda juga bisa sebagai media penyebar virus papilloma.

2. Kurangi merokok atau bahkan jangan merokok, banyak mengonsumsi vitamin penangkal kanker seperti vitamin A dan C yang berfungsi sebagai antioksidan tubuh.

3. Yang terpenting adalah rajin-rajinlah melakukan pap smear begitu seorang perempuan sudah mulai aktif berhubungan seks. Kalo kami di Perancis Pap Smear disebut Frottis dan dilakukan dua tahun sekali. Kalo di Indonesia katanya dilakukan tiap tahun.

4. Melakukan vaksinasi HPV. Vaksinasi ini dilakukan untuk wanita usia 10 – 55 tahun. Vaksinasi dengan penyuntikan 3 kali : suntikan pertama disusul sebulan kemudian suntikan kedua dan suntikan terakhir 5 bulan kemudian setelah suntikan kedua.

Tentang Pap Smear

Gambar Pap Smear

Gambar Pap Smear

Test Pap Smear adalah pemeriksaan lendir dari leher rahim atau dalam istilah kedokteran disebut lendir serviks. Pap Smear merupakan tes yang perlu rutin 1 tahun sekali oleh semua wanita yang telah menikah atau yang telah melakukan hubungan seks. Prosesnya mudah aja, dokter melakukan pemeriksaan dalam, vagina di”buka” dengan speculum, terus pake spatula atau sikat halus (cytobrush) mengambil lendir leher rahim, dioleskan dan difiksasi dengan cairan khusus atau dengan Alkohol 95 %. Kemudian Gelas objek ini di Laboratorium akan dilihat dibawah Mikroskop apakah ada sel-sel yang berbahaya.

Pemeriksaan papsmear untuk mendeteksi dini kanker mulut rahim. Selain itu juga bisa diliat apakah ada infeksi bakteri atau jamur yang biasanya menyebabkan keputihan. Kalo didapatkan bakteri atau jamur maka diobati dengan obat yang sesuai.

Hasil Papsmear :.
– Negatif artinya tidak ditemukan sel-sel yang berbahaya
– DISPLASIA : ditemukan sel yang menunjukkan perubahan sifat yang dapat mengarah kekeganasan, untuk itu perlu dikonfirmasi dengan pemeriksaan biopsi. Bila ada jamur & bakteri diobati.
– Positif : ditemukan sel ganas, harus dilakukan BIOPSI secepatnya untuk memastikan Diagnosa Kanker serviks.

Saat ini ada cara pemeriksaan yang lebih baru, yaitu PAPNET. Pemeriksaan dilakukan dengan pengambilan lendir leher rahim sama seperti papsmear konvensional, tetapi dengan memanfaatkan teknologi computer dalam menganalisanya. Pap Net dapat menyempurnakan hasil papsmear konvensional sampai 30% lebih peka.

Bagaimana persiapan anda sebaiknya sebelum Pap-Smear dengan Papnet ?
- Waktu yang paling baik bagi pengambilan adalah saat bersih dari bercak darah, sebaiknya 2 minggu setelah haid. Untuk yang sudah menopause bisa kapan saja (ya iyalah udah gak ada mens lagi, khan ?)
- Sebaiknya tidak melakukan senggama 48 jam sebelum pengambilan Pap-Smear
- Jangan menggunakan pembasuh vagina antiseptik atau sabun antiseptik
- Rileks, jangan tegang, gak sakit kok.

Catatan :
1. Sekarang ada metode pap smear terbaru, Liquid Base Preparation. Keuntungannya kita bisa pap smear pada saat sedang mens, keputihan ataupun habis berhubungan sexual.
2. Jika kandung rahim dan leher rahim telah diangkat atau dioperasi (hysterectomy) tidak perlu lagi melakukan papsmear karena sudah terbebas dari resiko menderita kanker leher rahim.

Moms, temans, hayo jangan lupa papsmear, dari pada nyesel, soalnya kanker leher rahim ini bisa diobati asalkan sudah ketahuan sejak dini dari hasil papsmear itu

STOP PRESS

Kerja dari rumah, punya bisnis sendiri, mau?. Atau sekedar cari uang tambahan? Dapatkan rahasianya, belajar GRATIS selama 1 bulan secara online. Promosi ini hanya berlaku dari tgl 1 – 24 Maret 2009. Jangan sampai nyesel, kesempatan gak datang 2 kali. Ingat ini GRATIS, jadi tanpa resiko. Daftarkan sekarang juga. Klik tombol berikut untuk daftar atau untuk dapatkan info lebih lanjut.

Related Posts with Thumbnails

Tags: , , , ,

51 Responses to Awas Momok Kaum Wanita !

  1. fat on November 24, 2008 at 12:09 pm

    memang perlu banget ya bu utk periksa rutin tiap tahun. apalagi kalo riwayat dalam keluarga ada yang pernah kena kanker rahim, wah ngeri2 gitu, meski penyakit ini gak menular.

  2. Efi Carelse on November 24, 2008 at 9:04 pm

    Hallo Julia,

    Baru bacah neh…
    Ih serem ya kalo dipikir.
    Btw…makasih ya….infonya sangat berguna.

    Salam kangen dr kami sekeluarga di Holland

  3. Ibujempol on November 25, 2008 at 10:24 am

    Iya Mbak Fat, hrs cek pap smear secara rutin.
    Penyakitnya sih gak menular dgn pegangan tapi menular jg saat berhub sex, makanya kalo pasangan jajan bahayalah istri / suami pasangannya.

    Uni Efi, seneng kalo tulisanku berguna.
    Ini jg tulisan krn 2 tanteku meninggal krn kanker leher rahim ini. Ya krn gak rutin pap smear, shg pas ketahuan udah stadium lanjut penyakitnya.

    Salam balik buat dirimu, uda, Esmeralda dan Sabrina. Bisousssss

  4. Raffaell on November 25, 2008 at 9:30 pm

    Wah, tar aku suruh istriku cek ahh… :D

  5. sita on January 2, 2009 at 6:00 am

    haduuuh… iya niiih.. dah lama banget blum check lagi..
    jadi sereeem.. minggu depan mo check deeeh..

    makasih bu jempol, dah ngingetin.. & Happy New Year 2009 yah!!

  6. nur on May 17, 2009 at 5:36 pm

    Test pap smear sangat penting..tapi menurut aku menjaga lebih penting lagi contohnya dgn memakai pembalut yang berkualitas…

  7. na on May 19, 2009 at 5:46 am

    ih ternyata serem ya, aduh jadi takut nich, soalnya kemaren aq keputihan trus bikin gatal lagi, rencananya besok aq mo pap smear

  8. Yuli on September 10, 2009 at 3:32 pm

    Terima kasih banyak atas infonya…. saya sangat terbantu dalam memecahkan kebingungan ini, karena saya merasakan ada yang aneh dalam Vgn saya…Akhir pekan ini saya berencana melakukan Pap Smear lagi. Terakhir saya di pap th 2007 ketika akan di operasi kista yg ada di lubang vgn. Semoga saja saya sehat dan tidak menderita kanker apapun.. Bu, ada satu pertanyaan: kakaknya nenek buyut saya meninggal karena kanker payudara, nenek saya meninggal karena kanker hati, bibi saya meninggal karena kanker payudara, apakah ada kemungkinan saya bisa terinfeksi kanker payudara atau kanker serviks?

  9. Ibujempol on September 10, 2009 at 11:37 pm

    Bu Yuli,
    Betul kanker jg menurun secara genetis, artinya yg punya sodara terdekat penderita kanker mempunyai peluang lebih besar terkena kanker.
    Sy jg punya org2 terdekat penderita kanker payudara dan kanker serviks. Karena itu sy memang rutin untuk pemeriksaan papsmear dan mammografi.

    Smoga setelah diperiksa nanti kondisi ibu baik2 saja. Jangan kuatir ya, Bu. Take care.

  10. meee on September 14, 2009 at 8:56 am

    Saya saya sudah menstruasi lebih dari 2 minggu apakah ini termasuk tanda2 kanker??? trima kasih

  11. [...] G. 2008. Awas Momok Kaum Wanita. (http://www.ibujempol.com/awas-momok-kaum-wanita/. Diakses tanggal 25 Juni [...]

  12. laura on September 29, 2009 at 5:27 pm

    Bu jempol yang terhormat!

    sangat bagus penjelasan ibu,kiranya ibu sudi untuk menulisnya di media terjangkau untuk masyarakat umum. salam kenal
    LAURA

  13. indah on November 2, 2009 at 2:53 pm

    ibu jempol yg terhormat,

    saya pengen tau lebih jelas bagaimana cara merawat organ kewanitaan, karena sangat penting bagi qt semua. salam kenal

    Indah

  14. Johan on December 21, 2009 at 4:23 pm

    ibu saya kena kanker rahim stadion tinggi dan sudah cek ke singapore katanya harus di laser dan harganya cukup mahal. ada beberapa hal yang mau saya tanya.
    1. apakah dgn cara di laser bisa sembuh atau sembuh total?
    2. saya dengar ada obat namanya tyhonium plus katanya bisa mengobati kanker rahim stadion tinggi, apakah obat itu bermanfaat skali?
    3. obat apa yang paling ampuh untuk kanker rahim tingkat tinggi?
    4. makanan apa yang perlu dihindari? dan harus konsumsi makanan apa saja?
    5. thanx.

    • Ibujempol on December 21, 2009 at 11:28 pm

      Pak Johan,
      Maaf saya bukan dokter, jadi gak punya kapasitas utk menjawab pertanyaan2 bapak.
      Saya doakan, ada jalan keluar terbaik utk pengobatan Ibu dan Ibu cepat sembuh, amin.

      Cuman utk makanan saya sarankan makan makanan organik, banyak makan sayuran dan buah, kurangi makanan berlemak, rokok, cafein, dll; tidur yg teratur (ini standar biasa utk hidup sehat)

    • harris on July 22, 2010 at 12:16 pm

      tambahan sedikit pak, obat dapat mengobati tp kembali lagi pada tubuh apa dapat mengatasi konsumsi obat atau tidak….

  15. Kang Trisna ananta on January 14, 2010 at 7:30 am

    Salam
    Tirakat Kebatinan tingkat tinggi
    Layanan spritual jarak jauh.
    Kang Trisna ananta
    Kirim nama lengkap anda dan tanggal lahir anda.
    Nama ibu kandung anda.
    Pengasihan,penglarisan,lancar bisnis,ruwat,
    usaha,guna2,pengerepan,tumbal rumah,
    kantor,tempat usaha,
    pagar diri,lancar usaha,wibawa,buka aura,
    pengobatan karena pengaruh guna-guna dll.
    Terimakasih banyak,lantaran dari sini lain saudara bisa tahu.
    (SMS)

  16. nhana on February 19, 2010 at 2:12 pm

    q tkut bgt dengan penyakit yang satu ini,ibu q menderita penyakit ca.serviks.q sendiri bingung tdk thu mau berbuat apa lagi untk mxlamatkan nyawa ibu q,uda 3 rmh skt kmi t4ti berobat,bahkan kemoterapih pun sdah q tempuh,tp tdk sembuh2 jga mau krmah skit terhalang oleh biaya yg bgtu mhal.kmi tggl pasra sm nasib.q harus menjadi tlg kluarga di umrku yg msih beliah,2 org adiku hrs q rawat.

    • Ibujempol on February 24, 2010 at 3:59 pm

      Nhana,
      Coba pengobatan tradisional dengan daun2an. Jangan konsumsi gula, krn gula bagaikan pupuk terhadap perkembangan kanker. Moga2 ibumu bisa sembuh.

  17. Dewi Susiana on March 8, 2010 at 5:15 pm

    wahh mengerikan ya ternyata….ya dah kl gitu ku jd secepatnya ke dktr kandungan, ku belum hamil2 takutnya ada sesuatu….

  18. Chubby on March 9, 2010 at 8:06 am

    Wah,,, membaca artikel ibu saya baru tahu seperti apa ganasnya kanker serviks itu, sebenarnya bisa dideteksi lebih dini dengan pemeriksaan papsmear.. hmmm,, cepet2 ke dokter kandungan ah, karena dari sejak menikah hingga usia anak hampir 6thn saya blm memahami manfaat dan kegunaan papsmear yang sebenarnya bahkan blm pernah melakukan test tersebut. Makasih ya Ibu JEMPOLan…!!!

  19. eGHA on March 20, 2010 at 1:43 am

    Ibu,,Thx y atas Infox,,aq Berterima kasih banyak atas InfOx sebenerx aq dah Keputihan 5bln wkt Dokter mau pap smear aq takut tP setelah tau bnyk TTg KankEr Rahim malah aq Pngn Cpt Sembuh….
    Sx lagI thx y Bu… Moga aq Cpt sembuh..aminnnn

  20. Hajjah Riri Hilman H.A.S on March 22, 2010 at 8:45 am

    Luar biasa artikel ini lengkap BANGEEETT…!!!!!
    Berguna sekali….!!!!

    Makasiii ibu…
    ^.^

  21. eba on March 25, 2010 at 6:56 am

    salam kenal,terima kasih infox, setelah baca artikel ibu barulah sy ngerti. Jarang di kota kami ada pap smear mungkin 3thn yg lalu, sdh gitu bayarx mahal dan nunggu hasilx lama skali, pap smearx d kota Sorong Papua barat, pemeriksaan lab x di Medan, apa gakmerusak cairan yg d ambil bu?

    • Ibujempol on March 25, 2010 at 6:20 pm

      Bu Eba,
      Wadow di Papua gak ada lab utk periksa hasil papsmear ?
      Memang benar selama trasportasi dr Papua ke Medan bila tidak dlm penanganan yg baik bisa2 telah terjadi kontaminasi atau hal2 lain yg membuat hasil pemeriksaan gak riil.
      Mungkin kalo Ibu lagi jalan2 ke Jakarta, sebaknya Ibu sekalian papsmear di Jkarta saja. Saya sendiri bingung ngasih solusi.
      Sedih kondisi fasilitas kesehatan di Indonesia masih jauh dari harapan. Dua org Tante saya meninggal krn kanker serviks ini.

      • nova on May 13, 2010 at 4:24 pm

        kalau ada keluhan misal kan di bawah perut skit atau skitar pinggang kayak mau men skit nya,,,,trus mengeluar kan keputihan sedikit tp brbau itu kanker servik atau gimana trus dsertai men tidak teratur msal kn 3 bulan sekali…

      • surya on June 9, 2010 at 3:55 pm

        ibu jempol terhormat.aku seorang ibu yang tinggal di kampung,yang jauh dari kota,dan kurang mampu.dan aku mau bertanya di vaginaku terdapat benjolan sebesar ujung jari,dan itu ada di saat kehamilanku 7 bln, dan sampai sekarang anaku berusia 2 thn.memang tidak terasa sakit saat berhubungan intim,,,apa itu termasuk kanker serviks atau tumor bu???? saya sangat berharap sekali jawaban dari ibu jempol..terima kasih sebelumnya ibu ….

  22. mar-nie on March 30, 2010 at 7:29 am

    wah ngeri bangets yuah…..
    oh ya ada gak ya … cara mencegahnya pake obat tradisional aja….
    pake apa gitu…. rebusan jamu atow apa gitu ada gak bu ?????

    • harris on July 22, 2010 at 12:18 pm

      ada yg simpel coba kontak aku, mungkin ini bs jadi solusi para kaum wanita, ni no kontak ku : 085220395117

  23. diah on March 30, 2010 at 12:58 pm

    makasih bu jempol atas infonya…… saya jadi tau kanker serfiks. bu saya mau tanya uda hampir 5 bulanan ini saya tidak haid, emang dulu setelah melahirkan 2kali setelah nifas saya nggak dapat haid sampai saya sapih anak saya.(anak saya 2 umur saya 28). tapi setelah sayasapih anak kedua saya saya sempat haid rutin setahun tapi kok sekarang saya nggak dapat haid lagi……… ? kenapa itu bu apakah itu manopos atau kankerkah itu makasih.

  24. rini on April 9, 2010 at 3:31 am

    makasih bu jempol… setelah q bc,aq jd tahu.aq lum pernah papsmer,apa rebusan air suruh tu jg ndak baik tuk bersihin [wawik] vagina?trus kadang2 bekas jahitan waktu habis melahirkan yg deket vagina tu ky nyeri apa tu jg pngaruh?trus kdang2 prut bwah saya jg nyeri

  25. gege on April 14, 2010 at 3:34 am

    bisa d sembuhin gak sich penyakit seperti ini??

  26. hilda on April 20, 2010 at 6:38 am

    WaHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHH……………..ARTIKELNYA bagus BngtZzZ….
    UNTUK kaum wanita..

  27. hilda on April 20, 2010 at 6:41 am

    i……….HHHHHHHHHHHHHH…..N93riiiiiiiiiiiii

  28. Harris on May 12, 2010 at 9:17 am

    Halo ibu jempol,

    Boleh syaring2 sama ibu ga…? kebetulan saya memiliki informasi yang sangat menarik untuk mengurangi angka terkena nya kanker serviks

  29. Nilam on May 17, 2010 at 5:16 am

    Terimakasih banget atas info” nya ibu jempol,
    satya mau tanya:
    1.Apakah dibidan bisa melakukan Tes Papsmear?
    2.Kira kira berapa biaya untuk melakukan tes ini?

    Thanks atas jawabanya

  30. Ismat Fathurochman, ST on May 27, 2010 at 8:10 am

    ibu mertua sy terkena kangker rahim stadium IIIb hasil RSCM, mhn saran untuk pengobatan yang tidak berdampak?

    • harris on July 22, 2010 at 12:30 pm

      pa ismat sudah pernah dengar terapi dengan ion negatif?

  31. abdul gofur on May 30, 2010 at 6:35 am

    tolong dong jawab cara pencegahannya????

  32. rita on May 31, 2010 at 5:57 pm

    sya gdis 23 thun. pinggul sya sring nyeri sekali, pinggang sk pgel2…
    prnah aq tinggalin pakaian ktor slama bbrapa haari krna kluar kota.. skitar 5-7 hari..
    bgitu akan sya cuci,, MAAF.. di bbrap Clana dlam sya brubah mnjdi wrna pink segar..
    pdhal say jlas2 tak lg mens…
    sya jdi sangat takut n tertekan skali,, sa ingin priksa n blang ke ibu tp tkut mreka kcwa, krna dr. mau mlakukan pap smear jka sya sdah mnikah(tdak prawan lg).
    sedangkan sya blum mnikah dn sy prnah mlkukan hub tsb dgn pcr sy (dulu/mantan) 1 thunan kblakg..
    sy sngat tetkan krna tkut n gk mw ortu kcewa, kbtulan ibu qu wnta krir n byak thu ttg ksehatan n dia sngat pham ttg mslah kgker rhim…
    kira2 gjla tsb mgidiksikan gk????
    trima kasia skali bu..
    mhon dijawab..

    • harris on July 22, 2010 at 12:26 pm

      kelemahan salah satu papsmear adalah itu, saya punya info yg mungkin bs jadi solusi untuk nita, coba kontak saya secepat nya : 085220395117

  33. Hani on June 11, 2010 at 3:24 pm

    Apakah setelah hub.intim kluar bercak darah sdkit bsa di ktakan knker rhim bu??saya mens sekitar 7 hr sblum nya terus sya hub.intim apkah brcak darah tadi sisa2 mens

  34. queen on July 17, 2010 at 11:16 am

    bu,akk remaja usia 17 thun,, kalau remaja yg belum pernah mlkukan hubungan dgn lawan jeniss,, bisa terkena juga gak??
    dan saya mau tanya,, ada gak vaksinnya pil atau tablet??
    karena saya gak mau d suntik..

  35. harris on July 22, 2010 at 12:12 pm

    bisa, ada 3 faktor penyebab kanker :
    1. lingkungan/ gaya hidup
    2. makanan
    3. gen/ keturunan
    ada yg keem pat ini yang penting dan jarang diketahui para wanita…

    coba kontak saya, saya punya info yg mungkin bs jd solusi bwat masalah kewanitaan : 085220395117

  36. naomy on August 6, 2010 at 4:13 am

    bu ..
    oarng yg udh kna cri2 knker srviks tp blmm parah bgt , bsa d smbuhin G bu ? oiia

  37. Diana on August 20, 2010 at 7:04 am

    Oiia umurku 20 tahun,,aku belum nikah n aku juga belum pernah melakukan hubungan seks..tapi kalo aku periksa pake pap smear boleh gak ya?
    Soalnya aku sering banget keputihan…
    Tolong sharingnya yaaa…^^

  38. DESTI on October 4, 2010 at 4:32 am

    bu apa bisa remaja terjangkit kangker ini???
    meskipun blum ada catatan sex..

    • DESTI on October 4, 2010 at 4:39 am

      pemeriksaan yg bagaimana yg sebaikx dilakukan??
      apa pemeriksaan itu tdk akan merusak virginitas??

  39. heru on February 21, 2011 at 6:19 am

    bu,
    ciri-ciri gejala kanker tu kaya gmn,

  40. dewi on April 30, 2011 at 8:10 am

    untuk remaja usia 16 tahun bisa ?

  41. chaachaa on June 8, 2011 at 4:05 am

    Siangg buu ..
    bu, sya gadis 17thn .. sya mw tnx apa seorg gandis yg blm penah melakukan hbugan seks bisa mengidam penakit kanker ini ?? soalnya sgg sering meraskan nyeri d’bagian bwah perut,, t’kadang smpai pingsan.. kira” sya hrs bgaimna agar rasa nyeri yg sering sya rasakan bisa hlgg ..

    kemudian ,, ketika sya menstrubasi tdkk tratur ..

    tlggg d’ksihh jwabannya ya bu .. Maksihh sblmnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*