Anggrek Cattleya | Photo Jenis dan Budidaya Cattleya

Photo Aneka Anggrek Cattleya

Photo Aneka Anggrek Cattleya

Berikut Ibujempol akan membahas khusus bunga anggrek Cattleya, budidaya, jenis jenis anggrek cattleya disertai dengan photo cattleya yang special pake telor.
Anggrek genus Cattleya ini mendapat gelar “Corsage” Orchid.  Nama Cattleya diambil dari  nama William Cattley, seorang hortikulturist / ahli hortikultura asal Inggris yg hidup di abad 19.  Pak Cattley ini berjasa sebagai orang pertama yang mengkoleksi anggrek2 eksotik.

Perlakuan budidaya cattleya untuk tumbuh dengan baik adalah dengan memkondisikan lingkungan tumbuhnya sbb :
* Intensitas cahaya : Cattleya perlu sinar matahari tapi hindari cahaya matahari langsung
Atur intensitas cahaya sekitar   20 – 30 %

* Temperatur.
Untuk cattleya dewasa, suhu malam 13 – 16°C (55 – 60°F) dan suhu siang 21 – 30°C (70- 85°F)
Untuk bibit Cattleya suhu malam 15 – 20°C utk malam dan 21 – 32° C suhu siang
Beda suhu lama – suhu siang yg direkomendasikan adalah sekitar 4 – 8°C (10 – 20°F).
Temperatur siang sampe 35°C jg gak apa2 asalkan disray yg banyak agar humid, diatur agar peredaran udaranya bagus dan naungan ditambah.

*Penyiraman.

Dilakukan mengarah ke medium dalam pot dan juga berupa sray ke udara utk meningkatkan kelembaban udara / humiditas.
Jumlahnya tergantung dari besarnya pot, umur cattleya, suhu udara dan juga penyinaran sinar matahari.  Cattleya dewasa perlu bener2 kering dulu medianya sebelum disiram kembali, sedangkan anakan cattleya hrs tetap terjaga kelembaban medianya (gak boleh sampe kering tapi juga jangan terlalu basah)
Kalo teman berada di negara 4 musim yg biasanya airnya dingin, ati2 kalo siram cattleya airnya harus > 10°C, jangan pake air keran yg dingin ya.

* Kelembaban Udara (RH)
Cattleya perlu kelembaban udara berkisar 50 – 80%.  Harus banyak dispray dgn butiran sangat halus / mist.  Walau perlu lembab tapi jangan biarkan air tergenang karena akan mempermudah fungi /jamur berkembang biak

*Pemupukan.
Pemupukan secara reguler dgn pupuk nitrogen dosis tinggi (30-10-10) kemudian utk pembungaan berikan pupuk dengan fosfor yg tinggi (10-30-20).  Biasanya setiap 4 – 6 kali aplikasi pupuk N dosis tinggi diselingi dengan sekali pupuk P dosis tinggi.  Pada saat masa aktif (biasanya musim semi – musim panas) beri pupuk sekali dalam 2 minggu.  Saat fase istirahat (musim gugur, musim dingin) cukup dipupuk sebulan sekali.

Penggantian Pot
Perlu dilakukan kalo akar cattleya ampe udah keluar dari potnya atau potnya ampe pecah.  Bagusnya ganti pot sebelum akar muda keluar dari rhizomenya, atau setelah abis berbunga.  Kalo di negara 4 musim bagusnya saat musim semi.
Saat ganti pot, potong akar tua / akar busuk, tarok sebagian media, terus masukan catleyanya kemudian tambahan sisa media sampe potnya penuh.  Tekan seputar akar tapi jangan sampe rusak akarnya.  Pake penyanggah , bila perlu.  Tarok cattleya yg baru dipindahin ini di tempat lembab tapi biarkan kering / jangan siram akarnya utk beberapa saat.  Dengan demikian akan memacu akar2 muda untuk keluar.

Keterangan photo Cattleya  :
No.1 = Cattleya intermedia
No.2 = Cattleya Brabantiae.
No.3 = Cattleya Bicolor .
No.4 = Cattleya Clarkiae
No.5 = Cattleya Lynn Spencer Walkeriana.
No.6 = Cattleya Corcovado.
No.7 = Cattleya Bicolor Brasiliensis.
No.8 = Cattleya  Gold Digger-Buttercup.
No.9 = Cattleya Green Emerald.
No.10 = Cattleya Nobilis Natalia

Note : Ibujempol akan tambahkan photo bunga cattleya yang lain di waktu2 yad, so kapan2 kunjungi lagi artikel ini untuk melihat foto terbaru.

Related Posts with Thumbnails

Tags: , , ,

19 Responses to Anggrek Cattleya | Photo Jenis dan Budidaya Cattleya

  1. jul on August 2, 2009 at 8:18 am

    wahhhh terimakasih infonya,,,,saya juga sedang mencoba merawat catlye yang sudah berumur 8-12 bulan wahhhh kapan ya bu jempol mulai berbunganya ntar share photo angrek catleya-ku disini kalo udah berbunga bisa ga ya :-)

    • Ibujempol on August 12, 2009 at 12:31 am

      Iya Bu Jul, aku tunggu photo bunga catlleya nya ya

  2. Alpiyah on December 7, 2009 at 9:55 am

    Nama alamatnya kok ibujempol.com sih kalau mau nulis daftar pustaka sulit, ini seperti lucu gituloh. Terimakasih infonya

  3. Fonny on January 25, 2010 at 8:47 am

    ibu Jempol, saya mempunyai anggrek Catileya..kenapa yah batangnya tiba2 hitam seperti hangus gitu..padahal tidak kena sinar matahari langsung ??
    trima kasih untuk infonya.

    • Ibujempol on January 25, 2010 at 9:13 am

      Bu Fonny,
      Mungkin itu krn disiram sewaktu ada matahari ?
      Atau mungkin itu jamur Pythium ultimum and Phytophthora cactorum yang menyebabkan penyakit yg disebut Black Rot.

      Coba ibu sterilkan pisau terus potong bagian yg terkena, buang jauh2 bila perlu bakar. Kemudian semprot tanaman dengan fungisida

      Moga tanamannya OK lagi ya

  4. NENEK ZIDANE on March 21, 2010 at 6:34 am

    Kayaknya koleksi cattleya ibu jempol banyak ya?
    Saya punya tapi kenapa ya, jarang berbunga? Memang normalnya setahun berapa kali berbunga sih! terima kasih atas perhatian ibu jempol, semoga anggreknya tambah jempol! Aamiin.

  5. furie on March 22, 2010 at 3:46 pm

    bu jempol mama saya pencinta angrek ne,.dy pesan bunga angrek sm anda bisa gak?klo bisa gmn caranya?n kemana bisa dhubungi,.tolng krimkan kotak personx ke imael saya di abe_uwi2012@yahoo.com
    di tunggu secepatnya ya…
    by furie

  6. Mega on May 10, 2010 at 12:47 am

    bu jempol koleksi catelya nya mantapppppppp….. , bisa di beli dimana bu seperti yg punya ibu ? ato ibu jual ? bila ibu suda sampai di jakarta kabari ya bu 0816990646/ mega. sy mau berguru sama suhu ni

  7. Yenny on May 29, 2010 at 5:35 am

    Halo Bu,
    baru-baru ini saya memiliki beberapa tanaman anggrek. Maklum masih pemula, jadi masih belum tahu jenisnya dan bagaimana cara perawatannya.
    Apa Ibu bisa membantu? Saya bisa mengirimkan foto2nya jika Ibu berkenan.

  8. suwarni on August 31, 2010 at 2:27 am

    Ibu Jempol, saya mau tanya tetang bunga wijaya kusuma mini

  9. shah on March 24, 2011 at 5:21 am

    baja jenis apa yang sesuai untuk orkid…tq

  10. diyan on April 13, 2011 at 8:03 am

    ibujempol, trimakasih atas info anggreknya.
    saya masih pemula untuk tanaman anggrek.so sering tambah infonya ya bu.
    kalo mau pesen/beli anggrek ke ibu apakah bisa?

  11. wiwit on April 30, 2011 at 10:47 am

    bu aku tanam anggreknya di pohon palem, trus catleyaku, sama palaneopsis kok gak mau berbunga ya? padalah yang lain seperti dendro &onchidium mau berbunga, kondisinya subur makmurbum tuk palaneopsisnya ketika kutaruh di pohon jambu sering berbunga tp setelah di pohon palem meski daunnya sudah 8 lembar lebih belum juga bunga,

  12. rani on July 16, 2011 at 8:03 am

    salam kenal bu jempol. Saya senang sekali dpt artikeel2 bagus dr ibu. Awalnya sy tdk senang berkebun, rasanya capek dan tidak telaten. Tapi setiap hari saya melihat ibu saya selalu di kebun setiap habis subuh. Korek2 tanah, menanam yg baru, pokoknya ada saja yg dikerjakan disitu. Trus saya pindah rumah. Disini ada halaman yg kecil dan kosong. Sy diamkan saja krn memang tidak mau mengurusi. Sudah ada pohon temuruy (salam koja) yg besar, kenanga dan rumput yg tdk begitu subur. Lalu datang keluarga saya yg menyukai tanaman dan mulai menanami kebun kecil saya. Tapi merawatnya….tidak ada yg melakukan smp kebanyakan mati.
    Saya memang tdk pernah menengok ke kebun jadi tdk tau kalau tanaman mulaikering dan mati. Lalu keluarga itu datang lagi dan mulai menanam lg. Saat itu sy ikut duduk disitu dan memperhatikan dia menanam dan mencabut tanaman liar. Trus sy melihat tanaman bunga kenanga sdh kering dan hampir mati. Baru sy tergugah utk merawat tanaman2 di kebun itu. Sekarang bunga kenanga berbunga banyak dan harumnya smp kedlm rumah, rumput tebal dan subur, ada jg mawar hitam, poinsettia, melati….yg belum berhasil berbunga….anggrek. Sy lagi bulak balik baca artikel ibu krn banyak yg masih asing utk pemula seperti sy. Sy tau memelihara anggrek susah, tp gara2 suami sy suka jd sy coba. Trimakasih banyak ibu mau berbagi pengalaman dan pengetahuan disini.

  13. ahyani on September 17, 2011 at 2:20 am

    terima kasih ibu..menambah semangat mempercantik kebun

  14. yanti.muharram on November 25, 2011 at 10:07 am

    artikel dan tanaman anggreknya cantik-cantik…. sy hobby berkebun bu khususnya tanman hias, tapi anggrek saya belum banyak. sy terinspirasi utk terus memperbanyak anggrek… terima kasih sharing pengalamannya

  15. grace hayes on January 27, 2012 at 5:38 am

    Yth Ibu jempol sy memebaca cr pengantian Catteleya disini ibi bilang klo baru di ganti pot nya jangan di siram ….. ini untuk brp lama lalu boleh di siram?
    mohon penjelasan nya
    terimakasih
    grace hayes

  16. Novi Kartika on February 7, 2012 at 1:54 pm

    Ass.. Ibu,salam kenal ya. Sy dr jambi. Sy terkagum2 lho sm ibu.. Jg dgn cattleya nya. Apakah ibu jg menjual bibit cattleya? Bgmana sy bs mendapatknnya bu?

  17. julie on March 3, 2012 at 4:53 pm

    Gimana carabibitkan cattleya bu saya suka bunga2 ibu bantuin saya donk saya mau punya aneka anggrek dan saya pengen buka toko bunga yang cantik2. . .
    Mohon bantuan nya bu’ trim’s berat bu. Gimana saya mau dapatkan aneka anggrek.
    Saya d batam bu’bantu saya ya bu’

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


Jangan Lewatkan

Aneka Resep Sayur Asem Enak

Sayur Asem atau Sayur asam ada macam2, ada sayur asem sunda, sayur asem betawi / sayur asem jakarta, sayur asam sunti, sayur asam kangkung,...

Read more »

Resep Ketupat Lebaran | Membuat Ketupat Enak Dan Legit

Resep ketupat lebaran agar ketupatnya enak, legit, padat, tahan lama. Berikut tips dan trik bikin ketupat dan lontong, cara masak ketupat...

Read more »

Resep Opor Ayam Enak

Resep Opor Ayam Enak sebagai pelengkap hidangan / masakan khas di hari Lebaran

Read more »

Resep Masakan Padang : Gulai Tambunsu

Masakan Padang Gulai Tambunsu yang enak, praktis, gampang dibuat, bumbunya mudah didapat. Alternatif menu hidangan lebaran ataupun kala kangen nasi kapau

Read more »

Hidangan Lebaran | Resep Masakan Lebaran

Sajian lengkap menu lebaran yang enak  disertai resepnya : Ketupat dan lontong, opor ayam, rendang daging, dendeng balado, sambal goreng ati, kalio kambing, tumis...

Read more »

Archives