Aneka Resep Kaastengel

Kue keju kastengel

Kue keju kastengel

Selain kue kering nastar, kastengel juga merupakan kue kering yg layak ada pada perayaan Natal maupun Lebaran. Kemaren sudah selesai dengan nastar dan sesuai janji hari ini giliran saya berikan resep kastengel. Saya pakai resep ala sedap sekecap, tapi sedikit dimodifikasi untuk menghasilkan kaastengel yang kalo digigit terasa krenyes-krenyes kejunya. Waktu pulang ke Indonesia bulan Juni – sept tahun ini saya belanja alat mencetak kastengel di pasar Senen. Untung banget, dengan cetakan kastengel, membuat kaastengel jadi cepat aja, gak terlalu capek.

RESEP KAASTENGEL ala Sedap Sekejap

Bahan:
125 g mentega
[bisa divariasi menggunakan 1/2 mentega / roombutter (contohnya merek wisman atau orchid) dan 1/2 lagi adalah margarine (spt blueband, dll)]
2 kuning telur
25 g maizena
150 g terigu
¼ sdt baking powder
100 g keju edam, parut (untuk adonan)
50 g keju cheddar (untuk taburan)
1 kuning telur (untuk olesan)

1. Kocok mentega dan kuning telur sampai lembut, masukan keju edam.
2. Ayakkan terigu, baking powder dan maizena di atas adonan, aduk rata.
[Note : kalo saya, untuk menghasilkan kaastengel yg terasa krenyes2 kejunya, maka kejunya ditambahkan belakangan setelah mengaduk terigu, baking powder dan maizena]
3. Bentuk panjang (± 3 cm), olesi permukaannya dengan kuning telur.
4. Taburi keju parut. Oven sampai matang dengan suhu 160°C selama ±20 menit


Resep Kastengel ala siapa
udah gak tau, ada aja di arsipku.
Bahan :
Mentega 200 gr
Margarin 150 gr
Tepung 650 gr (disangrai trus didinginkan)
Kuning telur 5 btr (4 untuk adonan 1 untuk mengoles)
Keju parut 400 gr (300 untuk adonan dan 100 untuk taburan)
(Lebih oke lagi kalo yang 300g keju edam)
Garam secukupnya

Cara Membuat :

1. Kocok mentega dan margarine sampai lembut
2. Tambahkan kuning telur dan kocok rata
3. Masukkan garam, tepung dan parutan keju, aduk sampai rata
4. Cetak sesuai selera olesi kue dengan kuning telur dan beri taburan keju
5. Panggang sampe matang dgn suhu 160°C (±20 menit)

Resep Kaastengel lain lagi :P
Bahan-bahan:
125 gram margarin
125 gram mentega
2 kuning telur
1/4 sdt garam
350 gram tepung terigu
200 gram keju edam parut
50 gram keju parut, untuk taburan

olesan:
2 butir kuning telur
2 sdm susu cair

Cara Buat:
Kocok mentega, margarin, garam dan kuning telur sampai tercampur rata (speed 1 ajah).
Masukan tepung terigu dan keju parut, aduk dengan spatula sampai rata.
Giling adonan kemudian cetak. Olesi dengan kuning telur, taburi keju parut.
Panggang hingga matang dalam oven panas

STOP PRESS

Kerja dari rumah, punya bisnis sendiri, mau?. Atau sekedar cari uang tambahan? Dapatkan rahasianya, belajar GRATIS selama 1 bulan secara online. Promosi ini hanya berlaku dari tgl 1 – 24 Maret 2009. Jangan sampai nyesel, kesempatan gak datang 2 kali. Ingat ini GRATIS, jadi tanpa resiko. Daftarkan sekarang juga. Klik tombol berikut untuk daftar atau untuk dapatkan info lebih lanjut.

Related Posts with Thumbnails

Tags: , , ,

16 Responses to Aneka Resep Kaastengel

  1. Resep Nastar on December 20, 2008 at 10:01 pm

    [...] Comments Resep Kaastengel / Kastengel / Cheese cookies | IBUJEMPOL . com on Aneka Resep Nastar & KastengelResep Kaastengel / Kastengel / Cheese cookies | [...]

  2. sita on January 3, 2009 at 12:03 pm

    waah.. pinter masak iiih.. si ibu ini.. sampe kue kering juga bisa, hebat euy!

    btw, bu jempol dapet PR tuuh.. monggo ya buu’ di ambil di blog ku :-)

  3. doni on January 10, 2009 at 4:23 pm

    ya gue anj laki2 tapi q skul di smk n 2 ponorogo n q ambil tata boga n q tdk repot saat da ini………!?

  4. [...] kastengel, putri salju atau kue semprit kudu disiapkan. Begitu banyak variasi Resep Nastar dan Resep Kaastengel, bisa bikin bingung untuk memilih yang mana harus [...]

  5. Wulan on February 8, 2009 at 9:54 am

    Ini makanan wajib ada dirumahku, apalagi kalo pas lebaran, semua makanan lebaran pesen ke orang, tapi khusus untuk kue satu ini dibela-belain bikin sendiri deh, wah…jadi ngiler nih bu, jadi pingin makan kastengel…bikin yuuukkk….

  6. abim on February 9, 2009 at 7:55 am

    lho…lagi2 makanan…duhhhh…tanggung jawab nih madam jempol, udah ngiler nih :D wah tuh kue keju kl ada disini dah tak abisin, kl lebaran suka ngabisin kue yg ginian nih, ga tau namanya..taunya ngabisin ;) )

  7. [...] juga melihat  Resep Aneka Kue Semprit ,  Aneka Resep Kaastengel dan Resep Aneka Nastar yg sdh saya tulis [...]

  8. afi on August 26, 2009 at 2:07 am

    makasih bu udah share resepnya. aku mau coba aaahhh…..

  9. estea on September 14, 2009 at 2:32 pm

    makasih sudah berbagi resep,sangat membantu…semoga kue bikinan ku sama enak dengan bikinan ibu.

  10. red on February 24, 2010 at 9:27 pm

    kueh kesukaan aku nih :D

  11. putri on August 21, 2010 at 9:10 am

    makasih ya bu….moga2 hasilnya bagus dan enaaak…
    makasiiih

  12. Nayang Sari on August 27, 2010 at 11:51 pm

    Waduh nih Resep gampang juga yah…..tapi ntu yang terkhir resepnya kok ada susu cair gan…????ntu buat apaan yah..kagak da fungsinya keliatannya…????mohon penjelasannya GAn….trims….

  13. azizah on September 1, 2010 at 10:43 am

    aq mntax resep dalam bahasa inggris bkan dalam bahasa indonesia…………………………………..

  14. Ida on September 2, 2010 at 4:04 am

    Kalo menurut ibu jempol, resep kastengel yang paling mantap dan nendang yang mana Bu? Saya langsung nanya aja deh daripada praktek satu-satu…hehe. Tks berat ya ….

  15. daeng muchtar on September 25, 2010 at 5:36 pm

    ibu..untuk menyenangkan cucu saya, bisa nggak mengirimkanresep kue coklat cheaps via email saya dmdaeng yahoo.com. terima kasih atas bantuannya..bravo ibu jempol..

  16. umibalquis on August 6, 2011 at 8:04 am

    ibu jempol makasih resepnya ntar tak nyoba buat lebaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*