Resep Nusantara : Bumbu Bali

Aneka Resep Bumbu Bali Berbahan Telur, Ayam dan Daging.

Setelah makan Raclette, saatnya beralih ke menu dari Resep Nusantara alias masakan Indonesia. Jujur aja, diriku agak gak telaten masak masakan indonesia, karena ribet, bumbunya harus macam macam, mo pake bumbu instan Bu Jempol ogah.

Telur Bumbu Bali

Telur Bumbu Bali

Tapi kebetulan masih punya petai di freezer yang harus segera dihabiskan, jadinya IBu Jempol bikin Telur Bumbu Bali yang ditambahin pete. Wah lumayan lagi winter dingin2 makan nasi ngepul ditemani lauk dengan pete, nyammmmm.

Telur Bumbu Bali
Bahan :
6 butir telur rebus, kupas kulitnya
Pete yg sudah dikupas secukupnya
1 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk
2 cm lengkuas, memarkan
2 cm jahe, memarkan
1 sdt terasi
1 sdt irisan gula merah
1 sdm kecap manis
1 sdm air asam
1 sdt garam
minyak goreng

Haluskan :
3 buah bawang merah
1 siung bawang putih
3 buah cabai merah
2 butir kemiri

Cara membuat:
1. Beri sedikit goresan pada telur rebus, goreng sampai agak kecoklatan, angkat dan sisihkan.
2. Tumis bumbu halus sampai harum, masukkan daun salam, daun jeruk, jahe, lengkuas, terasi dan gula merah. Aduk sampai matang lalu tambahkan kecap manis, air asam dan garam.
3. Masukkan telur goreng, dan pete, aduk rata. Bila perlu tambahkan sedikit air (50 ml). Kecilkan api, masak sampai bumbu meresap. Angkat. Sajikan.

ntuk Bonus, sekalian ini makanan berbumbu bali yang lain. Selamat memasak yeee, jangan lupa undang-undang atau sebut nama Bu Jempol kalo lagi makan :P

Resep
AYAM BUMBU BALI

Bahan-bahan :

    1 ekor ayam dipotong 20 bagian
    1 cm lengkuas digeprak
    2 lembar salam
    3 lembar daun jeruk
    2 buah tomat masing-masing potong 8 bagian
    2 sdm kecap manis

Haluskan :

    7 buah cabe merah
    5 buah bawang merah
    4 siung bawang putih
    2 cm jahe
    3 butir kemiri
    1/2 sdt terasi yang telah digoreng

Cara Membuat:

* Ayam yang telah dipotong dan dibersihkan diberi garam, diamkan sebentar, goreng setengah matang, sisihkan.
* Tumis bumbu yang dihaluskan hingga harum, masukkan lengkuas, salam, daun jeruk, tomat dan kecap manis.
* Masukkan ayam yang telah digoreng, masak hingga hingga tomat hancur dan bumbu meresap ke dalam ayam, siap hidangkan.

Daging Bumbu Bali
Bahan:

    Daging sapi 1/2 kg, potong melebar ,tipis.
    Santan 250cc dari 1/2 buah kelapa.
    serai 1 btg.
    Jahe 1 ruas.
    Daun Salam 2 lbr.
    Air asam 1sdm.

Bumbu halus:

    Bawang merah 6 bh
    Bawang putih 4 bh
    Kemiri 4 bh
    Cabe Merah 3 bh.
    Terasi 1sdt
    Gula merah 1sdm
    Garam secukupnya.

Cara Membuat:
Tumis bumbu yang dihaluskan sampai harum.
Masukkan irisan daging dan sisa bumbu lainnya, aduk-aduk sampai daging berubah warna,
masukkan santan, masak dengan api sedang sampai kuah mengering. Sajikan dengan nasi hangat.


Related Posts with Thumbnails

Tags: , , , , , , , , ,

5 Responses to Resep Nusantara : Bumbu Bali

  1. abim on February 9, 2009 at 7:35 am

    telor bali…wewwww…makanan…jadi laper :(

  2. rhiita on September 4, 2010 at 3:06 am

    yummy… mantap tuh …

  3. jum on November 26, 2010 at 4:48 am

    aq pingin pintar masakan bali

  4. Masakan Perancis : Raclette | Lisa Sugeha on January 21, 2011 at 4:13 pm

    [...] Resep Nusantara : Bumbu Bali (3) [...]

  5. maya on February 2, 2011 at 1:02 pm

    wah pas banget, dingin dimusim hujan gini bikin bumbu bali campur pete … heeeeemmmmmm. makasih yah bujempol

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Artikel via Email

Isi E-mail, Klik Saya Mau:


Terima Kasih Atas Kunjungan Anda